cover
Contact Name
Muhammad Jamil
Contact Email
unilib@uii.ac.id
Phone
+62274898444
Journal Mail Official
unilib@uii.ac.id
Editorial Address
Jln. Kaliurang Km 14,5 Yogyakarta, Indonesia, 57168 Phone: +62274-89844 Website: http://journal.uii.ac.id/unilib Email: unilib@uii.ac.id
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Unilib: Jurnal Perpustakaan
ISSN : 19799527     EISSN : 2715274X     DOI : http://dx.doi.org/10.20885/unilib
Core Subject : Science,
Unilib: Jurnal Perpustakaan adalah jurnal yang diterbitkan yang mencakup topik-topik yang menarik bagi semua orang yang meneliti dan bekerja di bidang ilmu perpustakaan, informasi dan manajemen pengetahuan. Editor jurnal menerima materi tentang segala aspek teori ilmu informasi, kebijakan, aplikasi atau praktik yang akan memajukan pemikiran di bidang tersebut. Cakupan topik secara rinci meliputi: • Aspek teoretis dan umum dari perpustakaan dan informasi; • Pelayanan teknis di perpustakaan; • Teknologi, penggunaan dan sosiologi informasi di perpustakaan; • Literasi informasi; • Koleksi perpustakaan; • Penerbitan dan masalah hukum; • Manajemen Perpustakaan; • Sumber informasi. Jurnal berusaha untuk menerbitkan artikel-artikel bidang tersebut dengan pemahaman yang lebih baik tentang prinsip-prinsip yang mendukung penciptaan, organisasi, penyimpanan, komunikasi, dan pemanfaatan informasi dan sumber pengetahuan yang efektif. Juga pemahaman bagaimana kebijakan dan praktik di bidang tersebut dapat dibangun di atas landasan teoritis yang kuat yang diharapkan memberikan dampak yang lebih besar pada pengembangan ilmu pengetahuan. Diterbitkan oleh Direktorat Perpustakaan Universitas Islam Indonesia dua kali dalam setahun yaitu di bulan Februari dan Agustus. Setiap korespondensi, pertanyaan atau permintaan informasi dapat dikirim ke Kantor Editorial melalui email: unilib@uii.ac.id . Semua terbitan Unilib: Jurnal Perpustakaan tersedia untuk dijelajahi secara online.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol. 9 No. 1 2018" : 6 Documents clear
Analisis Gaya Kepemimpinan Kepala Perpustakaan (Studi Kasus Perpustakaan Grahatama Pustaka Yogyakarta) Nurfadlliah Nurfadlliah
UNILIB : Jurnal Perpustakaan Vol. 9 No. 1 2018
Publisher : Direktorat Perpustakaan Universitas Islam Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20885/unilib.vol9.iss1.art5

Abstract

Pemimpin merupakan orang yang sangat berpengaruh di lembaga organisasi. Perpustakaan juga termasuk organisasi yang membutuhkan pemimpin yang mengatur alur kerja perpustakaan. Perpustakaan Grahatama Pustaka Yogyakarta merupakan salah satu perpustakaan umum kota yang dipimpin oleh seorang kepala perpustakaan. Tulisan ini menganalisis gaya kepemimpinan Perpustakaan Grahatama Pustaka dengan menggunakan metode penelitian kualitatif. Hasil dari penelitian ini menjukakkan bahwa pimpinan grahatama termasuk kedalam pemimpin yang suprotif, partisipatif, dan berorintasi pada prestasi
Implementasi Prinsip Educational Role Di Perpustakaan Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada Berdasarkan Standar Association Of College And Research Libraries Rom Ubaidillah Muhammad; Sukirno Sukirno
UNILIB : Jurnal Perpustakaan Vol. 9 No. 1 2018
Publisher : Direktorat Perpustakaan Universitas Islam Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20885/unilib.vol9.iss1.art1

