cover
Contact Name
Qurotul Aini
Contact Email
aini@adi-journal.org
Phone
+6285778834017
Journal Mail Official
abdi@adi-journal.org
Editorial Address
Premier Park 2 Ruko Blok B-11 Jl. Kampung Kelapa PLN Kel. Cikokol Kec. Tangerang, Tangerang, Provinsi Banten
Location
Kota tangerang,
Banten
INDONESIA
ADI Bisnis Digital Interdisiplin (ABDI Jurnal)
ISSN : 27226255     EISSN : 27225739     DOI : https://doi.org/10.34306/abdi
ADI Bisnis Digital Interdisiplin (ABDI Jurnal) merupakan bagian dari Pandawan Sejahtera Indonesia adalah jurnal ilmiah dengan akses bebas dan terbuka yang diterbitkan oleh ADI (Asosiasi Dosen Indonesia) Publisher serta didukung oleh Alphabet Incubator, dalam rangka memfasilitasi jurnal ilmiah hasil Civitas Academika terhadap point penilaian tinggi Sertifikasi Dosen pada Point 5 dan Point 6 SIMLITABMAS di bidang Bisnis dan Ekonomi Digital, Kriptografi, Creativepreneur, Manajemen Keuangan serta Pendidikan Ekonomi dan Bisnis dalam menghadapi era digital di Indonesia. ABDI menyediakan media untuk menerbitkan artikel ilmiah dari para sarjana dan pakar di seluruh dunia terkait dengan topik Multidisiplin. Semua artikel yang dikirimkan akan menjalani proses Peer-Reviewing dengan Double-Blind yang ketat. Semua URL artikel yang diterbitkan akan memiliki Digital Object Identifier (DOI) kemudian penulis akan mendapatkan e-LoA; e-Sertifikat; dan e-Journal yang dirancangan dalam Blockchain pada ADI Publisher.
Articles 50 Documents
Peningkatan Kualitas Manajemen Publikasi Ilmiah Menggunakan Metode Agile Anoesyirwan Anoesyirwan; Harries Madiistriyatno; Siti Mutmainnah
ADI Bisnis Digital Interdisiplin Jurnal Vol 1 No 2 Desember (2020): ADI Bisnis Digital Interdisiplin
Publisher : ADI Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34306/abdi.v1i2.99

Abstract

Sebagai bentuk kesiapan dalam menghadapi era disruptif yang berkembang pesat, pengelolaan sistem penerbitan jurnal online dituntut untuk dapat menciptakan inovasi dalam manajemen jurnal serta mengoptimalkan kualitas sehingga dapat memberikan pelayanan terbaik. Permasalahan yang dihadapi dalam pengelolaan publikasi Ilmiah adalah perubahan requirement yang sulit dikendalikan dan kepuasan konsumen adalah fokus utama yang perlu diatasi. Sejalan dengan kegunaan dari metode Agile yaitu model kerangka kerja yang mampu mengakomodasi perubahan di setiap langkah prosesnya. Maka metode Agile merupakan pemodelan pengembangan sistem yang cocok dengan pengelolaan manajemen jurnal APTISI Transactions on Management (ATM). Hasil implementasi manajemen publikasi ilmiah menggunakan metode Agile diharapkan dapat menyesuaikan kebutuhan penulis dan berkualitas unggul.
Strategi Peningkatan Kompetensi Mahasiswa Melalui Model Sertifikasi Kompetensi Anggy Giri Prawiyogi; Restu Ajeng Toyibah
ADI Bisnis Digital Interdisiplin Jurnal Vol 1 No 1 Juni (2020): ADI Bisnis Digital Interdisiplin
Publisher : ADI Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34306/abdi.v1i1.103

