cover
Contact Name
Agung Rinaldy Malik
Contact Email
agungrinaldy_malik@umada.ac.id
Phone
+6285255666297
Journal Mail Official
agungrinaldy_malik@umada.ac.id
Editorial Address
Jalan Umada, Kabupaten Tolitoli
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Jurnal Madako Education
Published by Universitas Madako
ISSN : 25803522     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Madako Education receives research articles in quantitative, qualitative and mixed method related to development, equipment and evaluation including: Development: defining design specification to specific form, such as developing learning materials through learning materials, handout, learning tools including audio, visual, audiovisual. Equipment: empowering the process and learning source to achieve learning objective. Evaluation: starting from problem analysis as early crucial steps in development and evaluation of learning content because the objectives and obstacles are clarified during this process.
Articles 3 Documents
Search results for , issue "Vol 9, No 1 (2023)" : 3 Documents clear
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPAS MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN SUGGESTOPEDIA PADA SISWA SDN 26 TOLITOLI Moh Rudini
Jurnal Madako Education Vol 9, No 1 (2023)
Publisher : Universitas Madako Tolitoli

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana penerapan strategi pembelajaran Suggestopedia dalam meningkatkan hasil belajar IPAS siswa kelas V SDN 26 Tolitoli. Penelitian ini bertujuan untuk  meningkatkan  hasil  belajar  IPAS  murid  kelas  V SDN 26 Tolitoli melalui strategi pembelajaran Suggestopedia. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus dimana setiap siklus dilaksanakan sebanyak empat kali pertemuan . prosedur penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah murid kelas V SDN 26 Tolitoli berjumlah 26 orang, dengan rincian 15 murid laki-laki dan 13 murid perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus  I nilai rata-rata hasil belajar murid sebesar 65,45 berada dalam kategori sedang pada siklus I, kemudian meningkat menjad i 87,50 dalam kategori tinggi pada siklus II. Kesimpulan dari hasil penelitian ini yaitu penerapan Strategi pembelajaran Suggestopedia dalam pembelajaran IPAS dapat meningkatkan hasil belajar murid kelas V SDN 26 Tolitoli. Berdasarkan  hasil  penelitian  tersebut  diatas,  dapat  disimpulkan  hasil belajar IPAS murid kelas V SDN 26 Tolitoli melalui strategi pembelajaran Suggestopedia mengalami peningkatan.
AN ANALYSIS ON EFL TEACHERS’ PEDAGOGICAL PROBLEMS AT SAMPAGA, MAMUJU Abd Gafur Hafid; Amiruddin Amiruddin; Satriani Satriani
Jurnal Madako Education Vol 9, No 1 (2023)
Publisher : Universitas Madako Tolitoli

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini menyelidiki masalah pedagogis praktik pengajaran bahasa Inggris di pedesaan Sampaga, di Mamuju. Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui masalah pedagogik guru Bahasa Inggris SMP di Sampaga, Mamuju; 2) Untuk mengetahui bagaimana guru Bahasa Inggris mengatasi masalah pedagogik di SMP Negeri Sampaga, Mamuju. Penelitian ini menggunakan desain kualitatif deskriptif dalam konteks studi kasus. Pesertanya adalah tiga guru Bahasa Inggris SMP di Sampaga, Mamuju. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan ada lima masalah pedagogik guru EFL yang ditemukan, yaitu: 1) Kemampuan membuat RPP yang sangat rendah, 2) Materi pembelajaran yang digunakan dalam pengajaran kurang bervariasi dan inovatif, 3) Metode pengajaran yang kurang mutakhir dan kegiatan yang bervariasi, 4) Pengetahuan TIK yang terbatas, 5) Kurangnya pemahaman penilaian otentik. Penelitian ini juga mengusulkan cara-cara untuk memecahkan masalah yang dihadapi oleh guru Bahasa Inggris sebagai berikut: 1) Meningkatkan peran MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran) sebagai wadah bagi guru untuk berbagi pengetahuan dan keterampilan, 2) Mendorong Dinas Pendidikan Daerah untuk melakukan kegiatan pengembangan guru yang sejalan dengan perkembangan teknologi, 3) Meminta Pemerintah untuk memberikan kesempatan yang lebih besar bagi guru untuk mengembangkan diri melalui Program Pelatihan Profesionalisme Guru atau melanjutkan ke pendidikan tinggi
STUDENTS’ DIFFICULTIES PRONOUNCING VOCABULARY MASTERY OF SECOND SEMESTER IN ENGLISH DEPARTMENT AT UNIVERSITY STUDENTS Moh Firmansyah; Dewi Ismu Purwaningsih; Rofiqoh Rofiqoh; Selviani Selviani
Jurnal Madako Education Vol 9, No 1 (2023)
Publisher : Universitas Madako Tolitoli

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apa kesulitan siswa dalam penguasaan kosa kata. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa kelas B semester 2 Universitas Madako yang datanya diperoleh dari hasil wawancara. Peneliti mengambil 5 siswa sebagai sampel. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa siswa mengalami kesulitan dalam melafalkan kosa kata, siswa kurang percaya diri dalam melafalkan kosa kata karena takut salah dalam menghasilkan dan merasa malas untuk mempelajari kosa kata baru dan siswa kesulitan dalam melafalkan kata-kata yang baru bagi mereka karena penulisan kata dan pelafalannya sama sekali berbeda. Penelitian ini adalah mahasiswa semester dua kelas B Jurusan Bahasa Inggris di Universitas Madako memiliki kepercayaan diri yang cukup dalam melafalkan kosa kata karena mereka takut salah dalam menghasilkan, mereka juga merasa malas untuk belajar kosa kata baru karena mereka tidak tahu bagaimana cara mengucapkannya dengan benar dan penulisan kata serta pengucapannya sama sekali berbeda. Dengan lebih banyak berlatih dan selalu dibimbing oleh dosen pada saat praktik akan membantu mereka mengatasi kesulitan mereka dalam menguasai kosa kata.

Page 1 of 1 | Total Record : 3