cover
Contact Name
Ika Novitaria Marani
Contact Email
ika.novitaria@unj.ac.id
Phone
+628176442672
Journal Mail Official
jsce@gmail.com
Editorial Address
Program Studi Pendidikan Kepelatihan Olahraga Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Jakarta, Kampus B FIK UNJ Jl. Pemuda 10 Rawamangun Jakarta Timur 13220
Location
Kota adm. jakarta timur,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Ilmiah Sport Coaching and Education
ISSN : 25488511     EISSN : 26139839     DOI : https://doi.org/10.21009
Core Subject : Education,
Journal Sport Coaching and Education (JSCE) is a scientific journal that dedicated to all practitioners, researchers of sports science, especially sport coaching and education. JSCE provide a forum to publish original research article, review science study of sport coaching and education. This journal published twice in a Year that is on January and July. Editor received an article that never published in other journal. The focus and scope of Journal Sport Coaching and Education (JSCE), includes are: Strength Conditioning Training Program Sport Medicine Sport Nutritions Sport Management Sport Education Sport Psychology Sport History Sport Evaluation
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 6 No 1 (2022): Jurnal Ilmiah Sport Coaching and Education" : 7 Documents clear
Pembuatan Alat Bantu Latihan Reaksi Pada Pencak Silat Kategori Tanding ALFIN ADAM; Hendro Wardoyo; Tirto Apriyanto
Jurnal Ilmiah Sport Coaching and Education Vol 6 No 1 (2022): Jurnal Ilmiah Sport Coaching and Education
Publisher : Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/JSCE.06107

Abstract

ABSTRAK Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah untuk memodifikasi media alat bantu latihan aksi reaksi pada pencak silat kategori tandding, untuk memudahkan atlit dalam berlatih aksi reaksi dengan media action bar. penelitian dan pengembangan ini menggunakan pendekatan kuantitatif serta menggunakan metode penelitian Research and Development dengan model ADDIE. Subyek dalam penelitian dan pengembangan ini adalah atlit pencak silat mahasiswa dan binaan di DKI Jakarta sebanyak 15 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dan uji coba media yang digunakan. Untuk mengumpulkan data pada tahap: (1) analisis kebutuhan; (2) desain media; (3) pengembangan media; (4) pelaksanaan di lapangan; (5) evaluasi produk. Hasil uji validitas dilakukan dengan tiga orang ahli. Hasil validasi dengan ahli pencak silat memiliki intrepretasi baik dengan skor rata-rata 75,3%, sedangkan hasil validasi dengan ahli teskontruksi memiliki intrepretasi sangat baik dengan skor rata-rata 97% dan hasil validasi pelatih pencak silat Pelatda DKI Jakarta memiliki interpretasi sangat baik dengan skor rata rata 90,3%. Berdasarkan hasil pengembangan dapat disimpulkan bahwa: (1) dengan pengembangan media action bar pada pencak silat dapat melatih kemampuan aksi reaksi pada atlit pencak silat kategori tanding (2) meminimalisir cedera ketika latihan aksi reaksi dan (3) mempermudah pelatih dalam pemberian materi kepada atlit pencak silat. Kata Kunci: Alat Bantu Latihan, Aksi Reaksi, Pencak Silat ABSTRACT The purpose of this research and development is to modify the media for reaction action training aids in the tandding category of pencak silat, to make it easier for athletes to practice reaction actions with action bar media. This research and development uses a quantitative approach and uses the Research and Development research method with the ADDIE model. The subjects in this research and development were 15 students and fostered pencak silat athletes in DKI Jakarta. The instruments used in this study were interviews and media trials. To collect data at the following stages: (1) needs analysis; (2) media design; (3) media development; (4) implementation in the field; (5) product evaluation. The results of the validity test were carried out with three experts. The results of the validation with a pencak silat expert have a good interpretation with an average score of 75.3%, while the results of the validation with construction test experts have a very good interpretation with an average score of 97% and the results of the validation of the Jakarta Pelatda Pencak silat trainer have very good interpretations with an average score of 90.3%. Based on the results of the development, it can be concluded that: (1) with the development of action bar media in pencak silat, it can train the reaction action ability of martial arts athletes in the competition category (2) minimize injuries during reaction action exercises and (3) make it easier for the trainer to provide material to pencak athletes martial arts. Keywords: Exercise Tools, Reaction Action, Pencak Silat
Pengaruh Penggunaan Media Bola Karet Terhadap Kemampuan Passing Atas Permainan Bola Voli Pada Siswa SMP Negeri 2 Karawang Barat saskia putri saskia; febi kurniawan; Deden Akbar Izzuddin
Jurnal Ilmiah Sport Coaching and Education Vol 6 No 1 (2022): Jurnal Ilmiah Sport Coaching and Education
Publisher : Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/JSCE.06106

