cover
Contact Name
Teti Sugiarti
Contact Email
agriscience@trunojoyo.ac.id
Phone
+6285232044703
Journal Mail Official
agriscience@trunojoyo.ac.id
Editorial Address
Department of Agribusiness, Faculty of Agriculture Trunojoyo University, Indonesia Jl. Raya Telang 02 Kamal Bangkalan
Location
Kab. pamekasan,
Jawa timur
INDONESIA
AGRISCIENCE
ISSN : -     EISSN : 27457427     DOI : https://doi.org/10.21107/agriscience
This journal encompasses original research articles, review articles, and short communications, including: Agribusiness, Agriculture Economics, Social Science, Rural Development, Rural Sociology, Risk Management, Agriculture Extension, Financial Management, Marketing Management, Human Resource Management, Corporate Governance, Strategic Management, Entrepreneurship
Articles 15 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 3: Maret 2021" : 15 Documents clear
PENGARUH BAURAN PEMASARAN NIU GREEN TEA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA MAHASISWA UNIVERSITAS TRUNOJOYO MADURA Anita Yusica BR Sinuraya; Mokh. Rum; Amanatuz Zuhriyah
Agriscience Vol 1, No 3: Maret 2021
Publisher : Department of Agribusiness, University of Trunojoyo Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21107/agriscience.v1i3.9762

Abstract

Perusahaan menggunakan bauran pemasaran melalui empat elemen yaitu product, price, place dan promotion untuk merumuskan strategi-strategi pemasaran dalam usahanya mencapai keuntungan yang diinginkan. Penelitian dilakukan untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian dan untuk mengetahui variabel yang paling berpengaruh terhadap pembelian minuman teh Niu Green Tea oleh mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura. Sampel yang diambil sebanyak 200 responden sesuai pendapat Ferdinand, 2005 bahwa sampel minimal yaitu lima dikali jumlah indikator penelitian. Data didapatkan melalui pembagian kuesioner melalui google form dan dianalisis menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa bauran pemasaran secara simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Dilihat pada nilai koefisien regresi pada persamaan Y=2.147+0.096X1+0.308X2+0.227X3+0.311X4 diketahui bahwa variabel yang paling berpengaruh terhadap keputusan pembelian minuman teh Niu Green Tea oleh mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura adalah variabel promosi.
PREFERENSI KONSUMEN TERHADAP PRODUK MINUMAN KOPI DI KOPI JANJI JIWA JILID 324 SURABAYA Alsa Nailur Rohmah; Slamet Subari
Agriscience Vol 1, No 3: Maret 2021
Publisher : Department of Agribusiness, University of Trunojoyo Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21107/agriscience.v1i3.9129

Abstract

Peningkatan konsumsi kopi terus terjadi di masyarakat Indonesia. kopi tidak hanya dinikmati oleh beberapa golongan, namun kopi dapat dinikmati oleh seluruh kalangan lintas generasi dan gender. Janji jiwa merupakan salah satu kedai kopi sekaligus brand yang ada di Indonesia dan telah dibuka sejak tahun 2018 serta cukup menyita perhatian publik. Namun, seiring dengan perkembangan waktu, jumlah kedai kopi di Indonesia semakin menjamur dan persaingan bisnis semakin ketat, sehingga untuk mempertahankan eksistensinya, Kopi Janji Jiwa perlu memahami kebutuhan dan keinginan konsumen akan kopi. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Mengetahui karakteristik konsumen, (2) Atribut apa saja yang menjadi pilihan konsumen dalam membeli minuman kopi di Kopi Janji Jiwa Jilid 324 Surabaya. Metode penelitian menggunakan analisis deskriptif dan analisis conjoin. Hasil yang diperoleh menunjukkan karakteristik konsumen sebagian besar usia 17-25 tahun dengan pendidikan perguruan tinggi, pekerjaan pelajar/mahasiswa dan penghasilan Rp.1.000.000-Rp.1.500.000. Atribut yang menjadi pilihan konsumen yakni kopi dengan varian es kopi susu, topping ice cream, rasa manis dengan harga Rp. 23.000.
RESPON MAHASISWA TERHADAP RENCANA PEMBENTUKAN INKUBATOR BISNIS DI FAKULTAS PERTANIAN UPN “VETERAN” YOGYAKARTA Liana Fatma Leslie Pratiwi; Antik Suprihanti; Maftuh Kafiya
Agriscience Vol 1, No 3: Maret 2021
Publisher : Department of Agribusiness, University of Trunojoyo Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21107/agriscience.v1i3.10063