Abstract

Penelitian kualitatif ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi prinsip educational role/prinsip peran pendidikan yang di terapkan oleh Perpustakaan Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada berdasarkan Standar Association Of College And Research Libraries. Teknik pengumpulan data menggunakan; wawancara, dokumentasi, observasi. Teknik pengambilan informan menggunakan purposive sampling. Metode Analisis data menggunakan teori Miles dan Huberman dengan tiga langkah yaitu; reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Deskripsi hasil penelitian menggunakan teori tahapan implementasi dari Erwan Agus Purwanto dan Dyah Ratih Sulistyastuti dalam buku implementasi kebijakan publik. Tahapan tersebut yaitu: kebijakan: tujuan dan sasaran, keluaran dan kebijakan, implementor, kelompok sasaran, dampak jangka pendek, menengah dan jangka panjang, dan kinerja implementasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi peran pendidikan di Perpustakaan FK UGM di implementasikan dengan program kerja pelatihan literatur searching, update modul literatur searching, bedah buku karya dosen FK, dan penyediaan fasilitas teknologi informasi untuk pembelajaran berupa fasilitas wifi, koleksi referensi online dan teknologi RFID Circulation Assistant.
Reading Day (One Book One Person): Gerakan Literasi Sekolah Sebagai Perwujudan Budaya Baca di Sekolah Sukma Bangsa Lhokseumawe Ernawati Ernawati
UNILIB : Jurnal Perpustakaan Vol. 9 No. 1 2018
Publisher : Direktorat Perpustakaan Universitas Islam Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20885/unilib.vol9.iss1.art2

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskrispikan pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Sukma Bangsa Lhokseumawe. Jenis penelitian ini deskriptif kualitatif yang menggambarkan fenomena atau objek implementasi program Gerakan Literasi Sekolah. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, teknik dan waktu. Hasil penelitian bahwa pelaksanaan GLS di Sekolah Sukma Bangsa Lhokseumawe dengan Reading Day (One Book One Person). Program menjadi salah satu program pembiasaan membaca yang diterapkan di Sekolah Sukma Bangsa Lhokseumawe. Model membaca buku (One Book One Person) bukan buku pelajaran selama 15 menit dikembangkan antara guru dan pustakawan yang melakukan kolaborasi bersama. Strategi yang dilakukan dengan sepuluh cara yaitu membentuk panitia GLS, strategi sosialisasi program, siswa dan guru memiliki satu buku bacaan, pelibatan seluruh elemen sekolah, membuat papan afirmasi, menentukan target bacaan, mempresentasikan buku yang dibaca, mengevaluasi kegiatan, memberikan apresiasi, mengumpulkan hasil tulisan.
Perkembangan Perpustakaan dalam Pemenuhan Kebutuhan Informasi Masyarakat Anna Nurhayati
UNILIB : Jurnal Perpustakaan Vol. 9 No. 1 2018
Publisher : Direktorat Perpustakaan Universitas Islam Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20885/unilib.vol9.iss1.art3

Abstract

Kemudahan akses informasi masyarakat saat ini memaksa perpustakaan untuk mengembangkan inovasi layanan. Hadirnya beragam jenis perpustakaan menjadi salah satu dampak kemudahan akses informasi. Perpustakaan konvensional kini bermetamorfosis menjadi perpustakaan digital bahkan bookless library. Perubahan fisik perpustakaan ini menjadi bukti bahwa perpustakaan senantiasa berkembang dalam memenuhi kebutuhan penggunanya. Perpustakaan hibrida menjadi salah satu jenis bentuk yang saat ini banyak diimplementasikan di berbagai perpustakaan. Perpustakaan hibrida menjadi penyeimbang kebutuhan masyarakat yang memanfaatkan koleksi cetak dan koleksi digital. Akselerasi layanan perpustakaan tidak sekedar pada layanan fisik, namun juga pada layanan yang mendorong masyarakat untuk berpikir dan berprilaku intelektual
Kualitas Layanan Perpustakaan Uin Sunan Kalijaga Yogyakarta bagi Mahasiswa Difabel Baiq Sulfiana
UNILIB : Jurnal Perpustakaan Vol. 9 No. 1 2018
Publisher : Direktorat Perpustakaan Universitas Islam Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20885/unilib.vol9.iss1.art4