Abstract

Abstrak Permasalahan yang menjadi acuan dalam penelitian ini adalah Pengaruh Penggunaan Media Bola Karet Terhadap Kemampuan Passing Atas Permainan Bola Voli Pada Siswa SMP Negeri 2 Karawang Barat?. Berdasarkan permasalahan di atas maka, tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Media Bola Karet Terhadap Kemampuan Passing Atas Permainan Bola Voli Pada Siswa SMP Negeri 2 Karawang Barat. Dalam penelitian ini diajukan hipotesis, yaitu Diduga adanya pengaruh yang signifikan Penggunaan Media Bola Karet Terhadap Kemampuan Passing Atas Permainan Bola Voli Pada Siswa SMP Negeri 2 Karawang Barat, Penelitian ini menggunakan metode ekperimen dengan pendekatan Kuantitatif. Adapun terdapat pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 32 orang siswa pada siswa SMP Negeri 2 Karawang Barat. Alat pengumpulan data yang digunakan yaitu: Tes Passing Atas. Dari perhitungan Hipotesis diperoleh t hitung (8,20) > t tabel (2,052) pada taraf nyata/signifikan = 0,05 dengan dk = 31 (2,052) Kriteria pengujian adalah, terima jika –t 1-½ < t hitung< t 1-½ . Dalam hal ini thitung berada pada daerah penolakan Ho, artinya Ho ditolak. karena H0 ditolak, Maka kesimpulannya terdapat Pengaruh yang signifikan kemampuan passing atas bola voli Pada Siswa SMP Negeri 2 Karawang Barat sebelum dan setelah diberi penerapan Proses pembelajaran menggunakan bola karet. Kata Kunci : Media, Bola Karet, Passing Atas, Bola Voli Abstract The problem that becomes a reference in this study is the influence of the use of rubber ball media on the passing ability of volleyball games in students of SMP Negeri 2 Karawang Barat?. Based on the problems above, the purpose of this study is to determine the effect of using rubber ball media on the passing ability of volleyball games in students of SMP Negeri 2 Karawang Barat. In this study, a hypothesis was proposed, namely that there was a significant influence of the use of rubber ball media on the passing ability of volleyball games in students of SMP Negeri 2 Karawang Barat. This study used an experimental method with a quantitative approach. As for there is sampling using the technique ofpurposive sampling, with a sample of 32 students to students of SMP Negeri 2 Karawang Barat.The data collection tools used are: Upper Passing Test. From the calculation of the hypothesis obtained t count (8.20) > t table (2.052) at the real/significant level = 0.05 with dk = 31 (2.052) The test criteria are, accept if –t 1-½ < t count< t 1-½ . In this case, tcount is in the area of ​​Ho's rejection, meaning that Ho is rejected. because H0 is rejected, then the conclusion is that there is a significant influence on the ability of passing over volleyball on students of SMP Negeri 2 Karawang Barat before and after being given the application of the learning process using rubber balls. Keywords : Media, Rubber Ball, Top Passing, Volleyball
Efektifitas Pelatihan Materi Fisiologi Olahraga Terhadap Tingkat Pengetahuan Materi Fisiologi Olahraga Pada Pelatih Cabang Olahraga DKI Jakarta Eko Juli Fitrianto; Bambang Sujiono; Hermanto
Jurnal Ilmiah Sport Coaching and Education Vol 6 No 1 (2022): Jurnal Ilmiah Sport Coaching and Education
Publisher : Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/JSCE.06102

