cover
Contact Name
Zalik Nuryana
Contact Email
zalik.nuryana@pai.uad.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
tajdidukasi@gmail.com
Editorial Address
Jl. Gedongkuning No.131, Rejowinangun, Kec. Kotagede, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55171, Indonesia
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Tajdidukasi: Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan Islam
ISSN : 19796943     EISSN : 26141361     DOI : 10.31763/tajdidukasi
Core Subject : Education, Social,
Tajdidukasi: Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan is a journal of Research and Education Study which contains Classroom Action Research (PTK), and School Action Research (PTS), and Interdisciplinary Education Study at Higher Education published by Muhammadiyah Majelis Pendidikan Dasar and Menengah Daerah Istimewa Yogyakarta. The articles on the results of PTK and PTS and the study of educational thinking were written by teachers and principals and lecturers in experimenting with learning methods and strategies to improve the quality of education in both Primary Schools / Islamic Primary Schools, Junior High Schools, and Senior High Schools/MA/SMK and Universities. PTK and PTS articles focus on subjects in schools/madrasah, such as Natural Science (IPA), Social Knowledge Science (IPS), Mathematics, Physics, Chemistry, even engineering, such as Mechanical Engineering, Electrical, Informatics, and so forth. Meanwhile, the article of Educational Research is interdisciplinary and multidisciplinary research conducted by Lecturers in Higher Education to Islamic repertoire.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 11, No 1 (2021)" : 5 Documents clear
Pembelajaran STEM PLBS untuk meningkatkan keterampilan berfikir kreatif menyongsong era revolusi industri 4.0 Eny Triastuti
Tajdidukasi: Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan Islam Vol 11, No 1 (2021)
Publisher : Muhamadiyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47736/tajdidukasi.v11i1.312

Abstract

Penelitian dan Pengembangan ini bertujuan untuk mendeskripsikan, mengembangkan, dan mengetahui pengaruh Pembelajaran Berbasis STEM materi sel volta pada topik pembangkit listrik berbahan sekitar (PLBS) terhadap keterampilan berfikir dan kreatif. Penelitian ini terdiri dari dua tahap, yaitu Research dan Development. Pada tahap Research digunakan metode kualitatif untuk menghasilkan rancangan produk. Keabsahan data berdasar validasi dengan acuan kriteria sebesar 0,87 pada kategori sangat baik. Uji kepraktisan model diperoleh dari angket respon siswa dengan jumlah rata-rata 82,75% dinyatakan sangat praktis. Pada tahap Development digunakan metode eksperimen One Group Pre-Posttest Design untuk menguji rancangan produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis STEM pada topik pembangkit listrik berbahan sekitar (PLBS) dideskripsikan dalam lima tahap atau fase pendekatan pembelajaran yaitu reflection, research, discovery, application, dan communication. Kegiatan pembelajaran dikembangkan untuk melatih keterampilan berfikir kreatif untuk menyongsong era revolusi industri 4.0. Hasil pengujian produk unit pembelajaran berbasis STEM topik Pembangkit Listrik Berbahan Sekitar (PLBS) pada materi sel volta dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa dengan nilai rata-rata pre-test dan post-test sebesar 61,19 menjadi 90 dengan skor N gain sebesar 0,74. Produk dinyatakan efektif karena 100 % siswa telah tuntas secara klasikal. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh positif pembelajaran berbasis STEM terhadap keterampilan berfikir kreatif dengan skor 98,7 %.
Peningkatan aktivitas belajar melalui implementasi media virtual laboratorium kimia pada masa pandemi covid-19 Firdiawan Ekaputra; Enung Hasanah
Tajdidukasi: Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan Islam Vol 11, No 1 (2021)
Publisher : Muhamadiyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47736/tajdidukasi.v11i1.348

Abstract

Tujuan ini untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas belajar peserta didik kelas XI materi asam basa SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta melalui implementasi media laboratirum virtual kimia pada masa Covid-19. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan dilakukan sebanyak dua siklus. PTK ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa catatan lapangan, dokumentasi, dan observasi partisipatif, Untuk mengumpulkan data, PTK ini menggunakan dua jenis instrumen yaitu catatan lapangan dan lembar onservasi partisipatif. Semua data yang berhasil dikumpulkan, dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan media laboratorium virtual kimia dapat meningkatkan aktivitas belajar kimia peserta didik kelas XI MIPA 8 SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta Tahun Pelajaran 2020/2021 yang ditunjukkan dengan adanya peningkatan persentase rerata aktivitas belajar kimia sebanyak 15,07%.
Pengembangan modul tematik berbasis pendidikan lingkungan hidup subtema manfaat energi untuk siswa kelas IV Sekolah Dasar Meita Windi Susanti; Siwi Purwanti
Tajdidukasi: Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan Islam Vol 11, No 1 (2021)
Publisher : Muhamadiyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47736/tajdidukasi.v11i1.311

