cover
Contact Name
Musa Thahir
Contact Email
musa.thahir@uin-suska.ac.id
Phone
+6285263678409
Journal Mail Official
anotero.scientific@gmail.com
Editorial Address
Jl. Taman Karya, Panam - Pekanbaru, Riau
Location
Kota pekanbaru,
Riau
INDONESIA
Bedelau: Journal of Education and Learning
ISSN : 27230376     EISSN : 27230384     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
Bedelau: Journal of Education and Learning (E-ISSN: 2723-0384, P-ISSN: 2723-0376) was first published in 2020 by the Anotero Scientific Institute, Pekanbaru. Bedelau: Journal of Education and Learning is published 2 (two) times a year in June and December. This journal focuses on current and emerging education issues, related to teaching and learning. Manuscripts received are texts that have never been published or are in the process of publication in other national and international scientific journals. Script themes include: New Learning Models and Applications, Learning Models, Curriculum, Learning Innovation, Learning Technology, Media Education, Virtual Education, Educational Software, Digital Technology in Education, Multimedia Learning, E-Learning, online learning (distance learning) and Internet Learning Applications.
Articles 32 Documents
Profesionalisme Guru Dalam Persepsi Guru MA dan SMA: Studi Kasus di Provinsi Riau Rian Vebrianto; Alaniyah Syafaren; Riki Apriyandi Putra
Bedelau: Journal of Education and Learning Vol. 1 No. 1 (2020): Bedelau, Juni 2020
Publisher : Lembaga Anotero Scientific

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55748/bjel.v1i1.2

Abstract

Teachers in the educational context have a very important and strategic role. A teacher is required to be a professional teacher. The State will provide good financial for professional teachers who got the certification. For that in this study, researchers want to cover deeply into professional teachers. Using a qualitative approach with in-depth interview method. Respondens in this research are  two teachers at the same level in the senior high school. the current question there are results that match the purpose of this study. The results from the interviews a teacher should have good skills in preparing intrument learning and implementation in teaching and learning system. Before the teacher becomes a professional teacher a teacher should at least collect portfolio himself or following the training PLPG for perapring test of professional teacher standard. The government, it is expected that more and more teachers in Indonesia quickly and appropriately to be called "Professional Teachers".
Penggunaan Metode Demonstrasi Pada Materi Sistem Pencernaan Makanan Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA1 SMAN Binaan Khusus Kota Dumai Tahun Pelajaran 2016/2017 Miftahul Jannah
Bedelau: Journal of Education and Learning Vol. 1 No. 1 (2020): Bedelau, Juni 2020
Publisher : Lembaga Anotero Scientific

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55748/bjel.v1i1.3

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki proses belajar dan hasil belajar biologi siswa kelas XI IPA SMAN Binaan Khusus Kota Dumai melalui Metode Demonstrasi Pada Materi Sistem Pencernaan Makanan manusia. Selama ini pembelajaran Biologi di kelas lebih didominasi oleh guru sehingga siswa bersifat pasif dalam belajar Biologi, frekuensi siswa yang bertanya kurang, tidak mempunyai tanggung jawab dalam mengerjakan tugas dan siswa pandai tidak membantu siswa yang kurang pandai. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri atas dua siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA1 SMAN Binaan Khusus Kota Dumai pada semester I Tahun Pelajaran 2016/2017 dengan jumlah siswa 33 orang dengan 15 orang siswa laki-laki dan 18 orang siswa perempuan.Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini adalah lembar pengamatan aktivitas guru dan siswa dan lembar hasil belajar. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik pengamatan dan teknik tes. Hasil pengamatan dianalisis secara deskriptif kualitatif, sedangkan hasil belajar siswa dianalisis secara analisis data kuantitatif dengan analisis ketercapaian KKM setiap indikator dan analisis rata-rata hasil belajar. Peningkatan hasil belajar biologi siswa dapat terlihat dari jumlah siswa yang tuntas pada studi awal yaitu 13 orang atau 39,39 % meningkat pada siklus 1 menjadi 23 orang atau 69,6%%. Dan mengalami peningkatan pada siklus 2 menjadi 29 orang yang tuntas atau 87,88 %. Berdasarkan catatan lapangan observer dalam penilaian aktivitas siswa, ternyata sudah sebagian besar siswa telah aktif berpartisipasi dalam pembelajaran sehingga siswa yang kurang aktif, yang tidak mengerti, yang hanya terfokus pada keterangan guru semakin berkurang dan menurun.Dari hasil penelitian diambil kesimpula bahwa penggunaan metode demonstrasi pada materi sistem pencernaan makanan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar biologi siswa kelas XI IPA1 SMAN Binaan Khusus Kota Dumai.
Pembelajaran E-learning Berbasis Edmodo: Studi Kasus di SD Negeri 106 Pekanbaru Fitria Fitria
Bedelau: Journal of Education and Learning Vol. 1 No. 1 (2020): Bedelau, Juni 2020
Publisher : Lembaga Anotero Scientific

