cover
Contact Name
Muhammad Fahmi Hidayatullah
Contact Email
andragogi@unisma.ac.id
Phone
+628563449283
Journal Mail Official
indhra.musthofa@unisma.ac.id
Editorial Address
Universitas Islam Malang Jalan Mayjen Haryono 193 Malang 65144
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Andragogi : Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam
ISSN : -     EISSN : 2655948X     DOI : 10.33474
Andragogi, published twice a year on May and November always places Islamic education field and intended to communicate original research and current issues on the subject. The editors welcome scholars, researchers and practitioners of Islamic education around the world to submit scholarly articles to be published in this journal. All articles will be reviewed by experts before accepted for publication.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 1 (2020): ANDRAGOGI" : 6 Documents clear
MANAJEMEN KEPALA SEKOLAH DALAM PENINGKATAN PROFESIONALITAS GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MAN 3 SLEMAN YOGYAKARTA Indel Indel
ANDRAGOGI Vol 2, No 1 (2020): ANDRAGOGI
Publisher : Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam Universitas Islam Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (66.256 KB) | DOI: 10.33474/ja.v2i1.6705

Abstract

AbstractIn the context of regional autonomy and decentralization of education the succeed also failure of education in schools is  techer as educator, principals, and supervisors, because these figures are the keys that determine and mobilize various other school components and dimensions. To achieve the expected goals, it takes an organization in which there is organization cooperationor ganizational cooperation. This research is included in the field research namely: this research is carried out in a certain environment to carry out observations and data collection needed. The research was conducted by researchers at MAN 3 Sleman Yogyakarta, this research method uses descriptive qualitative research. In terms of its nature, this research is descriptive in nature, that is, research that aims to systematically and accurately describe the facts and characteristics of a particular field. The results of the study of the headmaster of the school have applied management in the improvement of the professionalism of PAI MAN 3 S teachers in Yogyakarta, this is evident that the teachers of MAN 3 Sleman have extensive mastery as evidenced by the standardization of certification. And have very personal competencies so that they can communicate very well with other staff.Keywords: Management, Professionalism, Principal AbstrakDalam konteks otonomi daerah dan desentralisasi pendidikan, keberhasilan juga kegagalan pendidikan di sekolah adalah techer sebagai pendidik, kepala sekolah, dan pengawas, karena angka ini merupakan kunci yang menentukan dan memobilisasi berbagai komponen dan dimensi sekolah lainnya. Untuk mencapai tujuan yang diharapkan, dibutuhkan sebuah organisasi di mana ada organisasi kooperasiatau kerjasama ganizational. Penelitian ini termasuk dalam penelitian lapangan yaitu: penelitian ini dilakukan di lingkungan tertentu untuk melaksanakan pengamatan dan pengumpulan data yang diperlukan. Penelitian ini dilakukan oleh peneliti di MAN 3 Sleman Yogyakarta, metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Dalam hal sifatnya, penelitian ini adalah deskriptif di alam, yaitu, penelitian yang bertujuan untuk secara sistematis dan akurat menggambarkan fakta dan karakteristik dari bidang tertentu. Hasil kajian kepala sekolah telah menerapkan manajemen dalam peningkatan profesionalisme para guru PAI MAN 3 S di Yogyakarta, hal ini terbukti bahwa para guru dari MAN 3 Sleman memiliki penguasaan luas yang dibuktikan dengan standardisasi sertifikasi. Dan memiliki kompetensi yang sangat pribadi sehingga mereka dapat berkomunikasi dengan baik dengan staf lain.Kata Kunci: Manajemen, Profesionalisme, Kepala Sekolah
PENGGUNAAN DESIGN INTRUKSIONAL MODEL ASSURE PADA MATERI PAI DI MI DARUL HIDAYAH TIRTOYUDO Ning Fina Inayatus Sofa
ANDRAGOGI Vol 2, No 1 (2020): ANDRAGOGI
Publisher : Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam Universitas Islam Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (830.767 KB) | DOI: 10.33474/ja.v2i1.6740