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat berwirausaha mahasiswa, mengkaji pengetahuan dan respon mahasiswa terhadap pembentukan inkubator bisnis di Fakultas Pertanian, UPN “Veteran” Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik penentuan responden yaitu purposive sampling berupa mahasiswa Fakultas Pertanian, UPN “Veteran” Yogyakarta yang berasal dari tiga program studi yaitu agribisnis, agroteknologi dan ilmu tanah. Sumber data yang digunakan yaitu data primer dengan teknik pengumpulan data berupa observasi dan wawancara menggunakan kuesioner elektronik. Teknik analisis data untuk mengkaji tujuan penelitian yaitu dengan mengumpulkan data, mereduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mahasiswa fakultas pertanian memiliki minat terhadap kegiatan kewirausahaan yang tercermin dari perilakunya berwirausaha. Hanya sebagian kecil mahasiswa memiliki pengetahuan mengenai inkubator bisnis yang diperoleh dari media sosial, media komunikasi dan sumber lainnya. Mahasiswa memberikan respon positif terhadap rencana pembentukan inkubator bisnis. Respon positif tercermin dari kesediaan mahasiswa berpartisipasi dalam pembentukan dan pelaksanaan inkubator bisnis serta didukung oleh pengetahuan mahasiswa terkait inkubator bisnis serta minat berwirausaha yang tinggi pada mahasiswa.
EFISIENSI TEKNIS BUDIDAYA LELE DI KECAMATAN BANGKALAN Rofif Insan Shalih; Mardiyah Hayati
Agriscience Vol 1, No 3: Maret 2021
Publisher : Department of Agribusiness, University of Trunojoyo Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21107/agriscience.v1i3.9734

Abstract

Kondisi perairan Indonesia mengalami full exploited sehingga perikanan tangkap menurun sebesar 4.55%. Cara mengatasinya yaitu dengan budidaya perikanan berkesinambungan. Salah satu komoditas yang menjadi andalan yaitu ikan lele. Wilayah yang mengalami peningkatan produksi lele yaitu Kabupaten Bangkalan. Namun, produktivitas antar Kecamatan yang terkecil adalah Kecamatan Bangkalan. Tujuan penelitian ini yaitu menganalisis faktor yang diprediksi berpengaruh terhadap produksi lele, serta mengukur tingkat efisiensi teknisnya. Penelitian dilakukan di Kecamatan Bangkalan bulan desember 2019-januari 2020. Pengambilan sampel dilakukan snowball sampling. Metode analisis memakai Fungsi Produksi Stocastik Frontier dengan model Cobb-Douglass. Hasil dari penelitian ini menunjukkan variabel pakan dan luas kolam secara signifikan berpengaruh terhadap produksi lele. Efisiensi teknis rata-rata sebesar 82%.
Determining Tourist Visits and Economic Valuation of Natural Attraction of Tretes Waterfall of Wonosalam Purbowo Purbowo; Ahsin Daroini
Agriscience Vol 1, No 3: Maret 2021
Publisher : Department of Agribusiness, University of Trunojoyo Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21107/agriscience.v1i3.10213

Abstract

The aims of the research to analyse the determinant of visits frequency and economic valuation of natural attractions of the Tretes waterfall. Two analysis methods are used by combining the negative-binomial and travel cost method (TCM) with an individual approach. The result showed that independent variables such as total travel expense, age, income, motivation, sex, and duration of enjoying tour partially do not significantly affect visits frequency. The only one independent variable which significantly toward visits frequency is distance. It means closer more often to visit.  The amount of willingness to pay is IDR 50,000 with individual consumer-surplus is IDR 27,397.26, and economic value IDR 328,767,120 per year.
EFISIENSI EKONOMI USAHATANI KACANG HIJAU DI DESA TANJUNGHARJO KECAMATAN KAPAS KABUPATEN BOJONEGORO Ahmad Wildan Faiz; Elys Fauziyah
Agriscience Vol 1, No 3: Maret 2021
Publisher : Department of Agribusiness, University of Trunojoyo Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21107/agriscience.v1i3.9754

Abstract

Kacang hijau menjadi komoditas pilihan yang selalu dibudidayakan oleh sebagian besar petani di Desa Tanjungharjo, setelah mereka membudidayakan padi di sawah. Permasalahan yang dihadapi adalah tingkat produktivitas usahatani kacang hijau masih rendah. Penelitian ini dilakukan dengan dua tujuan yaitu menganalisis faktor produksi dan tingkat efisiensi ekonominya. Sampel yang dipergunakan sebanyak 70 orang, Fungsi produksi Cobb Douglas dimanfaatkan untuk menganalisis tujuan penelitian. Hasil analisis menunjukkan terdapat 2 faktor yang mempengaruhi produksi kacang hijau dan penggunaannya belum efisien secara ekonomis yaitu benih dan pupuk cair.
NILAI TAMBAH DAN KELAYAKAN FINANSIAL PRODUK KERUPUK SAMILER PADA INDUSTRI RUMAHTANGGA “MAJU JAYA” Dewi Sunarya; Elys Fauziyah
Agriscience Vol 1, No 3: Maret 2021
Publisher : Department of Agribusiness, University of Trunojoyo Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21107/agriscience.v1i3.9760

