cover
Contact Name
Hosaini
Contact Email
hosaini2612@gmail.com
Phone
+6285294946018
Journal Mail Official
ipingbws@gmail.com
Editorial Address
http://ejournal.unibo.ac.id/index.php/edukais/editor
Location
Kab. bondowoso,
Jawa timur
INDONESIA
Edukais : Jurnal Pemikiran Keislaman
Published by Universitas Bondowoso
ISSN : 27762297     EISSN : 25499122     DOI : https://doi.org/10.36835/edukais
Core Subject : Religion,
Journal Edukais; Journal Pemikiran Keislaman yang diterbitkan oleh Fakultas Agama Islam Universitas Bondowoso telah hadir di hadapan pemerhati. Semula journal ini adalah berbentuk lembaran buletin yang terbit setiap jum’at legi. Mengingat tuntutan akan profesionalisme tenaga pendidikan di perguruan tinggi, maka artikel-artikel dosen Fakultas Agama Islam terkodifikasi dalan satu bentuk journal. Pada edisi kali ini menyajikan beberapa penelitian dosen dari berbagai institusi perguruan tinggi dengan bermacam-macam tema. Dari beberapa tema dapat dikatagorikan sesuai dengan disiplin ilmu masing-masing menjadi dua tema. Pertama tema tentang pendidikan islam. Kedua, hukum islam. Kedua tema tersebut selaras dengan prodi yang ada di universitas bondowoso, yakni Kependidikan Islam dan Ahwalus Syakhsyiyah (Hukum Keluarga).
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 2 (2017): Metode Pembelajaran Dalam Prespektif Islam" : 6 Documents clear
Integrasi Konsep Keislaman Yang Rahmatan Lil ‘Alamin Menangkal Faham Ekstremisme Sebagai Ideologi Beragama Dalam Bingkai Aktifitas Kegiatan Keagmaan Mahasiswa Di Kampus Universitas Bondowoso Hosaini Hosaini
Edukais : Jurnal Pemikiran Keislaman Vol. 1 No. 2 (2017): Metode Pembelajaran Dalam Prespektif Islam
Publisher : Kependidikan Islam Fakultas Agama Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36835/edukais.2017.1.2.95-104

Abstract

Islamic comes from arabic word of aslama, yuslimu islaman. And this word has meaning (salvation/save) that a characterictics of islamic teachings for islamic people around the word. and islam as a savior of life. From various problems that can damage the existence of his people In this study used a qualitative approach. It said gualitatifve because it has the following characterictics nature background, human as instrument, a gualitatifve method, inductive data analysis, based on theory, discriptive it determine the process more important rather than the result. The are limits set by focus, specific criteria for data validity, designs are temporar, research results are negotiated and mutually agreed upon. The cause of the emergence of fanaticims in Unibo students is based on the lack of islamic education, the scope of concepts or theories about the nature of islamic education it still needs to be increased in accordance with the principles of religious dogmatism based on the Qur’an and Hadits
Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Snowball Throwing (Melempar Bola Salju) Dalam Peningkatanprestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Ubaidillah Ubaidillah
Edukais : Jurnal Pemikiran Keislaman Vol. 1 No. 2 (2017): Metode Pembelajaran Dalam Prespektif Islam
Publisher : Kependidikan Islam Fakultas Agama Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36835/edukais.2017.1.2.86-94

