cover
Contact Name
Fathirma'ruf
Contact Email
fathir.ntb@gmail.com
Phone
+6285253190336
Journal Mail Official
ainarapress12@gmail.com
Editorial Address
Jln. Lintas Bima Sumbawa, Kab. Bima, Nusa Tenggara Barat
Location
Kab. dompu,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
Ainara Journal (Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan)
ISSN : 27467767     EISSN : 27467767     DOI : -
Ainara Journal (Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), covers research and study in the field of education and culture, such as, education management, education best practice, curriculum, education assessment, education policy, education technology, language, archeology, educatioan etc . Ainara Journal (Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), is an informative media from the sphere of educational research which aims to communicate different kinds of literature in the sphere of education.
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol. 3 No. 2 (2022): Ainara Journal (Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan)" : 8 Documents clear
Bahan Ajar Sejarah Maritim "Wadu Tanda Rahi" Sumiyati Sumiyati; Mulya Yusnarti; Husnul Khatimah
Ainara Journal (Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan) Vol. 3 No. 2 (2022): Ainara Journal (Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengembangan Sumberdaya Wilayah (elrispeswil)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54371/ainj.v2i4.96

Abstract

Pembelajaran sejarah maritime yang terlaksana di STKIP Yapis Dompu belum memaksimalkan sumber sejarah daerah dan local yang dimiliki sehingga dalam pelaksanaan pembelajaran masih berorentasi secara umum, sehingga perlu bahan ajar yang mengintegrasikan sejarah local dalam pembelajaran. Bahan ajar bisa memberikan kemudahan kepada peserta didik atau mahasiswa karena bisa mempelajari lebih spesifik materi terkait mata kuliah yang akan dipelajari sehingga memunkinkan ekfektifnya kegiatan diskusi, bahan ajar memunkinkan seorang pengajar atau dosen lebih berperan sebagai fasilitator dibandingkan menjelaskan secara keseluruhan terkait materi yang dijelaskan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dan hasil penelitian bahwa Bahan ajar memiliki peran penting dalam pembelajaran, dalam hal ini pembelajaran sejarah maritime perlu mengintegrasikan sejarah-sejarah daerah atau sejarah local sebagai bahan ajar. Sejarah maritime wadu tanda rahi mengintegrasikan bukti sejarah maritime di Bima-Dompu dalam pembelajaran sejarah martim, hal ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada mahasiswa terkait dengan kemampuan mengaitkan sejarah local dengan sejarah nasional. Selain itu mahasiswa akan lebih bersemangat dalam mengikuti pembelajaran dengan melibatkan lingkungan sekitarnya. Pembelajaran sejarah maritime wadu tanda rahi mendorong mahasiswa untuk mampu mengumpulkan informasi, menyusun bukti sejarah, menghubungkan sejarah daerah dan local dengan sejarah nasional dan mengkonstruksikan dalam bentuk historiografi yang utuh
Pembelajaran Berbasis Lingkungan untuk Menambah Penguasaan Leksikon Bahasa Inggris Mahasiswa Indah Afrianti; Nur Wahyuni; Rusdin Rusdin
Ainara Journal (Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan) Vol. 3 No. 2 (2022): Ainara Journal (Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengembangan Sumberdaya Wilayah (elrispeswil)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54371/ainj.v2i4.97

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran berbasis lingkungan untuk menambah penguasaan leksikon/kosakata bahasa inggris mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, dimana data terkait dengan pembelajaran berbasis lingkungan untuk menambah penguasaan leksikon bahasa Inggris mahasiswa. Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa semester II di Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, Stkip Yapis Dompu. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data yang diungkapkan oleh Miles dan Huberman (Djam’an Satori dan Aan Komariah, 2009: 39), yaitu ada empat tahap dalam analisis data penelitian kualitatif, antara lain: 1) tahap pengumpulan data, 2) tahap reduksi data, 3) tahap penyajian data, 4) tahap penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran berbasis lingkungan terbukti efektif dalam menambah penguasaan leksikon/kosakata bahasa Inggris mahasiswa dan Juga meningkatkan kemampuan empat aspek berbahasa yaitu mendengar, membaca, menulis, dan berbicara. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dapat dikatakan bahwa penggunaan pembelajaran berbasis lingkungan disesuaikan dengan pengetahuan mahasiswa tentang lingkungan sekitarnya. Pada dasarnya, susunan dan langkah-langkah yang dilaksanakan hampir sama dengan pembelajaran konvensional, hanya saja dalam pembelajaran berbasis lingkungan dosen harus melibatkan materi tentang lingkungan olahraga dan dengan lingkungan kelas yang sangat sederhana dan bahan ajar yang didesain berdasarkan konteks lingkungan yang erat dengan pengalaman dan pengetahuan bahasa mahasiswa, maka interaksi pembelajaran bahasa Inggris di kelas sangat kondusif dan dapat dipahami oleh mahasiswa dalam mengembangkan hasil penguasaan leksikon/kosakata bahasa inggris dengan baik dan terbukti dengan hasil pretasi belajar mahasiswa meningkat.
Peran Manajerial Kepala Sekolah di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus di SDN 14 Dompu) Arifin Arifin
Ainara Journal (Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan) Vol. 3 No. 2 (2022): Ainara Journal (Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengembangan Sumberdaya Wilayah (elrispeswil)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54371/ainj.v2i4.98