Abstract

ABSTRAK Fisiologi olahraga merupakan salah satu materi wajib yang diberikan pada pelatihan cabang olahraga karena dinilai sebagai salah satu materi dasar yang perlu dipahami dan diaplikasikan oleh pelatih dalam melaksanakan latihan. Pemahaman mengenai materi fisiologi olahraga membantu pelatih untuk memahami respon tubuh atlet terhadap beban latihan yang diberikan. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui seberapa besar efektifitas pelatihan materi fisiologi olahraga terhadap tingkat pengetahuan materi fisiologi olahraga pada pelatih cabang olahraga DKI Jakarta. Sampel penelitian ini sebanyak 44 orang pelatih yang tergabung pada Pengprov DKI Jakarta yang menjadi peserta pada pelatihan materi fisiologi olahraga pada pelatih cabang olahraga DKI Jakarta. Berdasarkan hasil perhitungan pada taraf signifikan α = 0,05, didapat thitung = 7,27 dan t tabel (0,05;43) = 2,02. Dengan demikian t hitung > t tabel, sehingga H0 ditolak sehihngga dapat disimpulkan bahwa terdapat efektifitas pelatihan materi fisiologi olahraga terhadap tingkat pengetahuan materi fisiologi olahraga pada pelatih cabang olahraga DKI Jakarta. Kata Kunci: Tingkat Pengetahuan, Fisiologi Olahraga, Pelatih Cabang Olahraga ABSTRACT Sports physiology is one of the mandatory materials given in sports training because it is considered one of the basic materials that need to be understood and applied by coaches in carrying out exercises. An understanding of exercise physiology material helps the coach to understand the response of the athlete's body to the given training load. The purpose of this study was to determine how effective the training of exercise physiology material was on the level of knowledge of exercise physiology material in sports coaches in DKI Jakarta. The sample of this research is 44 trainers who are members of the DKI Jakarta Provincial Government who are participants in the training of exercise physiology material for coaches in the DKI Jakarta sports branch. Based on the results of calculations at the significant level = 0.05, obtained tcount = 7.27 and t table (0.05;43) = 2.02. Thus, t count > t table, so that H0 is rejected so that it can be concluded that there is an effectiveness of training in exercise physiology material on the level of knowledge of exercise physiology material in sports coaches in DKI Jakarta.
Pengaruh Senam Ceria ABK Terhadap Keterampilan Gerak Dasar Senam Pada Anak Downsyndrom di SLB Batujaya Karawang citra resita; Oon Sopiah; Deden Akbar Izzuddin; Muhammad Arief; Muhammad Iqbal Hasanuddin
Jurnal Ilmiah Sport Coaching and Education Vol 6 No 1 (2022): Jurnal Ilmiah Sport Coaching and Education
Publisher : Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/JSCE.06101