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fakta dilapangan yaitu terbatasnya bahan ajar tematik, selain itu pendidikan lingkungan hidup belum terintegrasi secara maksimal pada pembelajaran tematik. Penelitian bertujuan untuk mengetahui prosedur pengembangan modul tematik berbasis pendidikan lingkungan hidup subtema manfaat energi untuk siswa kelas IV Sekolah Dasar. Selain itu, untuk mengetahui kualitas modul tematik berbasis pendidikan lingkungan hidup subtema manfaat energi untuk siswa kelas IV Sekolah Dasar dari para ahli media, ahli materi, dan ahli pembelajaran. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan Research and Develompent (RnD) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa lembar penilaian produk dan angket respon peserta didik, kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penelitian dan pengembangan telah dilakukan dengan menggunakan model ADDIE (Analiysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Hasil penilaian dari ahli media dengan nilai 95 termasuk kategori “Baik Sekali”, ahli materi dengan nilai 90 termasuk kategori “Baik Sekali”, ahli pembelajaran dengan nilai 89,09 termasuk kategori “Baik Sekali”. Dari hasil penilaian oleh ahli media, ahli materi, dan ahli pembelajaran secara keseluruhan mendapatkan nilai 91,36 dengan kategori baik sekali. Dari hasil uji coba kelompok kecil dan kelompok besar secara keseluruhan mendapatkan nilai 94,55 dengan kategori baik sekali. Seluruh penilaian dari para ahli media, ahli materi, ahli pembelajaran, uji coba kelompok kecil, dan uji coba kelompok besar jika dicari rata-rata mendapatkan nilai 93,18 dengan kategori baik sekali. Berdasarkan nilai tersebut, modul tematik berbasis pendidikan lingkungan hidup subtema manfaat energi untuk siswa kelas IV Sekolah Dasar memiliki kualitas sebagai bahan ajar. Nilai rata-rata seluruh penilaian jika dikonverensikan dan disimpulkan pada kategori “Baik Sekali.”
Penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran biologi dalam pembelajaran online di masa pandemi covid-19 Yani Apryani; Suyanto Suyanto
Tajdidukasi: Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan Islam Vol 11, No 1 (2021)
Publisher : Muhamadiyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47736/tajdidukasi.v11i1.342

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning dalam pembelajaran online di masa pandemi Covid-19 pada mata pelajaran Biologi Kelas XI MIPA 6 SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta, (2) meningkatkan kemampuan berfikir kritis dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran online di masa pandemi Covid-19 dengan model pembelajaran Problem Based Learning pada mata pelajaran Biologi Kelas XI MIPA 6 SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI MIPA 6 pada semester genap di SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta tahun pelajaran 2020/2021 dengan jumlah peserta didik sebanyak 35 anak. Materi yang di ajarakan untuk siklus 1 yaitu materi senyawa psikotropika dan siklus 2 sistem reproduksi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah teknik tes dan non-tes (observasi). Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning pada mata pelajaran biologi dalam pembelajaran online di masa pandemi covid-19. Untuk aspek berpikir kritis peserta didik pada siklus 1 dengan rata-rata 56,89% termasuk dalam kategori “kurang kritis”, pada siklus 2 mengalami peningkatan rata-rata 78,61% dalam kategori “cukup kritis”. Ketuntasan belajar peserta didik mengalami peningkatan yaitu rata-rata yang diperoleh peserta didik pada siklus 1 adalah 76.80 dengan rincian 14 peserta didik dengan persentase ketuntasan belajar 40%, sedangkan siklus ke 2 rata-rata nilai ulangan harian peserta didik adalah 81.20 dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 80%.
Penerapan model pembelajaran teaching factory untuk meningkatkan kompetensi profesional guru kejuruan Panjang Triyono; Suyadi Suyadi
Tajdidukasi: Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan Islam Vol 11, No 1 (2021)
Publisher : Muhamadiyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47736/tajdidukasi.v11i1.345

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi profesional guru kejuruan dalam melaksanakan pembelajaran kejuruan untuk mencapai siswa yang kompeten sesuai standar industri. Dengan menggunakan jenis Penelitian Tindakan Sekolah (PTS), empat guru kejuruan Teknik dan Bisnis Sepeda Motor menerapkan Model Pembelajaran Teaching Factory. Pengamatan pembelajaran dilaksanakan pada tahapan pra siklus, siklus 1 dan siklus 2 dengan protokol pencegahan Covid-19. Pada pra siklus digunakan untuk mengetahui kondisi awal guru Selain itu peneliti mengamati perangkat pembelajaran guru. Dari data data pengamatan tersebut kemudian dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menujukkan Model Pembelajaran Teaching Factory dapat meningkatkan kompetensi profesional guru kejuruan, dengan diperolehnya data kenaikan prosentase keberhasilan kegiatan untuk mengukur kompetensi profesional guru yaitu pada aspek Menguasai Materi Pembelajaran Teknik dan Bisnis Sepeda Motor, Menguasai Tahapan Pembelajaran TEFA dan Mengguasai Penggunaan Media Pembelajaran. Peningkatan kompetensi profesional ini dilihat dengan membandingkan pencapaian prosentase pada pra-siklus, siklus 1, dan siklus 2. Penelitian juga menunjukan bahwa dengan Penelitian Tindakan Sekolah dapat menaikan prosentase keberhasilan pembelajaran yang dilakukan guru. Hal ini dapat dilihat pada siklus 2 semua guru yang diteliti telah mencapai indikator keberhasilan pembelajaran yaitu untuk guru A, B, C, dan D masing masing sebesar 86%, 79%, 79% dan 78%.

Page 1 of 1 | Total Record : 5