cover
Contact Name
Zalik Nuryana
Contact Email
zalik.nuryana@pai.uad.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
tajdidukasi@gmail.com
Editorial Address
Jl. Gedongkuning No.131, Rejowinangun, Kec. Kotagede, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55171, Indonesia
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Tajdidukasi: Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan Islam
ISSN : 19796943     EISSN : 26141361     DOI : 10.31763/tajdidukasi
Core Subject : Education, Social,
Tajdidukasi: Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan is a journal of Research and Education Study which contains Classroom Action Research (PTK), and School Action Research (PTS), and Interdisciplinary Education Study at Higher Education published by Muhammadiyah Majelis Pendidikan Dasar and Menengah Daerah Istimewa Yogyakarta. The articles on the results of PTK and PTS and the study of educational thinking were written by teachers and principals and lecturers in experimenting with learning methods and strategies to improve the quality of education in both Primary Schools / Islamic Primary Schools, Junior High Schools, and Senior High Schools/MA/SMK and Universities. PTK and PTS articles focus on subjects in schools/madrasah, such as Natural Science (IPA), Social Knowledge Science (IPS), Mathematics, Physics, Chemistry, even engineering, such as Mechanical Engineering, Electrical, Informatics, and so forth. Meanwhile, the article of Educational Research is interdisciplinary and multidisciplinary research conducted by Lecturers in Higher Education to Islamic repertoire.
Articles 13 Documents
Search results for , issue "Vol 7, No 1 (2017)" : 13 Documents clear
KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DENGAN PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING Suparsih Suparsih
Tajdidukasi: Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan Islam Vol 7, No 1 (2017)
Publisher : Muhamadiyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47736/tajdidukasi.v7i1.84

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswadengan menggunakan pendekatan penemuan terbimbing (discovery learning). Penelitianini merupakan Classroom ActionResearch, yaitu suatu proses pangkajian masalahpembelajaran melalui refleksi diri dalam upaya memecahkan masalah dengan caramelakukan berbagai tindakan yang terencana dalam situasi nyata yang dikembangkanoleh Kemmis dan Mc Tanggarts yang terdiri dari tiga komponen,yaitu: a) perencanaan(planning), b) tindakan (acting) dan pengamatan (observing), c) refleksi (reflecting).Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi pelaksanaan pembelajaran,tes tertulis, dan catatan lapangan. Teknik pengumpulan data yaitu dengan metode observasi,metode tes, metode dokumentasi, dan catatan lapangan. Sedangkan teknik analisis datadengan menggunakan: analisis data kualitatif (reduksi data, penyajian data, penarikankesimpulan, dan triangulasi), analisis data kuantitatif (analisis hasil observasi, analisishasil tes, dan data catatan lapangan). Hasil penelitian menunjukkan pelaksanaan modelpembelajaran penemuan terbimbing (discovery learning) dapat meningkatkan kemampuankomunikasi matematis siswa dilihat dari nilai rata-rata persentase keseluruhan indikatorkemampuan komunikasi pada pra tindakan 65,99, kemudian meningkat menjadi 72,80pada siklus I dan meningkat menjadi 83,43 pada siklus II. Peningkatan juga terjadi padanilai siswa yang mencapai KKM ,dari pra tindakan sebesar 18,75% menjadi 65,625%pada siklus I, kemudian meningkat menjadi 84,375 pada siklus II untuk siswa kelas VIIIC SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta tahun pelajaran 2016-2017.Kata kunci: Komunikasi Matematis, Penemuan terbimbing
MODEL PENDIDIKAN ISLAM DENGAN PENDEKATAN MULTIPLE INTELLIGENCES PERSPEKTIF MUNIF CHATIB Anisa Dwi Makrufi
Tajdidukasi: Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan Islam Vol 7, No 1 (2017)
Publisher : Muhamadiyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47736/tajdidukasi.v7i1.89