Abstract

ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahuai pengaruh senam ceria ABK terhadap keterampilan gerak dasar senam pada anak downsyndrom di SLB Batu jaya Karawang. Penelitian ini adalah penelitian pre-eksperimen dengan pendekatan One-group pra-post test design. Populasi semua anak downsyndrom di SLB Batu Jaya Karawang dengan sampel sebanyak 6 responden diambil dengan teknik total sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan metode observasi yang dilakukan pada tanggal 8 oktober s/d 30 oktober 2021 dengan tahapan observasi sebelum senam Cetia ABK dan sesudah senam Ceria ABK. Analisis data mengunakan uji normalitas yang bertujuan untuk mencari nilai, mean, median, modus. Penelitian ini menggunakan instrumen tes langkah dan senam ceria ABK sebagai tes untuk mengukur kemampuan keterampilan gerak daar senam pada anak downsyndrom pada saat melakukan gerakan senam ceria ABK. Hasil akhir yang diperoleh menunjukkan bahwa senam ceria ABK berpengaruh terhadap keterampilan gerak daar senam pada anak downsyndrom. Harga statistic t = -3.167 dengan df =5 serta p-value = 0,025 < 0,05 atau H0 ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh hasil keterampilan gerak dasar senam pada anak downsyndrom di SLB Batujaya Karawang antara sebelum dan sesudah diberi perlakuan senam ceria ABK. ABSTRACT The purpose of this study was to find out the effectiveness of ABK's cheerful gymnastics on movement skills in gymnastics in downsyndromic children at SLB Batu Jaya, Karawang. This study is a pre-experimental, One-group approach pre-post test design. The population of all children with down syndrome in SLB Batu Jaya Karawang with a sample of 6 respondents was taken by total sampling technique. The data collection in this study was by the observation method which was carried out on October 8 to October 30, 2021 with the observation stage before the Cetia ABK exercise and after the Ceria ABK exercise. Data analysis uses normality test which aims to find the value, mean, median, mode. This study uses a step test instrument and ABK cheerful gymnastics as a test to measure the ability of movement skills in gymnastics in Down syndrome children when doing ABK cheerful gymnastics. The final results obtained showed that the cheerful gymnastics of ABK was effective in improving movement skills in gymnastics in children with Down syndrome. statistical price t = 3.167 with df = 6 and the p-value = 0.025 < 0.05 or H0 is rejected. Thus, it can be concluded that there are differences in the results of the basic movement skills of gymnastics in downsyndromic children at SLB Batujaya Karawang between before and after being given the cheerful gymnastics treatment of ABK.
Persepsi Guru Terhadap Gerak Dasar Anak Sekolah Dasar Rizky Nurulfa; Mastri Juniarto; Andi Hasriyadi Hasyim
Jurnal Ilmiah Sport Coaching and Education Vol 6 No 1 (2022): Jurnal Ilmiah Sport Coaching and Education
Publisher : Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/JSCE.06103

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi guru tentang gerak dasar anak, khususnya pada tingkat sekolah dasar. Bagaimana pelaksanaan pembelajaran gerak dasar untuk anak Sekolah Dasar selama ini. Serta pandangan dan kompetensi guru dalam pembelajaran gerak dasar. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan teknik pengumpulan data menggunakan angket melalui aplikasi google form. Sample dalam penelitian ini adalah guru-guru Kabupaten Bogor berjumlah 98 orang. Dari penelitian ini diperoleh hasil bahwa sebanyak 100% guru Pendidikan jasmani setuju bahwa gerak dasar sangat penting dan banyak memberikan manfaat terhadap perkambangan anak. 77 orangsetuju bahwa apabila anak memiliki gerak dasar yang baik maka dapat mempengaruhi kepercayaan dirinya. Akan tetapi sebanyak 50 orang guru belum mengetahui tahapan pembelajaran gerak dasar yang sesuai untuk anak.Kata Kunci: Gerak Dasar, Persepsi, Sekolah Dasar.ABSTRACTThis study aims to find out the teacher's perception of the child's basic movements, especially at the elementary school level. How to implement basic motion learning for elementary school children so far. As well as the views and competencies of teachers in basic motion learning. This research uses descriptive methods with data collection techniques using questionnaires through the Google form application. The sample in this study is that bogor regency teachers numbered 98 people. From this study, it was obtained that as many as 100% of physical education teachers agree that basic movement is very important and provides many benefits to child development. 77 people agree that if the child has good basic movements it can affect his confidence.However, as many as 50 teachers do not know the stages of basic motion learning that are suitable for children.Keywords: Elementary Motion, Perception, Elementary School.
Motivasi Berprestasi Dalam Mengikuti Latihan Di Klub Futsal Sman 11 Bekasi Ferry Wattimena; Khaeroni
Jurnal Ilmiah Sport Coaching and Education Vol 6 No 1 (2022): Jurnal Ilmiah Sport Coaching and Education
Publisher : Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/JSCE.06104

