cover
Contact Name
Syarifuddin
Contact Email
Hidayatullahsyarif05@gmail.com
Phone
+6285253963717
Journal Mail Official
jurnalpgmiiaimsinjai@gmail.com
Editorial Address
Jln. Sultan Hasanuddin, No. 20 , Kecamatan Sinjai Utara, Kabupaten Sinjai
Location
Kab. sinjai,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Dasar dan Keguruan
ISSN : 2527578X     EISSN : 27156818     DOI : https://doi.org/10.47435/jpdk.v4i2.319
Core Subject : Religion,
Jurnal Pendidikan Dasar dan Keguruan (JPDK) ini dimaksudkan untuk menampung dan mempublikasikan hasil-hasil kajian ilmiah dan penelitian dosen baik dalam internal IAI Muhammadiyah Sinjai maupun peneliti/Dosen dari eksternal IAI Muhammadiyah Sinjai. Disamping itu, dapat pula memuat artikel hasil karya mahasiswa. tulisan-tulisan yang disampaikan dalam jurnal ini tidak terbatas pada bidang pendidikan agama Islam, tetapi juga artikel-artikel hasil kajian pendidikan secara umum.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 5 No 1 (2020): Jurnal Pendidikan Dasar dan Keguruan" : 7 Documents clear
ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA DALAM TUGAS MAKALAH MAHASISWA PROGRAM STUDI PGMI SEMESTER III TAHUN AKADEMIK 2019/2020 Laeli Qadrianti; Rita; Amran AR
Jurnal Pendidikan Dasar dan Keguruan Vol 5 No 1 (2020): Jurnal Pendidikan Dasar dan Keguruan
Publisher : LP2M Institut Agama Islam Muhammadiyah Sinjai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47435/jpdk.v5i1.176

Abstract

This study aims to describe the form of language errors in the papers of the Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education Study Program Odd Semester Academic Year 2019/2020. This research is a descriptive qualitative research. Data source is obtained from language errors in student paper assignments. Language errors analyzed include spelling mistakes. The data collection method used is the documentation method. The data that has been obtained is then analyzed using Miles and Huberman's theory which includes data reduction, display or presentation of data, then conclusions. Based on the results of this study found the form of language errors in the papers of PGMI Study Program Semester III Academic Year 2019/2020 namely: writing errors that include capital and italics. Word writing errors that include writing prepositions, chopping letters, and pronouns. Writing punctuation errors that include period punctuation and comma punctuation.
Modifikasi Perilaku Terhadap Anak Aziz Nuri Satriawan Aziz
Jurnal Pendidikan Dasar dan Keguruan Vol 5 No 1 (2020): Jurnal Pendidikan Dasar dan Keguruan
Publisher : LP2M Institut Agama Islam Muhammadiyah Sinjai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47435/jpdk.v5i1.209

Abstract

AbstractBehavior modification as behavior therapy, this technique is often used by educators and parents because its success is easily observed and easily appilied to other bwhaviors, is a soluble use of conditioning techniques in humans to produce changes in the frequency of certain behaviors, namely changing non-adaptive behavior, by leaving it, and adaptive behavior confirmed, behavior change is carried out with a carefully crafted experimental desaign, this behavior modification makes it possible to be realized to the actors to be changed ie change the maladaptive behavior towards adaptive behavior. This qualitative research was conducted on children in Kenteng sub-village, Sumberejo village, Sine Ngawi sub-district. Research subjects are parents, neighbors and children who have maladaprive behavior. At the end of the study showed that self-management techniques and social skills training is able to change the behavior of children both to anticipate so as not to behave negatively and eliminate negative behaviors and foster positive behavior.Keywords : behavior modification, self-management, social skills
PENGARUH MEA TERHADAP SISTEM PERDAGANGAN INDONESIA SEBAGAI BAHAN AJAR IPS SD DI KELAS TINGGI Izzatul Afidah; Irma Pritiningtiyas; Depict Pristine Adi
Jurnal Pendidikan Dasar dan Keguruan Vol 5 No 1 (2020): Jurnal Pendidikan Dasar dan Keguruan
Publisher : LP2M Institut Agama Islam Muhammadiyah Sinjai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47435/jpdk.v5i1.221