Abstract

AbstractIn determining the learning design teachers must pay attention to learning models that fit the needs of students, so they can help the learning process that is good, effective and efficient. This study aims to illustrate the use of instructional design model learning in PAI materials at MI Darul Hidayah Tirtoyudo, describe the obstacles faced by the use of convincing design learning models on PAI material, and describe solutions to overcome the obstacles encountered. The method used is a qualitative approach to the type of evaluation research, while data collection techniques use observation and interviews. The results of this study are: 1) the use of design learning models assure strongly supports the teaching and learning process and can motivate students to increase their potential, 2) the obstacle faced is the presence of some students who are lazy to learn so they need supervision additional to the teacher, there are delays ABK students in understanding the subject matter, 3) solutions to overcome obstacles namely, teachers can work together with psychologists in order to find out the cause of student laziness, so they can find solutions. While solutions for special needs students can be handled by teachers through a comprehensive learning approach.Keywords: Design, Instructional, Model Assure AbstrakDalam menentukan desain pembelajaran guru harus memperhatikan model pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa, sehingga mereka dapat membantu proses pembelajaran yang baik, efektif dan efisien. Kajian ini bertujuan menggambarkan penggunaan pembelajaran desain model instruksional dalam bahan PAI di MI Darul hidayah Tirtoyudo, menggambarkan kendala yang dihadapi dengan penggunaan model pembelajaran desain yang meyakinkan pada materi PAI, serta menggambarkan solusi untuk mengatasi kendala yang dihadapi. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif terhadap jenis penelitian evaluasi, sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan pengamatan dan wawancara. Hasil studi ini adalah: 1) penggunaan model pembelajaran assure sangat mendukung proses pengajaran dan pembelajaran dan dapat memotivasi siswa untuk meningkatkan potensi mereka, 2) hambatan yang dihadapi adalah kehadiran beberapa siswa yang malas untuk belajar sehingga mereka membutuhkan pengawasan tambahan dari guru, ada penundaan siswa ABK dalam memahami materi pelajaran , 3) solusi untuk mengatasi rintangan yaitu, guru dapat bekerja sama dengan psikolog dalam rangka untuk mengetahui penyebab kemalasan siswa, sehingga mereka dapat menemukan solusi. Sementara solusi bagi siswa ABK dapat ditangani oleh guru melalui pendekatan pembelajaran yang komprehensif.Kata Kunci: Desain, Instruksional, Model Assure
Upaya Guru Al-Qur’an Hadits dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Peserta Didik di MI Amantubillah Kabupaten Sambas Umi Nasikhah
ANDRAGOGI Vol 2, No 1 (2020): ANDRAGOGI
Publisher : Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam Universitas Islam Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (829.645 KB) | DOI: 10.33474/ja.v2i1.6743

Abstract

AbstractThe Qur'an hadith lesson has an important role as a learning goal in improving the quality of worship. Al-Qur'an as a guide in worship must be mastered correctly, ranging from how to read it in accordance with the correct rules, and understand and believe in the truth and practice contained therein. In relation to that the teacher of Al-Qur'an hadith attempts to improve the ability of reading the Qur'an through extracurricular.Keywords: Master's Efforts, Improving, Reading Al-Qur'an AbstrakPelajaran al-Qur’an Hadis memeiliki peran penting sebagai tujuan pembelajaran dalam meningkatkan ibadah yang berkualitas. Al-Qur’an sebagai pedoman dalam beribadah harus bisa dikuasai dengan benar, mulai dari cara membacanya sesuai dengan kaidah yang benar, serta memahami dan meyakini kebenarannya serta mengamalkan yang terkandung didalamnya.  Sehubungan dengan hal tersebut guru Al-Qur’an Hadis di Madrasah Amantubillah berupaya dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca Al-Qur’an melalui program ekstrakurikuler.Kata Kunci: Upaya Guru, Meningkatkan, Membaca Al-Qur’an
MANAJEMEN PENDIDIKAN AGAMA BERBASIS KELUARGA PADA PROGRAM TAḤFIZ Al-QUR’AN DENGAN METODE AL-QOSIMI DALAM MENINGKATKAN MINAT DAN PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM MENGHAFAL Al-QUR’AN DI RUMAH TAḤFIẒ AR-ROYYAN KLATEN Laili Itsnaini Fauziyah
ANDRAGOGI Vol 2, No 1 (2020): ANDRAGOGI
Publisher : Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam Universitas Islam Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (849.812 KB) | DOI: 10.33474/ja.v2i1.6694

