cover
Contact Name
Rofi Budi Hamduwibawa
Contact Email
rofi.hamduwibawa@unmuhjember.ac.id
Phone
+628124990200
Journal Mail Official
hexagon@unmuhjember.ac.id
Editorial Address
Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Jember Alamat: Jl. Karimata No. 49 Jember-Jawa Timur-Indonesia 68124 Phone & Fax: (0331)336728 | 337957 Email: hexagon@unmuhjember.ac.id
Location
Kab. jember,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Rekayasa Infrastruktur Hexagon
ISSN : 25282379     EISSN : 25408135     DOI : https://dx.doi.org/10.32528/hgn
Core Subject : Engineering,
Jurnal Rekayasa Infrastruktur Hexagon dikelola oleh Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik dan di terbitkan oleh Universitas Muhammadiyah Jember secara berkala dua kali dalam setahun pada bulan Juni dan Desember. Journal Infrastruktur Hexagon memfokuskan pada bidang ketekniksipilan berisi artikel-artikel tentang perencanaan, perancangan dan evaluasi pada bangunan dan objek teknik sipil
Articles 130 Documents
KINERJA PARKIR DAN TINGKAT KEPUASAN PENGGUNA JASA LAHAN PARKIR PADA STASIUN KERETA API RAMBIPUJI (DAOP IX JEMBER) Vidiyanto, Fadhil Aditya Putra; Gunasti, Amri; Irawati, Irawati
HEXAGON Vol 3, No 1 (2018): HEXAGON
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32528/hgn.v3i1.2910

Abstract

AbstrakPrasana stasiun kereta api merupakan prasarana transportasi khusus atau dipisahkan dengansistem jaringan transportasi darat yang lain. Jasa kereta api sangat dibutuhkan masyarakat sebagai angkutan ekonomis dibanding dengan angkutan lainnya. Stasiun Rambipuji merupakan stasiun kelas II yang termasuk dalam Daerah Operasi IX Jember. Pada stasiun kereta api dalam meningkatkan pelayanan diperlukan tata ruang atau fasilitas yang baik. Seperti ruang parkir kendaraan, ruang tunggu penumpang, gudang bongkar muat barang maupun fasilitas lainnya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui karakteristik parkir dan mengetahui kinerja pelayanan ruang parkir stasiun Rambipuji. Pada penelitian ini, untuk mengetahui karakteristik parkir pada stasiun rambipuji yaitu dengan menggunakan metode pengamatan dan analisa perhitungan, sedangkan  untuk  mengetahui  tingkat  kepuasan  pengguna  jasa  lahan  parkir  menggunakan metode Quisioner Service Quality. Pada kedua metode ini semua memiliki porsi kepentingan tersendiri. Metode pengamatan dan analisa perhitungan digunakan untuk mengetahui seluruh karakteristik parkir yang ada pada Stasiun Rambipuji, sedangkan metode Quisioner Service Quality   digunakanuntuk   pengukuran   presepsi   penumpang   pengguna   jasa   lahan   parkir dilakukan dengan menyebarkan quisioner kepada 49 responden untuk mengetahui nilai harapan dan nilai aktual peformance yang diterima penumpang kereta api rambipuji. Dari hasil analisa perhitungan, di ketahui nilai DS 2018 jalan darmawangsa yaitu sebesar 0,1907520 smp/jam dan masuk pada tingkat pelayanan A, sedangkan DS 2023 sebesar 0,24341919742 smp/jam dan masuk pada tingkat pelayanan B. Kebutuhan ruang parkir berdasarkan kapasitas statis yaitu R2 38 SRP dan R4 14 SRP. Rata-rata harapan penumpang pengguna lahan parkir yaitu sebesar 4,144 dengan nilai rata-rata aktual penumpang pengguna lahan parkir yaitu 2,960. Kualitas yang ada pada indikator yang ada pada Quisioner tidak ada yang lebih dari nilai 1 itu menandakan   semua   indikator   memiliki   kualitas   yang   buru.   Pada   uji   hipotesis   yang menggunakan uji z secara keseluruhan indikator masuk dalam kategori berbeda nyata dengan Z tabel 5% atau 1,96 dan 1% atau 2,57.
KINERJA PARKIR DAN TINGKAT KEPUASAN PENGGUNA JASA LAHAN PARKIR PADA STASIUN KERETA API RAMBIPUJI (DAOP IX JEMBER) Vidiyanto, Fadhil Aditya Putra; Gunasti, Amri; Irawati, Irawati
HEXAGON Vol 4, No 2 (2019): HEXAGON
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32528/hgn.v4i2.3567