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan tentang pengaruh MEA terhadap sistem perdagangan Indonesia sebagai bahan ajar IPS SD di kelas tinggi sebagai salah satu contoh bahan ajar dalam pembelajaran IPS. Pengaruh MEA terhadap sistem perdagangan Indonesia sebagai bahan ajar IPS SD di kelas tinggi. Dalam proses pembelajaran kasus tersebut dapat membantu siswa di kelas tinggi, terutama pada materi kerjasama ekonomi internasional, kerjasama ekonomi internasioanl adalah hubungan yang dilakukan oleh suatu negara dengan negara lain melalui kegiatan ekspor dan impor. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kepustakaan dengan penyajian secara deskriptif dan analisis secara kualitatif dengan cara meneliti bahan-bahan kepustakaan seperti buku, jurnal, dan berita di internet, majalah, artikel, dan karya ilmiah lainnya yang di kutip di dalam proposal. Berdasarkan hasil pembahasan dapat disimpulkan bahwa kasus ini dapat di jadikan sebagai bahan ajar IPS untuk memberikan pemahaman kepada siswa dalam materi kerjasama ekonomi internasional. Sehingga anak faham dengan adanya kerja sama ekonomi internasional yaitu MEA bisa meningkatkan sistem perdagangan di Indonesia.
PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN MODEL KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN SELF EFFICACY SISWA KELAS XI2 Nurul Iman; Fitriani
Jurnal Pendidikan Dasar dan Keguruan Vol 5 No 1 (2020): Jurnal Pendidikan Dasar dan Keguruan
Publisher : LP2M Institut Agama Islam Muhammadiyah Sinjai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47435/jpdk.v5i1.248

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan self efficacy siswa menggunakan pendekatan saintifik dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Penelitian ini menggunakan model spiral Kemmis dan Tanggart yang dikembangkan oleh Stephen Kemmis dan Robin Mc Tanggart. Obyek penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas XI Tata Boga2 di SMK Negeri 6 Makassar. Adapun hasil penelitian tindakan kelas adalah sebagai berikut, sebelum dilakukan tindakan skor rata-rata self efficay siswa adalah 64 dan berada pada kriteria sedang. Setelah diberikan tindakan, pada siklus I rata-rata skor Data (hasil) self effiacacy siswa siklus pertama untuk kategori tinggi meningkat menjadi 36% dari sebelumnya 7% , kemudian untuk kategori sedang menurun menjadi 54% dari sebelumya yang mencapai 70% dan masih cukup banyak siswa yang berada dalam kategori rendah yaitu: 10 % dari sebelumnya yakni 23%. Pada siklus II dan diperoleh hasil bahwa terjadi peningkatan rata-rata self efficacy dari siklus pertama yaitu untuk kategori sangat tinggi mencapai 7%, (2 orang) ketegori tinggi mencapai 36% (11 orang) sedangkan untuk kategori sedang mencapai 50 % dan rendah tinggal 7% (2 orang) artinya terjadi peningkatan yang sangat bagus pada self efficacy siswa. Ketuntasan belajar siswa berdasarkan KKM, pada siklus I rasio siswa yang belajaranya tuntas mencapai 40%, sedangkan pada siklus II rasio siswa yang belajarnya tuntas mencapai 60%. Tingkat keterlaksanaan pembelajaran siklus 1 mencapai 85,3%, sedangkan pada siklus II tingkat keterlaksanaan pembelajaran mencapai 98%.
KETERAMPILAN MEMBACA MELALUI PENGALAMAN BERBAHASA SISWA KELAS AWAL SD MUHMMADIYAH KUPANG Ahmad Ahmad
Jurnal Pendidikan Dasar dan Keguruan Vol 5 No 1 (2020): Jurnal Pendidikan Dasar dan Keguruan
Publisher : LP2M Institut Agama Islam Muhammadiyah Sinjai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47435/jpdk.v5i1.249