Abstract

Berdasarkan perkembangan bonus demografi, Indonesia memiliki potensi jumlah penduduk dengan populasi umur produktif sebanyak 185,34 juta jiwa. Khususnya para mahasiswa/i yang ada di perguruan tinggi. Hal ini menjadi sebuah peluang yang ditangkap dalam penelitian ini, dengan tujuan untuk membuat strategi peningkatan kompetensi mahasiswa melalui model sertifikasi kompetensi demi membentuk lulusan sarjana yang berkualitas. Kompetensi ini dinyatakan dengan kepemilikan sertifikat kompetensi dari suatu lembaga yang diakui/terakreditasi. Dengan demikian mahasiswa Pendidikan tinggi dapat mengikuti uji kompetensi. Sehingga, mahasiswa ketika lulus ujian sarjana akan mendapatkan ijazah dari pendidikan tinggi dan juga Sertifikat Kompetensi. Hasil penelitian dapat diketahui bahwa perguruan tinggi Pengaraian berada pada posisi Growth (pengembangan) yang memiliki peluang dan kekuatan. Untuk mencapai posisi tersebut maka perlu memperhatikan langkah-langkah strategi apa yang akan digunakan, bagaimana evaluasi strategi tersebut sebelum mengambil suatu keputusan.
Analisis Sistem Sertifikasi Profesi Untuk Pengembangan Kompetensi Mahasiswa PO Abas Sunarya; Ninda Lutfiani; Dinda suci pratiwi
ADI Bisnis Digital Interdisiplin Jurnal Vol 1 No 1 Juni (2020): ADI Bisnis Digital Interdisiplin
Publisher : ADI Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34306/abdi.v1i1.104

Abstract

Evaluasi penilaian sertifikasi kompetensi dilakukan secara manual atau dengan menggunakan kertas. Inimembuatnya cukup sulit bagi penilai untuk mengevaluasi beberapa penilaian dalam waktu singkat.Penelitian ini bertujuan untuk merancang evaluasi penilaian aplikasi. Penelitian ini memodelkan alatevaluasi manual ke dalam bentuk aplikasi mobile. Dengan demikian, penilai dapat melakukanpekerjaannya dengan baik dan data evaluasi dapat disimpan dalam bentuk digital sehingga akan mudahdiakses. Hasilnya penelitian ini adalah aplikasi yang dapat digunakan oleh penilai untuk melakukanpenilaian penilaian. Jenis-jenis penilaian metode yang dapat dievaluasi melalui aplikasi ini adalahpertanyaan dan pengamatan tertulis. Simulasi dilakukan untuk menguji aplikasi secara real time. Hasil tessimulasi menunjukkan bahwa aplikasi dapat digunakan pada sertifikasi kompetensi ujian di UniversitasRaharja.
Perancangan Ajri Learning Journal Center Menggunakan Tools Invision Untuk Mewujudkan Creative Innovation Soft Skill Taqwa Hariguna; Tri Wahyuningsih
ADI Bisnis Digital Interdisiplin Jurnal Vol 1 No 1 Juni (2020): ADI Bisnis Digital Interdisiplin
Publisher : ADI Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34306/abdi.v1i1.107

Abstract

Platform penyedia layanan pelatihan dan materi penulisan karya ilmiah secara online untuk memotivasi civitas akademik untuk melakukan penelitian. Dengan memanfaatkan metode pengembangan sistem yaitu waterfall dalam menganalisis agar platform yang dikembangkan berjalan sesuai dengan apa yang direncanakan. Pada saat ini sangat jarang penyedia layanan dalam pelatihan penulisan yang dilakukan secara online. Biasanya dilakukan conference yang mengharuskan seseorang hadir dalam ruangan dan mendengarkan pembicara berjam-jam. Maka pelatihan secara online dianggap sangat efektif untuk mendorong civitas akademik dalam membuat karya ilmiah karena dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun. Dengan diimplementasikannya platform ini akan ada 2 manfaat yaitu (1) Termotivasinya civitas akademik untuk melakukan penelitian, karena ada banyak kemudahan untuk berlatih dalam penulisan yang dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun. (2) Jumlah penelitian di Indonesia akan meningkat dalam rangka mendukung program Tridharma Perguruan Tinggi. Penelitian ini akan diimplementasikan pada sebuah website yang mampu diakses secara online, yang berisi pelatihan penulisan secara online berupa video pembelajaran dengan beberapa coach yang profesional. Disediakan pula materi pembelajaran bagaimana cara menulis sebuah karya ilmiah sesuai dengan standar yang benar.
Penerapan E-Learning untuk Meningkatkan Inovasi Creativepreneur Mahasiswa Alwiyah Alwiyah; Sayyida Sayyida
ADI Bisnis Digital Interdisiplin Jurnal Vol 1 No 1 Juni (2020): ADI Bisnis Digital Interdisiplin
Publisher : ADI Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34306/abdi.v1i1.108