Abstract

Infrastructure repair railway station was a special transportation infrastructure or separated by ground transportation network system to another. Train services badly needed community as economical transport compared with other transport. Rambipuji station is class II stations included in the operating Area IX Jember. At the train station in improving service required spatial or good facilities. Such as parking spaces for vehicles, a passenger waiting room, warehouse loading and unloading of goods as well as other facilities. The purpose of this research is to know the characteristics and performance of service knowing parking spaces Rambipuji station. In this research, to know the characteristics of parking in Rambipuji station is by using methods of observation and analysis calculation, while to know the level of satisfaction of parking lot users using Quisioner method Service Quality. In both these methods, all have a portion of its interests. The method of observation and analysis of calculations is used to know all the characteristics of parking available at Rambipuji station, while Quisioner Service Quality method is for the measurement of the preconception of users of parking Conducted by spreading Quisioner to 49 respondents to know the value of expectations and actual value of Performance received by train passengers Rambipuji.
ANALISA KINERJA SUMBER DAYA MANUSIA PADA PROYEK PEMBANGUNAN GEDUNG (Studi Kasus Pembangunan Gedung Poliklinik RSUD Dr.Abdoer Rahem Situbondo) Zakariya, Hari; ., Suhartinah .; Manggala, Aditya Surya
HEXAGON Vol 2, No 1 (2017)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32528/hgn.v2i1.1433

Abstract

The purpose of this study is to determine the feasibility of the work plan made by the owner of the project plan what is in accordance with the implementation of the building plan of clinic RSUD Dr. Abdoer Rahem Situbondo using effective labor management using AHSP made by the project owner with AHSP SNI to know the need of human resources (project workforce) used as a reference in the calculation of construction project resources in accordance with the condition of the building project of clinic RSUD Dr. Abdoer Rahem Situbondo.               From the results, implementation of the building project Polyclinic RS obtained network planning results work duration rill 132 working days with the difference of working days 33 days faster than the plan 165 working days. In the implementation of the project does not happen delays, only on the work process there is a non-significant but not resolved. Effective manpower management is done by recruiting a disciplined, experienced, skilled and responsible workforce on the job so that a good job is achieved. Comparison of AHSP contract and AHSP SNI obtained AHSP efficiency 62% contract and AHSP SNI 61% with difference of labor difference happened that is 552 labor. Where there are major jobs that experienced a considerable margin on the floor work and the wall of the crew were 637 workers. a significant difference between the workforce of the plan and the realization work on the RS polyclinic development project, which is seen in reinforced concrete work with 70% labor efficiency, wall work with 75% labor efficiency, and roof skeletal work with the level of energy efficiency 66% workforce.Keywords: Project Performance; Human Resources; AHSP
EVALUASI GEOMETRIK - KINERJA DAN PERKERASAN LENTUR JALAN RAYA BALURAN KM 248 – KM 250 KABUPATEN SITUBONDO Rofieq, Muh. Nizar Junaidi Ainur; Hamduwibawa, Rofi Budi; Manggala, Adhitya Surya
HEXAGON Vol 4, No 1 (2019): HEXAGON
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32528/hgn.v4i1.3484

Abstract

 The importance of improving land transportation infrastructure which can support the smooth and equitable development, therefore roads are an important facility for humans to reach an area that they want to reach. The highway is a track that aims to pass traffic from one place to another. The north coast highway (Pantura) is a highway that falls within the criteria of a road which is heavily passed by heavy vehicles because, Baluran highway is a connecting road between Situbondo district and Banyuwangi district. Baluran road conditions are winding and there are slopes (vertical). With a width of road = 7 meters, this highway is passed by heavy vehicles. This solid volume of vehicles results in overloading of the road resulting in frequent damage to the road body. In addition, sharp curves (horizontal curves) and slope and grade slopes (vertical curves) coupled with conditions around the shoulders of trees which also provide poor visibility. Considering the above conditions (geometric and flexible pavement) on the Baluran highway, re-evaluation or analysis of the length of the curvature (horizontal and vertical curves) is required, in addition to the frequent damage to the road body, an evaluation of the thickness of the flexible pavement is needed.
ANALISA PELAKSANAAN PROYEK PEMBANGUNAN GEDUNG 3 LANTAI DENGAN MENGGUNAKAN PROGRAM MICROSOFT PROJECT 2007 ( STUDI KASUS PEMBANGUNAN RUANG KULIAH IAIN JEMBER ) Romadhon, Tri Sofyan; Suhartinah, Suhartinah Suhartinah; Dewi, Ilanka Cahya
HEXAGON Vol 2, No 02 (2016): Hexagon
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32528/hgn.v2i02.1129