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi berprestasi dalam mengikuti latihan di klub futsal sman 11 bekasi. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitian deskriptif, dan menggunakan metode survei. Teknik pengumpulan data menggunakan angket atau kuesioner melalui google form. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 30 orang. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan statistitk deskriptif dan disajikan dalam bentuk presentase. Hasil penelitian menunjukkan motivasi berprestasi dalam mengikuti latihan di klub futsal sman 11 bekasi termasuk dalam kelompok 102-111 dengan rata-rata nilai sebesar 108,67. Secara rinci motivasi berprestasi pada kelompok 122-131 sebanyak 6 orang dengan presentase sebesar 20%. Motivasi berprestasi pada kelompok 112-121 sebanyak 8 orang dengan presentase sebesar 26,7%. Motivasi berprestasi pada kelompok 102-111 sebanyak 9 orang dengan presentase sebesar 30%. Motivasi berprestasi pada kelompok 92-101 sebanyak 2 orang dengan presentase sebesar 6,7%. Motivasi berprestasi pada kelompok 82-91 sebanyak 5 orang dengan presentase sebesar 16,7%. Kata Kunci: Motivasi, Berprestasi, Futsal ABSTRACT This research aims to find out the motivation to excel in participating in training at the sman 11 bekasi futsal club. This research is conducted using quantitative approaches, descriptive types of research, and using survey methods.Data collection techniques using questionnaires or questionnaires through google form. The sample in this study was 30 people. The data analysis techniques in this study used descriptive statistite and were presented in the form of percentages. The results showed that the motivation to excel in participating in training at the futsal club sman 11 bekasi belonged to the group of 102-111 with an average score of 108.67. In detail, the motivation to achieve in the group of 122-131 as many as 6 people with a percentage of 20%.Motivation to achieve in the group of 112-121 as many as 8 people with a percentage of 26.7%. Motivation to achieve in the group of 102-111 as many as 9 people with a percentage of 30%.Motivation to achieve in the group of 92-101 as many as 2 people with a percentage of 6.7%. Motivation to achieve in the group of 82-91 as many as 5 people with a percentage of 16.7%. Keywords: Motivation, Achievement, Futsal
Dampak Metode Pemanasan Neuromuscular Five+ Terhadap Kemampuan Fleksibilitas Pemain Futsal Universitas Negeri Jakarta Andri Irawan; Nur Fitranto
Jurnal Ilmiah Sport Coaching and Education Vol 6 No 1 (2022): Jurnal Ilmiah Sport Coaching and Education
Publisher : Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/JSCE.06105

Abstract

ABSTRAK Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak pemberian metode pemanasan five + futsal terhadap kemampuan fleksibility pemain futsal Universitas Negeri Jakarta sebelum Latihan atau pertandingan. Penelitian ini dilaksanakan di Jakarta, Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah experimen dengan metode deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa klub futsal universitas negeri jakarta. Sampelnya adalah menggunakan purposive sampling yaitu Pemain Futsal yang masuk ke dalam tim utama berjumlah 15 orang. Hasil dari penelitian ini adalah berupa data hasil power pada atlet futsal universitas negeri Jakarta hasil tes awal dan tes akhir dari perlakuan metode pemanasan five+ untuk melihat kualitas flexibility sebelum melakukan latihan memperoleh nilai dengan tes akhir flexibility dengan nilai rata-rata sebesar 17.49 nilai standar deviasi sebesar 4.40, sedangkan untuk ( th ) sebesar 4.12 dan ( tt ) sebesar 1.691. Dengan taraf signifikasi sebesar 5%. Dengan demikian th > tt yang berarti H0 ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh melakukan metode pemanasan five+ untuk menjaga kualitas flexibility dalam proses melalukan latihan dan persiapan pertandingan Kata Kunci: Pemanasan five+, Fleksibility, Futsal ABSTRACT The purpose of this study is to find out the impact of the five futsal warm-up method on the flexibleness of futsal players at The State University of Jakarta before training or matches. This research was conducted in Jakarta, the method used in this study is experimen with quantitative descriptive methods. The population of this study is all students of futsal clubs of public universities in Jakarta.The sample is using purposive sampling, namely Futsal players who enter the first team numbering 15. The results of this study are in the form of power results data on futsal athletes from jakarta state universities, the results of preliminary tests and final tests of the five heating method treatment to see the quality of flexibility before doing the exercise obtain a score with the final flexibility test, with an average value of 17.49 standard deviation values of 4.40, while for (th) of 4.12 and (tt) of 4.12 and (tt) by 1,691.With a signification rate of 5%. Thus th > tt which means H0 is rejected, so that it can be concluded that there is an influence to do a five warm - up method to maintain the quality of flexibility in the process of doing training and match preparation. Keywords: five+ Warm Up, Flexibility, Futsal

Page 1 of 1 | Total Record : 7