cover
Contact Name
Irman Idrus
Contact Email
irmanidrus80@gmail.com
Phone
+6282189450827
Journal Mail Official
juliyani68@yahoo.com
Editorial Address
Simbo BTN Griya Safika Blok G no. 5
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Akrab Juara : Jurnal Ilmu-ilmu Sosial
ISSN : 25285130     EISSN : 26209861     DOI : -
Core Subject : Health, Science,
URNAL AKRAB JUARA adalah sebuah jurnal pendidikan dan pengetahuan yang berkaitan dengan ilmu-ilmu sosial untuk para pendidik dan pendidikan yang ingin menungkan hasil karya ilmiahnya dengan nuangsa teknologi pembelajaran serta pengajaran dalam bidang masing-masing keilmuannya.
Articles 49 Documents
Search results for , issue "Vol 5 No 4 (2020): November" : 49 Documents clear
ANALISIS KESALAHAN PENULISAN KATA DAN SINGKATAN DALAM KALIMAT BAHASA INDONESIA DI MEDIA SOSIAL Muji Endah Palupi
Akrab Juara : Jurnal Ilmu-ilmu Sosial Vol 5 No 4 (2020): November
Publisher : Yayasan Azam Kemajuan Rantau Anak Bengkalis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Judul penelitian ini adalah Analisis Kesalahan Penulisan Kata dan Singkatan Dalam Kalimat Bahasa Indonesia di Media Sosial. Bahasa adalah alat Pemersatu bangsa tanpa bahasa manusia sangat sulit untuk bisa komunikasi antar sesama. Bahasa Indonesia adalah Bahasa Nasional terkadang tanpa disadari sering dijumpai kesalahan dalam penulisan kalimat. Di dalam kehidupan sehari - hari, kita menggunakan penyingkatan kata dalam penulisan supaya cepat dan lebih mudah dibaca. Kesalahan muncul karena tidak menggunakan tata bahasa yang sesuai dengan norma dan kaidah, fenomena komunikasi yang pesat saat ini adalah penggunaan bahasa yang didukung oleh perangkat teknologi canggih, khususnya bahasa yang digunakan pada jejaring sosial. Pengunaan bahasa sering terjadi kesalahan dalam bentuk tulisan. Pembinaan bahasa Indonesia. perlu mulai sejak dini diharapkan mampu memiliki sikap positif berbahasa Indonesia dengan baik dan benar
PENGARUH KOMUNIKASI PEMASARAN PERSONAL SELLING DAN WORD OF MOUTH TERHADAP SIKAP UNTUK MEMBELI MOBIL NISSAN MELALUI HEURISTIK DAN SISTEMATIK MODE (Survey Pada Pengguna Mobil Nissan Di Nissan Kebon Jeruk 2017-2018) Alex Hartono; Flora Meliana Siahaan; A. Rahman. H.I
Akrab Juara : Jurnal Ilmu-ilmu Sosial Vol 5 No 4 (2020): November
Publisher : Yayasan Azam Kemajuan Rantau Anak Bengkalis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Studi ini memaparkan pemprosesan pesan dalam komunikasi pemasaran personal selling dan word of mouth dengan menggunakan pemprosesan pesan model heuristik dan sistematik dalam membentuk sikap membeli konsumen, dari penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa pengambilan keputusan konsumen untuk membeli mobil dalam komunikasi personal selling merupakan suatu pengambilan keputusan yang beresiko tinggi karna ada nilai investasi yang tidak murah, untuk itu dibutuhkan pemprosesan yang pesan yang bersifat sistematik, sedangkan pemprosesan pesan pada komunikasi word of mouth kedua model pemprosesan pesan secara heuristik dan sistematik di dominasi pemprosesan pesan secara sistematik walaupun nilainya tidak lah terpaut jauh
TELAAH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA BPJS KETENAGAKERJAAN JAKARTA Pater Rajagukguk; Hardani Hardani; Bambang Haryono; Arief Fadholi
Akrab Juara : Jurnal Ilmu-ilmu Sosial Vol 5 No 4 (2020): November
