cover
Contact Name
Irman Idrus
Contact Email
irmanidrus80@gmail.com
Phone
+6282189450827
Journal Mail Official
juliyani68@yahoo.com
Editorial Address
Simbo BTN Griya Safika Blok G no. 5
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Akrab Juara : Jurnal Ilmu-ilmu Sosial
ISSN : 25285130     EISSN : 26209861     DOI : -
Core Subject : Health, Science,
URNAL AKRAB JUARA adalah sebuah jurnal pendidikan dan pengetahuan yang berkaitan dengan ilmu-ilmu sosial untuk para pendidik dan pendidikan yang ingin menungkan hasil karya ilmiahnya dengan nuangsa teknologi pembelajaran serta pengajaran dalam bidang masing-masing keilmuannya.
Articles 59 Documents
Search results for , issue "Vol 7 No 2 (2022): Mei" : 59 Documents clear
STRATEGI KOMUNIKASI FATAYAT NU CILEDUG DALAM MEMBANGUN IMAGE SEBAGAI ORGANISASI PEMBERDAYAAN PEREMPUAN Amalliah Amalliah; Ria Yunita
Akrab Juara : Jurnal Ilmu-ilmu Sosial Vol 7 No 2 (2022): Mei
Publisher : Yayasan Azam Kemajuan Rantau Anak Bengkalis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58487/akrabjuara.v7i2.1789

Abstract

Kaum perempuan memiliki potensi yang tidak kalah dengan kaum pria dalam berbagai bidang pekerjaan atau perekonomian. Seperti halnya Fatayat NU memperdayakan perempuan melalui program-program yang diaplikasikan ke masyarakat. Program kemasyarakatan, pendidikan dan perekonomian di terapkan di masyarakat dengan berbagai kegiatan atau aktifitas. Fatayat dibentuk dan digerakkan bukan semata-mata oleh keprihatinan terhadap ‘keterbelakangan’ perempuan dalam ruang sosial, melainkan menjaga agar pemberdayaan potensi, keadaan, dan peran perempuan. Melalui program tersebut membangun dan menciptakan image atau citra Fatayat NU sebagai organisasi perempauan yang selalu memperdayakan kaum perempuan tanpa melupakan keluarga dan peranan sebagai ibu rumah tangga. Melalui pendekatan langsung dan berkomunikasi untuk mengetahui keinginan masyarakat dapat mewujudkan atau membangun citra atau image Fatayat NU menjadi positif dan peduli terhadap kemauan masyarakat di sekitarnya, hal ini salah satu strategi komunikasi yang di lakukan Fatayat NU untuk membangun image.
PENGARUH TINGKAT KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA JASA TRANSPORTASI TERHADAP KEPUASAN PENUMPANG PADA PT AYU TRANSPORT SUNGAI PENUH Fitrina Afrianti; Muhammad Haviz
Akrab Juara : Jurnal Ilmu-ilmu Sosial Vol 7 No 2 (2022): Mei
Publisher : Yayasan Azam Kemajuan Rantau Anak Bengkalis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58487/akrabjuara.v7i2.1841