Abstract

Pendidikan sebagai tempat pembentukan mental peserta didik, didesain agar sejalur atau sesuai dengan perkembangan kebutuhan industri dan kebutuhan masyarakat saat ini. Globalisasi sebagai era perkembangan teknologi dan informasi membuat perguruan tinggi tidak luput dari keharusan untuk beradaptasi dalam hal pelayanan dan pengajaran terhadap mahasiswa. Dengan dikeluarkannya UU No. 20 tahun 2003 mengenai pembelajaran jarak jauh, perlu digunakannya sistem e-learning. E-learning berbasis creativepreneur bertujuan untuk mengembangkan mutu lulusan perguruan tinggi, dan melengkapi kualifikasi daya saing dan kompetensi, serta inovasi yang dapat digunakan sebagai ketentuan untuk kehidupan sosial melalui entrepreneur. Adanya e-learning juga mampu meningkatkan efisien serta efektivitas perkuliahan, sehingga lahirnya creativepreneur dalam suatu universitas. Hal ini sebagaimana tertulis dalam Rencana Strategi (Renstra) Pendidikan Nasional, yaitu (1) Pemerataan akses pendidikan, (2) mutu, relevansi dan daya saing lulusan, dan (3) tata kelola atau governance, akuntabilitas dan citra publik terhadap pendidikan. Penelitian ini membahas perlunya e-learning agar mahasiswa tetap bisa menjalankan perkuliahan, terutama menjadi sistem yang efektif untuk menciptakan creativepreneur. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini bersifat studi literatur, dan metode yang digunakan adalah secara deskriptif yaitu mendeskripsikan fenomena yang ada pada lingkungan secara akurat.
Blockchain Dalam Pendidikan: Lapisan Logis di Bawahnya Bob Subhan Riza
ADI Bisnis Digital Interdisiplin Jurnal Vol 1 No 1 Juni (2020): ADI Bisnis Digital Interdisiplin
Publisher : ADI Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34306/abdi.v1i1.112

Abstract

Edukasi merupakan proses bisnis yang selama berabad telah menjadi pilar pemerintahan dalam membangun bangsa. Proses pelaksanaan edukasi secara global masih belum ada perubahan yang mengikuti perkembangan zaman. Berbagai problem yang dihadapi saat ini oleh pelaksana penyedia jasa edukasi, dalam hal ini sebut saja permasalahan autentikasi dan verifikasi sertifikat yang merupakan luaran mikro maupun makro dari sebuah proses pembelajaran. Adanya mercusuar tentang Blockchain, disebut orang orang sebagai solusi dari masalah polemik pendidikan selama ini. Perpaduan ilmu antara bidang edukasi dan teknologi blockchain akan menciptakan revolusi baru dari industri pendidikan yang dirasa mandek dan tidak sesuai dengan perkembangan zaman saat ini. Terdapat berbagai pencerahan dari solusi ini, namun dirasa belum cukup untuk secara detail menjelaskan ontologi dari edukasi menggunakan blockchain, yang secara keseluruhan membahas tentang keberadaan blockchain for education berdasarkan kajian ilmu. Ontologi for education ini akan berguna sebagai platform literatur bagi peneliti yang akan memulai penelitian dasar dan terapan yang menjurus ke arah blockchain for education. Disamping itu, adanya kelemahan dan inefisiensi dari blockchain yaitu dari segi biaya, ruang penyimpanan, dan kecepatan akan diusulkan solusinya melalui in-chain dan off-chain protocol dalam bentuk framework. Alhasil, penelitian ini juga bisa menjadi landasan platform baru sebagai solusi bagi pemerintah dalam meluncurkan edukasi berbasis blockchain, yang menjadi cikal bakal untuk menciptakan pemerintahan berbasis blockchain.
Karakteristik Blockchain Teknologi Dalam Pengembangan Edukasi Sandy Kosasi
ADI Bisnis Digital Interdisiplin Jurnal Vol 1 No 1 Juni (2020): ADI Bisnis Digital Interdisiplin
Publisher : ADI Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34306/abdi.v1i1.113