Publisher : Yayasan Azam Kemajuan Rantau Anak Bengkalis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pelayanan jasa merupakan kegiatan yang dimaksudkan untuk memberikan kepuasan kepada pelanggan dalam pemenuhan kebutuhannya berupa kemudahan, kecepatan, dan kenyamanan. Pelanggan yang merasa mendapatkan layanan yang prima tentu akan merasa puas, demikian juga sebaliknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelayanan terhadap kepuasan pelanggan dengan studi pada nasabah BPJS Ketenagakerjaan cabang Grogol jakarta dengan jumlah responden sebanyak 40 orang, dengan teknik random sampling. Bentuk penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode pengumpulan data; observasi, wawancara, kuesioner dan studi dokumentasi. Analisis data menggunakan uji korelasi, regresi dan determinasi dengan pengolahan data menggunakan software SPSS 22. Hasil penelitian menunjukkan nilai koefisien korelasi sebesar 0,978 artinya terdapat hubungan yang sangat kuat anatara kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan. Uji Koefisien regresi diperoleh persamaan Y= -1,303+1,035X. Hasil koefisien determinasi sebesar 95,7% yang menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel kualitas pelayanan terhadap variabel kepuasan pelanggan. Pelayanan dyang diberikan bagian customer service pada nasabah BPJS Kesehatan Jakarta memberikan kepuasan bagi para nasabanya.
ANALISIS KINERJA KEUANGAN DENGAN METODE ALTMAN Z – SCORE PADA PT. PANORAMA SENTRAWISATA TBK Yunidyawati Azlina
Akrab Juara : Jurnal Ilmu-ilmu Sosial Vol 5 No 4 (2020): November
Publisher : Yayasan Azam Kemajuan Rantau Anak Bengkalis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelangsungan bisnis PT. Panorama Sentrawisata Tbk. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan periode 2017 - 2019. Penelitian ini menggunakan metode Altman Z-Score yang merupakan salah satu metode untuk memprediksi kebangkrutan suatu perusahaan. Penelitian ini menggunakan analisis kuantitatif. Z Score PT. Panorama Sentrawisata Tbk mengalami penurunan dari tahun 2017 sebesar 2,12 menjadi 1,20 pada tahun 2018 dan mengalami peningkatan meskipun hanya sedikit sebesar 1,56 pada tahun 2019.
PELAKSANAAN PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) PADA PT BERSAMA ESA SEJAHTERA BEKASI Jumiyati Jumiyati; Yunidyawati Azlina
Akrab Juara : Jurnal Ilmu-ilmu Sosial Vol 5 No 4 (2020): November
Publisher : Yayasan Azam Kemajuan Rantau Anak Bengkalis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian yang dilakukan bertujuan ingin mengetahui sejauhmana peran dari perusahaan dalam menerapkan fungsi dan tanggungjawabnya terhadap kepedulian kesejahteraan lingkungan tempat domisili perusahaan. Tujuan perusahaan bergantung pada situasi dan kondisi lingkungan sosial dimana perusahaan tersebut berada. Maka perusahaan sebagai pelaku bisnis harus bisa merespon apa yang dibutuhkan oleh lingkungan dan masyarakat sosialnya, sehingga keberadaan hubungan bisnis dan sosialnya bisa terus berinteraksi dan tetap terjaga terus-menerus. CSR bertujuan agar perusahaan dapat memberi kontribusi untuk kemajuan atau peningkatan kesejahteraan masyarakat setempat. Manfaat CSR mampu menciptakan brand image bagi perusahaan di tengah pasar yang kompetitif sehingga pada gilirannya nanti akan mampu menciptakan customer loyalty dan membangun atau mempertahankan reputasi bisnis. PT BESt telah melaksanakan kegiatan CSR sejak tahun 2017 hingga sekarang, dengan berbagai bentuk bantuan yang diberikan , baik berupa bantuan jasa maupun bantuan barang ataupun hewan Qurban.. Adapun beberapa alasan pemilihan tempat, objek maupun jenis bantuan sosial yang diberikan berdasarkan pada survey yang dilakukan oleh Tim dengan pertimbangan kemanusiaan dan kemaslahatan umat.