Abstract

Keberhasilan proyek konstruksi di tandai dengan terlaksananya beberapa aspek - aspek yang selalu menjadi perhatian bagi setiap perusahaan, yaitu mutu, waktu dan biaya.  Pada penelitian ini dibahas analisa pekerjaan di proyek pembangunan ruang kuliah 12 ruang ekonomi dan bisnis islam Institut Agama Islam Negeri Jember dengan jangka waktu pelaksanaan selama 180 hari kalender mengunakan bantuan software Microsoft Project 2007. Penelitian ini bertujuan mengevaluasi penjadwalan proyek dan melakukan pengendalian jadwal pelaksanaan proyek. Dari evaluasi jadwal pelaksanaan pekerjaan, kemudian dimasukkan kedalam aplikasi microsoft office project, terdapat beberapa pekerjaan yang mengalami lintasan kritis, yaitu pada pekerjaan lantai 1 diantaranya pekerjaan persiapan, pekerjaan tanah dan urugan, dan pekerjaan beton. Untuk pekerjaan lantai 2 yaitu pekerjaan pasangan dan plesteran, pekerjaan beton, pekerjaan plafond, pekerjaan pelapis lantai dan dinding, dan  pekerjaan cat catan. Pada pekerjaan lantai 3 hanya pekerjaan beton yang mengalami lintasan kritis. Pada evaluasi laporan mingguan ditemukan beberapa minggu yang mengalami keterlambatan dan kemajuan fisik pekerjaan. Beberapa minggu yang mengalami kemajuan progress pekerjaan diantaranya minggu I, minggu X, minggu XI, minggu XII, minggu XIII, minggu IV. 
STUDI KEKUATAN STABILITAS ABUTMENT PADA JALAN TOL PANDAAN – MALANG STA 15 + 916 TERHADAP PENGARUH GEMPA SESUAI DENGAN SNI 2833 – 2016 Heragita, Lilonna Ayu; Priyono, Pujo; Suhartinah, Suhartinah
HEXAGON Vol 3, No 2 (2018): HEXAGON
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32528/hgn.v3i2.2915

Abstract

Secara struktural jembatan dipisahkan menjadi bangunan atas dan bangunan bawah. Sesuaifungsinya, bangunan bawah jembatan menopang dan meneruskan beban dari bangunan atas jembatan ke lapisan tanah yang kuat dan stabil/solid. Bangunan bawah jembatan terdiri dari abutmen dan pondasi, dimana abutmen bisa juga berfungsi sebagai pondasi jembatan. Metode yang  digunakan  untuk  analisis  kestabilan  abutmen  pada  penelitian  ini  adalah  metode pendekatan berdasarkan SNI 2833 – 2016 gempa jembatan. Kemudian dianalisa kestabilannya dengan syarat harus memenuhi nilai faktor keamanan SF Geser pons Pu, SF Guling 2,5, SF daya dukung borepile Pijin Pmaks. Dari analisis kekuatan stabilitas yang telah dilakukan pada studi kasus ini menyatakan bahwa nilai analisis geser pons menyisakan ratio presentase sebesar  46,82 %, nilai stabilitas guling arah x menyisakan ratio presentase sebesar 7,41 %, dan nilai kekuatan daya dukung bore pile menyisakan ratio presentase sebesar 34,45 %.
OPTIMASI KONTRUKSI BENDUNG TYROL BATANG SARING DENGAN MENGGUNAKAN JARINGAN SYARAF TIRUAN Imama, Iim Nur; Salim, Noor; Wardoyo, Ari Eko
HEXAGON Vol 3, No 1 (2018): HEXAGON
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32528/hgn.v3i1.2906

Abstract

Bendung Tyrol hakekatnya adalah bangunan untuk menyadap air sungai yang dibangunmelintang terhadap alur sungai, dimana penyadapan dilakukan dari atas mercu. Pemanfaatanbangunan utama tyrol untuk menghindari bahaya benturan angkutan sedimen batu gelundung.Benturan angkutan sedimen batu gelundung membawa dampak yang sangat serius terhadapbangunan bendung. Dikarenakan bendung tyrol ini merupakan bendung yang dibangun padasungai pegunungan yang memiliki aliran deras. Dalam perencanaan bendung ini menggunakanteknik kecerdasan buatan atau Jaringan Syaraf Tiruan (JST) dengan metodeBackpropagationyang menggunakan Software MATLAB dan Software Rapid Miner. Dengantujuan untuk mendapatkan nilai Mean Average Precentage Error (MAPE), nilai akurasi TrialError. Penerapan arsitektur JST dan perencanaan dimensi saluran pada mercu bendung
TINJAUAN STANDART KESTABILAN TOWER NG STANDAR 30 METER TERHADAP BEBAN GEMPA DINAMIS DENGAN BERBAGAI SITUS KELAS TANAH SESUAI SNI 1726-2012 Sudarmaji, Sigid Bayu; Muhtar, Muhtar; Priyono, Pujo
HEXAGON Vol 5, No 1 (2020): HEXAGON
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32528/hgn.v5i1.3591

