cover
Contact Name
Irman Idrus
Contact Email
irmanidrus80@gmail.com
Phone
+6285271810498
Journal Mail Official
yanijuli90@gmail.com
Editorial Address
Simbo BTN Griya Safika Blok G no. 5
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
STUDI PELAKSANAAN SELFMEDICATION PADA PENDERITA DIARE BERDASARKAN TINGKAT PENGETAHUAN MASYARAKAT PESISIR KECAMATAN SOROPIA KABUPATEN KONAWE
ISSN : 26551918     EISSN : 28771516     DOI : -
Core Subject : Health,
Jurnal ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pengetahuan masyarakat tentang selfmedication pengobatan antidiare.
Articles 26 Documents
Search results for , issue "Vol 4 No 4 (2020): November (2020)" : 26 Documents clear
PRODUKTIFITAS KERJA PEGAWAI PADA BADAN PENGOLOLA KEUANGAN DAN ASET DAERAH KABUPATEN KONAWE Nartin, Nartin
Aksara Public Vol 4 No 4 (2020): November (2020)
Publisher : EDUTECH CONSULTANT

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Peranan profesionalisme kerja pegawai sangat ditentukan oleh tingkat kemampuan pegawai yang tercermin melalaui prilakunya sehari-hari dalam organisasi.Kemampuan pegawai dalam memberikan pelayanan publik mengarah kepada pencapaian tujuan organisasi yang telah direncanakan sebelumnya,untuk itu dlaksanakan penelitian,apakah produktifitas kerja pegawai pada badan pengolola keuangan dan aset daerah kabupaten konawe,telah mampu memberikan pelayanan publik serta mampu bekerja untuk pengololaan keuangan dan aset daerah tersebut. Untuk itu yang menjadi rumusan masalah adalah bagaimana profesionalisme kerja pegawai. Hasil penelitian menujukan bahwa produktifitas kerja pegawai Badan pengolola Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Konawe dapat ditinjau dari segi aspek kemampuan, meningkatkan hasil yang dicapai, semangat kerja, pengembangan diri, mutu. Faktor-faktor yang mempengaruhi produktifitas kerja paegawai Badan Pengolola dan Aset Daerah Kabupaten Konawe.yang terdiri dari faktor, motivasi, dengan adanya motivasi pegawai dapat bekerja dengan lebih produktif, Kedisiplinan, yakni pegawai yang bekerja dengan mentaati tata tertib dan aturan yang ada. Etos kerja Pegawai dalam bekerja memiliki karakter, sikap dan etika. Keterampilan, yakni pegawai dalam bekerja didukung dengan keterampilan kerja yang diperoleh melalui pendidikan dan latihan atau bimbingan teknis, Pendidikan, yakni pegawai yang memiliki pendidikan pormal akan mempengaruhi kemampuan kerjanya pegawai.
THE ANALYSIS OF TEACHING WRITING THROUGH GUIDING QUESTIONS S, Nurhayati
Aksara Public Vol 4 No 4 (2020): November (2020)
Publisher : EDUTECH CONSULTANT

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The purposes of this research are to know how guiding questions improve student’s writing skills and to find out the problems when learning writing through the guiding questions. The participants of this research were 19 students of Senior High School; grade X-XII in TPA (Diniyah) Daarul Faiziin in the activity of Community Service on September, 6th, 2020). Classroom Action Research (CAR) was used as the method of the research and the students’ story papers using guiding questions were used as the instruments of the research. The results of the research are: (1) guiding questions with guiding answers helped the learners write a composition (2) some problems were found in teaching writing by categorizing 5 aspects in writiing process : organization, content, vocabulary, grammar and mechanics. The vocabulary and grammar aspects were the dominant problems faced by the learners so that they affected to the results of their composition. It is expected that this study is useful to give some insights to teachers or lecturers of the guiding questions technique in teaching writing.
STUDI PELAKSANAAN SELFMEDICATION PADA PENDERITA DIARE BERDASARKAN TINGKAT PENGETAHUAN MASYARAKAT PESISIR KECAMATAN SOROPIA KABUPATEN KONAWE Tawakkal, Tawakkal; Kurniawan, Fajar; Idrus, Irman; Mukaddas, Jamal
Aksara Public Vol 4 No 4 (2020): November (2020)
Publisher : EDUTECH CONSULTANT