Abstract

Dengan meningkatnya tingkat kriminal pencurian di rumah yang ditingal pemiliknya maka Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tingkat kualitas pelayanan dan harga jasa transportasi terhadap kepuasan penumpang pada PT Ayu Transport Sungai Penuh. Sampel penelitian ini sebanyak 60 orang. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis, deskriptif, regresi berganda, koefisien determinasi dan pengujian hipotesis menggunakan uji t dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen/penumpang pada PT Ayu Transport Sungai Penuh, hal ini dibuktikan dengan t hitung > t tabel (3,478 > 2,00247) dan besarnya pengaruh sebesar 17,9%. Harga berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Konsumen/Penumpang pada PT Ayu Transport Sungai Penuh, hal ini dibuktikan dengan t hitung > t tabel (6,484 > 2,00247) dan besarnya pengaruh sebesar 42,9%. Kualitas pelayanan dan harga berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen/penumpang pada PT Ayu Transport Sungai Penuh dibuktikan dengan F hitung > F tabel (F hitung > F tabel (44.152 > 3.16) dan besarnya pengaruh sebesar 60,8%, sedangkan selebihnya 39,2% dijelaskan oleh faktor penyebab lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
ANALISIS EFEKTIVITAS PAJAK BEA BALIK NAMA KENDARAAN BERMOTOR DAN KONTRIBUSI TERHADAP PENDAPATAN PAJAK DAERAH PADA BADAN PENDAPATAN DAERAH PROVINSI DKI JAKARTA Seno Sudarmono Hadi
Akrab Juara : Jurnal Ilmu-ilmu Sosial Vol 7 No 2 (2022): Mei
Publisher : Yayasan Azam Kemajuan Rantau Anak Bengkalis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58487/akrabjuara.v7i2.1802

Abstract

Penggunaan Kendaraan Bermotor di DKI Jakarta menjadi sebuah kebutuhan hidup bagi masyarakat. Kepemilikan kendaraan bermotor sangatlah mudah salah satunya dengan cara jual-beli, yang mengakibatkan terjadinya perpindahan kepemilikan dan membawa dampak pengenaan Bea Balik Nama. Pajak Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor merupakan salah satu Pajak Daerah yang dipungut oleh Badan Pendapatan Daerah Provinsi DKI Jakarta. Tujuan penelitian ini untuk menganalisa Efektivitas Pajak Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor dan Kontribusi terhadap Pendapatan Pajak Daerah pada Badan Pendapatan Daerah Provinsi DKI Jakarta serta mengetahui hambatan yang terjadi dalam penerimaan pajak tersebut. Penelitian ini berupa penelitian kualitatif dan penelitian menggunakan metode studi pustaka, peninjauan langsung dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas Pajak Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor Tahun 2016-2020 mengalami peningkatan dan sedikit penurunan. Kontibusi Pajak Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor terhadap pendapatan Pajak Daerah Tahun 2016-2020 dapat dikategorikan kurang tetapi pencapaian setiap tahun mengalami peningkatan dan penurunan. Dalam penerimaan Pajak Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor mengalami suatu hambatan yaitu wajib pajak yang tidak lapor atas lokasi dan objek pajak yang sudah tidak menjadi miliknya dan tidak berada di wilayah DKI Jakarta.
ANALISA HUBUNGAN EMPIRIS CORPORATE SOCIAL PERFORMANCE DAN EARNING QUALITY PADA PERUSAHAAN COAL MINING LQ45 DI INDONESIA Andi Martias
Akrab Juara : Jurnal Ilmu-ilmu Sosial Vol 7 No 2 (2022): Mei
Publisher : Yayasan Azam Kemajuan Rantau Anak Bengkalis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58487/akrabjuara.v7i2.1823