Abstract

AbstractA good learning program can be managed by a structured management. Management is important to facilitate the achievement of the goals of human needs. The things that can be managed by management are facilities, infrastructure, time, human resources, methods, and others. Likewise with the process of learning the Qur'an, many ways or even methods are used to facilitate someone in learning it. This study uses a qualitative approach whose data are taken from the field (field research) that is descriptive qualitative. As a field study, what is needed in this study is primary data. That is, data that are directly taken from the research location. The results show that (1) family-based management in Ar Royyan's Taḥfiẓ house is management with close collaboration between the team, namely with social and interpersonal management. (2) The management strategy adopted by Ar-Royyan's Taḥfiẓ house is propose of Al-Qosimi learning for Taḥfiẓ Al-Quran. (3) The evaluation system used is the evaluation of Context, Input, Process, Product (CIPP), which is seen from the purpose of applying the Al-Qosimi method.Keywords: Religious Management, Taḥfiz, al Qosimi Method AbstrakSebuah program belajar yang baik dapat dikelola oleh manajemen terstruktur. Manajemen sangat penting untuk memfasilitasi pencapaian tujuan kebutuhan manusia. Hal yang dapat dikelola oleh pihak manajemen adalah fasilitas, infrastruktur, waktu, sumber daya manusia, metode, dan lain-lain. Demikian juga dengan proses belajar Al-Qur'an, banyak cara atau bahkan metode yang digunakan untuk memfasilitasi seseorang dalam mempelajarinya. Kajian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang datanya diambil dari lapangan (Riset Lapangan) yang bersifat kualitatif. Sebagai studi lapangan, apa yang dibutuhkan dalam studi ini adalah data primer. Yaitu, data yang langsung diambil dari lokasi penelitian. Hasilnya menunjukkan bahwa (1) manajemen berbasis keluarga di rumah Taḥfiẓ AR Royyan adalah manajemen dengan kolaborasi erat antara tim, yaitu dengan manajemen sosial dan interpersonal. (2) strategi manajemen yang diadopsi oleh rumah Taḥfiẓ AR-Royyan adalah mengusulkan pembelajaran Al-Qosimi untuk Taḥfiẓ Al-Quran. (3) sistem evaluasi yang digunakan adalah evaluasi konteks, masukan, proses, Produk (CIPP), yang dilihat dari tujuan penerapan metode Al-Qosimi.Kata Kunci: Manajemen Agama, Taḥfiẓ, Metode al Qosimi
Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah Dalam PAI Sebagai Upaya Mencegah Perkelahian Siswa Moh Eko Nasrulloh
ANDRAGOGI Vol 2, No 1 (2020): ANDRAGOGI
Publisher : Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam Universitas Islam Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (618.602 KB) | DOI: 10.33474/ja.v2i1.4856

