cover
Contact Name
Zalik Nuryana
Contact Email
zalik.nuryana@pai.uad.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
tajdidukasi@gmail.com
Editorial Address
Jl. Gedongkuning No.131, Rejowinangun, Kec. Kotagede, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55171, Indonesia
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Tajdidukasi: Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan Islam
ISSN : 19796943     EISSN : 26141361     DOI : 10.31763/tajdidukasi
Core Subject : Education, Social,
Tajdidukasi: Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan is a journal of Research and Education Study which contains Classroom Action Research (PTK), and School Action Research (PTS), and Interdisciplinary Education Study at Higher Education published by Muhammadiyah Majelis Pendidikan Dasar and Menengah Daerah Istimewa Yogyakarta. The articles on the results of PTK and PTS and the study of educational thinking were written by teachers and principals and lecturers in experimenting with learning methods and strategies to improve the quality of education in both Primary Schools / Islamic Primary Schools, Junior High Schools, and Senior High Schools/MA/SMK and Universities. PTK and PTS articles focus on subjects in schools/madrasah, such as Natural Science (IPA), Social Knowledge Science (IPS), Mathematics, Physics, Chemistry, even engineering, such as Mechanical Engineering, Electrical, Informatics, and so forth. Meanwhile, the article of Educational Research is interdisciplinary and multidisciplinary research conducted by Lecturers in Higher Education to Islamic repertoire.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 10, No 1 (2020)" : 6 Documents clear
Penerapan metode pembelajaraan kooperatif Jigsaw menggunakan media engine stand pada siswa SMK Muhammadiyah Cangkringan Saryanto Saryanto
Tajdidukasi: Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan Islam Vol 10, No 1 (2020)
Publisher : Muhamadiyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47736/tajdidukasi.v10i1.37

Abstract

Siswa masih mengalami kesulitan dalam memahami materi tentang bahan bakar konvensional, hal ini dapat dilihat dari hasil nilai siswa yang masih di bawah kriteria ketuntasan minimal (KKM). Padahal di sekolah sudah terdapat media engine stand yang memadai dan representative. Guru yang mengajar di kelas sudah berpengalaman dalam materi bahan bakar konvensional. penelitian ini bertujuan meningkatkan pemahaman mengenai praktek sistem bahan bakar konvensional pada siswa smk kelas xii jurusan tenik kendaraan ringan. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Penelitian adalah kegiatan mencermati suatu objek, menggunakan aturan metodologi tertentu untuk memperoleh data yang bermanfaat bagi peneliti. Penerapan metode kooperatif Jig Show dapat meningkat kemampuan pemahaman tentang materi praktik bahan bakar konvensional. Hasil rata-rata prasiklus sebesar 71,86, siklus I rata-rata skor test sebesar 73,62, sedangkan pada siklus II rata-rata skor tes sebesar 75,05. Peningkatan terjadi setiap siklus.
Peningkatan motivasi belajar matematika dengan menggunakan metode penemuan terbimbing siswa SMP Dian Sriwidiarti
Tajdidukasi: Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan Islam Vol 10, No 1 (2020)
Publisher : Muhamadiyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47736/tajdidukasi.v10i1.66

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: mengetahui pelaksanaan metode penemuan terbimbing dalam meningkatkan motivasi belajar matematika siswa SMP. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, menggunakan desain tindakan model Kemmis dan Taggart yang menggunakan empat komponen dalam setiap siklusnya yaitu: perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IXA SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta yang berjumlah 32 siswa terdiri dari 27 siswa laki-laki dan 5 siswa perempuan. Kelas tersebut diberi perlakuan dengan menggunakan metode penemuan terbimbing untuk meningkatkan motivasi belajar pada materi Bangun Ruang Sisi Lengkung. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: terdapat peningkatkan motivasi belajar matematika siswa kelas IX A SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta yaitu dengan melaksanakan metode pembelajaran penemuan terbimbing dengan benar dan sesuai langkah-langkah pelaksanaan pembelajaran dengan penemuan terbimbing. Hal tersebut ditunjukkan dengan hasil keterlaksanaan pembelajaran penemuan terbimbing mengalami peningkatan. Pada saat sebelum tindakan, hasil motivasi siswa yang tinggi dan tinggi sekali 75% atau 24 siswa. Setelah dilakukan tindakan hasil motivasi siswa yang tinggi dan tinggi sekali 96,88% atau 31 siswa.
Strategi team game turnamen untuk meningkatkan konsentrasi dan keaktifan belajar matematika Slamet Widada
Tajdidukasi: Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan Islam Vol 10, No 1 (2020)
Publisher : Muhamadiyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47736/tajdidukasi.v10i1.39

