cover
Contact Name
Moch. Iqbal
Contact Email
moch.iqbal@umy.ac.id
Phone
+62274-387656
Journal Mail Official
maharat.pba@umy.ac.id
Editorial Address
Maharaat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Gedung KH. Ibrahim (E6), Lantai 1, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Jalan Brawijaya, Tamantirto, Kasihan, Bantul, Yogyakarta 55183
Location
Kab. bantul,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Maharaat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab
ISSN : 26229501     EISSN : 26232073     DOI : https://doi.org/10.18196/mht
Teaching Arabic as a Foreign Language Arabic Linguistic Arabic Literature Arabic History History of Arabic Education Strategy of Arabic Teaching Arabic Islamic Culture Media of Arabic Teaching Technology of Arabic Teaching Modern Standard Arabic Arabic Second Language Acquisition Arab Islamic History
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 4 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 2 (2020): April" : 4 Documents clear
Eksperimentasi Media Rubik Berbasis Teka-teki Silang Dalam Meningkatkan Penguasaan KosaKata Bahasa Arab Siswa Kelas X IPS MAN 4 Bantul Yogyakarta Tahun Ajaran 2018/2019 Nisa Fahmi Huda
Maharaat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Vol 2, No 2 (2020): April
Publisher : Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18196/mht.2220

Abstract

Penelitian ini adalah tentang penerapan media pembelajaran berupa permainan edukatif bahasa Arab “Rubik Berbasis Teka-teki Silang” sebagai media pembelajaran yang dapat meningkatkan penguasaan mufradât bahasa Arab. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) untuk mengetahui proses pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab menggunakan media “media rubik berbasis teka-teki silang”, (2) mengetahui ada dan tidaknya perbedaan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dalam meningkatkan penguasaan mufradāt. (3) mengetahui seberapa besar peningkatan media rubik berbasis teka-teki silang dalam meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Arab pada kelas eksperimen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian classical eksperiment. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X IPS 2 MAN 4 Bantul yang dibagi menjadi kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik test, wawancara, dan dokumentasi. Test dalam penelitian ini meliputi pretest dan posttest control group design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) proses pembelajaran bahasa Arab menggunakan media rubik berbasis teka-teki silang sangat efektif, (2) hasil pretest kelompok eksperimen dan kontrol pada uji-t independent sample test menunjukkan bahwa sig. 0.039 0.05. Hasil posttest kelompok eksperimen dan kelompok kontrol pada uji-t independent sample test menunjukkan bahwa sig 0.00 0.05. Demikian juga ditunjang dengan analisis uji-paired sample test antara posttest kelompok eksperimen dan kelompok kontrol menunjukkan taraf signifikansi 0.033 0.05 sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan terdapat perbedaan yang signifikan, (3) Peningkatan hasil tes kelompok eksperimen sebesar 21.94 dan kelompok kontrol 6.56 membuktikan bahwa adanya perbedaan yang signifikan pada kelas eksperimen dalam penguasaan mufradāt bahasa Arab.
Taṭbīq Al-Ṭarīqah Al-Mubāsyirah Fī Ta’līm Al-Lugah Al-‘Arabiyyah Fī Ma’had Al-Syaikh Ibn Bāz Yogyakarta Syaiful Anam
Maharaat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Vol 2, No 2 (2020): April
Publisher : Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18196/mht.2221

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan metodologi pembelajaran. Analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif melalui observasi, wawancara, dokumen, dan catatan lapangan. Latar belakang dari penelitian ini ada enam. Pertama, bahasa Arab yang bukan merupakan bahasa nasional di Indonesia menjadi sangat sulit dipelajari di Indonesia pada umumnya. Kedua, metode pembelajaran bahasa Arab yang dikembangkan selama ini belum mampu mengedepankan bahasa Arab seperti biasanya. Ketiga, perlunya model pendidikan yang menekankan pada keakraban dengan bahasa Arab. Keempat, metode langsung adalah metode yang mendorong pembiasaan dalam bahasa Arab. Kelima, Pondok Pesantren Syekh Bin Baz menerapkan metode pembelajaran bahasa Arab secara langsung dengan baik. Keenam, belum ada penelitian serupa yang mengkaji penerapan metode langsung pembelajaran bahasa Arab di Pondok Pesantren Syekh Bin Baz Yogyakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode langsung di Pondok Pesantren Syekh Bin Baz Yogyakarta dilaksanakan dengan empat cara. Pertama, belajar bahasa Arab dengan para pakar dari Yaman. Kedua, guru menggunakan bahasa Arab dalam kesehariannya. Ketiga, penggunaan bahasa Arab dalam semua kegiatan resmi Pondok Pesantren Syekh Bin Baz Yogyakarta. Keempat, penggunaan bahasa Arab sebagai alat komunikasi dalam kehidupan sehari-hari di Pondok Pesantren Syekh Bin Baz Yogyakarta.
Penilaian Sejawat dalam Pembelajaran Keterampilan Dasar Mengajar bagi Mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab pada Mata Kuliah Pembelajaran Mikro Muhammad Jundi; Zohra Yasin
Maharaat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Vol 2, No 2 (2020): April
Publisher : Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18196/mht.2217