Abstract

AbstrakLatar belakang penelitian ini berangkat dari fakta bahwa sistem pendidikan di Indonesia(pada umumnya) belum mampu menjadi solusi bagi keterbelakangan sosial dan moralmasyarakatnya. Salah satu solusi untuk memperbaiki degradasi moral yaitu melaluimodel pendidikan yang manusiawi, pendidikan yang mengakomodir potensi kecerdasanmanusia yang bersifat jamak. Tulisan ini bertujuan untuk mengkaji model PendidikanIslam melalui pendekatan multiple intelligences yang dikembangkan oleh Munif Chatib.Tulisan ini merupakan kajian pustaka, dimana pengumpulan data dilakukan dengan caramenganalisis buku-buku karangan Munif Chatib, wawancara, dan mengumpulkan datadari sumber lain yang relevan. Teknik analisis data yang digunakan ialah content analisysdilanjutkan pada deskriptif-analitik. Hasil penelitian menunjukkan: Pertama, konseppembelajaran berbasis Multiple Intelligences menurut Munif Chatib, secara globalmeliputi tiga tahap, yaitu: input, proses dan output. Pada tahap input, menggunakanMultiple Intelligences Research dalam penerimaan peserta didik baru. Tahapan yangkedua adalah tahapan pada proses pembelajaran, dimana nantinya gaya mengajar gurunyaharus sama dengan gaya belajar peserta didik. Pada tahap output, pembelajaran berbasismultiple intelligences penilaiannya menggunakan penilaian autentik. Kedua, pendidikanberbasis kecerdasan jamak relevan diterapkan dalam pendidikan Islam baik yang bersifatmikro maupun makro. Islam mempunyai konsep fitrah dalam hal mengembangkan potensimanusia, dan konsep fitrah inilah yang harus dibimbing ke arah yang baik, salah satunyadengan pendekatan multiple intelligences. Secara umum,metode yang dapat digunakanpada pendidikan Islam (PAI) harus mengacu pada jenis kecerdasan peserta didik. Adapunbentuk evaluasi dalam pembelajaran PAI yang sesuai dengan multiple intelligences yaituportofolio, penilaian selama proses belajar, dan soal tertulis.Kata Kunci : Pendidikan Islam, Multiple Intelligences, Munif Chatib
PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYUSUN TEKS TANGGAPAN KRITIS DENGAN MEDIA KOMIK KOSONG Nur Afiati
Tajdidukasi: Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan Islam Vol 7, No 1 (2017)
Publisher : Muhamadiyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47736/tajdidukasi.v7i1.80

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan menyusun teks tanggapan kritis padakelas IX G SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitiantindakan kelas ( Classroom Action Research) yang terdiri atas siklus, dimana setiap siklustedapat dua kali pertemuan. Setiap pertemuan melalui empat tahap. Tahap perencanaan,tahap pelaksanaan, tahap observasi, dan tahap refleksi. Subyek penelitian ini adalahsiswa kelas IX G. Terpilihnya kelas tersebut dikarenakan kelas tersebut memiliki nilairata-rata terendah dibandingkan kelas yang lain. Penggunaan media komik kosong padapembelajaran menyusun teks tanggapan kritis terbukti dapat meningkatkan kemampuanmenyusun teks tanggapan kritis di kelas IX G SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta. Halini ditunjukkan dengan hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keterampilanmenyusun teks tanggapankritisdari rata-rata siklus I yaitu75.20menjadi82,93 padasiklusII . Kemudian rata-rata ketuntasan hasil belajar darisiklus I yaitu 53,33 %menjadi 86,66% pada siklus II .Kata kunci : media komik kosong, teks tanggapan kritis, menyusun teks
SUPERVISI AKADEMIK DALAM PENINGKATAN DISIPLIN KINERJA GURU DI MI MUHAMMADIYAH SODO Suripto Suripto
Tajdidukasi: Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan Islam Vol 7, No 1 (2017)
Publisher : Muhamadiyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47736/tajdidukasi.v7i1.85