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang kualitas layanan perpustakaan Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta bagi mahasiswa difabel. Metode LibQual digunakan untuk mengukur kualitas layanan perpustakaan berdasarkan empat dimensi yang dijadikan indikator pengukuran yaitu service affect (kemampuan dan sikap pustakawan dalam melayani), library as place (fasilitas dan suasana ruang perpustakaan), personal control (petunjuk dan sarana akses), dan information access (akses informasi). Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif deskriptif dengan menggunakan sampel jenuh sebagai teknik pengambilan sampel. Hasil dari penelitian ini adalah kualitas layanan pada dimensi service affect dinilai sudah bagus. Dimensi library as place menunjukkan kualitas layanan sudah memenuhi kebutuhan pemustaka dari segi fasilitas yang ada. Dimensi personal control menunjukkan kualitas layanan berada pada kategori sedang, yang berarti bahwa tidak semua kualitas layanan yang ada sesuai dengan keinginan pemustaka. Dimensi information access menunjukkan kualitas layanan yang kurang memuaskan pemustaka, karena tidak semua pemustaka bisa memanfaatkan koleksi yang dilayankan. Pada kenyataannya, ada beberapa indikator dari keempat dimensi tersebut yang kurang mendapatkan hasil penilaian kualitas pelayanan yang bagus. Oleh karena itu, kualitas layanan Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta harus lebih ditingkatkan lagi agar memperoleh kualitas pelayanan yang semakin baik
Kepuasan Pemustaka Bersumber pada Nilai Perpustakaan: Studi Empiris pada Direktorat Perpustakaan Universitas Islam Indonesia sungadi sungadi
UNILIB : Jurnal Perpustakaan Vol. 9 No. 1 2018
Publisher : Direktorat Perpustakaan Universitas Islam Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20885/unilib.vol9.iss1.art6

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis kepuasan pemustaka yang bersumber dari nilai perpustakaan. Penelitian dilakukan di Universitas Islam Indonesia (UII) dengan menyebarkan kuesioner kepada mahasiswa yang kebetulan berkunjung ke perpustakaan sebanyak 135 responden sebagai sampel. Analisis data dilakukan dengan cara analisis korelasi Product Moment. Hasil penelitian membuktikan, bahwa persepsi mahasiswa terhadap variabel nilai perpustakaan dalam kualifikasi tinggi dengan nilai persepsi sebesar 60,07 dan variabel kepuasan mahasiswa tergolong dalam kualifikasi tinggi pada angka persepsi sebesar 73,30. Sementara indikator nilai akademik dari variabel nilai perpustakaan dalam kualifikasi tinggi dengan angka persepsi sebesar 73,70 menduduki nilai tertinggi dan terendah terdapat pada nilai ekonomi dengan skor72,28. Selanjutnya indikator kecepatan layanan dari variabel kepuasan mahasiswa menempati persepsi tertinggi 77,59 dalam kualifikasi sangat tinggi dan terendah pada indikator empati pada kualifikasi tinggi dengan angka persepsi sebesar 70,19. Pada hasil pengujian korelasi, terdapat pengaruh antara nilai perpustakaan terhadap kepuasan mahasiswa UII dengan angka pengaruh sebesar 72,40% (0,724) dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 (0,000) lebih kecil dari 0,05). Artinya hipotesis penelitian diterima dan besaran pengaruh kepuasan mahasiswa UII dari nilai perpustakaan sebesar 72,40%, sementara masih ada faktor diluar nilai perpustakaan sebesar 27,60% yang mempengaruhi kepuasan mahasiswa

Page 1 of 1 | Total Record : 6