cover
Contact Name
Dinar Pratama
Contact Email
sustainablejurnal@gmail.com
Phone
+6285266038611
Journal Mail Official
sustainablejurnal@gmail.com
Editorial Address
https://jurnal.lp2msasbabel.ac.id/index.php/sus/about/editorialTeam
Location
Kab. bangka,
Kepulauan bangka belitung
INDONESIA
Sustainable: Jurnal Kajian Mutu Pendidikan
ISSN : -     EISSN : 26550695     DOI : https://doi.org/10.32923
Core Subject : Education, Social,
Sustainable Journal is a high-quality open-access peer-reviewed research journal that is published by the Quality Assurance of Bangka Belitung State Islamic Institute (LPM - IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung). Sustainable Journal is providing a platform that welcomes and acknowledges high quality empirical original research papers about the quality of education written by researchers, academicians, professionals, and practitioners.
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 3 No 1 (2020): Sustainable" : 8 Documents clear
Peran Kepala Sekolah Dalam Mengembangkan Kultur Sekolah di SD Negeri 5 Mendo Barat Muhammad Iqbal Arrosyad; Laela Fitria Ulfa; Mersy Mersy; Cindy Claudia; Indah Eka Safitri
Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan Vol 3 No 1 (2020): Sustainable
Publisher : Lembaga Penjaminan Mutu, IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (332.364 KB) | DOI: 10.32923/kjmp.v3i1.1149

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) peran kepala sekolah dalam mengembangkan kultur sekolah, (2) faktor pendukung dan penghambat kepala sekolah dalam mengembangkan kultur sekolah. Jenis penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif.Subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru, dan siswa.Untuk teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan dokumentasi dengan informasi penelitian terdiri dari kepala sekolah, guru, dan peserta didik SD Negeri 5 Mendo Barat. Data diperoleh dengan cara pengamatan dan wawancara selama sepuluh hari. Hasil penelitian adalah sebagai berikut : (1) peran kepala sekolah dalam mengembangkan kultur sekolah, yaitu sebagai kepemimpinan, sebagai inovator, sebagai motivator dan sebagai manejer, (2) faktor pendukung dan penghambat kepala sekolah dalam mengembangkan kultur sekolah, (3) kultur sekolah SD Negeri 5 Mendo barat sangat beragam, dalam pelaksanaannya dibutuhkan kesadaran dan pembiasaan setiap hari baik didalam kelas maupun diluar kelas, (4) upaya bersama guru dalam mengembangkan kultur sekolah yang lebih baik, (5) karakteristik kultur sekolah yang dibangun oleh kepala sekolah di SD Negeri 5 Mendo barat.
Pengelolaan Tematik Pada Pembelajaran Sekolah Dasar Negeri Pangkalanbaru Sasih Karnita Arafatun; Sri Sugiyarti; Fazrul Sandi Purnomo
Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan Vol 3 No 1 (2020): Sustainable
Publisher : Lembaga Penjaminan Mutu, IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (512.276 KB) | DOI: 10.32923/kjmp.v3i1.1171

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengelolaan pembelajaran tematik di Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Pangkalanbaru Kabupaten Bangka Tengah. Hasil penelitian diharapkan dapat mendeskripsikan fenomena yang terjadi di lingkungan Sekolah Dasar Negeri kecamatan Pangkalan Baru, Kabupaten Bangka Tengah mengenai pengelolaan pembelajaran tematik.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan pembelajaran tematik di SDN 2 Pangkalanbaru, SDN 4 Pangkalanbaru dan SDN 13 Pangkalanbaru disesuaikan dengan tema yang akan diajarkan, 2) Penerapan pembelajaran di SDN 11 Pangkalanbaru dalam pelaksanaan pembelajaran berdasarkan tema dengan penentuan pelaksanaan kegiatan masih menggunakan jadwal pelajaran. Berdasarkan model pembelajaran tematik menunjukkan: 1) Pengelolaan pembelajaran tematik di SDN 2 Pangkalanbaru, SDN 4 Pangkalanbaru, dan SDN 13 Pangkalanbaru menggunakan model terpadu (Integrated model), yang memadukan konsep antar mata pelajaran, 2) Pengelolaan pembelajaran tematik diSDN 11 Pangkalanbaru yang mengelola pembelajaran tematik dengan menggunakan model hubungan/terkait (connected model) yaitu menyajikan hubungan yang eksplisit di dalam suatu mata pelajaran yaitu menghubungkan satu topik ke topik yang lain, satu konsep ke konsep yang lain, satu keterampilan dengan keterampilan yang lain, satu tugas ke tugas berikutnya.
Pendidikan Politik di Perguruan Tinggi : Sebuah Konsepsi Imam Alfikri Pratama
Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan Vol 3 No 1 (2020): Sustainable
Publisher : Lembaga Penjaminan Mutu, IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (545.347 KB) | DOI: 10.32923/kjmp.v3i1.1300