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian tentang studi pelaksanaan Self-medication pada penderita diare berdasarkan tingkat pengetahuan masyarakat pesisir Kecamatan Soropia Kabupaten Konawe. Selfmedication adalah pilihan pengobatan sendiri untuk mengatasi nyeri atau gejala. Pengetahuan tentang pengobatan dan keluhan penyakit berdampak pada penggunaan obat. Pengetahuan umum yang terbatas tentang obat dan cara penggunaannya dapat menjadi sumber kesalahan pengobatan. Penyimpangan penggunaan obat akan memberikan berbagai kerugian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pengetahuan masyarakat tentang selfmedication pengobatan antidiare di wilayah pesisir Soropia, Kabupaten Konawe. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh subjek yang pernah mengalami diare dan bersedia menjawab kuesioner yang diberikan kepada 60 responden (Accidental Sampling) Penelitian dilakukan pada bulan Agustus 2020. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pengetahuan umum tentang penggunaan obat antidiare berada pada kategori rendah yaitu sebesar 46.67%.
INTEGRATED MARKETING COMMUNICATION STRATEGY PADA LEMBAGA ZAKAT DPU DAARUT TAUHIID Muntazah, Arina
Aksara Public Vol 4 No 4 (2020): November (2020)
Publisher : EDUTECH CONSULTANT

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan implementasi strategi integrated marketing communication (IMC) pada lembaga zakat DPU Daarut Tauhiid. IMC yang terdiri periklanan (advertising), penjualan personal (personal selling), promosi penjualan (sales promotion), hubungan masyarakat (public relations), pemasaran langsung (direct marketing) dan interactive marketing dari menjadi stategi terdepan dalam proses komunikasi penggalangan dana kemanusiaan. Target marketing adalah menghasilkan kesepakatan closing tanpa mengesampingkan pelayanan sehingga donatur menjadi setia. Sedangkan target komunikasi adalah mengajak orang untuk berpikir, merasakan atau bertindak dengan cara tertentu. Alhasil marketing dan komunikasi yang terintegrasi menjadi bagian tak terpisahkan bagi lembaga nirlaba.
SISTEM INFORMASI PENJUALAN PRODUK BUSANA MUSLIM BERBASIS WEB PADA TOKO MADANI COLLECTION KABUPATEN TASIKMALAYA Ichsan, Nurul; Wahyuni, Tri; Ermawati, Erni; Indriyanti, Indriyanti; Fatah, Haerul
Aksara Public Vol 4 No 4 (2020): November (2020)
Publisher : EDUTECH CONSULTANT

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Semenjak issue globalisasi mewarnai kehidupan manusia modern, maka manusia mau tidak mau harus mampu menerima dan beradaptasi dengan berbagai macam kemajuan dalam kehidupannya. Semakin majunya perkembangan teknologi informasi dan komputer pada saat ini menyebabkan kebutuhan manusia akan informasi pun semakin meluas termasuk di dalam dunia usaha dan kerja. Fasilitas internet merupakan salah satu cara yang bisa digunakan untuk mendapatkan informasi yang akurat, handal serta bisa ditampilkan secara cepat dan tepat ketika diperlukan. Madani Collection merupakan perusahaan yang bergerak dibidang penjualan. Sistem penjualan yang digunakan di Madani Collection saat ini masih menggunakan sistem offline sehinga penjualan masih minim. Maka perancangan program penjualan produk busana muslim secara online dianggap sebagai solusi terbaik untuk menutupi kelemahan dari proses penjualan produk secara manual. Sistem Informasi penjualan ini dirancang berbasis website e-commerce dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP MySQL sebagai pengolahan data-data yang diperlukan. Pengembangan perangkat lunak yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode waterfall dengan tahapan analisa kebutuhan sistem, desain, code generation, testing dan support. Dengan adanya website ini dapat mempermudah konsumen dalam melakukan pembelian produk tanpa harus mendatangi langsung perusahaan ini dan dapat memberikan informasi mengenai suatu perusahaan dan produknya secara akurat. Selain itu, dapat memberikan informasi secara cepat apabila ada update informasi terbaru.
PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENJUALAN BUNGA BERBASIS WEB PADA TOKO LENALDA FLORIST JAKARTA Setyawati, Nur Aini; Kusnawan, Engkus
Aksara Public Vol 4 No 4 (2020): November (2020)
Publisher : EDUTECH CONSULTANT