Abstract

Penelitian ini menganalisa hubungan antara Corporate Social Performance (CSP) dan Earning Quality (EQ) pada perusahaan Coal Mining yang termasuk dalam LQ45 di Bursa Efek Indonesia pada periode tahun 2015 sampai dengan 2020, lebih tepatnya membuktikan apakah CSP berpengaruh signifikan terhadap EQ ataukah sebaliknya. Untuk menganalisa proses ini, terdapat beberapa ukuran termasuk refleksi kinerja keuangan perusahaan Coal Mining di Indonesia dengan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode regresi berganda CSP diukur dengan menggunakan weighted approach, sedangkan EQ diukur dengan menggunakan adjusted rate of return on equity. Sampel pada perusahaan Coal Mining yang terdaftar di IDX LQ45 di Bursa Efek Indonesia dengan periode tahun 2015 sampai 2020. Hasil dari penelitian ini menunjukkan CSP tidak terbukti berpengaruh signifikan terhadap EQ, begitu pula sebaliknya, EQ tidak berpengaruh signifikan terhadap CSP. Dari hasil uji koefisien korelasi, menunjukkan bahwa CSP periode lalu ternyata memiliki hubungan negatif dengan EQ periode ini meskipun tidak secara signifikan. Variabel kontrol, ukuran perusahaan dan risiko perusahaan tidak berpengaruh signifikan pada CSP dan EQ. Secara umum, pengukuran komprehensif CSP perusahaan Coal Mining Indonesia secara positif terkait dengan EQ perusahaan, menunjukkan kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) dapat meningkatkan kualitas EQ perusahaan Coal Mining Indonesia. Secara keseluruhan, hasil ini menunjukkan bahwa manajer perusahaan yang menunjukkan nilai CSR tinggi cenderung untuk mempengaruhi kinerja keuangan perusahaan dan perusahaan-perusahaan yang sadar CSR lebih mungkin untuk mendapatkan kepercayaan investor.
STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DIGITAL ZYTADELIA DALAM MENINGKATKAN BRAND AWARENESS DI MASA PANDEMI COVID-19 Achmad Ziki Rahmad Hidayat; Bella Fauzia; Liswiyanti Damora
Akrab Juara : Jurnal Ilmu-ilmu Sosial Vol 7 No 2 (2022): Mei
Publisher : Yayasan Azam Kemajuan Rantau Anak Bengkalis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58487/akrabjuara.v7i2.1836

Abstract

Sejak pertama kali kasus Virus Covid-19 muncul di Indonesia, pemerintah menerapkan aturan kepada masyarakat agar mengurangi aktivitas di luar dan menjaga jarak sosial (social distancing). Untuk tetap mematuhi aturan pemerintah dan menjalankan bisnis, para pengusaha tetap melakukan aktivitasnya secara daring, termasuk juga merek fesyen Zytadelia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran Zytadelia yang dilakukan melalui platform digital yaitu media sosial dalam meningkatkan brand awareness di tengah pandemi Covid-19. Dalam hal ini peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus dengan metode analisis deskriptif yang mencakup observasi, wawancara, studi dokumentasi, dan analisis data. Kesimpulan dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi komunikasi pemasaran digital yang dilakukan Zytadelia dalam meningkatkan brand awareness di masa pandemi adalah dengan mengaktivasi social media tools utamanya seperti Webstore, Facebook, Instagram, YouTube, dan Tiktok serta berkolaborasi secara selektif dengan Key Opinion Leader (KOL), dan pemasaran produk melalui e-commerce
PENERAPAN METODE CAMELS DALAM ANALISIS LAPORAN KEUANGAN UNTUK MENILAI TINGKAT KESEHATAN BANK UMUM SYARIAH DEVISA YANG TERCATAT DI OTORITAS JASA KEUANGAN (OJK) TAHUN 2016-2020” Mohamad Safii; Adi Sofyana Latif; Muhamad Eko Ariwibowo
Akrab Juara : Jurnal Ilmu-ilmu Sosial Vol 7 No 2 (2022): Mei
Publisher : Yayasan Azam Kemajuan Rantau Anak Bengkalis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58487/akrabjuara.v7i2.1797

Abstract

Bank merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang keuangan yaitu menghimpun dana dari masyarakat dan menyalurkan kembali ke masyarakat. Sedangkan Bank Umum Syariah adalah bank yang melaksanakan kegiatan usaha berdasarkan prinsip syariah yang tidak menggunakan sistem bunga (riba). Kinerja yang baik dalam bank umum syariah sangat diperlukan agar menjadi kepercayaan masyarakat dalam menyimpan dana maupun meminjam dana. Dana dari masyarakat harus dikelola dengan baik untuk kepentingan masyarakat dan bank yang bersangkutan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaplikasian metode CAMELS melalui rasio CAR, KAP, PPAP, NPM, ROA, BOPO, FDR, dan IER, serta mengetahui hasil evaluasi penilain metode CAMELS dalam rangka menilai kesehatan Bank Umum Syariah Devisa selama periode tahun 2016-2020. Objek penelitian ini adalah Bank Umum Syariah Devisa yang terdaftar di OJK yang berjumlah 6 bank. Hasil penelitian menunjukkan tingkat kesehatan BSM, BRIS, BNIS, Muamalat, BMS, BPDS periode 2016-2020 mempunyai rata-rata nilai kumulatif adalah sehat dan sensitivitas mempunyai rata-rata kurang baik
POLA STRATEGI KOMUNIKASI KOMUNITAS SATU BUMI KITA PADA EVENT CHARITY NGAMEN KEREN Fauzi Syarief; Susana Susana; Jaqualine Pramanta Putra
Akrab Juara : Jurnal Ilmu-ilmu Sosial Vol 7 No 2 (2022): Mei
Publisher : Yayasan Azam Kemajuan Rantau Anak Bengkalis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58487/akrabjuara.v7i2.1809

