cover
Contact Name
Musa Thahir
Contact Email
musa.thahir@uin-suska.ac.id
Phone
+6285263678409
Journal Mail Official
anotero.scientific@gmail.com
Editorial Address
Jl. Taman Karya, Panam - Pekanbaru, Riau
Location
Kota pekanbaru,
Riau
INDONESIA
Bedelau: Journal of Education and Learning
ISSN : 27230376     EISSN : 27230384     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
Bedelau: Journal of Education and Learning (E-ISSN: 2723-0384, P-ISSN: 2723-0376) was first published in 2020 by the Anotero Scientific Institute, Pekanbaru. Bedelau: Journal of Education and Learning is published 2 (two) times a year in June and December. This journal focuses on current and emerging education issues, related to teaching and learning. Manuscripts received are texts that have never been published or are in the process of publication in other national and international scientific journals. Script themes include: New Learning Models and Applications, Learning Models, Curriculum, Learning Innovation, Learning Technology, Media Education, Virtual Education, Educational Software, Digital Technology in Education, Multimedia Learning, E-Learning, online learning (distance learning) and Internet Learning Applications.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 3 No. 1 (2022): Bedelau, Juni 2022" : 5 Documents clear
Upaya Meningkatkan Perilaku Aktivitas dan Hasil Belajar PKn melalui Model Pembelajaran Make a Match Ani Hotimah; Rian Vebrianto; Radeswandri
Bedelau: Journal of Education and Learning Vol. 3 No. 1 (2022): Bedelau, Juni 2022
Publisher : Lembaga Anotero Scientific

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55748/bjel.v3i1.106

Abstract

Sebuah hasil belajar merupakan sebuah proses komunikasi yang terjadi antara seorang pendidik dan peserta didik yang terjadi dalam lingkungan belajar. Dengan itu disini melakukan penelitian Penelitian Tindak Kelas ( PTK ) guna meningkatkan hasil belajar siswa disini dngan menggunakan metode Make a Match. Dalam penelitian ini melibatkan 9 siswa yang berada dikelas IV SD Negri 013 Laboy Jaya. Penelitian menggunakan sebujah penelitian PTK yang terdiri diantarana yaitu pendahuluan, perencanaan, tindakan, observasi, dan yang terakhir evaluasi. Disini diketahui dalam penelitian PTK ini dari siklus I dan siklus II terjadi peningkatan hasil belajar mencapai 100% yang bias dbilang ketuntasan yang didapat peserta didik. Bagi pendidik dapat menggunakan metode Mke a Match dalam meningkatkan hasil belajar siswa dama mata pelajaran PKn
Upaya meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS berbasis role playing Nenden Ira Mustikawati; Rian Vebrianto; Radeswandri
Bedelau: Journal of Education and Learning Vol. 3 No. 1 (2022): Bedelau, Juni 2022
Publisher : Lembaga Anotero Scientific

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55748/bjel.v3i1.107

Abstract

Hasil belajar merupakan suatu bentuk keahlian yang didapat oleh peserta didikmelalui proses aktivitas pembelajaran di jenjang pendidikan. Oleh sebab itu, peneliti ingin melakukan penelitian PTK sebagai upaya meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS berbasis Role Playing. Penelitian ini melibatkan 20 orang di kelas IV SDN 005 Petapahan Jaya. Penelitian yang dilakukanini menggunakan penelitian berbentuk PTK yang terdiri dari pendahuluan, perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi (evaluasi). Bentuk dari hasil penelitianini diketahui bahwa ketuntasan belajar pada siswa meningkat dari awal siklus I sampai ke siklus II sebanyak 85% dinyatakan tuntas. Untuk itu para guru dapat menggunakan model pembelajaran berbasis role playing (Bermain Peran) dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS.
Peningkatan Hasil Belajar Model Pembelajaran Discovery Learning digunakan pada Kelas IV Aulia Rahmi; Rian Vebrianto; Radeswandri
Bedelau: Journal of Education and Learning Vol. 3 No. 1 (2022): Bedelau, Juni 2022
Publisher : Lembaga Anotero Scientific

