cover
Contact Name
Syarifuddin
Contact Email
Hidayatullahsyarif05@gmail.com
Phone
+6285253963717
Journal Mail Official
jurnalpgmiiaimsinjai@gmail.com
Editorial Address
Jln. Sultan Hasanuddin, No. 20 , Kecamatan Sinjai Utara, Kabupaten Sinjai
Location
Kab. sinjai,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Dasar dan Keguruan
ISSN : 2527578X     EISSN : 27156818     DOI : https://doi.org/10.47435/jpdk.v4i2.319
Core Subject : Religion,
Jurnal Pendidikan Dasar dan Keguruan (JPDK) ini dimaksudkan untuk menampung dan mempublikasikan hasil-hasil kajian ilmiah dan penelitian dosen baik dalam internal IAI Muhammadiyah Sinjai maupun peneliti/Dosen dari eksternal IAI Muhammadiyah Sinjai. Disamping itu, dapat pula memuat artikel hasil karya mahasiswa. tulisan-tulisan yang disampaikan dalam jurnal ini tidak terbatas pada bidang pendidikan agama Islam, tetapi juga artikel-artikel hasil kajian pendidikan secara umum.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 54 Documents
MEMBANGUN KECERDASAN SPIRITUAL ANAK Hasmiati Hasmiati
Jurnal Pendidikan Dasar dan Keguruan Vol 4 No 1 (2019): Jurnal Pendidikan Dasar dan Keguruan
Publisher : LP2M Institut Agama Islam Muhammadiyah Sinjai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47435/jpdk.v4i1.88

Abstract

Di dalam jiwa manusia terdapat getaran jiwa yang halus yang ditimbulkan karena suatu ibadah batin yang dilakukan yang fokusnya tentang kebesaran Allah swt atau yang cara melakukan Dzikir. Bila hati berdzikir kepada Allah swt. Maka akan memantulkan cahaya ketenangan batin. Hati atau batin bagaikan sebuah tabung resonansi gitar.Setiap kita berbuat sesuatu, baik itu pada taraf berfikir maupun berbuat, selalu terjadi getaran di hati kita.Getaran tersebut bisa halus dan bisa pula kasar, bergantung bagaiman getaran itu muncul.Jika kita bergembira hati kita bergetar namun juga jika kita bersedih hati kita pun bergetar.disinilah fungsinya titik God Spot untuk mengendalikan peran dan fungsi hati. Oleh karena itu, ciri-ciri manusia yang jiwanya tenang jika diperdengarkan ayat-ayat kebesaran allah swt yakni jika dibacakan Asma Allah.
PERANAN PENDIDIKAN DALAM MENUMBUHKAN KECERDASAN EMOSIONAL ANAK Sudirman P
Jurnal Pendidikan Dasar dan Keguruan Vol 4 No 1 (2019): Jurnal Pendidikan Dasar dan Keguruan
Publisher : LP2M Institut Agama Islam Muhammadiyah Sinjai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47435/jpdk.v4i1.89

Abstract

Tidak dapat dipungkiri bahwa praktek pendidikan diarahakn untuk mewujudkan manusia-manusia cerdas. Lewat kecerdaan tersebut, mereka diharapkan untuk menjadi inovatif dan kreatif untuk mengisi pembangunan negara. Harapan ini tentu bukanlah isapan jempol karena memang pendidikan di negara manapun dilaksanakan dengan berbagai macam pendekatan dan sistem untuk memenuhi akselerasi perkembangan zaman. Bahkan output pendidikan menjadi komponen utama dalam akselerasi zaman tersebut. Hasilnya, setiap negara termasuk Indonesia “berhasil” mewujudkan manusia-manusia cerdas untuk mengawal pembangunan bangsa dan negara. Cendekiawan, elit politik-negara, teknokrat dan berbagai macam profesi telah berhasil ditelorkan dunia pendidikan. Jadi, tidak berlebihan jika dikatakan bahwa pendidikan dengan pembangunan merupakan dua sisi mata uang yang satu ; tidak dapat terpisahkan. Jika pendidikan berhasil, maka negara pun akan berhasil.
PERKEMBANGAN KOGNITIF PADA MASA PERTENGAHAN DAN AKHIR ANAK-ANAK Ismail Ismail
Jurnal Pendidikan Dasar dan Keguruan Vol 4 No 1 (2019): Jurnal Pendidikan Dasar dan Keguruan
Publisher : LP2M Institut Agama Islam Muhammadiyah Sinjai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47435/jpdk.v4i1.90