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam membuat perencanaan,pelaksanaan dan evaluasi proses kegiatan belajar mengajar melalui kegiatan supervisiakademik. Subjek Penelitian ini adalah guru di MI Muhammadiyah Sodo berjumlah 12orang. Supervisi akademik dilakukan secara individu masing-masing guru. Pengumpulandata menggunakan teknik observasi, wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Hasilpenelitian menunjukkan bahwa supervisi akademik terhadap guru dalam proses belajarmengajar di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Sodo telah di anggap sangat baikdengan skor 639. Dengan ketercapaian skor tersebut sesuai dengan harapan dan tujuanpembelajaran yaitu disiplin dalam menyusun perencanaan pembelajaran, kedisiplinandalam melaksanakan pembelajaran, dan kedisiplinan dalam melaksanakan evaluasi.Dengan demikian pelaksanaan supervisi akademik dapat meningkatkan kedisiplinan gurudalam kegiatan belajar mengajar.Kata kunci : Supervisi, akademik, displin
MENGHAFAL BACAAN SHALAT Melalui Metode Practice Rehearsal Pairs Kasyadi Kasyadi
Tajdidukasi: Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan Islam Vol 7, No 1 (2017)
Publisher : Muhamadiyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47736/tajdidukasi.v7i1.81

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan hafalan bacaan shalatfardhu melalui metode Practice Rehearsal Pairs siswa kelas X SMK Muhammadiyah1 Sleman yang termasuk dalam penelitian tindakan kelas. Siswa kelas X (sepuluh)SMK Muhammadiyah 1 Sleman menjadi subjek penelitian. Metode yang digunakanuntuk mengumpulkan data berupa observasi, tes, dokumentasi. Teknik analisis datamenggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan dari hasil observasimemperlihatkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas siswa pada siklus I rata-rata 63,64%menjadi 79,55% pada siklus II dan menjadi 93,18% pada siklus III. Peningkatan rata-ratanilai ulangan harian siklus tiga 77 dari 70 (nilai harian ulangan I), sebelum menggunakanpembelajaran model PRP menjadi 74 (ulangan harian II) sesudah menggunakan modelPRP. Naik 0.3.Kata kunci: Bacaan Shalat, Hafalan, dan Practice Rehearsal Pairs
PENGGUNAAN MEDIA MINI BOOK UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS Utari Utari
Tajdidukasi: Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan Islam Vol 7, No 1 (2017)
Publisher : Muhamadiyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47736/tajdidukasi.v7i1.86

Abstract

AbstrakPembelajaran Bahasa Inggris masih bersifat konvensional dan cenderung kurangmelibatkan peserta didik. Guru cenderung tidak menggunakan media pembelajaran danmetode pembelajaran tidak dikemas dengan menarik sehingga sering dianggap sulit danmenimbulkan kebosanan pada peserta didik. Pembelajaran berpusat pada guru sehinggapeserta didik hanya menerima materi, menulis, dan mengikuti semua yang dilakukanguru, akibatnya pembelajaran hanya bersifat verbalistik yang berakibat pada rendahnyapenguasaan kosakata peserta didik.Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikankemampuan penguasaan kosakata peserta didik dengan menggunakan media mini bookdi kelas IXA SMP MUHAMMADIYAH 2 DEPOK. Metode yang digunakan adalahmetode penelitian tindakan kelas. Tindakan dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Datadianalisis dengan menggunakan analisis data kuantitatif dan deskriptif. Hasil Penelitianmenunjukkan bahwa melalui media mini book dapat meningkatkan penguasaan kosakatapada peserta didik kelas IXA SMP Muhammadiyah 2 Depok tahun ajaran 2016/2017.Hasil penelitian pada siklus I, dari nilai rata-rata 80 meningkat menjadi 88 pada siklusII. Peserta didik yang berhasil mencapai KKM pada siklus I adalah 61% dan meningkatmenjadi 83% pada siklus II. Peserta didik yang tuntas pada siklus I adalah 16 pesertadidik dan pada siklus II meningkat menjadi 19 peserta didik.Keywords: Kosakata, Media Minibook, Bahasa Inggris
BUDAYA SEKOLAH ADIWIYATA (Studi Kasus di SD Muhammadiyah Bodon Bantul Yogyakarta) Hendro Widodo
Tajdidukasi: Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan Islam Vol 7, No 1 (2017)
Publisher : Muhamadiyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47736/tajdidukasi.v7i1.77