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Toko Lenalda Florist menjual berbagai macam jenis bunga impor dan lokal, hingga saat ini penjualannya masih bersifat konvensional dimana konsumen datang langung ke toko untuk membeli bunga dan membayar di tempat. Oleh karena itu toko Lenalda Florist memerlukan system penjualan online berbasis web guna memudahkan konsumen dalam pembelian dan mendapatkan informasi bunga apa saja yang di jual. Manfaat yang di dapatkan dalam system penjulan online adalah menghasilkan suatu informasi yang cepat dan akurat dalam membantu dan memudahkan proses penjualan. Untuk mempermudah dalam proses pembuatan system online berbasis web, penulis menggunkan metode model SLDC air terjun (Waterfall) ,Serta pengumpulan data menggunakan teknik wawancara ,pengamatan dan studi pustaka. untuk melengkapi system penjualan online bebasis web penulis mengusulkan dengan MYSQL dan phpMyadmin sebagai database, serta balsamiq mockup 3 sebagai desain prototype interface dengan harapan membantu konsumen dalam proses pembelian, pembayaran dan karyawan dalam proses pembuatan laporan. Hasil deangan adanya sistem penjualan online berbasis web, di harapkan akan membantu proses penjualan, pembayaran dan pembuatan laporan di toko Lenalda Florist.
STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN CINEMA XXI DALAM MENINGKATKAN PRODUCT POSITIONING Studi Kasus : Program Kampanye Layanan M-Tix Sebagai Marketing Online Wijayanti, Isa
Aksara Public Vol 4 No 4 (2020): November (2020)
Publisher : EDUTECH CONSULTANT

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan melakulan evaluasi terhadap strategi komunikasi pemasaran Cinema XXI dalam meningkatkan product positioning melalui program kampanye layanan M-Tix sebagai marketing online. Penelitian ini menggunakan teori komunikasi pemasaran, bauran komunikasi pemasaran terpadu dan analisis SWOT. Paradigma penelitian yang digunakan adalah konstruktivisme dengan pendekatan penelitian kualitatif dan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara mendalam dan observasi. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa Cinema XXI mengikuti perkembangan teknologi dengan banyak memanfaatkan media digital sebagai strategi komunikasi pemasarannya dalam mengkampanyekan layanan M-Tix. Strategi komunikasi pemasaran yang telah dilakukan adalah dalam bentuk periklanan (advertising), penjualan langsung (direct selling) serta promosi penjualan (sales promotion). Namun ternyata strategi komunikasi pemasaran tersebut belum cukup efektif. Cinema XXI memiliki peluang sebagai jaringan bioskop terbesar di Indonesia untuk terus meningkatkan product positioning melalui layanan M-Tix dengan memaksimalkan strategi komunikasi pemasarannya. Oleh karena itu perlu dilakukan evaluasi dalam bentuk perbaikan jaringan serta perluasan layanan M-Tix, menambah promosi-promosi menarik dalam layanan M-Tix, melakuan penyetaraan harga, meningkatkan kapasitas pembelian tiket melalui M-Tix dan memanfaatkan M-Tix untuk membangun engagement antara perusahaan dengan pelanggan.
ANALISIS PROSES PEMBELAJARAN DALAM JARINGAN (DARING) DALAM MASA PANDEMI COVID-19 PADA MAHASISWA Studi Kasus Mahasiswa Jurusan Akuntansi Kelas 61.5B.07 Kampus Salemba 22 Universitas Bina Sarana Informatika Masahere, Usran
Aksara Public Vol 4 No 4 (2020): November (2020)
Publisher : EDUTECH CONSULTANT