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55748/bjel.v1i1.5

Abstract

This research was carried out in the background by the presence of the corana outbreak virus so as to cease the activity of teaching and learning process carried out at home. Where teachers must continue to provide lessons to students, for that teachers do the e-learning method based on Edmodo. Online-based learning can help teachers and students to continue to do the teaching process, in the platform the teacher can upload subject matter and assignments will be done by students, besides teachers and students can also carry out discussions in the form provided. This research instrument used observation sheets and conducted 4 meetings. The purpose of this study was to determine edmodo-based e-learning learning. Based on the results of observations and data analysis, it can be concluded that e-learning learning can help teachers and students in the teaching process.
Beberapa Model Integrasi Sains dan Islam serta Implikasinya terhadap Pendidkan Islam Isran Bidin; Mas`ud Zein Zein; Rian Vebrianto
Bedelau: Journal of Education and Learning Vol. 1 No. 1 (2020): Bedelau, Juni 2020
Publisher : Lembaga Anotero Scientific

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55748/bjel.v1i1.13

Abstract

The dichotomy of education had resulted in an output crisis that is materialistic, individualistic, and the lack of spirituality. Therefore, reconstruction in the implementation of education was needed in the form of integrating science and Islamic values ​​to become the veins of organizing education in all institutions, especially those labeled as Islamic institutions. This research aimed to explore several models of the integration of science and Islam and its implications for Islamic education. This research used a journal meta-analysis approach. The data source was taken from 15 selected online journals. The different models found in this research required a further discussion to continue to renew the thinking of the fields of integration of science and Islam. This effort is expected to bring about the compatibility of activities in the field of education with the current development and its acceleration of science and technology.
Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XII IPA MA Hasanah Tahun Pelajaran 2018-2019 Melalui Model Pembelajaran Kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) Sri Rezeki
Bedelau: Journal of Education and Learning Vol. 1 No. 2 (2020): Bedelau, Desember 2020
Publisher : Lembaga Anotero Scientific

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55748/bjel.v1i2.33

Abstract

Hasil belajar yang baik merupakan tujuan dari suatu proses pembelajaran. Berbagai usaha dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar siswa diantaranya pemilihan model pembelajaran yang tepat. Salah satu model pembelajaran yang dapat coba diterapkan untuk menghasilkan hasil belajar yang baik tersebut adalah model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement division (STAD). Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh model kooperatif tipe STAD dalam meningkatkan hasil belajar mata pelajaran biologi di kelas XII IPA MA Hasanah Pekanbaru tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 2 siklus, dimana masing- masing siklus terdiri dari fase perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Dilaksanakan pada bulan September hingga November 2018. Dari pelaksanaan penelitian didapat hasil bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswadari siklus 1 sebanyak 12 orang atau sebesar 71 % tuntas meningkat menjadi 17 orang tuntas atau sebesar 100 % pada siklus 2. Sementara Untuk daya serap siswa sebesar 79 % pada siklus 1 meningkat menjadi 86% pada siklus 2. Dari Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat digunakan sebagai alternatif model pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Inovasi dan Potensi Madrasah Dalam Membangun Serta Mengembangkan Karakter Peserta Didik Rusmanidar Rusmanidar
Bedelau: Journal of Education and Learning Vol. 1 No. 2 (2020): Bedelau, Desember 2020
Publisher : Lembaga Anotero Scientific