Abstract

Metode pembelajaran Snowball Throwing (melempar bola salju) ini melatih siswa untuk lebih tanggap menerima pesan dari siswa lain dalam bentuk bola salju yang terbuat dari kertas, dan menyampaikan pesan tersebut kepada temannya dalam satu kelompok.Hasil penelitian adalah sebagai berikut: 1. Penerapan metode Cooperative Learning Tipe Snowball Throwing. Adalah : a).Guru membentuk siswa menjadi berkelompok. b).Guru memanggil ketua kelompok untuk maju kedepan dan diberi penjelasan materi. c).Guru memberikan waktu untuk berdiskusi. d).Guru meminta para siswa untuk membuat pertanyaan. e).Guru membentuk kumpulan kertas-kertas tadi menjadi seperti sebuah bola, dan permainan lempar bola pun dimulai. f).Guru pun menyimpulkan hasil pembelajaran. 2. Kendala- kendala yang di hadapi metode Cooperative Learning Tipe Snowball Throwing. Adalah: a).Pembuatan soal dibatasib).Siswa kurang memahami materi, maka pembelajaran akan tidak efektif. b).Membutuhkan banyak waktu. b).Siswa yang nakal akan membuat gaduh saat pelaksanaan. 3. Solusi metode Cooperative Learning Tipe Snowball Throwing. Adalah: a).Guru membuat aturan dalam pembuat pertanyaan. b).Diberikan 2 sumber belajar dan pemaparan materi dari guru. c).Mencari waktu yang paling banyak alokasi penerapannya dilapangan dan disiplin waktu diterapkan. d). Diberikan pengawasan khusus untuk siswa yang nakal
Pola interaksi Guru Dengan Murid Dalam Suasana Pembelajaran Erfandi Erfandi
Edukais : Jurnal Pemikiran Keislaman Vol. 1 No. 2 (2017): Metode Pembelajaran Dalam Prespektif Islam
Publisher : Kependidikan Islam Fakultas Agama Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36835/edukais.2017.1.2.115-127

Abstract

Penelitian ini dilakanakan dengan pertimbangan yang menunjukkan bahwa masing-masing sekolah belum memaksimalkan peraktek interaksi atau belum terbina dengan baik sebagaiman dengang yang diharapkan oleh pihak sekolah. Hampir disetiap sekolah bahkan setiap guru menjalankan praktek-praktek intraksi yang dilakukan oleh para guru di kelas dan diluar kelas, sehingga tidak menggambarkan gambaran yang sebenarnya tentang inteksi yang diharapkan oleh lembaga yang terkait. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar belakang sejarah terjdinya MTs Syalafiyah Syafi’iyah Sukorejo Situbondo tahun ajaran 2017. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi,teknik wawancara kepada pihak yang bersangkutan, seperti para guru dan kepala sekolah serta teknik dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara mengumpulkan data untuk dideskripsikan dan melakukan verifikasi data. Hasil penelitian ini adalah pertama pelaksanaan interaksi dalam suasana pembelajarane di MTs Syalafiyah Syafi’iyah Sukorejo Situbondo dilaksanakan secara rutin dalam bentuk peraktek antara guru dengan murid ,murid dengan guru dan murid dengan murid disaat berlangsungnya pproses pembelajaran dan di lain waktu. Kedua bahwasanya setiap guru harus memiliki banyak pengalaman, buku-buku dan sering ikut seminar-seminar yang berkaitan dengan pola interaksi
Penerapan Metode Qiroatuna dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca al-Qur’an di Madin Pondok Pesantren Sal-Syaf al-As’adiyah Muzammil Muzammil
Edukais : Jurnal Pemikiran Keislaman Vol. 1 No. 2 (2017): Metode Pembelajaran Dalam Prespektif Islam
Publisher : Kependidikan Islam Fakultas Agama Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36835/edukais.2017.1.2.128-138

Abstract

Sekarang ini banyak lembaga pendidikan baik formal/non formal berusaha mengadakan pelayanan membaca Al-Qur‟an. Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan kenyataan di madrasah diniyah al-As’adiyah menerapkan Metode Qiroatuna. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Metode Qiroatuna dalam meningkatkan kemampuaan membaca Al-Qur’an, perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi.Setelah mempelajari dan menganalisa Metode Qiroatuna Di Madrasah Diniyah As’adiyah balikeran Kertosari Asembagus Situbondo, maka penulis dapat mengambil suatu kesimpulan tentang Metode Qiroatuna Di Madrasah Diniyah As’adiyah balikeran.Pereencanaan yang ada di madrasah Diniyah di pondok pesantren al-As’adiyah balikeran guru sebelum mengajar Metode Qiroatuna harus mempersiapkan alat peraga, media seperti kartu huruf-huruf hijaiyah untuk anak- anak pra TK. Dan untuk santri untuk mempersaipkan pembukaan dan di lanjutkan dengaan pembacaan surat-surat pendek, hafalan do’a-do’a sebelum belajar.Pelaksanaan yang ada di madrasah diniyah guru dalam penerapannya menggunakan metode klasikal dengan media qiroatuna dan siswa/santri membaca sendiri-sendiri dan stor maju ke depan sesuai dengan jilib masing-masing. Evaluasi yang di gunakan di madrasah diniyah semua para guru menggunakan tes.Kegiatan evaluasi ini biasa dilakukan oleh guru mata pelajaran pada setiap akan memberikan materi baru, dengan tujuan untuk mengidentifikasi tarap kemampuan siswa dalam menyerap materi yang akan disampaikan
Hubungan Antara Minat Belajar Dengan Prestasi Belajar Siswa Dalam Bidang Studi Ski Mohammad Firdaus
Edukais : Jurnal Pemikiran Keislaman Vol. 1 No. 2 (2017): Metode Pembelajaran Dalam Prespektif Islam
Publisher : Kependidikan Islam Fakultas Agama Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36835/edukais.2017.1.2.105-114