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan konsentrasi dan keaktifan belajar matematika konsep gradien dan persamaan garis lurus pada siswa kelas VIII A SMP Muhammadiyah 2 Depok, dengan menerapkan model kooperatif tipe Team Group Turnamen (TGT). Data penelitian tindakan kelas diperoleh dengan cara: pengamatan, rekaman proses pembelajaran, serta angket siswa. Data yang telah dikumpulkan pada siklus I, didiskusikan bersama kolaborator, kemudian dilakukan tindakan perbaikan pada siklus II. Data yang dikumpulkan pada siklus I dan II dibandingkan, dibahas, dan disimpulkan, bahwa ada peningkatan presentasi aktif dari 69% menjadi 87%, diskusi kelompok dari 60% menjadi 90%, aktivitas peserta games turnamen dari 60% menjadi 94 %, serta hasil pengisian angket refleksi dari 72% menjadi 75%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa Model kooperatif tipe TGT dapat meningkatkan konsentrasi dan keaktifan belajar matematika siswa pada konsep gradien dan persamaan garis lurus di kelas VIII A SMP Muhammadiyah 2 Depok Sleman rata-rata peningkatan dari 65% menjadi 84%. Hasil capaian ini diatas kriteria yang ditetapkan 75%. Sehingga model Kooperatif tipe TGT dapat dijadikan alternatif dalam pembelajaran matematika karena siswa akan lebih konsentrasi, aktif, dan menyenangi matematika karena ada unsur games turnamen.
Meningkatkan prestasi belajar ilmu pengetahuan alam melalui pendekatan lingkungan pada siswa sekolah dasar Inti Sukawati
Tajdidukasi: Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan Islam Vol 10, No 1 (2020)
Publisher : Muhamadiyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47736/tajdidukasi.v10i1.40

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) melalui pendekatan lingkungan pada siswa kelas III SD Muhammadiyah Branjang Karangmojo Gunungkidul. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan analisis secara kuantitatif dan kualitatif. Metode pengumpulan data melalui observasi dan tes. Subjek penelitian adalah siswa kelas III yang berjumlah 12 siswa pada siswa kelas III SD Muhammadiyah Branjang Karangmojo Gunungkidul. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus dengan melibatkan teman sejawat sebagai observer. Siklus penelitian dilaksanakan sebanyak dua kali pada bulan Oktober 2016. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pada siklus pertama ditemukan sebagian besar siswa memperoleh nilai di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), yaitu sebanyak 40%. 2) pada siklus kedua didapatkan perolehan nilai siswa di atas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dari semula dari 40% meningkat menjadi 100% dari seluruh siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui pendekatan lingkungan pemahaman siswa kelas III SD Muhammadiyah Branjang meningkat secara signifikan.
Pendekatan bermain untuk meningkatkan kemampuan passing bawah permainan bola voli Primadi Pamungkas
Tajdidukasi: Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan Islam Vol 10, No 1 (2020)
Publisher : Muhamadiyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47736/tajdidukasi.v10i1.48

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan passing bawah permainan bola voli. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Siklus I dilakukan sebanyak dua kali pertemuan dan siklus II satu kali pertemuan. Subjek adalah siswa kelas VIII C di SMP Muhammadiyah 2 Depok yang berjumlah 31 siswa terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data adalah RPP untuk 2 siklus, lembar observasi guru peneliti, daftar nilai siswa, instrumen penilaian keterampilan pembelajaran siswa, serta dokumentasi proses belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui pendekatan bermain dapat meningkatkan kemampuan passing bawah permainan bola voli pada siswa kelas VIII C SMP Muhammadiyah 2 Depok tahun ajaran 2016/2017. Pada siklus I nilai rata-rata 50,54 meningkat menjadi 66,13 pada siklus II. Hasil proses pembelajaran dengan model bermain mampu membuat siswa menjadi bersemangat, aktif, dan rasa ingin mencoba kembali apa yang telah dilakukan, siswa yang tadinya merasa takut menerima bola menjadi lebih termotivasi mengikuti latihan passing bawah sehingga rata-rata nilai akhir yang mereka capai meningkat jika dibandingkan dengan nilai sebelum dilakukan tindakan.
Peningkatan hasil belajar PPKn melalui metode make a match kelas XII SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta Eny Widyastuti
Tajdidukasi: Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan Islam Vol 10, No 1 (2020)
Publisher : Muhamadiyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47736/tajdidukasi.v10i1.51

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan penerapan metode pembelajaran Make A Match pada siswa kelas XII IPS 2 di SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri atas 2 siklus, dimana setiap siklus terdapat dua kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas XII IPS 2 yang berjumlah 20 siswa. Pemilihan subjek penelitian dilakukan karena nilai rata-rata kelas tersebut yang paling dibandingkan dengan kelas-kelas yang lain. Teknik pengumpulan data mrnggunakan tes, observasi, wawancara, catatan lapangan. Berdasarkan hasil data yang sudah dianalisis metode pembelajaran Make A Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Peningkatan hasil belajar siswa terlihat dari nilai rata-rata kelas siklus I adalah 78,15 dan terdapat 55% siswa sudah mencapai KKM, pada siklus II nilai rata-rata kelas adalah 83,15 dan terdapat 75 % siswa yang sudah mencapai KKM sehingga indikator keberhasilan individu dan kelas telah terpenuhi pada akhir siklus kedua. Berdasarkan hasil analisis dapat dijelaskan bahwa penerapan pembelajaran dengan metode Make A Match dapat meningkatkan kemampuan hasil belajar.

Page 1 of 1 | Total Record : 6