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan penilaian sejawat dalam pembelajaran keterampilan dasar mengajar bagi mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab IAIN Sultan Amai Gorontalo pada Mata Kuliah Pembelajaran Mikro. Sebab, penilaian sejawat merupakan teknik penilaian berbasis peserta didik modern dan merupakan hal yang baru diterapkan pada mata kuliah tersebut. Penelitian yang dilakukan berjenis deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik mengumpulan data yang digunakan adalah observasi partisipan di mana peneliti ikut serta di dalamnya. Data dianalisis melalui proses analisis data kualitatif Milles dan Huberman yang meliputi: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian adalah: a) perkuliahan Pembelajaran Mikro di jurusan Pendidikan Bahasa Arab dilaksanakan dalam dua bentuk; seminar kelas untuk mempelajari konsep dan teori keterampilan mengajar dan praktikum mengajar untuk menerapkannya. Keterampilan yang dipelajari ada 6, yaitu: keterampilan membuka dan menutup pelajaran, keterampilan menjelaskan, keterampilan mengadakan variasi, keterampilan memberi pertanyaan, keterampilan memberi penguatan, dan keterampilan mengelola kelas, b) penilaian sejawat dilakukan dengan instrumen lembaran penilaian sejawat yang diisi saat praktikum mengajar dilaksanakan. Hasilnya kemudian disampaikan kepada seluruh mahasiswa dan ditanggapi oleh dosen pengampu di setiap akhir praktik sebagai refleksi, c) keterampilan yang telah dipraktikkan dengan baik oleh mahasiswa adalah membuka dan menutup pelajaran, menjelaskan, memberi pertanyaan, dan mengelola kelas. Sedangkan keterampilan mengadakan variasi dan memberi penguatan belum dipraktikkan dengan baik. Penilaian sejawat perlu diterapkan dalam proses pembelajaran peserta didik di semua tingkatan pendidikan.
Verba Transitif dan Intransitif: Analisis Linguistik pada Syair-syair Kutipan Syekh Imam Nawawi al-Bantani dalam Kitab Naṣā’iḥ al-‘Ibād Al Amin Maulana; Rika Astari
Maharaat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Vol 2, No 2 (2020): April
Publisher : Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18196/mht.2218

Abstract

Syekh Imam Nawawi al-Bantani merupakan salah satu ulama Indonesia dengan prestasi yang sangat melimpah. Bahkan, beliau diberikan gelar oleh ulama-ulama Timur Tengah dengan sebutan “Penghulu Ulama di Negeri Hijaz”. Oleh sebab itu, sudah sewajarnya beliau mempunyai keilmuan yang sangat dalam di berbagai bidang, termasuk salah satunya adalah ilmu bahasa Arab. Bukti dari kecerdasan beliau tentu sudah sangat banyak, sehingga penelitian ini hanya bermaksud sebagai tambahan legitimasi kecakapan Syekh Imam Nawawi al-Bantani dalam bidang Bahasa Arab. Akan tetapi, disebabkan luasnya cabang ilmu dalam bahasa Arab, maka penelitian ini hanya difokuskan pada mengkaji verba transitif dan intransitif dengan bentuk lampau yang beliau kutip dari syair-syair para ulama di dalam kitab Naṣā’iḥ al-‘Ibād. Penelitian dilakukan dengan metode agih, sedangkan pengumpulan datanya dengan menggunakan teknik lesap. Setelah dilakukan penelitian, ditemukan adanya 51 verba dalam bentuk lampau, baik yang berjenis transitif maupun intransitif. Jumlah verba transitif secara keseluruhan ada 30 dan jumlah verba intransitif ada 21. Kedua jenis ini berada pada struktur bahasa yang sudah benar sesuai kaidah ilmu Nahwu berdasarkan kitab Alfiyyah Ibn Mālik yang disyarah oleh Ibnu Aqil. 

Page 1 of 1 | Total Record : 4