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Di Tengah Pandemic COVID-19 ini menuntut semua Perguruan Tinggi tak terkecuali UBSI melakukan Metode Pembelajaran dalam Jaringan (Daring).Hal ini tentu saja membutuhkan penyesuaian cara belajar Mahasiswa yang biasanya perkuliahan tatap muka menjadi daring.Oleh karena Hal tersebut penulis tertarik untuk menganalisis proses pembelajaran dalam jaringan, faktor-faktor pendukung serta faktor-faktor yang menjadi penghambat mahasiswa dalam melaksanakan pembelajaran daring di masa pandemi COVID-19 ini. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket terbuka dan wawancara semi terstruktur. Jenis penelitian yang penulis gunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif kualitatif. Tujuan penelitian kualitatif adalah memahami pandangan individu, menemukan dan menjelaskan proses, dan menggali informasi mendalam tentang subjek atau latar penelitian yang terbatas.
ANALISIS TINGKAT LITERASI DAN INKLUSI MAHASISWA FAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS IBN KHALDUN BOGOR PADA PERBANKAN SYARIAH Rahayu, Yunita
Aksara Public Vol 4 No 4 (2020): November (2020)
Publisher : EDUTECH CONSULTANT

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar tingkat literasi dan inklusi mahasiswa Fakultas Agama Islam Universitas Ibn Khaldun Bogor pada Perbankan Syariah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis deskriptif. Subjek dari penelitian ini yaitu mahasiswa Fakultas Agama Islam Universitas Ibn Khaldun Bogor tahun angkatan 2018. Sampel yang digunakan yaitu menggunakan teknik simple random sampling yaitu berjumlah 85 responden. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa tingkat literasi mahasiswa Fakultas Agama Islam Universitas Ibn Khaldun Bogor angkatan 2018 dalam kategori sedang dan inklusinya dalam kategori rendah pada perbankan syariah yang menunjukan bahwa tingkat pemahaman mahasiswa terhadap perbakan syariah sudah ada namun masih belum menggunakan aksesnya. Oleh karea itu, hal yang seharusnya dilakukan yaitu menyediakan fitur menarik pada produk dan jasa bank syariah, mengedukasi dan sosialisasi ke mahasiswa agar semakin melek dengan perbankan syariah dan bisa bekerja sama dengan pihak universitas.
PENGARUH KUALITAS INFORMASI PELAYANAN TERHADAP MINAT MENJADI PELANGGAN PADA KLINIK KECANTIKAN ESTHEDICA K, Agus Tri Indah
Aksara Public Vol 4 No 4 (2020): November (2020)
Publisher : EDUTECH CONSULTANT

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Peningkatan kualitas akan informasi pelayanan yang ditawarkan semakin mendapatkan banyak perhatian dalam bisnis, hal ini disebabkan karena kualitas informasi pelayanan dapat digunakan sebagai alat untuk mencapai keunggulan yang kompetitif. Dengan adanya peningkatan kualitas informasi pelayanan yang baik maka dapat menimbulkan suatu loyalitas terhadap konsumen, dan berkemungkinan besar tidak hanya menarik konsumen baru tetapi juga menarik konsumen berminat jadi pelanggan. Ada banyak variable yang mempengaruhi minat menjadi pelanggan, salah satu faktor yang turut mempengaruhi minat menjadi pelanggan adalah kualitas informasi pelayanan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui besarnya pengaruh kualitas informasi pelayanan terhadap minat menjadi pelanggan pada Klinik kecantikan Esthedica. Metode penelitian dalam penelitian ini yaitu metode penelitian kuantitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu wawancara, kuisioner dan observasi. Penelitian kuantitatif ini dilakukan pada konsumen yang datang ke Klinik yang berjumlah 47 orang. Hasil penelitian menggunakan uji korelasi dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,836 menyatakan terdapat hubungan yang kuat antara kualitas informasi pelayanan terhadap minat menjadi pelanggan. Hasil koefisien determinasi diperoleh kontribusi kualitas informasi pelayanan terhadap minat menjadi pelanggan sebesar 75,2% sisanya 24,8% dipengaruhi faktor lain. Sedangkan koefisien regresi dari hasil perhitungan diperoleh fungsi persamaan Y = 17,138 + 0,625X.

Page 1 of 3 | Total Record : 26