Abstract

Proses pelaksanaan edukasi secara global hakekatnya belum dapat mengikuti perkembangan zaman saat ini. Berbagai permasalahan saat ini tengah dihadapi oleh sektor pendidikan, dalam hal ini sebut saja permasalahan verifikasi dan adanya pihak ketiga dalam penanganan sertifikat yang merupakan luaran mikro maupun makro dari sebuah proses pembelajaran. Adanya mercusuar tentang teknologi Blockchain, kerap disebut sebagai salah solusi revolusioner dari polemik pendidikan selama ini. Perpaduan antara bidang edukasi dan teknologi blockchain akan menciptakan revolusi baru dari industri pendidikan. Terdapat berbagai pencerahan dari solusi ini, namun dirasa belum cukup untuk menjelaskan karakteristik blockchain secara detail dari edukasi menggunakan blockchain, yang secara keseluruhan membahas tentang keberadaan blockchain for education berdasarkan kajian ilmu. Karakteristik blockchain ini dimasa depan akan sangat berguna sebagai platform literatur bagi peneliti yang akan memulai penelitian dasar dan terapan yang menjurus ke arah blockchain for education. Disamping itu, dari segi biaya, ruang penyimpanan, dan kecepatan teknologi blockchain akan diusulkan solusinya dalam bentuk framework. Alhasil, penelitian ini juga bisa menjadi landasan platform serta karakteristik blockchain baru sebagai cikal bakal pemerintahan berbasis teknologi blockchain.
Aplikasi Kriptografi Dengan Menggunakan Algoritma Elgamal Berbasis Java Desktop Pada Pt. Wahana Indo Trada Nissan Jatake Fifit Alfiah; Rio Sudarji; Dzakwan Taqiyyuddin Al Fatah
ADI Bisnis Digital Interdisiplin Jurnal Vol 1 No 1 Juni (2020): ADI Bisnis Digital Interdisiplin
Publisher : ADI Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34306/abdi.v1i1.114

Abstract

Kemajuan teknologi saat ini telah berpengaruh pada hampir semua aspek kehidupan manusia, yang dapat memudahkan untuk melakukan pertukaran data secara cepat, tak terkecuali dalam hal berkomunikasi. Namun dalam melakukan pertukaran data tersebut masih sangat kurang disadari. Salah satu dampak negatifnya yaitu adanya pencurian data. Oleh karena itu aspek keamanan dalam pertukaran informasi dan penyimpanan data sangatlah penting. Terutama pada bidang retail otomotif, dimana banyak data yang penting dan bersifat rahasia seperti data identitas customer, dan laporan keuangan. Karena begitu pentingnya data tersebut, maka dibutuhkan suatu metode yang dapat menjaga kerahasiaan data dan metode yang dimaksud adalah kriptografi. Algoritma yang digunakan adalah algoritma ElGamal. Algoritma ini merupakan bagian dari algoritma asimetris, proses enkripsi dan dekripsi masing-masing memiliki kunci yang berbeda. Tujuan dari penelitian ini untuk menemukan cara mengimplementasikan algoritma kriptografi ElGamal ke dalam bentuk aplikasi yang nyata serta menghasilkan aplikasi pengamanan data berbasis desktop yang mudah dimengerti dan digunakan oleh user. Penelitian ini menggunakan metode Pengumpulan data dan Pengembangan. Hasil dari penelitian ini akan diimplementasikan dalam sebuah program aplikasi menggunakan Bahasa pemrograman berbasis java desktop memberikan kemudahan untuk semua orang yang ingin mengamankan file penting. Pada aplikasi ini user harus membuat public key sebelum proses enkripsi dan private key sebelum proses dekripsi pada file.
Pembelajaran Interaktif berbasis Gamifikasi guna Mendukung Program WFH pada saat Pandemic Covid-19 Devia Amany; Aisyah Desire
ADI Bisnis Digital Interdisiplin Jurnal Vol 1 No 1 Juni (2020): ADI Bisnis Digital Interdisiplin
Publisher : ADI Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34306/abdi.v1i1.116

