cover
Contact Name
Musa Thahir
Contact Email
musa.thahir@uin-suska.ac.id
Phone
+6285263678409
Journal Mail Official
anotero.scientific@gmail.com
Editorial Address
Jl. Taman Karya, Panam - Pekanbaru, Riau
Location
Kota pekanbaru,
Riau
INDONESIA
Bedelau: Journal of Education and Learning
ISSN : 27230376     EISSN : 27230384     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
Bedelau: Journal of Education and Learning (E-ISSN: 2723-0384, P-ISSN: 2723-0376) was first published in 2020 by the Anotero Scientific Institute, Pekanbaru. Bedelau: Journal of Education and Learning is published 2 (two) times a year in June and December. This journal focuses on current and emerging education issues, related to teaching and learning. Manuscripts received are texts that have never been published or are in the process of publication in other national and international scientific journals. Script themes include: New Learning Models and Applications, Learning Models, Curriculum, Learning Innovation, Learning Technology, Media Education, Virtual Education, Educational Software, Digital Technology in Education, Multimedia Learning, E-Learning, online learning (distance learning) and Internet Learning Applications.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 2 (2020): Bedelau, Desember 2020" : 6 Documents clear
Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XII IPA MA Hasanah Tahun Pelajaran 2018-2019 Melalui Model Pembelajaran Kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) Sri Rezeki
Bedelau: Journal of Education and Learning Vol. 1 No. 2 (2020): Bedelau, Desember 2020
Publisher : Lembaga Anotero Scientific

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55748/bjel.v1i2.33

Abstract

Hasil belajar yang baik merupakan tujuan dari suatu proses pembelajaran. Berbagai usaha dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar siswa diantaranya pemilihan model pembelajaran yang tepat. Salah satu model pembelajaran yang dapat coba diterapkan untuk menghasilkan hasil belajar yang baik tersebut adalah model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement division (STAD). Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh model kooperatif tipe STAD dalam meningkatkan hasil belajar mata pelajaran biologi di kelas XII IPA MA Hasanah Pekanbaru tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 2 siklus, dimana masing- masing siklus terdiri dari fase perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Dilaksanakan pada bulan September hingga November 2018. Dari pelaksanaan penelitian didapat hasil bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswadari siklus 1 sebanyak 12 orang atau sebesar 71 % tuntas meningkat menjadi 17 orang tuntas atau sebesar 100 % pada siklus 2. Sementara Untuk daya serap siswa sebesar 79 % pada siklus 1 meningkat menjadi 86% pada siklus 2. Dari Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat digunakan sebagai alternatif model pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Inovasi dan Potensi Madrasah Dalam Membangun Serta Mengembangkan Karakter Peserta Didik Rusmanidar Rusmanidar
Bedelau: Journal of Education and Learning Vol. 1 No. 2 (2020): Bedelau, Desember 2020
Publisher : Lembaga Anotero Scientific

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55748/bjel.v1i2.34

Abstract

Inovasi adalah suatu ide, gagasan, praktik atau obyek, benda yang disadari dan diterima sebagai suatu hal yang baru oleh seseorang atau kelompok untuk diadopsi. Sedangkan potensi adalah kemampuan yang dimiliki manusia yang sangat mungkin untuk dikembangkan. Memahami potensi dan kemampuan diri sendiri merupakan hal yang sangat penting. Begitu juga potensi yang dimiliki oleh lembaga sekolah dalam hal ini madrasah. Potensi yang dimiliki madrasah dapat berupa sarana dan prasaranan yang dimiliki, sumber daya tenaga pendidik dan sumber daya dari peserta didik itu sendiri. Penelitian ini adalah penelitian studi literature, dimana subjek yang dibahas adalah mengenai inovasi dan potensi yang telah dan akan dilakukan madrasah-madrasah terutama dalam pengembangan karakter peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa inovasi yang telah dilakukan madrasah adalah menjadi 1). Madrasah riset, 2). Madrasah berbudaya, dan 3). Madrasah bermain atau multimodal. Diharapkan dengan inovasi yang telah dilakukan madrasah dapat membentuk karakter peserta didik.
Mixed Methods Research: Trends and Issues in Research Methodology Rian Vebrianto; Musa Thahir; Zelly Putriani; Ira Mahartika; Aldeva Ilhami; Diniya
Bedelau: Journal of Education and Learning Vol. 1 No. 2 (2020): Bedelau, Desember 2020
Publisher : Lembaga Anotero Scientific