Abstract

Teori perkembangan kognitif, dikembangkan oleh Jean Piaget, seorang psikolog Swiss yang hidup tahun 1896-1980. Teorinya memberikan banyak konsep utama dalam lapangan psikologi perkembangan dan berpengaruh terhadap perkembangan konsep kecerdasan, yang bagi Piaget, berarti kemampuan untuk secara lebih tepat merepresentasikan dunia dan melakukan operasi logis dalam representasi konsep yang berdasar pada kenyataan. Teori ini membahas munculnya dan diperolehnya schemata. Skema tentang bagaimana seseorang mempersepsi lingkungannyadalam tahapan-tahapan perkembangan, saat seseorang memperoleh cara baru dalam merepresentasikan informasi secara mental. Teori ini digolongkan ke dalam konstruktivisme
GURU SEBAGAI MANAJER KELAS Diarti Andra Ningsih
Jurnal Pendidikan Dasar dan Keguruan Vol 4 No 1 (2019): Jurnal Pendidikan Dasar dan Keguruan
Publisher : LP2M Institut Agama Islam Muhammadiyah Sinjai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47435/jpdk.v4i1.91

Abstract

Abstrak Kualitas belajar murid dan lulusannya banyak ditentukan oleh keberhasilan seorang guru dalam mengelola kelas. Sehebat apa pun rencana dan tujuan yang ingin dicapai di atas kertas semuanya akan ditentukan dalam ruangan ukuran 6x8 meter (kelas). Pengelolan kelas dapat terlaksana dengan maksimal apabila guru sebagai manajer dapat melaksanakan komunikasi yang efektif di dalam kelas, hal ini dapat terlakasana apabila guru sebagai manejer mengaktualisasikan tahapan-tahapan manajerial dalam mengimplementasikan pengelolaan kelas. Kemampuan guru dalam melaksanakan pengelolaan kelas merupakan salah satu keterampilan yang dapat menunjang pencapaian tujuan pembelajaran dan sekaligus dapat meningkatkan profesionalisme seorang guru, sehingga diharapkan setiap guru berusaha untuk dapat menguasai masalah yang berkaitan dengan pengelolaan kelas.
KONSEP PEMBELAJARAN TUNTAS Muh Judrah
Jurnal Pendidikan Dasar dan Keguruan Vol 4 No 1 (2019): Jurnal Pendidikan Dasar dan Keguruan
Publisher : LP2M Institut Agama Islam Muhammadiyah Sinjai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47435/jpdk.v4i1.92

Abstract

Tugas pendidik adalah menciptakan suasana pembelajaran yang dapat membuat peserta didik untuk senantiasa belajar dengan baik dan bersemangat. Suasana pembelajaran yang demikian akan berdampak positif dalam pencapaian hasil belajar yang optimal. Namun salah satu masalah besar dalam bidang pendidikan yang banyak diperbincangkan adalah rendahnya mutu pendidikan yang tercermin dari rendahnya rata-rata prestasi belajar. Masalah lain adalah guru lebih banyak menempatkan peserta didik sebagai objek dan bukan sebagai subjek didik. Dalam kegiatan pembelajaran guru harus melakukan perencanaan terlebih dahulu agar guru tersebut mampu mengajar peserta didiknya dengan baik. Pembelajaran tuntas merupakan strategi pembelajaran yang baik digunakan untuk meningkatkan mutu pendidikan, karena dengan pembelajaran tuntas, peserta didik dituntut untuk benar-benar menguasai materi yang dipelajari, dengan demikan maka peserta didik yang belum menguasai materi akan terus mengulang kembali materi yang telah dipelajarinya sampai dia benar-benar menguasainya, meskipun tidak 100% peserta didik tersebut memahaminya.
Analysis Dikotomi Persfektif Ferdinand de Saussure serta Ervin Goffman Dalam Kajian Strukturalisme dan Positivisme pragmatik Muhammad Syukri
Jurnal Pendidikan Dasar dan Keguruan Vol 4 No 2 (2019): Jurnal Pendidikan Dasar dan Keguruan
Publisher : LP2M Institut Agama Islam Muhammadiyah Sinjai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47435/jpdk.v4i2.108