Abstract

As an effort, political education becomes an investment in sustainable democracy. The result is citizens’ political awareness and active involvement democratically in national matters. With an opportunity of demographic bonus in the future, the best political therapy must be implemented to young people as a guarantee of the well-functioning of democracy, in which some of them are higher education students. Political education in higher education is constructed in both formal and non-formal forms. In the formal form, it is carried out through political teaching, while the non-formal form is related to the way individuals summarize political knowledge through reflection on a political system. It can be carried out together between teaching through Pancasila and Citizenship Education in the curricular domain and social learning through student organizations in the non-curricular domain.
Penerapan Model Project-Based Learning Untuk Meningkatkan Pekerjaan Dasar Elektromekanik Siswa Kelas X TITL SMKN 1 Maumere Yakobus Mbasa
Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan Vol 3 No 1 (2020): Sustainable
Publisher : Lembaga Penjaminan Mutu, IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (489.695 KB) | DOI: 10.32923/kjmp.v3i1.1323

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Pekerjaan Dasar Elektromekanik melalui penerapan model project based learning pada siswa kelas X TITL SMKN 1 Maumere. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X TITL SMKN 1 Maumere tahun ajaran 2018/2019, dengan jumlah siswa sebanyak 35 siswa. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus menggunakan empat tahap, antara lain: tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi dan refleksi. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah metode tes dan observasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar, lembar observasi dan lembar unjuk kerja. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model project based learning dapat meningkatkan kemampuan hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini adalah: terjadinya peningkatan rata-rata hasil belajar siswa, dari 77.33 pada siklus I menjadi 80.35 pada siklus II (terjadi peningkatan sebesar 3.02). Selain itu terjadi juga peningkatan ketuntasan klasikal, dari 71.42 % pada siklus I menjadi 88.57 % pada siklus II (terjadi peningkatan sebesar 17.15%). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa pada pembelajaran pekerjaan dasar elektromekanik dapat meningkat melalui model project based learning.
Meningkatkan Hasil Belajar IPS Materi Menyebutkan Kehidupan Sosial Budaya dari Negara-negara ASEAN Terkait Kondisi Geografisnya dengan Pendekatan VCT (Value Clarification Teaching) pada Siswa Kelas VI SD Negeri Dendeng Yana Fansita Taopan
Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan Vol 3 No 1 (2020): Sustainable
Publisher : Lembaga Penjaminan Mutu, IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (402.492 KB) | DOI: 10.32923/kjmp.v3i1.1355

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa dengan pendekatan VCT (value Clarification Teaching). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan (action research), karena penelitian dilakukan untuk memecahkan masalah pembelajaran di kelas, Tahapan penelitian tindakan pada suatu siklus meliputi perencanaan atau pelaksanaan observasi dan refleksi. Hasil pendekatan VCT (Value Clarification Teaching) dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas VI SD Negeri Dendeng pada materi Menyebutkan Kehidupan Sosial Budaya dari Negara-negara ASEAN Terkait Kondisi Geografisnya Tahun Ajaran 2019/2020 dengan peningkatan pada siklus I rata-rata hasil belaja 67,7 dengan persentase ketuntasan 47% sedangkan pada siklus II rata-rata 84,36 dengan persentase ketuntasan 96%. Dengan ini maka pendekatan yang digunakan efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
Analisis Seleksi dan Gradasi Materi Buku Teks Al-Arabiyyah baina Yadaik Syarifah Syarifah
Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan Vol 3 No 1 (2020): Sustainable
Publisher : Lembaga Penjaminan Mutu, IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1121.087 KB) | DOI: 10.32923/kjmp.v3i1.1387

Abstract

In achieving learning objectives, one of very important component is the right textbook. The use of appropriate textbooks greatly affects the success of learning. Therefore, the analysis of a textbook, in this case, a textbook for Arabic learning, is very important to do. The purpose of this study is to describe the selection and gradation of material in the Arabic textbook Al-Arabiyyah baina Yadaik. The type of research used in this study is library research, using the content analysis method. The object of this research is Arabic textbooks that are widely used in the world of education, especially universities, namely: Kitab Al-Arabiyyah baina Yadaik volumes I and II. Based on this this study it can be concluded that the material selection in the Al-Arabiyyah baina Yadaik textbook has fulfilled the principles of material selection: frequency, range, availability, coverage, and learnability. The gradation of material in the textbook Al-Arabiyyah baina Yadaik, generally, has fulfilled the principles of gradation. If viewed in terms of type, the book Al-Arabiyyah baina Yadaik uses a rotating gradation pattern, whereas if it is based on language categories, the textbooks uses a national-functional gradation pattern.
Bahaya Perekrutan Terorisme Melalui Media Sosial di Indonesia Irawan Irawan; Nasrun Nasrun
Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan Vol 3 No 1 (2020): Sustainable
Publisher : Lembaga Penjaminan Mutu, IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (885.895 KB) | DOI: 10.32923/kjmp.v3i1.1392

