cover
Contact Name
GILANG MAUALANA
Contact Email
gmaulana231@gmail.com
Phone
+6282218388438
Journal Mail Official
gilangmaulana@unma.ac.id
Editorial Address
Jl. Kh. Abdul Halim No 103 Majalengka, Jawa Barat
Location
Kab. majalengka,
Jawa barat
INDONESIA
Al-Mau'izhoh : Jurnal Pendidikan Agama Islam
Published by Universitas Majalengka
ISSN : -     EISSN : 26849410     DOI : -
Core Subject : Religion, Education,
jurnal ini mencakup berbagai kajian pendidikan Islam, dasar - dasar pendidikan Islam, metode pembelajaran Islam, dll
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 2 (2020)" : 5 Documents clear
Dampak Covid-19 Terhadap Efektivitas Pembelajaran Daring Pendidikan Islam Nureza Fauziyah
Al-Mau'izhoh Vol 2, No 2 (2020)
Publisher : Program Studi Pendidikan Agama Islam, Universitas Majalengka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31949/am.v2i2.2294

Abstract

Dampak dari penyebaran Covid-19 menyebabkan pemberlakuan pembelajaran secara daring. Pembelajaran daring adalah pembelajaran yang dilakukan menggunakan teknologi elektronik, tak terkecuali pendidikan Islam yang juga harus melakukan pembelajaran daring. Pendidikan Islam selama ini seringnya menggunakan metode satu arah dan sedikit juga yang menggunakan teknologi. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah: 1) Menganalisis dampak Covid-19 terhadap efektifitas pendidikan Islam 2) Mengetahui tentang Covid-19 3) mengetahui efektivitas pembelajaran daring di tengah situasi social distancing.Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dalam bentuk eksplorasi kepustakaan kontekstual yakni mengaitkan literature dengan fenomena aktual, khususnya Covid-19. Pengumpulan penelitian ini adalah dengan mengumpulkan buku, jurnal yang relevan. Hasil dari penelitian ini adalah dampak Covid-19 ini bisa membuat peserta didik merasa cemas, jika peserta didik memiliki kecerdasan emosional, maka mereka akan bisa mengontrol emosi, dan saat melakukan pembelajaran akan lebih bersemangat. Efektif tidaknya suatu pembelajaran daring tergantung dari teknologi, karakter pengajar, dan karakteristik siswa. Pembelajaran daring di tengah situasi social distancing terdapat banyak kendala, jaringan yang buruk, sarana dan prasarana yang kurang memadai, guru dan dosen yang belum mahir menggunakan teknologi dan social media sebagai media pembelajaran.
Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Psikologis Siswa Terdampak Social Distancing Akibat Covid 19 Safira Rona Mahmudah
Al-Mau'izhoh Vol 2, No 2 (2020)
Publisher : Program Studi Pendidikan Agama Islam, Universitas Majalengka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31949/am.v2i2.2293

Abstract

Penerapan pembelajaran daring berbasis pendidikan islam terdampak social distancing didunia pendidikan islam khususnya dikalangan siswa berakibat psikologis siswa yang buruk. Akibatnya, siswa kurang interaksi sosial dengan lingkungan sekitar, keefektifan belajar berkurang dan merasakan kebosanan. Artikel ini bertujuan untuk memberikan gambaran dan menganalisis model pembelajaran daring dalam pendidikan islam terhadap psikologis siswa terdampak social distancing. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dalam bentuk kepustakaan model Creswell. Sumber data diperoleh dari literatur-literatur pembelajaran daring, psikologis siswa, covid 19. Teknik pengumpulan data dengan melakukan penelusuran terhadap literatur terkait, baik secara manual maupun digital. Teknik analisis data menggunakan analisis model Moleong. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran daring tidak efektif dikalangan siswa karena psikologis siswa terganggu Penerapan tersebut saat ini memegang peran penting dalam dunia pendidikan islam, tetapi penerapan sistem pembelajaran daring tidak semudah yang dibayangkan, terdapat beberapa aspek yang harus dipenuhi terlebih dahulu. Segi praktisnya, pembelajaran daring sangat efektif untuk pembelajaran ditengah covid 19. Namun, tidak untuk psikologis siswa. Pembelajaran daring tersebut dapat dikembangkan menjadi pembelajaran yang lebih efektif dengan memperhatikan psikologis siswa terdampak social disctancing.
PENINGKATAN KREATIVITAS BERPIKIR SISWA DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PADA PEMBELAJARAN PAI Titin Anggraini; Saidil Mustar; Dini Palupi Putri
Al-Mau'izhoh Vol 2, No 2 (2020)
Publisher : Program Studi Pendidikan Agama Islam, Universitas Majalengka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31949/am.v2i2.2275