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55748/bjel.v1i2.34

Abstract

Inovasi adalah suatu ide, gagasan, praktik atau obyek, benda yang disadari dan diterima sebagai suatu hal yang baru oleh seseorang atau kelompok untuk diadopsi. Sedangkan potensi adalah kemampuan yang dimiliki manusia yang sangat mungkin untuk dikembangkan. Memahami potensi dan kemampuan diri sendiri merupakan hal yang sangat penting. Begitu juga potensi yang dimiliki oleh lembaga sekolah dalam hal ini madrasah. Potensi yang dimiliki madrasah dapat berupa sarana dan prasaranan yang dimiliki, sumber daya tenaga pendidik dan sumber daya dari peserta didik itu sendiri. Penelitian ini adalah penelitian studi literature, dimana subjek yang dibahas adalah mengenai inovasi dan potensi yang telah dan akan dilakukan madrasah-madrasah terutama dalam pengembangan karakter peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa inovasi yang telah dilakukan madrasah adalah menjadi 1). Madrasah riset, 2). Madrasah berbudaya, dan 3). Madrasah bermain atau multimodal. Diharapkan dengan inovasi yang telah dilakukan madrasah dapat membentuk karakter peserta didik.
Mixed Methods Research: Trends and Issues in Research Methodology Rian Vebrianto; Musa Thahir; Zelly Putriani; Ira Mahartika; Aldeva Ilhami; Diniya
Bedelau: Journal of Education and Learning Vol. 1 No. 2 (2020): Bedelau, Desember 2020
Publisher : Lembaga Anotero Scientific

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55748/bjel.v1i2.35

Abstract

Mixed methods research is currently developing and has become an interesting issue and trend in the field of education. This makes the writers want to provide a reference and technical guidance to increase students' knowledge in providing mixed methods research. This type of research is literature review research that discusses various interesting issues from journals and books related to this research theme. This article describes matters related to the definition, types and procedures of mixed methods, population and samples, instruments, data collection and data analysis techniques carried out by mixed methods. The results of this study provide clarity and important exposure to research methodologies for students who will carry out their research in the field of education that focuses on mixed methods research. Hence, the research method will provide advantages of both quantitative and qualitative approaches to unveil the research phenomena in depth. In addition, this research has also real implications for students and researchers in carrying out good and appropriate mixed methods research.
Pengaruh Teknik Peta Pikiran (Mind Mapping) terhadap Keterampilan Menulis Narasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 13 Padang Welli Marlisa
Bedelau: Journal of Education and Learning Vol. 1 No. 2 (2020): Bedelau, Desember 2020
Publisher : Lembaga Anotero Scientific

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55748/bjel.v1i2.36

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh teknik peta pikiran (mind mapping) terhadap keterampilan menulis narasi siswa kelas VII SMP Negeri 13 Padang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Jenis eksperimen yang digunakan adalah eksperimen semu (quasy-experimental) dengan rancangan one grup pretest-posttest design. Data penelitian ini adalah skor hasil tes keterampilan menulis narasi sebelum dan sesudah menggunakan teknik peta pikiran (mind mapping). Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut (1) nilai rata-rata pretest keterampilan menulis narasi adalah 74,45; (2) nilai rata-rata posttest keterampilan menulis narasi adalah 85,00; (3) berdasarkan hasil uji-t disimpulkan bahwa penggunaan Teknik Peta Pikiran (Mind Mapping) berpengaruh terhadap keterampilan menulis narasi siswa kelas VII SMP Negeri 13 Padang.
Efektivitas Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Literasi Sains Untuk meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Siti Hafsah Harahap
Bedelau: Journal of Education and Learning Vol. 1 No. 2 (2020): Bedelau, Desember 2020
Publisher : Lembaga Anotero Scientific