Abstract

Wabah covid-19 ini memberikan dampak terhadap dunia pendidikan salah satunya di SD Negeri 14 Dompu. Dengan adanya peralihan cara pembelajaran yang memaksa berbagai pihak untuk melakukan berbagai upaya agar pembelajaran dapat berlangsung dan yang menjadi pilihan adalah dengan pemanfaatan teknologi sebagai media pembelajaran daring. Hal ini tentunya menjadi bahan pikiran terutama kepala sekolah sebagai penanggung jawab dalam kelancaran kegiatan belajar dan menciptakan rasa aman dan nyaman bagi siswa maupun guru. Tujuan yang diharapkan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peran manajerial kepala sekolah pada masa pandemi covid-19 di SD Negeri 14 Dompu. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian jenis kualitatif dengan pendekatan deskriptif dan Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data (Data reduction), paparan data (data display), penarikan simpulan dan verifikasi (conslusion drawing/verifying). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa peran manajerial kepala sekolah pada masa pandemi covid-19 di SD Negeri 14 Dompu telah di laksanakan dan proses pembelajaran menggunakan dua cara yaitu daring dan luring. Dalam keberlangsungan proses pembelajaran pada masa pandemi selalu mematuhi protokol kesehatan covid-19.
Peran Media Gambar Berseri terhadap Kemampuan Menulis Karangan Siswa Sekolah Dasar Hasan Hasan
Ainara Journal (Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan) Vol. 3 No. 2 (2022): Ainara Journal (Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengembangan Sumberdaya Wilayah (elrispeswil)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54371/ainj.v2i4.99

Abstract

Masalah yang dijawab dalam penelitian ini ialah, Bagaimana peran media gambar berseri terhadap kemampuan menulis karangan siswa kelas VI SD Negeri 28 Dompu Tahun Pembelajaran 2020/2021. Skripsi ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian yang dilakukan untuk menggambarkan atau menjelaskan secara sistematis, faktual, akurat mengenai fakta atau fenomena yang diselidiki. Adapun informan yang menjadi sumber data adalah guru dan siswa kelas VI. Untuk memperoleh data penulis menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dan Triangulasi sebagai bukti keabsahan data yang diperoleh penulis. Maka diperoleh kesimpulan yaitu: peran media gambar berseri mampu membuat siswa menjadi lebih aktif karena dapat mendorong siswa untuk mampu menuangkan ide, gagasan, pendapat dan imajinasi untuk bercerita, serta media gambar berseri membuat siswa lebih mudah menemukan kosa kata dan mengungkapkan isi gambar ke dalam sebuah karangan yang sistematis.
Efektivitas Buku Ajar Sistem Operasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa M. Nur Imansyah
Ainara Journal (Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan) Vol. 3 No. 2 (2022): Ainara Journal (Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengembangan Sumberdaya Wilayah (elrispeswil)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54371/ainj.v2i4.100

Abstract

Jenis penelitian ini ialah penelitian pengembangan dengan pendekatan kuantitatif. Subyek dari penelitian ini yakni MahaMahasiswa Program studi Pendidikan Teknologi Informasi yang berjumlah 14 orang. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan purposive sample. Data diperoleh melalui beberapa instrumen penelitian yakni angket validasi ahli, angket respon mahasiswa, tes kognitif mahasiswa, dan penilan praktikum. Angket validasi ahli digunakan untuk mengukur tingkat validitas dari perangkat yang telah dikembangkan sebelum tahapan implementation (uji coba), analisis data tersebut menghasilkan nilai 86 dengan kualifikasi sangat baik dan kriteria sangat layak/sangat valid. Angket respon mahaMahasiswa digunakan untuk menentukan praktisnya perangkat, hasil analisis dari instrumen ini menghasilkan nilai koefisien reprodubiltas (0,99) dan koefisien skalabilitasnya (0,69). Berdasarkan hasil yang diperoleh tersebut dapat dinyatakan bahwa perangkat pembelajaran buku ajar tersebut praktis. Selanjutnya instrumen tes digunakan untuk mengukur tingkat efektifitas dari perangkat, hasil analisis menunjukan nilai rata-rata yang dicapai Mahasiswa adalah 70,35 hal ini melewati KKM yang telah ditentukan oleh sekolah dengan angka 70. Sementara porsentase ketuntasan klasikal diperoleh angka 71 %, sehingga dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan sangat efektif. Berdasarkan hipotesis yang diajukan, pengembangan perangkat pembelajaran (buku ajar) yang valid, praktis, dan efektif, mampu meningkatkan hasil belajar MahaMahasiswa Program studi Pendidikan Teknologi Informasi.
Pengaruh Penerimaan Diri terhadap Perilaku Belajar Mahasiswa Wanita di Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya Kampus Kota Madiun Chaterina Yeni Susilaningsih
Ainara Journal (Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan) Vol. 3 No. 2 (2022): Ainara Journal (Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengembangan Sumberdaya Wilayah (elrispeswil)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54371/ainj.v2i4.117