Abstract

Filosofi bahasa berkaitan dengan sifat-sifat, asal usul, dan penggunaan bahasa. Sebagai sebuah topic, filosofi bahasa bagi para filsuf analitis berhubungan dengan empat masalah utama yaitu, makna, penggunaan bahasa, kognisi bahasa, dan hubungan diantara bahasa dan realitas. Metode library research dari berbagai sumber yang terkait dengan Analisis kebahasaan dari tokoh struktural modern Ferdinand de Saussure pada analisis langage, langue dan parole dengan membandingkan pandangan terori kebahasaan lainnya yaitu Irvin Goffman tentang postifisme dan dragmatis. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa Menurut Saussure, bahasa menggunakan tanda yang dimaknai secara konvensional. Tanda-tanda bahasa itu tersusun dalam rangkaian yang disebutnya rangkaian "sintagmatik". Dalam hal ini, tanda bahasa berada dalam relasi sintagmatik, yakni rangkaian tanda yang berada dalam ruang dan waktu yang sama atau relasi in praesentia. Disisi lain, Irving Goffman menyampaikan konsep impression management untuk menunjukkan usaha individu dalam menampilkan kesan tertentu pada orang lain. Konsep expression untuk individu yang membuat pernyataan dalam interaksi.
ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA DALAM TUGAS MAKALAH MAHASISWA PROGRAM STUDI PGMI SEMESTER III TAHUN AKADEMIK 2019/2020 Laeli Qadrianti; Rita; Amran AR
Jurnal Pendidikan Dasar dan Keguruan Vol 5 No 1 (2020): Jurnal Pendidikan Dasar dan Keguruan
Publisher : LP2M Institut Agama Islam Muhammadiyah Sinjai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47435/jpdk.v5i1.176

Abstract

This study aims to describe the form of language errors in the papers of the Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education Study Program Odd Semester Academic Year 2019/2020. This research is a descriptive qualitative research. Data source is obtained from language errors in student paper assignments. Language errors analyzed include spelling mistakes. The data collection method used is the documentation method. The data that has been obtained is then analyzed using Miles and Huberman's theory which includes data reduction, display or presentation of data, then conclusions. Based on the results of this study found the form of language errors in the papers of PGMI Study Program Semester III Academic Year 2019/2020 namely: writing errors that include capital and italics. Word writing errors that include writing prepositions, chopping letters, and pronouns. Writing punctuation errors that include period punctuation and comma punctuation.
Modifikasi Perilaku Terhadap Anak Aziz Nuri Satriawan Aziz
Jurnal Pendidikan Dasar dan Keguruan Vol 5 No 1 (2020): Jurnal Pendidikan Dasar dan Keguruan
Publisher : LP2M Institut Agama Islam Muhammadiyah Sinjai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47435/jpdk.v5i1.209

Abstract

AbstractBehavior modification as behavior therapy, this technique is often used by educators and parents because its success is easily observed and easily appilied to other bwhaviors, is a soluble use of conditioning techniques in humans to produce changes in the frequency of certain behaviors, namely changing non-adaptive behavior, by leaving it, and adaptive behavior confirmed, behavior change is carried out with a carefully crafted experimental desaign, this behavior modification makes it possible to be realized to the actors to be changed ie change the maladaptive behavior towards adaptive behavior. This qualitative research was conducted on children in Kenteng sub-village, Sumberejo village, Sine Ngawi sub-district. Research subjects are parents, neighbors and children who have maladaprive behavior. At the end of the study showed that self-management techniques and social skills training is able to change the behavior of children both to anticipate so as not to behave negatively and eliminate negative behaviors and foster positive behavior.Keywords : behavior modification, self-management, social skills
PENGARUH MEA TERHADAP SISTEM PERDAGANGAN INDONESIA SEBAGAI BAHAN AJAR IPS SD DI KELAS TINGGI Izzatul Afidah; Irma Pritiningtiyas; Depict Pristine Adi
Jurnal Pendidikan Dasar dan Keguruan Vol 5 No 1 (2020): Jurnal Pendidikan Dasar dan Keguruan
Publisher : LP2M Institut Agama Islam Muhammadiyah Sinjai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47435/jpdk.v5i1.221