Abstract

Perkembangan teknologi di era Pendidikan 4.0 saat ini tidak dapat diragukan lagi. Banyaknya media pembelajaran seperti Classroom, Edmodo, Google form, web Blog pribadi dll dapat menjadi pilihan. Pembelajaran jarak jauh sudah tidak asing lagi bagi para millenials, Jarak tidak lagi menjadi penghalang dalam melakukan pembelajaran utamanya pada saat sekarang ini. Akibat terjadinya penyebaran pandemic Coronavirus Disease (Covid-19) kegiatan pembelajaran bertatap muka langsung mulai diliburkan digantikan dengan pembelajaran daring atau disebut dengan Work From Home (WFH). Namun dalam keberlangsungan pembelajaran melalui daring mengalami kendala dan beberapa keluhan seperti jumlah absensi siswa karena kurang bervariasinya metode pembelajaran yang digunakan dan cenderung membosankan. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah memberikan variasi baru dalam proses pembelajaran iLearning dengan berbasis gamifikasi yang diharapkan para murid/siswa tertarik dalam kegiatan belajar mengajar dan membuatnya lebih interaktif dan menyenangkan. Dengan menggunakan metode analisis Gamifikasi dan SWOT yang didasarkan pada kondisi saat ini, dilakukan analisis yang menghasilkan kesimpulan bahwa pembelajaran iLearning berbasis gamifikasi dapat menjadi variasi baru dalam kegiatan belajar mengajar serta dapat berjalan efektif pada saat dilaksanakannya Work From Home (WFH) akibat pandemic Coronavirus Disease (Covid-19)
Prototyping ITSDI Journal Center Menggunakan Tools Invision Untuk Mewujudkan Creative Innovation Soft Skill Di Era Industri 4.0 Husni Teja Sukmana
ADI Bisnis Digital Interdisiplin Jurnal Vol 1 No 1 Juni (2020): ADI Bisnis Digital Interdisiplin
Publisher : ADI Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34306/abdi.v1i1.119

Abstract

Berdasarkan Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2017, Tridharma Perguruan Tinggi adalah kewajiban perguruan tinggi untuk menyelenggarakan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Kegiatan penelitian ilmiah ini merupakan pencapaian hasil riset yang secara rutin dilaksanakan oleh Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan yang dipublikasikan oleh pengelola jurnal ilmiah. penulisan sebuah karya ilmiah adalah salah satu hal yang sangat berpengaruh untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Namun, didalam penerapannya kelemahan utama pada penulisan karya ilmiah disebabkan oleh kurang nya motivasi dosen untuk meneliti dan minimnya pengetahuan penulisan sesuai dengan standar yang telah telah ditetapkan. Selain itu, Sivitas akademika merupakan sumber daya yang dituntut untuk memiliki kemampuan yang lebih dari masyarakat biasa karena kapasitasnya yang lebih intens berinteraksi dengan ilmu pengetahuan. Hal tersebut sudah sepatutnya mampu mengaktualisasikan kompetensinya bukan sekedar kegiatan penelitian, tetapi mampu untuk menulis hasil penelitian tersebut dalam media publikasi baik yang bertaraf nasional, regional, maupun internasional. Dalam upaya meningkatkan kualitas, kuantitas penelitian dan pengabdian kepada masyarakat serta sebagai langkah untuk mendukung program PERMENRISTEKDIKTI Nomor 20 Tahun 2017, penulis berupaya memberikan hasil penelitian untuk mendorong pengembangan inovasi dengan mengedepankan teknologi berupa Penerapan ITSDI Journal Center sebagai platform penyedia layanan pelatihan dan materi penulisan karya ilmiah secara online. Pemanfaatan teknologi pembelajaran iLearning ini akan dipadukan dengan unsur entertainment yang diharapkan mampu membantu masyarakat dalam melaksanakan kegiatan pelatihan peningkatan keterampilan soft skill penulisan secara menyenangkan yang dapat diakses kapanpun dan dimanapun. Pada penelitian ini ditemukan 3 (tiga) permasalahan dan didukung dengan 3 (tiga) metode penelitian yaitu metode waterfall, studi pustaka, dan Analisis SWOT. Hasil akhir penelitian ini ialah adanya implementasi terhadap prototyping ITSDI Journal Center sebagai media pelatihan penulisan karya ilmiah secara online guna mewujudkan creative innovation di Era 4.0.