Abstract

The development of world telecommunications is growing very rapidly occur today, requires the telecommunications provider to provide a means of expanding the reach of mobile phone signal and internet signal in the form of 2G, 3G and 4G. With it the necessary means of supporting specialized tower BTS (Base Transceiver Station) to carry the antenna ata certain height.In planning the establishment of the BTS tower. The load effect in the form of self weight live load and wind load. But necessary review of the value of the Twist, Sway, and Displacement due to earthquake loads that occur with a variety of site classes of the soil in the form of rock soil, hard soil, medium soil and soft soil in accordance with SNI 1726-2012. 
PENGARUH JALAN KERETA API TERHADAP SIMPANG BERSINYA PATRANG JEMBER Qomar, Faruq Al; ., Irawati .; Hamduwibawa, Rofi
HEXAGON Vol 2, No 2 (2017)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32528/hgn.v2i2.1429

Abstract

Simpang signaling Jl. Moch Seruji - Jl. DR. Soebandi and Jl. Slamet Riyadi is geometrically comprised of three arms (south, west and north), located in Jember Town, Patrang District. This intersection serves various types of highway transportation vehicles (light vehicles, heavy vehicles, motorized and non-motorized vehicles), as well as access to public transportation within the City to Arjasa terminal. In addition, approximately 20 meters west of the intersection there is a railway track connecting Jember and Banyuwangi districts. Thus the oprasional intersection signaled DR. Soebandi is quite a potential sabagai point of traffic problems and transportation system of the city.Operational analysis of the intersection is done by analyzing the performance of intersection which includes degree of saturation, delay time, and queue length. The method used is Manual Capacity of Indonesia Road Capacity (MKJI 1997).From the results of this study shows that the intersection of DR. Soebandi with the volume of vehicles this year is still effective in performance, as well as the singkron of the way head of the train in the west of the intersection is fairly still able to accommodate the vehicle that is accommodated when the train passes. Keywords : Oprasional optical performance analysis, (MKJI 1997)
KAJIAN INTENSITAS HUJAN DENGAN DEBIT BANJIR SERTA INTEGRASI DENGAN SISTEM INFORMASI BENCANA (STUDI KASUS DAS DINOYO KECAMATAN PANTI KABUPATEN JEMBER) Totok Dwi Kuryant, Silvi Yustitia Eka Pratiwi Nanang Saiful Rizal
HEXAGON Vol 1, No 1 (2016): HEXAGON
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32528/hgn.v1i1.196

Abstract

Banjir merupakan peristiwa alam yang sangat sering terjadi. Hal ini terjadi karena perubahan iklim global, perubahan tata guna lahan yang sangat ekstrim dan kurangnya sistem informasi kebencanaan. Banjir bandang di Kecamatan Panti pada tanggal 31 Desember 2005 dan 1 Januari 2006 telah merenggut korban jiwa sebanyak 73 orang, 7605 jiwa diungsikan, merusak rumah sejumlah 385 buah  serta beberapa fasilitas umum. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara curah hujan, intensitas, debit banjir, tinggi air, kecepatan aliran dan status kebencanaan yang disandang dengan mengintegrasi curah hujan serta debit banjir menggunakan modifikasi stasiun penakar hujan. Metode yang digunakan untuk mencari debit dalam penelitian ini adalah Hidrograf Banjir metode Nakayasu. Dari hasil perhitungan didapatkan debit pada saat banjir bandang adalah 157,66 m3/dt dengan kecepatan aliran 2,686 m/dt sehingga daya tampung dari sungai mengalami kelebihan kapasitas dari debit sungai normal yakni 133,454 m3/dt. Dari hasil pengolahan data oleh sensor hujan dan mikrokontroler didapatkan tampilan pada komputer berupa tinggi curah hujan dan status kebencanaan yang disandang. Kata kunci       : Banjir, Debit, Status Kebencanaan

Page 1 of 13 | Total Record : 130