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan tentang pengaruh MEA terhadap sistem perdagangan Indonesia sebagai bahan ajar IPS SD di kelas tinggi sebagai salah satu contoh bahan ajar dalam pembelajaran IPS. Pengaruh MEA terhadap sistem perdagangan Indonesia sebagai bahan ajar IPS SD di kelas tinggi. Dalam proses pembelajaran kasus tersebut dapat membantu siswa di kelas tinggi, terutama pada materi kerjasama ekonomi internasional, kerjasama ekonomi internasioanl adalah hubungan yang dilakukan oleh suatu negara dengan negara lain melalui kegiatan ekspor dan impor. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kepustakaan dengan penyajian secara deskriptif dan analisis secara kualitatif dengan cara meneliti bahan-bahan kepustakaan seperti buku, jurnal, dan berita di internet, majalah, artikel, dan karya ilmiah lainnya yang di kutip di dalam proposal. Berdasarkan hasil pembahasan dapat disimpulkan bahwa kasus ini dapat di jadikan sebagai bahan ajar IPS untuk memberikan pemahaman kepada siswa dalam materi kerjasama ekonomi internasional. Sehingga anak faham dengan adanya kerja sama ekonomi internasional yaitu MEA bisa meningkatkan sistem perdagangan di Indonesia.
PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN MODEL KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN SELF EFFICACY SISWA KELAS XI2 Nurul Iman; Fitriani
Jurnal Pendidikan Dasar dan Keguruan Vol 5 No 1 (2020): Jurnal Pendidikan Dasar dan Keguruan
Publisher : LP2M Institut Agama Islam Muhammadiyah Sinjai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47435/jpdk.v5i1.248

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan self efficacy siswa menggunakan pendekatan saintifik dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Penelitian ini menggunakan model spiral Kemmis dan Tanggart yang dikembangkan oleh Stephen Kemmis dan Robin Mc Tanggart. Obyek penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas XI Tata Boga2 di SMK Negeri 6 Makassar. Adapun hasil penelitian tindakan kelas adalah sebagai berikut, sebelum dilakukan tindakan skor rata-rata self efficay siswa adalah 64 dan berada pada kriteria sedang. Setelah diberikan tindakan, pada siklus I rata-rata skor Data (hasil) self effiacacy siswa siklus pertama untuk kategori tinggi meningkat menjadi 36% dari sebelumnya 7% , kemudian untuk kategori sedang menurun menjadi 54% dari sebelumya yang mencapai 70% dan masih cukup banyak siswa yang berada dalam kategori rendah yaitu: 10 % dari sebelumnya yakni 23%. Pada siklus II dan diperoleh hasil bahwa terjadi peningkatan rata-rata self efficacy dari siklus pertama yaitu untuk kategori sangat tinggi mencapai 7%, (2 orang) ketegori tinggi mencapai 36% (11 orang) sedangkan untuk kategori sedang mencapai 50 % dan rendah tinggal 7% (2 orang) artinya terjadi peningkatan yang sangat bagus pada self efficacy siswa. Ketuntasan belajar siswa berdasarkan KKM, pada siklus I rasio siswa yang belajaranya tuntas mencapai 40%, sedangkan pada siklus II rasio siswa yang belajarnya tuntas mencapai 60%. Tingkat keterlaksanaan pembelajaran siklus 1 mencapai 85,3%, sedangkan pada siklus II tingkat keterlaksanaan pembelajaran mencapai 98%.