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55748/bjel.v1i2.37

Abstract

Literasi sains menjadi kunci utama menghadapi berbagai tantangan abad 21. Kemampuan literasi sains peserta didik masih tergolong rendah, salah satu penyebabnya adalah rendahnya muatan literasi sains pada bahan ajar. Bahan ajar yang paling efektif digunakan dalam pembelajaran di kelas adalah LKPD. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan keefektifan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis literasi sains pada materi system pencernaan makanan kelas XI IPA SMA untuk meningkatkan kemampuan literasi sains peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan desain penelitian pretest-posttest control group design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI SMAN 4 Dumai, sampel penelitian adalah peserta didik kelas XI MIA 2. Pemilihan sampel berdasarkan Teknik simple random sampling. Instrumen pengumpulan data berupa soal tes kemampuan literasi sains yang telah diuji validitas, reabilitas, daya pembeda dan taraf kesukaran. Hasil tes kemudian diuji prasyarat analisis data dan uji hipotesis menggunakan uji Mann-Whitney dan Gain score. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata pretest dan posttes pada kelas eksperimen meningkat dari 37,58 dengan kriteria kurang menjadi 80,56 dengan kriteria baik, nilai peningkatan tergolong sedang dengan nilai N-Gain sebesar 0,7 sedangkan pada kelas kontrol dari nilai 36,83 menjadi 64,84 dengan N-Gain 0,4. Berdasarkan nilain n-gain tampak bahwa pembelajaran menggunakan LKPD berbasis literasi sains pada kelas eksperimen dapat meningkatkan kemampuan literasi sains peserta didik, sehingga dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis literasi sains efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan literasi sains peserta didik
UPAYA MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI DISKUSI KELOMPOK DENGAN PEMBERIAN REWARD PADA PESERTA DIDIK KELAS XI IPS 2 SMA N 4 PEKANBARU Lasma Widiyana
Bedelau: Journal of Education and Learning Vol. 2 No. 1 (2021): Bedelau, Juni 2021
Publisher : Lembaga Anotero Scientific

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55748/bjel.v2i1.50

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan hasil belajar matematika melalui diskusi kelompok dengan pemberian reward pada peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas (PTK) menggunakan metode diskusi kelompok dengan pemberian reward. Penelitian ini dilakukan di SMA N 4 Pekanbaru kelas XI IPS 2 terhadap 33 responden penelitian yang terdiri dari 22 orang perempuan dan 11 orang laki-laki. Penelitian ini dilakukan dengan rancangan dua siklus. Sumber data utama dalam penelitian ini adalah peserta didik, guru, hasil observasi selama pelaksanaan tindakan di kelas, hasil tes, hasil wawancara dan hasil angket. Instrumen yang digunakan yaitu pedoman wawancara, dokumentasi dan kisi-kisi angket minat belajar matematika. Analisa yang digunakan adalah adalah teknik analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil analisa diperoleh bahwa: (1) Adanya peningkatan minat peserta didik terhadap matematika disetiap siklus. (2) Adanya peningkatan rata-rata hasil belajar peserta didik, namun nilai rata-rata hasil belajar kurang dari KKM yaitu 80 dari setiap siklus yang dilakukan. (3) Adanya peningkatan ketuntasan hasil belajar peserta didik, namun disetiap siklus belum mencapai 80%. Berdasarkan hasil penelitian ini metode diskusi kelompok dengan pemberian reward dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif pembelajaran untuk meningkatkan minat dan hasil belajar peserta didik terutama untuk kelas yang berkarakteristik sama dengan subjek penelitian.

Page 1 of 4 | Total Record : 32