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55748/bjel.v1i2.35

Abstract

Mixed methods research is currently developing and has become an interesting issue and trend in the field of education. This makes the writers want to provide a reference and technical guidance to increase students' knowledge in providing mixed methods research. This type of research is literature review research that discusses various interesting issues from journals and books related to this research theme. This article describes matters related to the definition, types and procedures of mixed methods, population and samples, instruments, data collection and data analysis techniques carried out by mixed methods. The results of this study provide clarity and important exposure to research methodologies for students who will carry out their research in the field of education that focuses on mixed methods research. Hence, the research method will provide advantages of both quantitative and qualitative approaches to unveil the research phenomena in depth. In addition, this research has also real implications for students and researchers in carrying out good and appropriate mixed methods research.
Pengaruh Teknik Peta Pikiran (Mind Mapping) terhadap Keterampilan Menulis Narasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 13 Padang Welli Marlisa
Bedelau: Journal of Education and Learning Vol. 1 No. 2 (2020): Bedelau, Desember 2020
Publisher : Lembaga Anotero Scientific

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55748/bjel.v1i2.36

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh teknik peta pikiran (mind mapping) terhadap keterampilan menulis narasi siswa kelas VII SMP Negeri 13 Padang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Jenis eksperimen yang digunakan adalah eksperimen semu (quasy-experimental) dengan rancangan one grup pretest-posttest design. Data penelitian ini adalah skor hasil tes keterampilan menulis narasi sebelum dan sesudah menggunakan teknik peta pikiran (mind mapping). Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut (1) nilai rata-rata pretest keterampilan menulis narasi adalah 74,45; (2) nilai rata-rata posttest keterampilan menulis narasi adalah 85,00; (3) berdasarkan hasil uji-t disimpulkan bahwa penggunaan Teknik Peta Pikiran (Mind Mapping) berpengaruh terhadap keterampilan menulis narasi siswa kelas VII SMP Negeri 13 Padang.
Efektivitas Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Literasi Sains Untuk meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Siti Hafsah Harahap
Bedelau: Journal of Education and Learning Vol. 1 No. 2 (2020): Bedelau, Desember 2020
Publisher : Lembaga Anotero Scientific

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55748/bjel.v1i2.37

Abstract

Literasi sains menjadi kunci utama menghadapi berbagai tantangan abad 21. Kemampuan literasi sains peserta didik masih tergolong rendah, salah satu penyebabnya adalah rendahnya muatan literasi sains pada bahan ajar. Bahan ajar yang paling efektif digunakan dalam pembelajaran di kelas adalah LKPD. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan keefektifan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis literasi sains pada materi system pencernaan makanan kelas XI IPA SMA untuk meningkatkan kemampuan literasi sains peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan desain penelitian pretest-posttest control group design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI SMAN 4 Dumai, sampel penelitian adalah peserta didik kelas XI MIA 2. Pemilihan sampel berdasarkan Teknik simple random sampling. Instrumen pengumpulan data berupa soal tes kemampuan literasi sains yang telah diuji validitas, reabilitas, daya pembeda dan taraf kesukaran. Hasil tes kemudian diuji prasyarat analisis data dan uji hipotesis menggunakan uji Mann-Whitney dan Gain score. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata pretest dan posttes pada kelas eksperimen meningkat dari 37,58 dengan kriteria kurang menjadi 80,56 dengan kriteria baik, nilai peningkatan tergolong sedang dengan nilai N-Gain sebesar 0,7 sedangkan pada kelas kontrol dari nilai 36,83 menjadi 64,84 dengan N-Gain 0,4. Berdasarkan nilain n-gain tampak bahwa pembelajaran menggunakan LKPD berbasis literasi sains pada kelas eksperimen dapat meningkatkan kemampuan literasi sains peserta didik, sehingga dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis literasi sains efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan literasi sains peserta didik
Analisis Keterampilan Sosial Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Kampar Nurshahni Rizki Abdaniati; Rohani Rohani
Bedelau: Journal of Education and Learning Vol. 1 No. 2 (2020): Bedelau, Desember 2020
Publisher : Lembaga Anotero Scientific

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55748/bjel.v1i2.167

Abstract

This research aimed at knowing student social skills on Economics subject at State Senior High School 2 Kampar. It was instigated by students who did not appreciate their friend opinions, who were not confident, and who could not adjust themselves to their friends and environments. It was a qualitative descriptive research. The subjects of this research were the students, and the object was student social skill on Economics subject at State Senior High School 2 Kampar. The informants were 216 students. Purposive sampling technique was used in this research, so 7 students were selected as the key informants, and the additional informants were Economics subject teachers. Observation, interview, and documentation were the techniques of collecting the data. The technique of analyzing the data was qualitative descriptive. Based on the research findings, the percentage of student social skill on Economics subject at State Senior High School 2 Kampar was 44.67%. The analysis results showed that the ability indicators of empathy, communication, social interaction, controlling aggression, open attitude, helping behavior, understanding his/herself, learning behavior were on good enough category that was on the range score of 41%-60%. It meant that by analyzing some indicators of social skills overall students were good enough in adjusting themselves to their friends and environments, students also could cooperate well, and they were able to show their self-confidence.

Page 1 of 1 | Total Record : 6