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerimaan diri terhadap perilaku belajar mahasiswa wanita di Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya Kampus Kota Madiun. Jenis penelitian kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 20 orang mahasiswa wanita. Teknik sampling dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. variabel dalam penelitian ini adalah penerimaan diri (X1) dan perilaku belajar (Y), sedangkan pengumpulan data dilakukan melalui angket dengan skala pengukuran penerimaan diri dan skala perilaku belajar dengan menggunakan skala Likert. Uji coba alat ukur melalui uji validitas menggunakan metode product moment, sedangkan uji reabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Untuk uji normalitas dibuktikan melalui rumus Kolmogorov-Smirnov. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi. Pengujian hipotesis menunjukkan hasil pengolahan data diperoleh t hitung sebesar 1,496 dengan menggunakan derajat kebebasan db = n-k-1 = 20-2-1 = 17 pada taraf signifikan 5% diperoleh nilai kritis dari t tabel = 1,739. Karena t hitung < t tabel (1,496 < 1,739), maka Ha ditolak dan Ho diterima, yang berarti tidak ada pengaruh peneriman diri terhadap perilaku belajar mahasiswa wanita di Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya Kampus Kota Madiun.
Penerapan Teknik Pembelajaran Scramble untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas VI MIS At-Taqwa Tahun Pembelajaran 2020/2021 Sri Wuryanti
Ainara Journal (Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan) Vol. 3 No. 2 (2022): Ainara Journal (Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengembangan Sumberdaya Wilayah (elrispeswil)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54371/ainj.v3i2.125

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, Penelitian ini bertujuan  untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS melalui penerapan teknik pembelajaran scramble, Teknik pembelajaran scramble yaitu teknik pembelajaran yang mengajak siswa mencari jawaban terhadap suatu pertanyaan atau pasangan dari suatu konsep secara kreatif dengan cara menyusun huruf-huruf yang disusun secara acak sehingga membentuk suatu jawaban atau pasangan konsep. Penelitian ini dilakukan di kelas VI MIS- Ataqwa yang berjumlah 21 orang. alat pengumpul data yang digunakan adalah lembar tes dan lembar observasi sedangkan teknik pengumpulan datanya yaitu teknik tes dan teknik observasi, Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan skor aktivitas siswa dalam pembelajaran dengan skor rata-rata aktivitas siswa siklus I adalah  8,5 dengan kategori “cukup aktif” dan pada siklus II meningkat menjadi 13 dengan kategori “aktif”. Skor rata-rata aktivitas guru siklus I yaitu 10,5 dengan kategori  “baik” dan pada siklus II meningkaat menjadi yaitu 15 dengan kategori “sangar baik”. Ketuntasan belajar pada siklus I sebesar 62% dan pada siklus II meningkat menjadi 90%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan teknik pembelajaran scramble dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VI di MIS At-Taqwa Tahun pembelajaran 2020/2021.
Peningkatan Pemahaman Siswa melalui Metode Demonstrasi pada Mata Pelajaran IPA Siswa kelas IV di MIS- At-Taqwa Tahun Pembelajaran 2020/2021 Nuraliyah Nuraliyah
Ainara Journal (Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan) Vol. 3 No. 2 (2022): Ainara Journal (Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengembangan Sumberdaya Wilayah (elrispeswil)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54371/ainj.v3i2.126

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran IPA melalui penerapan teknik pembelajaran Demontrasi. Pembelajaran IPA di sekolah diharapkan dapat merangsang dan memupuk tumbuhnya sikap ilmiah dan meningkatkan pola berpikir logis yang menjadi landasan dalam proses ilmiah (keilmuan) untuk menghasilkan produk ilmiah, adapun nilai KKM yang ditetapkan pada matapelajaran IPA yaitu 65 sedangkan siswa hanya mampu mencapai nilai rata-rata 60 artinya belum memenuhi KKM, dari 35 siswa kelas IV yang belum mencapai ketuntasan 15 siswa, dan yang sudah mencapai ketuntasan 20 siswa, alat pengumpulan data yang digunakan adalah lembar tes dan lembar observasi sedangkan teknik pengumpulan datanya yaitu teknik tes dan teknik observasi, hasil penelitian menunjukan bahwa terjadi Peningkatan kemampuan pemahaman siswa yang dibuktikan dengan meningkatnya ketuntasan belajar pada siklus satu yaitu 57,14%, dan ketuntasan belajar pada siklus dua yaitu sebesar 85,71%, Sedangkan kemampuan pemahaman siswa melalui metode demonstrasi juga telah mengalami peningkatan yang signifikan dengan nilai rata-rata mencapai 71,42%, dan ketuntasan klasikalnya yaitu 85,71%.

Page 1 of 1 | Total Record : 8