Abstract

Komunitas dapat diartikan sekumpulan orang yang memiliki kesamaan dalam berkegiatan ataupun aktivitas dengan tujuan yang telah ditetapkan secara bersama. Kesamaan aktivitas komunitas SABUKI dalam mencintai alam dan lingkungan merupakan salah satu tujuan untuk menjaga kelestarian alam dan lingkungan setempat. SABUKI yang fokus dalam suatu kegiatan dengan tema alam ataupun isu lingkungan sekitar, sering mengadakan kegiatan hiking yang biasa dilaksanakan rutin satu bulan sekali, dalam acara yang sering digagasnya pun selalu diberi tema yang ceria. Selain kegiatan mendaki yang rutin dilakukan, sabuki seringkali mengadakan acara charity di kota Bandung. seperti yang sudah dipaparkan oleh penulis tentang kegiatan charity “Ngamen Keren”
MEDIA SEBAGAI ALAT UNTUK KOMUNIKASI PERSPEKTIF EKONOMI POLITIK VINCENT MOSCOW DIKOMODIFIKASI OLEH MEDIA Jatayu Hadi Prakoso
Akrab Juara : Jurnal Ilmu-ilmu Sosial Vol 7 No 2 (2022): Mei
Publisher : Yayasan Azam Kemajuan Rantau Anak Bengkalis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58487/akrabjuara.v7i2.1829

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis sumber berita/informasi dari media baru, khususnya informasi dunia entertainment dalam penyampaian infornasi, media online sangat fasih dalam menggunakan prinsip fluid dan dinamis dalam pergantian informasinya. Kemudian prinsip tabloidisasi juga digunakan dalam pemberitaan, agar terkesan bombastis. Melalui kacamata ekonomi politik media, Vincent Moskow, bahwa terdapat tiga fase, yakni komodifikasi, spasia-lisasi, dan strukturasi dalam media massa yang digunakan oleh pemiliknya untuk mendapatkan keuntungan. Tiga aspek komodifikasi-isi media-khalayak pekerja--menjadi determinan bagi sukses tidaknya proyek ideologi kapitalisme media. Permasalahan penelitian adalah adanya komodifikasi infotaintment di industry media yang memantik reaksi negative dari khalayak dan diperlukannya pendekatan ekonomi politik Vincent Moskow dalam tiga fase tersebut. Karenanya, proses komodifikasi memastikan orientasi ketiganya dapat berjalan baik dan saling terkait, sehingga infotainment sebagai industri media tidak melulu memantik reaksi negatif dan kritik dari khalayak aktif tetapi juga mendorong aksentuasi khalayak pasif yang haus akan berita faktual selebriti untuk terus setia mengikuti di depan layar televisi mereka. hasil penelitian ini menyimpulkan, terjadi komodifikasi terhadap kapitalisme dengan menciptakan konglomerasi bagi pemilik modal yang besar. ini mempengaruhi kualitas acara infotainment dalam memberi keuntungan. Komodifikasi memosisikan khalayak pasif dalam rasa penasaran yang tak berujung pangkal, sebab rasa penasaran sudah merupakan separo keberhasilan dalam marketing media. Media akan membayarnya dengan kemasan yang “menghipnotis” khalayak pasif untuk mengiyakan konten infotainment atau memujinya dengan “wow effect”.
PERANCANGAN PROGRAM BISNIS POINT OF SALE PEMESANAN MENU BERBASIS WEB (STUDI KASUS KAFE VICTORIA) Nur Aini Setyawati; Indah Ananda Safitri
Akrab Juara : Jurnal Ilmu-ilmu Sosial Vol 7 No 2 (2022): Mei
Publisher : Yayasan Azam Kemajuan Rantau Anak Bengkalis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58487/akrabjuara.v7i2.1790