MANAJEMEN KESAN PETUGAS MEDIS DALAM MENANGANI PASIEN COVID-19 LEWAT TIK TOK Ali Imron H; RR Roosita Cindrakasih; Riastri Novianita
Akrab Juara : Jurnal Ilmu-ilmu Sosial Vol 5 No 4 (2020): November
Publisher : Yayasan Azam Kemajuan Rantau Anak Bengkalis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dibuat dengan tujuan untuk menganalisis pengelolaan kesan di panggung depan dan panggung belakang melalui proses komunikasi verbal maupun non verbal dari para petugas medis melalui media Tik Tok. Metode interpretatif subyektif purposive dengan pendekatan dramaturgi dipakai dalam penelitian yang melibatkan lima kelompok informan. Peneliti menggali pengalaman interaksi sosial para informan tersebut melalui wawancara online mendalam dan observasi dengan data penunjang berdasarkan pada analisis dramaturgi. Hasil penelitian menyebutkan para petugas medis itu mengelola kesan pada panggung depan maupun belakang baik melalui komunikasi verbal dan non verbal yang memperlihatkan adanya kekhawatiran, faktor kelelahan yang luar biasa, perasaan tidak aman, hingga tekanan psikologis baik dari lingkungan rumah sakit maupun keluarga besar mereka di rumah karena jumlah pasien Covid-19 yang terus bertambah. Melalui analisa dramaturgi, penelitian ini menyampaikan pesan kepada netizen lewat pengelolaan manajemen kesan petugas medis agar netizen tetap melakukan social distancing, rajin mencuci tangan hingga menjaga pola hidup sehat.
KONSTRUKSI REALITAS SOCIAL DALAM CHANNEL YOUTUBE THE SANTOSO PADA VIDEO “INDOMIE KECOAK VARIAN BARU BUAT MASA DEPAN” Susilowati Susilowati
Akrab Juara : Jurnal Ilmu-ilmu Sosial Vol 5 No 4 (2020): November
Publisher : Yayasan Azam Kemajuan Rantau Anak Bengkalis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Saat ini semakin banyak orang Indonesia menyukai konten yang terdapat di Youlube.com, menyebabkan semakin banyak kreator di Indonesia yang memanfaatkan YouTube. Penelitian ini bertujuan untuk melihat konstruksi realitas sosial yang dibangun oleh Bobon Santoso pada Channel YouTube The Santoso pada video “ Indomie Kecoak Varian Baru Buat Masa Depan”. Paradigma yang digunakan dalam penelitian ini adalah konstruktivis. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan menggunakan Metode Analisis Framing. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi non partisipan dan dokumentasi, unit analisis dalam penelitian ini adalah Channel YouTube “The Santoso” yaitu pada video “Indomie Kecoak New Varian for the Future”. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa Pada Konten video pada Chanel YouTube The Santoso atau bisasa disebut Bon Bon Santoso dalam salah satu tayangannya adalah “Indomie Kecoak Varian Baru Buat Masa Depan” merupakan konstruksi bagi YouTuber tersebut sebagai sesuatu yang menurutnya dapat menjadi sesuatu yang ekstreem. Sedangkan bagi pemirsa atau warganet yang melihat tayangan tersebut merupakan sebuah konstrusi yang berbeda, justru bagi sebagian warganet yang menyaksikan menganggapnya sebagai sesuatu yang menjijikan dan jorok sehingga hal ini merupakan sebuah kontruksi dan ini merupakan sebuah konstruktif realitas secara subjektif.