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Budaya sekolah adiwiyata di SD Muhammadiyah Bodon Yogyakarata; dan 2) Faktor yang menjadi kendala dalam mewujudkan sekolah adiwiyata di SD Muhammadiyah Bodon Yogyakarata. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, 5 orang guru, 3 orang karyawan, 2 orang komite sekolah, dan 6 orang siswa.Penentuan subjek penelitian dilakukan dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data penelitian ini menggunakan triangulasi. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman, yaitu yaitu data reduction,  data display, dan data conclusion drawing/verification. Hasil penelitian ini menemukan bahwa mewujudkan sekolah adiwiyata harus didukung oleh budaya sekolah, baik budaya artifak maupun nilai yang menjadi dasar keyakinan sekolah dalam mewujudkan dan keterlaksanaan program sekolah adiwiyata. Budaya artifak fisik di SD Muhammadiyah Bodon sebagai sekolah adiwiyata diwujudkan dengan symbol papan nama sekolah yang secara eksplisit mencantumkan sekolah adiwiyata. Di samping itu, lingkungan sekolah yang dikondisikan ramah atau peduli lingkungan, sedangkan artifak non fisik diwujudkan dengan interaksi semua warga sekolah yang baik, mendukung dan memiliki misi yang sama untuk keterlaksanaan sekolah adiwiyata. Terwujudnya sekolah adiwiyata tidak hanya didukung oleh budaya artifak, namun keberlangsungannya juga didukung oleh budaya nilai yang dikembangkan di sekolah. Budaya nilai meliputi nilai kebersihan dan peduli lingkungan, serta budaya kerjasama. Sedangkan hambatan dalam keberlangsungan sekolah adiwiyata di SD Muhammadiyah Bodon meliputi Kendala internal meliputi: a) menanamkan kedisiplinan dan ketertiban serta kesadaran mengenai lingkungan pada anak sekolah dasar masih mengalami kesulitan, b) monitoring keterlaksanaan program kurang maksimal dikarenakan bersamaan dengan program lain yang harus berjalan. Sedangkan kendala eksternal meliputi: a) lingkungan sekolah sebagai tempat bermain masyarakat saat kegiatan belajar mengajar selesai, terkadang fasilitas sekolah pendukung adiwiyata ada yang rusak, b) masih kurangnya kesadaran masyarakat di sekitar sekolah pada kepedulian lingkungan. 
PENINGKATAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU (PENYUSUNAN RPP) MELALUI SUPERVISI AKADEMIK Endah Yanuarti
Tajdidukasi: Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan Islam Vol 7, No 1 (2017)
Publisher : Muhamadiyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47736/tajdidukasi.v7i1.82

Abstract

AbstrakPenelitian Tindakan Sekolah ini merupakan hasil pengalaman penulis, saat bulan Agustusyang lalu diadakan akreditasi di SMK Muhammadiyah Tepus, pada kenyataannyaada beberapa guru yang dalam penyusunan RPP masih kurang memenuhi tata carapenyusunan RPP yang baik. Sehingga adanya penelitian ini bertujuan meningkatkankompetensi pedagogik guru dalam penyusunan RPP melalui supervisi akademik di SMKMuhammadiyah Tepus. Dalam Penelitian Tindakan Sekolah ini, hanya dilakukan di SMKMuhammadiyah Tepus dan untuk 5 orang guru yang memiliki latar belakang pendidikannon keguruan dan masa mengajar belum ada 2 tahun serta belum pernah ikut dalampelatihan penyusunan RPP. Penyusunan Penelitian Tindakan Sekolah ini dilakukan dalamtiga tahapan, yaitu persiapan, pelaksanaan dan evaluasi dan refleksi, dan dilakukan minimaldalam dua siklus. Langkah-langkah PTS yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan,dan refleksi. Melihat data perolehan hasil dalam kegiatan penelitian tindakan sekolahini, dapat disimpulkan bahwa supervisi akademik berhasil meningkatkan kompetensipedagogik mereka dalam menyusun Perencanaan Pembelajaran.Kata kunci : Guru, Kompetensi pedagogik, Supervi
PEMBELAJARAN AL QUR’AN-HADIS BERBASIS ACTIVE LEARNING DI MI MUHAMMADIYAH GRUBUG Juminta Juminta
Tajdidukasi: Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan Islam Vol 7, No 1 (2017)
Publisher : Muhamadiyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47736/tajdidukasi.v7i1.87