Abstract

This study aimed to find out a depiction of the implementation of the 2013 curriculum and its relationship with the efforts to improve students' creative thinking. This study used a qualitative approach. Data were obtained from observation and interview techniques. This study concluded that the 2013 curriculum, in all state schools, needs to continue to encourage the realization of national standard fulfillment. Preparation of learning plans and programs (Syllabus, LP: Lesson Plan) were already carried out; the explanations of learning materials were already delivered with various supporting media and methods; and learning resources were adequate such as textbooks and worksheets.Keywords: Creative Thinking, Implementation, 2013 Curriculum
Membangun Kecerdasan Emosional Anak Dalam Tinjauan Pendidikan Agama Islam jajat darojat
Al-Mau'izhoh Vol 2, No 2 (2020)
Publisher : Program Studi Pendidikan Agama Islam, Universitas Majalengka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31949/am.v2i2.2310

Abstract

Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk menjadikan manusia memiliki kekuatan spiritual dan kesalehan sosial. Dalam Islam pendidikan adalah upaya untuk meningkatkan keimanan sehingga menciptakan sikap dan kepribadian manusia yang sempurna menurut pandangannya. Pendidikan paling awal bagi manusia adalah pendidikan tentang ketauhidan. Karenanya melalui pendidikan tauhid akan tercermin manusia-manusia yang memiliki sifat Ketuhanan dengan keterbatasanya. Sebagaimana sifat-sifat yang tertuang dalam asma’ul husna. Sebagai contoh, pendidikan agama akan melahirkan sifat rohman dan rohim, manusia yang memiliki sifat kasih dan sayang terhadap sesama makhluk hidup di dunia.  Dalam usaha membangun kecerdasan emosional melalui Pendidikan Agama Islam pada dasarnya adalah pendidikan agama sebagai dasar sikap manusia dalam kehidupan sosialnya. Kesalehan sosial yang ada dalam diri seseorang akan tumbuh seiring dengan meningkatnya kekuatan spiritual pada seseorang tersebut. Dalam terminologi Islam hal tersebut disebut dengan istilah ‘hablum min Allah wa hablum min an Nas’. Kedua terminologi Islam ini tentu tidak dapat dipisahkan. Bahwa dalam Islam mengajarkan tentang membangun hubungan manusia dengan Tuhannya dan manusia dengan alam lingkungannya. Karena itu pendidikan Agama Islam pada dasarnya memiliki tujuan untuk meningkatkan kecerdasan emosional peserta didik itu sendiri..
PERAN GURU PAI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN SISWA DI SEKOLAH UMUM Rasi Maya Sari; Mahfus Mahfus; Deri Wanto
Al-Mau'izhoh Vol 2, No 2 (2020)
Publisher : Program Studi Pendidikan Agama Islam, Universitas Majalengka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31949/am.v2i2.2277

Abstract

The present study aimed at finding out a depiction of PAI teacher’s role in improving students' ability to read the Qur'an in a public school, namely SDN 14 Lebong, Bengkulu. Resting upon the focus intended, the answers were found through research. Thus, a qualitative approach was employed with the subjects studied referring to fifth grade students, and the informants were PAI teacher as well as the school principal. The data were garnered from interview and observation techniques, so the following conclusion was found: the role that had been carried out by the PAI teacher was very helpful for students in learning to read the Qur'an. PAI teacher succeeded in helping students from the condition that they did not understand or even did not know any of hijayyah letters to the condition that they understood and began to recognize hijayyah letters. It was in so doing although some obstacles were found both from students’ internal case and from school facilities.Keywords: Teacher’s Role, Ability to read the Qur'an

Page 1 of 1 | Total Record : 5