Abstract

Pendidikan pada dasarnya adalah usaha untuk menumbuhkembangkan potensi sumber daya manusia peserta didik dengan cara mendorong dan memfasilitasi kegiatan belajar mereka. Banyak faktor yang dapat mempengaruhi prestasi belajar, salah satunya adalah minat belajar siswa terhadap bidang studi yang akan dipelajari. Dari deskripsi diatas nantinya akan diketahui apakah dengan adanya minat belajar siswa secara maksimal akan membuahkan hasil yang baik, ataukah tidak. Kemudian sejauh mana minat belajar siswa terhadap studi yang akan dipelajarinya.Dalam penelitian ini penulis mengumpulkan data tentang hubungan antara minat belajar dengan prestasi belajar siswa dalam bidang studi SKI di Madrasah Aliyah Miftahul Arifin Ranurejo Sumberanyar Banyuputih Situbondo, yaitu dengan mengambil 50 peserta didik Sebagai metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode angket, dokumentasi dan observasi. Selanjutnya data tersebut di analisa dengan metode statistik, yaitu dengan menggunakan Rumus Korelasi Product Moment, Berdasarkan hasil analisa data dengan rumus tersebut, maka diperoleh hasil bahwa: “hubungan antara minat belajar dengan prestasi belajar siswa dalam bidang studi SKI di Madrasah Aliyah Miftahul Arifin Ranurejo Sumberanyar Banyuputih Situbondo Tahun Pelajaran 2014/2015 masih tergolong lemah atau rendah”.Setelah diketahui rendahnya hubungan antara minat belajar dengan presatasi belajar siswa, maka penulis sarankan seyokyanya dalam pengajaran SKI semakin ditingkatkkan lagi agar hasilnya dapat lebih baik, sehingga pelajaran SKI sukses dengan mendapatkan hasil yang maksimal
Problematika Pendidikan Agama Islam Di Dalam Sekolah Umum Ahmad Shidqi Dian Arifandi
Edukais : Jurnal Pemikiran Keislaman Vol. 1 No. 2 (2017): Metode Pembelajaran Dalam Prespektif Islam
Publisher : Kependidikan Islam Fakultas Agama Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36835/edukais.2017.1.2.139-147

Abstract

Pola umum kegiatan pegajaran adalah terjadinya interaksi antara guru dengan anak didik dengan bahan sebagai perantaranya. Guru yang mengajar. Anak didik yang belajar. Maka guru adalah orang yang menciptakan lingkungan belajar bagi kepentingan belajar anak didik. Anak didik adalah orang yang digiring kedalam lingkungan belajar yang telah diciptakan oleh guru. Gaya mengajar guru berusaha mempengaruhi gaya belajar anak didik. Tetapi disini gaya mengajar guru lebih dominant mempengaruhi gaya belajar anak didik. Sering dikemukakan kelemahan dan kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan pendidikan agama di sekolah-sekolah umum. Dari kalangan guru, keluhan yang sering dikemukakan adalah alokasi waktu yang kurang memadai dan isi kurikulum yang terlalu syarat. Di samping itu, sarana dan lingkungan sekolah sering tidak menunjang pelaksanaan pendidikan agama. Juga dari pihak orang tua kurang memperlihatkan kerjasama. Mereka hanya menuntut anaknya menjadi orang yang berpengetahuan luas dan berakhlak mulia, taat melaksanakan agama, sementara mereka tidak mau memberi dukungan dan contoh. Bagaimana seorang anak menjadi manusia atau generasi berbudi pekerti luhur dan taat melaksanakan perintah agama seperti shalat, puasa, dan lain-lain kalau orang tuanya dirumah tidak pernah melakukan shalat dan puasa

Page 1 of 1 | Total Record : 6