Abstract

Pada era saat sekarang ini teknologi informasi sangat berkembang dengan pesat. Hampir di seluruh bagian dunia sudah menggunakan teknologi informasi sebagai proses operasional bisnis mereka. Tetapi masih ada juga di beberapa tempat yang masih menggunakan sistem manual. Seperti di sebuah kafe tempat penulis melakukan riset yaitu Kafe Victoria. Kafe Victoria masih melakukan pemesanan menu dengan sistem manual, sehingga masih menimbulkan banyaknya komplain customer terkait pemesanan seperti susahnya memanggil pelayan untuk memesan, tidak akuratnya pemesanan karna ditulis manual atau kesalahan dalam pemesanan dan tidak adanya informasi update mengenai stok menu yang habis.Dalam masalah ini pihak manajemen tidak mau mengambil solusi dengan menambah SDM atau karyawan lagi, sehingga solusi yang baik untuk permasalahan ini yaitu merancang sebuah sistem informasi dimana customer nantinya bisa melakukan pemesanan mandiri tanpa harus memanggil pelayan. Maka dari itu penulis mencoba membuat Tugas Akhir tentang perancangan program pemesanan menu menggunakan website. Dimana program tersebut nantinya akan berisikan data menu yang bisa diakses customer serta data transaksi yang bisa diakses oleh admin,kasir,dan pimpinan.
KONSTRUKSI REALITAS MEDIA PADA PROGRAM HAFIZ INDONESIA (RCTI) Romi Syahril
Akrab Juara : Jurnal Ilmu-ilmu Sosial Vol 7 No 2 (2022): Mei
Publisher : Yayasan Azam Kemajuan Rantau Anak Bengkalis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58487/akrabjuara.v7i2.1803

Abstract

Media dalam hal ini RCTI memiliki peran penting mengkontruksi penonton maupun masyarakat. Seperti program tayangan Hafiz Indonesia yang ditayangkan setiap tahun di bulan Ramadhan. Ada yang melihat tayangan ini sebagai ajang cari untung, eksploitasi anak berkebutuhan, tapi ada juga yang melihat tayangan ini sebagai hal positif untuk menarik minat penonton untuk mulai membaca dan menghafal Alquran. Ada banyak episode di dalam tayangan Hafiz Indonesia, salah satu yang menarik adalah pada episode Subhanallah Hafalan Naja dan Semua Sujud Syukur Melihat Kondisi Tegar. Tujuan penelitian untuk memahamia Konstruksia Realitasa Mediaa Televisia terhadapa sosoka pesertaa padaa programa Hafiza Indonesia. Teori yang digunakan Teori Konstruksi Realitas Sosial Peter L Berger dan Thomas Luckmann. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dan metode deskriptif dengan menggunakan analisis Konstruksi Media Massa Burhan Bungin. Hasil temuan penelitian menunjukkan bahwa RCTI sebagai media berhasil mengkonstruksi tayangan Hafiz Indonesia sehingga diminati penonton, membuat masyarakat khususnya umat Islam tergerak untuk mulai membaca dan menghafal Alquran serta mendorong orang tua agar anak-anak mereka bisa menjadi seperti peserta di Hafiz Indonesia. Terlepas dari pihak RCTI sebagai media mencari keuntungan dari slot iklan ketika rating sharenya meningkat