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55748/bjel.v3i1.114

Abstract

Belajar adalah proses interaksi antara peserta didik dan pendidik dan sumber belajar dalam suatu lingkungan belajar. Untuk itu, peneliti ingin melakukan penelitian PTK sebagai upaya meningkatkan hasil belajar peserta didik menggunakan model pembelajaran Discovery Learning. Penelitian ini melibatkan kelas IV SDN 013 Kumantan. Penelitian ini menggunakan PTK yang terdiri dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian diketahui bahwa ketuntasan belajar peserta didik meningkat dari siklus I ke siklus II sebanyak 100% dinyatakan tuntas. Untuk itu para guru dapat menggunakan model pembelajaran Discovery Learning dalam meningkatkan hasil belajar Peserta didik pada mata pelajaran Matematika.
Pengaruh Kemampuan Pengetahuan Awal, Keterampilan dan Sikap terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa SD Islam Terpadu Muhammadiyah Bukit Gajah-Ukui Nurwahid Ihsanuddin
Bedelau: Journal of Education and Learning Vol. 3 No. 1 (2022): Bedelau, Juni 2022
Publisher : Lembaga Anotero Scientific

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55748/bjel.v3i1.117

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kemampuan pengetahuan awal, keterampilan dan sikap siswa terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam di SD Islam Terpadu Muhammadiyah Bukit Gajah Kecamatan Ukui. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey dengan pendekatan kausal. Sampel penelitian adalah siswa kelas V yang berjumlah 26 responden. Penarikan jumlah sampel menggunakan Cluster Random Sampling (Area Sampling). Hasil penelitian ini adalah: 1) kemampuan pengetahuan awal siswa berpengaruh langsung positif terhadap hasil belajar PAI. Artinya kemampuan pengetahuan awal yang positif dalam belajar akan menyebabkan hasil belajar yang baik, 2) keterampilan belajar berpengaruh langsung positif terhadap hasil belajar PAI. Artinya keterampilan belajar yang ada pada diri siswa akan menyebabkan hasil belajar yang baik, 3) Sikap siswa berpengaruh langsung positif terhadap hasil belajar PAI siswa SD Islam Terpadu Muhammadiyah Bukit Gajah kecamtan Ukui.
Penerapan Model Learning Cycle 5E Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas VIII 7 SMP Negeri 25 Pekanbaru Suparmi Suparmi
Bedelau: Journal of Education and Learning Vol. 3 No. 1 (2022): Bedelau, Juni 2022
Publisher : Lembaga Anotero Scientific

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55748/bjel.v3i1.122

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan model Learning Cycle 5E Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas VIII 7 SMP Negeri 25 Pekanbaru. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 25 Pekanbaru pada tanggal 04 September-09 Oktober 2018. Jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) berlangsung dalam 2 siklus. Satu siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian siswa kelas VIII 7 SMP berjumlah 42 siswa yang terdiri dari 20 laki-laki dan 22 perempuan. Pengumpulan data menggunakan tes dan nontes. Analisis data deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Kondisi awal persentase Rata-rata nilai kemampuan literasi sains peserta didik pada pembelajaran siklus I adalah 78,91 dengan nilai rata-rata paling tinggi diperoleh dari aspek pengetahuan prosedural dan pada siklus II rata-rata nilai kemampuan literasi sains meningkat menjadi 88,36 dengan nilai rata-rata paling tinggi diperoleh dari aspek pengetahuan sains. Dapat disimpulkan bahwa penerapan Model Learning Cycle 5E dapat meningkatkan kemampuan literasi sains siswa pada mata pelajaran IPA kelas VIII 7 SMP Negeri 25 Pekanbaru. Kata Kunci: Model Learning Cycle 5E, Literasi Sains Siswa, IPA.

Page 1 of 1 | Total Record : 5