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar al Qur’an danHadis dengan menggunakan model Active Learning tipe Card Sort siswa kelas VI MIMuhammadiyah Grubug tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitiantindakan kelas (action risearch). Untuk memperoleh data dalam penelitian ini digunakanmetode observasi dan tes. Analisis data yang digunakanadalahanalisiskualitatif dankuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Active Learningtipe Card Sort dapat meningkatkan hasil belajar al Qur’an Hadis siswa kelas VI MIMuhammadiyah Grubug Jatisarono Nanggulan Kulon Progo. Hal ini dapat dibuktikan,dari hasil belajar sebagai berikut nilai rata-rata pratindakan 33,75. Kemudian nilai rataratapada siklus I adalah 75, dan rata-rata pada siklus II adalah 63,5. Nilai rata-rata siklusI meningkat drastis jika dibanding pratindakan. Namun nilai rata-rata siklus II mengalamipenurunan dibanding dengan siklus I. Hal ini disebabkan karena cakupan materinya lebihluas yakni materi siklus I ditambah materi siklus II, disamping waktu yang lebih sedikit.Disamping peningkatan nilai rata-rata ini, pembelajaran juga terlihat lebih aktif. Hal inidapat disaksikan dari partisipasi siswa pada saat proses pembelajaran. Mereka salingbantu untuk menyusun kartu potongan-potongan redaksi maupun arti hadis menjadisusunan sebagaimana redaksi dan arti yang benar.Kata Kunci: Active Learning, Card Sort, Hasil Belajar
PENGEMBANGAN MEDIA FLASH CARD BERBASIS MINDSCAPE PADA PEMBELAJARAN IPS DASAR BAGI MAHASISWA PGSD UAD Kirana Prama Dewi
Tajdidukasi: Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan Islam Vol 7, No 1 (2017)
Publisher : Muhamadiyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47736/tajdidukasi.v7i1.78

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk: 1) menghasilkan media flash card berbasis mindscapepada pembelajaran IPS Dasar bagi mahasiswa PGSD UAD dan 2) mengetahui kelayakanmedia media flash card berbasis mindscape pada pembelajaran IPS Dasar bagi mahasiswaPGSD UAD. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau Research andDevelopment (R & D). Pengembangan dilakukan mengacu pada model pengembangan Lee& Owens melalui 5 tahapan. Tahapan tersebut meliputi Analysis, Design, Development,Implementation dan Evaluation. Validasi produk melibatkan 1 dosen ahli media, 1 dosenahli materi, dan 2 teman sejawat. Subyek uji coba penelitian adalah mahasiswa PGSDUAD tahun ajaran 2016/2017 yang terdiri dari 10 orang mahasiswa kelas IB pada ujicoba kelompok kecil. Instrumen yang digunakan adalah pedoman wawancara, lembarpenilaian kelayakan media flash card berbasis mindscape, dan lembar observasi. Teknikpengumpulan data yang digunakan adalah teknik wawancara, penilaian produk, danobservasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan menggunakankonversi skor menjadi data kualitatif untuk kelayakan. Hasil uji coba satu-satu daripenilaian ahli dan teman sejawat menunjukkan media flash card berbasis mindscapepada pembelajaran IPS Dasar layak digunakan dengan kriteria ”Sangat Layak”. Uji cobakelompok kecil hasilnya adalah mendapat respon yang positif dengan kriteria “SangatBaik”.Kata Kunci: pembelajaran IPS, media flash card, mindscape

Page 1 of 2 | Total Record : 13