Abstract

IRT Maju Jaya telah memproduksi kerupuk samiler dengan kapasitas produksi 100 kilogram perharinya.  Namun nilai tambah dan kelayakan usahanya belum pernah dianalisis. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis nilai tambah usaha pembuatan kerupuk samiler.  Responden dalam penelitian adalah pemilik IRT Maju Jaya. Metode analisis yang dipergunakan adalah formulasi nilai tambah Hayami, R/C, B/C, BEP produk, dan BEP Harga. Hasil penelitian menunjukkan bahwa IRT Maju Jaya mampu menghasilkan nilai tambah perproduksi kerupuk singkong sebesar Rp. 14406.38. Hasil ini menunjukkan bahwa usaha pembuatan kerupuk samiler ini layak untuk dijadikan sebagai alternatif usaha skala rumah tangga.
Analisis Kelayakan Finansial Usaha Keripik Singkong di Kecamatan Saronggi Kabupaten Sumenep Zulfa Nur Isa; Amanatuz Zuhriyah
Agriscience Vol 1, No 3: Maret 2021
Publisher : Department of Agribusiness, University of Trunojoyo Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21107/agriscience.v1i3.11136

Abstract

Permasalahan umum yang dihadapi UMKM yaitu dalam hal finansial. UD. Navisa merupakan salah satu UMKM yang bergerak dalam usaha keripik singkong di Kecamatan Saronggi juga tidak lepas dari masalah tersebut, yaitu dalam hal fluktuasi pendapatan yang dipengaruhi oleh faktor internal yaitu manajemen pemasaran dan tingkat aspek finansial, serta fluktuasi pendapatan yang dipengaruhi oleh faktor eksternal yaitu penawaran dan permintaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui fluktuasi pendapatan tersebut. Metode analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif pada manajemen pemasaran, penawaran dan permintaan, serta analisis kelayakan finansial menggunakan kriteria investasi R/C ratio, NPV, IRR, dan PP. Hasil analisis yang disebabkan faktor internal yaitu pengelompokan dan target pasar tertuju pada toko kelontong dan minimarket Basmalah di wilayah Madura dan Surabaya, hasil penelitian kriteria investasi menunjukkan bahwa nilai R/C ratio sebesar 1,75, nilai NPV sebesar Rp. 1.367.850.000, nilai IRR sebesar 54,13% dan nilai PP yaitu 17 bulan. Hasil analisis yang disebabkan faktor eksternal menunjukkan bahwa permintaan dan penawaran pada UD. Navisa menyebabkan fluktuasi pendapatan karena pengaruh kenaikan harga dan kebutuhan pokok.
KELAYAKAN UMKM DENGAN PENDEKATAN ANALISIS SWOT (Studi Kasus di RUS Mekar Sari PKK Pulorejo, Ngoro, Jombang) Nazela Ramadhanti Nur Mahfudza; Siti Nur Qomariyah
Agriscience Vol 1, No 3: Maret 2021
Publisher : Department of Agribusiness, University of Trunojoyo Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21107/agriscience.v1i3.10808

Abstract

Semakin kompetitif persaingan di pasar Internasional menjadi tantangan tersendiri bagi negara Indonesia. Dalam pembangunan dan pertumbuhan ekonomi, usaha mikro kecil menengah (UMKM) memainkan suatu peran yang sangat vital. Penelitian ini disusun untuk menemukan strategi pemasaran yang paling relevan agar penjualan di RUS Mekar Sari PKK Pulorejo, Ngoro, Jombang dapat terus meningkat. Penelitian ini menggukan metode analisis SWOT dengan data  yang diperoleh dari matrik EFAS-IFAS, matrik SWOT dan matrik grand strategy. Berdasarkan hasil pengamatan tersebut, RUS Mekar Sari PKK Pulorejo, Ngoro, Jombang menempati posisi di kuadran 1, ini menunjukkan situasi yang sangat menguntungkan. Bagi UMKM RUS Mekar Sari PKK Pulorejo, Ngoro, Jombang karena memiliki kekuatan yang dapat dimanfaatkan peluangnya untuk meningkatkan hasil penjualan. Dengan adanya penelitian ini, diharapkan pelaku usaha untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas pelayanan yang optimal, memperluas pangsa pasar dengan cara memanfaatkan Word Of Mouth (WOM) serta memaksimalkan perkembangan teknologi informatika.
EFISIENSI TEKNIS DAN FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRODUKSI PADI DI KABUPATEN LAMONGAN Ersa Desta Wilujeng; Elys Fauziyah
Agriscience Vol 1, No 3: Maret 2021
Publisher : Department of Agribusiness, University of Trunojoyo Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21107/agriscience.v1i3.11179

Abstract

Padi merupakan tanaman pangan yang menjadi makanan pokok bagi seluruh masyarakat di Indonesia. Kabupaten Lamongan termasuk salah satu kabupaten dengan produksi yang tinggi setiap tahunnya. Namun, dua tahun belakangan ini produksi padi di Lamongan mengalami penurunan. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis faktor yang mempengaruhi hasil produksi petani padi dan mengetahui tingkat efisiensi teknisnya di Kabupaten Lamongan. Metode analisis dalam penelitian ini adalah Fungsi Produksi Cobb Douglas Frontier Stochastic. Data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari Dinas Pertanian dan BPS Kabupaten dengan jenis data time series. Hasil penelitian menunjukkan terdapat 2 faktor yang mempengaruhi hasil produksi padi yaitu subsidi pupuk organik dan subsidi benih hibrida dan 94,2 persen petani di Lamongan sudah mencapai efisiensi teknis.

Page 1 of 2 | Total Record : 15