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan peningkatan kemampuan membaca siswa Kelas II SD Muhammadiyah Kupang setelah pengajaran membacanya didesain dengan pendekatan pengalaman berbahasa, (2) mendeskripsikan perubahan perilaku siswa Kelas II SD Muhammadiyah Kupang .Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang bersiklus. Subjek penelitian adalah kemampuan membaca siswa Kelas II SD Muhammadiyah Kupang yang berjumlah 34 siswa. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan instrumen tes dan nontes. Hasil penelitian dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Dari pelaksanaan penelitian siklus I diperoleh hasil bahwa secara individu masih ada beberapa siswa yang mendapatkan nilai di bawah standart (<70) dan secara klasikal berhasil mencapai angka 74,26 atau mencapai kategori nilai baik. Angka ini mengalami peningkatan sebesar 8,24 % menjadi 80,38 atau mencapai kategori nilai sangat baik pada pelaksanaan penelitian siklus II karena pada penelitian siklus II siswa cenderung aktif tanya-jawab, berkomentar kritis, memperhatikan dengan sungguh-sungguh, dan antusias dalam menceritakan kegemarannya. Hal ini menunjukkan bahwa telah terjadi perubahan perilaku siswa ke arah yang lebih baik dan positif antara penelitian siklus I dan siklus
KOPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM MENDESAIN PEMBELAJARAN DI SD NEGERI 23 TOLITOLI Sitti Nuralan
Jurnal Pendidikan Dasar dan Keguruan Vol 5 No 1 (2020): Jurnal Pendidikan Dasar dan Keguruan
Publisher : LP2M Institut Agama Islam Muhammadiyah Sinjai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47435/jpdk.v5i1.291

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kondisi kemampuan kompetensi pedagik guru dalam mendesain pembelajaran di SD Negeri 23 Tolitoli. Penelitian ini menggunakan deskriftif kualitatif, yaitu penelitian yang dilakukan dengan menguumpulkan data-data serta dinyatakan dalam bentuk kata-kata dan gambar, dimana kata-kata disusun dengan kalimat misalkan hasil wawancara antara peneliti dengan informan. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data menggnakan tiga cara yaitu reduksi data, display data dan verivikasi atau penarikan kesimpulan. Kesimpulan pada artikel ini yaitu Guru di SD Negeri 23 Tolitoli memiliki kompetensi yang cukup baik dalam mendesain pembelajaran, meskipun ada beberapa komponen yang belum terlaksana sepennhnya
PENGELOLAAN PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DI SMP NEGERI 5 MAKASSAR Ichsan Ichsan
Jurnal Pendidikan Dasar dan Keguruan Vol 5 No 1 (2020): Jurnal Pendidikan Dasar dan Keguruan
Publisher : LP2M Institut Agama Islam Muhammadiyah Sinjai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47435/jpdk.v5i1.295

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui gambaran perencanaan pendidikan multikultural dan mengetahui gambaran pelaksanaan pendidikan multikultural. Jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan visi, misi dan tujuan sekolah telah dilakukan dengan baik, pelaksanaan pedoman sekolah telah menetapkan tata tertib siswa, petunjuk dan larangan dalam disekolah, serta pemberian sanksi bagi yang melanggar tata tertib, adanya beberapa keberagaman agama, etnis, dan jumlah siswa yang cukup banyak, proses penerimaan siswa baru tanpa melihat suku dan agama serta kegiatan ektrakurikuler untuk siswa, kurikulum sekolah terdapat mata pelajaran yang sesuai pendidikan multikultural, bidang pendidik dan tenaga kependidikan disekolah guru melaksanakan tugas dan tanggung jawab sebagai pendidik yang memotivasi, memfasilitasi, membimbing dan melatih siswa menjadi manusia berkualitas dan mampu mengaktualisasikan potensinya, bidang sarana dan prasana sekolah cukup memadai tetapi perlu pengadaan ruang kelas bagi siswa belajar pendidikan agama kristen dan buddha, budaya dan lingkungan sekolah berjalan dengan baik dilihat dari keseharian siswa, berbicara sopan santun dan menghormati dengan guru ketikan berbicara disekolah, peran serta masyarakat disekolah terjalin dengan baik dibuktikan dengan adanya masyarakat memakai fasilitas gedung sekolah, mengadakan rapat serta latihan barongsai bagi etnis cina.

Page 1 of 1 | Total Record : 7