PENGARUH OBYEK WISATA RANGGON HIILS TERHADAP TINGKAT PENDAPATAN MASYARAKAT Peri Pandani
Akrab Juara : Jurnal Ilmu-ilmu Sosial Vol 5 No 4 (2020): November
Publisher : Yayasan Azam Kemajuan Rantau Anak Bengkalis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Obyek Wisata Ranggon Hiils yang ditinjau dari Variabel lokasi, peluang usaha bagi masyarakat, sarana dan prasarana terhadap pendapatan masyarakat dan untuk mengetahui variabel mana yang paling dominan antara lokasi, peluang usaha bagi masyarakat, sarana dan prasarana terhadap pendapatan masyarakat. Populasi pada penelitian ini yaitu masyarakat sekitar Obyek Wisata Ranggon Hills sebanyak 30 yang dijadikan sampel. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik regresi sederhana dengan bantuan aplikasi SPSS 16. Hasil analisis data dengan signifikansi 0.05 menunjukkan bahwa variabel Obyek Wisata Ranggon Hiils yang meliputi Variabel lokasi, peluang usaha bagi masyarakat, sarana dan prasarana (secara parsial) hanya ada dua variabel yang berpengaruh dan signifikan yaitu variabel lokasi, dan sarana prasarana sedangkan variabel peluang usaha tidak berpengaruh terhadap pendapatan masyarakat. Secara keseluruhan variabel yang paling dominan dalam penelitian ini yaitu yaitu variabel Sarana dan Prasarana karena, nilai beta pada variabel Sarana dan Prasarana lebih kecil dibandingkan variabel lainnya yaitu sebesar 0,116.
PENERAPAN METODE PROTOTYPING DALAM PEMBANGUNAN SISTEM INFORMASI PERSEDIAAN BARANG PADA PT. ELHIFA INTIGUNA Muhammad Amirul Mukminin; Laila Septiana; Maysaroh Maysaroh
Akrab Juara : Jurnal Ilmu-ilmu Sosial Vol 5 No 4 (2020): November
Publisher : Yayasan Azam Kemajuan Rantau Anak Bengkalis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Elhifa Intiguna sebagai perusahaan yang sedang berkembang dalam bidang lifting, rigging dan kontruksi mempunyai banyak barang di gudang dan semuanya memerlukan penanganan serta pengolahan yang baik. Akan tetapi sistem yang ada pada perusahaan ini masih manual dimana ketika barang masuk kegudang dan barang keluar dari gudang, karyawan hanya mencatat pada form buku barang yang tersedia dan sering terdapat kesalahan pencatatan dan tercampurnya data barang satu dengan yang lain sehingga. Memudahkan dalam mengontrol data masukan dan keluaran dalam penyajian informasi tentang barang dalam gudang sehingga laporan dapat dilakukan secara cepat dan akurat, dan Metode pengembangan sistem yang digunakan adalah dengan metode Prototyping.
IMPLEMENTASI CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY PT TIKI JALUR NUGRAHA EKAKURIR (JNE) DALAM PENANGANAN WABAH VIRUS CORONA DI INDONESIA Silvina Mayasari
Akrab Juara : Jurnal Ilmu-ilmu Sosial Vol 5 No 4 (2020): November
Publisher : Yayasan Azam Kemajuan Rantau Anak Bengkalis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana implementasi corporate social responsibility PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) dalam penanganan wabah virus corona di Indonesia. Corporat Social Responsibility di definisikan sebagai tanggung jawab perusahaan kepada pemangku kepentingan untuk berlaku etis, meminimalkan dampak negative dan memaksimalkan dampak positif yang mencakup aspek ekonomi sosial dan lingkungan (triple botton line) dalam rangka mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus yang fokus pada Implementasi Corporat Social Responsibility PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir atau JNE Dalam Penanganan Wabah Virus Corona Di Indonesia. Menurut Kriyantono “metode studi kasus yaitu metode riset yang menggunakan berbagai sumber data yang bisa digunakan untuk meneliti menguraikan dan menjelaskan secara komprehensif berbagai aspek individu kelompok, suatu program, organisasi atau peristiwa secara sistematis. Teknik Pengumpulan Data Teknik pengumpulan data dalam penelitian kualitatif adalah dengan melakukan observasi, wawancara mendalam, kepustakaan dan studi dokumentasi. Sedikitnya ada 4 kegiatan dalam program CSR JNE yang dipublikasikan secara luas baik melalui media massa, media social maupun melaui situs resmi pemerintah dan perusahaan. Pada ke empat kegiatan ini dapat disimpulkan bahwa implementasi PT Tiki Jalur Utama (JNE) dalam melakukan kegiatan CSR dalam menangani wabah virus corona di Indonesia diimplementasikan dalam dua bentuk implementasi yaitu Community Relations yang bersifat charity dan Community Assistance yang bersifat philanthropy.