Abstract

Terorisme mengancam kehidupan manusia. Dampak aksi terorisme dapat menghilangkan nyawa manusia, terluka, dan trauma psikologis. Oleh karena itu, aksi terorisme dan penyebaran paham terorisme harus dibasmi. Tulisan ini bertujuan untuk menjelaskan bahaya perekrutan terorisme melalui media sosial dan langkah-langkah strategis pencegahannya. Perekrutan terorisme melalui media sosial sangat berbahaya karena mempengaruhi psikologi masyarakat. Media sosial seharusnya digunakan untuk kepentingan yang bermanfaat, bukan untuk mempengaruhi orang lain menjadi calon teroris. Demikian juga Islam mengajarkan bagipenganutnya agar memprakkan Islam yang ramah.Metode yang digunakan dalam tulisan ini adalah analis kualitatif. Adapun pendekatan yang digunakan adalah pendekatan psikologi teroris (the psychology of the Terrorist) Rex A. Hudson. Tulisan ini menyimpulkan bahwa tindakan terorisme memberikan rasa takut, cemas, dan bertentangan dengan Islam rahmatan li a`lamin, Pancasila, UUD 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan Bhinneka Tunggal Ika. Langkah-langkah pencegahan perekrutan teroris melalui media sosial adalah pembinaan kepada masyarakat tentang bahaya terorisme oleh pemerintah (Kementerian Komunikasi dan Informasi Republik Indonesia), tokoh agama, dan tokoh masyarakat.
Pendidikan Spiritual Menata Imun Tubuh Masa Pandemi Hadarah Hadarah
Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan Vol 3 No 1 (2020): Sustainable
Publisher : Lembaga Penjaminan Mutu, IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (475.842 KB) | DOI: 10.32923/kjmp.v3i1.1659

Abstract

Persoalan bangsa sebagaimana yang diuraikan di atas, membutuhkan pemikiran berkaitan dengan keselamatan invidu, masyarakat, bangsa dan Negara dari seluruh persoalan yang semakin mencekam. Semua elemen mempunyai peran dan andil sesuai kelas sosial masing-masing. Bukan waktunya untuk berdebat kusir saling menyalahkan satu sama lain. Dalam momentum saat ini, bangsa memanggil seluruh masyarakat turut membantu memikirkan perbaikan keadaan, minimal berusaha memulihkan kondisi keluarga masing-masing, memperkuat benteng kehidupan melalui pemulihan mental, jiwa yang sehat lepas dari setres dan rasa trauma terhadap pengaruh bencana PANDEMI. Permasalahannya adalah, fakta menunjukkan kondisi spikologis masyarakat sudah mengalami degradasipesismistik, dan bahkan terdapat kelompok masyarakat yang putus asah, setres dan kehilangan kendali, rumah tangga yang broken, pasangan suami istri mengalami perceraian dimana-mana, kesemuanya itu terjadi akibat berbagai faktor pemicunya, dan yang paling nampak adalah krisis ekonomi, krisis sosial, krisis moral dan krisis kepercayaan hingga arah hidup menjadi serba tida menentu. Peran pemerintah hanya terbatas, tidak dapat menyelesaiakan persolan masyarakat per individu, tidak dapat bertahan hidup dalam jangka waktu yang lama jika hanya mengandalkan bantuan pemerintah, oleh karenanya menjadi tanggungjawab masing-masing warga Negara, bangsa dan masyarakat menyelesaikan segala persoalannya sesuai kadar sosialnya. Dunia kehidupan manusia secara kuantitatif mengalami pengurangan yang signifikan, dan pegurangan jumlah secara kualitatif pada dimensi spikologis, banyak pula yang imannya menjadi lemah. Keimanan tetap pada dasar fundamental Islam, ummat Muslim tetap pada keyakinan bahwa segala bencana PANDEMI adalah atas dasar sunnatullah, bencana alam yang juga atas persetujuan sang Pencipta.

Page 1 of 1 | Total Record : 8