Abstract

AbstractVarious problems related to SMP students still occur in the East Java region. Among these problems is the brawl between students. Teachers are instrumental in preventing juvenile delinquency. In choosing forward learning materials related to the values of peace and positive attitudes of students. The learning strategies used by teachers in those processes can use problem-based learning strategies. Research discussion with the type of library research or research library related to problem-based learning strategy. In research studies and analysis of content on documents and books and scientific works. One way to be aware and prevent students from negative behaviors by drafting a problem-based learning strategy. With the use of problem-based learning strategies students can understand the role that can be taken when there are problems. The result of learning from a problem-based learning strategy students can realize what the cause of the fight and what the must is doing to prevent the fight.Keywords: Strategy, Problem-Based Learning, Fights AbstrakBerbagai permasalahan terkait pelajar SMP masih terjadi di wilayah jawa timur. Diantara permasalahan tersebut yaitu tawuran antar pelajar. Guru berperan penting dalam mencegah terjadinya kenakalan remaja. Dalam memilih materi pembelajaran dikedepankan yang berkaitan dengan nilai-nilai perdamaian dan sikap positif siswa. Strategi pembelajaran yang digunakan oleh guru dalam proses tersebut dapat menggunakan strategi pembelajaran berbasis masalah. Pembahasan penelitian dengan jenis library  research  atau  penelitian pustaka terkait objek strategi pembelajaran berbasis masalah. Dalam penelitian dilakukan kajian dan analisis isi terhadap dokumen maupun buku serta karya ilmiah. salah satu cara untuk menyadarkan dan mencegah siswa dari perilaku negatif dengan menyusun strategi pembelajaran berbasis masalah. Dengan penggunaan strategi pembelajaran berbasis masalah siswa dapat memahami peran yang bisa diambil ketika terjadi permasalaha. Hasil belajar dari strategi pembelajaran berbasis masalah siswa  dapat menyadari apa yang menjadi sebab terjadinya perkelahian dan apa yang ahrus dilakukan siswa untuk mencegah tejadinya perkelahian.Kata Kunci: Strategi, Pembelajaran Berbasis Masalah, PAI, Perkelahian
Asas Psikologis dan Implikasinya Dalam Pendidikan Agama Islam Perspektif Hasan Langgulung Suminto Suminto
ANDRAGOGI Vol 2, No 1 (2020): ANDRAGOGI
Publisher : Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam Universitas Islam Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (874.855 KB) | DOI: 10.33474/ja.v2i1.4976

Abstract

AbstractThe psychological principle of Islamic education becomes very important in its own, considering it can be understood as the truth that is a foothold or basic thinking, both in the planning, implementation, or evaluation of education based on the theories of psychology. In addition, understanding the education in it also contains principles as a place and an upright footing, upright in matter, upright in interaction, upright in innovation, or upright in dreams. The type of research used is library research. The analysis of content or content analysis is used as a method of analysis in this study. The results of this study contained the basic concept of psychological in Islamic education according to Hasan Langgulung and the implications of the basic psychological concept in the education of Islamic agam. Therefore, in the process of education should pay attention to the development of the soul, as well as the physical growth of the students by referring to the basis, objectives, curriculum, materials, and evaluation that brings human function as ' abid and the fil decorated with righteous charity.Keywords: Principles Of Psychological, Islamic Education, Hasan LanggulungAbstrakAsas psikologis dalam pendidikan Islam menjadi sangat penting keberadannya, mengingat dapat difahami sebagai kebenaran yang menjadi pijakan atau dasar berpikir, baik pada tahap perencanaan, pelaksanaan, maupun evaluasi  pendidikan yang berdasarkan atas teori- teori dari psikologi. Selain itu, memahami pendidikan di dalamnya juga terdapat asas-asas sebagai tempat dan pijakan yang tegak, tegak dalam materi, tegak dalam interaksi , tegak dalam inovasi, atau tegak dalam cita-citanya. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kepustakaan  atau library research. Adapun analisis isi atau content analysis digunakan sebagai metode analisis dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini memuat tentang konsep asas psikologis dalam pendidikan Islam menurut Hasan Langgulung dan implikasi dari konsep asas psikologis dalam pendidikan agam Islam. Oleh karenanya, dalam proses pendidikan harus memperhatikan perkembangan jiwa, maupun pertumbuhan raga peserta didik dengan mengacu pada dasar, tujuan, kurikulum, materi, serta  evaluasi yang membawa fungsi manusia sebagai ‘abid dan khalifatullah yang dihiasi dengan amal saleh.Kata Kunci: Asas Psikologis, Pendidikan Islam, Hasan Langgulung 

Page 1 of 1 | Total Record : 6