cover
Contact Name
Amar Sani
Contact Email
amarlibrarianesia@gmail.com
Phone
+6285399929080
Journal Mail Official
amarlibrarianesia@gmail.com
Editorial Address
Pendidikan Bajiminasa Makassar, Jl. Meranti No.1, Pandang, Kec. Panakkukang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90231
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Economics and Digital Business Review
ISSN : -     EISSN : 27742563     DOI : -
Economics and Digital Business Review, open-access journal published by STIE Amkop Makassar. It provides an academic platform for professionals and researchers to contribute innovative work in the field. Economics and Digital Business Review carries original and full-length articles that reflect the latest research and developments in both theoretical and practical aspects of economics, Digital business and management. The journal is published in both print and online versions. The online version is free access and download. Areas of research include, but are not limited to, the following: Economic Growth and Development Economics of Organizations and Industries Fiscal and Decentralisation Monetary and Banking Poverty and Development Microfinance Regional and Competitiveness Finance and Investment Public Sector Accounting Social and Environmental Accounting Financial Accounting and Taxation Management and Cost Accounting Behavioral Accounting Auditing and Information System Shariah Economics, Finance and Accounting Corporate Governance Human Resource Management Strategic Management Entrepreneurship Marketing Digital Business; E-business Information Technology Management Production & Operations Management Logistics and Supply Chain Business Ethics Management Research Methods and Managerial Economics Public Administration
Articles 36 Documents
Search results for , issue "Vol. 3 No. 2 (2022): February - July" : 36 Documents clear
Gaya Kepemimpinan dan Kinerja Karyawan (Untuk Kasus Pt. Hanchen Industrial Indonesia) Risa Aprilia; Basukianto Basukianto
Economics and Digital Business Review Vol. 3 No. 2 (2022): February - July
Publisher : STIE Amkop Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37531/ecotal.v3i2.166

Abstract

Masalah yang dibahas dalam artikel ini adalah kualitas gaya kepemimpinan dan hubungannya dengan kinerja karyawan. Data yang digunakan adalah data primer yang bersumber dari 98 responden dan diperoleh melalui kuesioner. Data yang diperoleh dianalisis secara statistik untuk mempkeroleh gambaran tentang gaya kepemimpinan yang diimplementasikan dan kinerja karyawan. Selanjutnya dilakukan analisis regresi guna megetahui pengaruh gaya kepemimpinan terhadap kinerja karyawan. Hasil penelitian menunjukan bahwa gaya kepemimpinan birokrasi lebih mendominasi implementasi gaya kepemimpinan pada PT. Hanchen Industri Indonesia. Hal ini ditandai dengan adanya kecenderungan pimpinan yang hanya memberikan perintah, penjelasan dan pengarahan kepada karyawan terkait dengan tugas yang harus dilakukan. Pimpinan jarang melibatkan karyawan dalam pengambilan keputusan. Gaya kepemimpinan yang diterapkan perusahaan tersebut ternyata mampu mendorong karyawan berkinerja baik. Terbukti dari diskripsi statitik menunjukan bahwa kinerja karyawan berada pada kriteria baik. Gaya kepemimpinan merupakan salah satu factor yang kontribusinya relative besar dalam meeningkatkan kinerja karyawan.
Akuntansi Syariah dalam Implementasi Sistem Informasi Akuntansi pada e-Commerce di Indonesia Thia Noviyanti
Economics and Digital Business Review Vol. 3 No. 2 (2022): February - July
Publisher : STIE Amkop Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37531/ecotal.v3i2.167

Abstract

Berkembangnya teknologi berdampak dalam aspek pemasaran, termasuk didalamnya sistem jual beli yang berlangsung di Indonesia. Diperkuat dengan kondisi dua tahun kebelakang, dimana masyarakat Indonesia hingga dunia mengalami pandemi akibat Covid-19. Hadirnya e-commerce merupakan inovasi dalam pemasaran yang menggandeng kecanggihan teknologi. Partisipan dalam e-commerce cukup beragam, menyesuaikan dengan pangsa pasar masing-masing. Sebagai poin unggul dari e-commerce, mudah dijangkau oleh siapapun dan dimanapun yang mana efisien dalam waktu dan lebih efektif. Akuntansi adalah sistem yang mengubah transaksi menjadi informasi keuangan. Selain itu, transaksi islam adalah transaksi yang dilakukan sesuai dengan hukum islam. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa akuntansi syariah yang ditangani dalam transaksi syariah dilakukan sesuai dengan hukum syariah yaitu menurut hukum islam Al=Qur’an dan Sunnah. Sistem merupakan mekanisme yang digunakan dalam komunikasi dimana terjadi terkaitan antara interaksi dan tujuan yang akan dicapai. Sistem terdiri dari komponen kecil yang saling berhubungan, dengan kata lain system adalah mekanisme yang dilakukan untuk menemukan fakta-fakta dalam sebuah informasi. Penelitan ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kepustakaan. Sumber data primer yang dimaksud yaitu jurnal, artikel, maupun dokumen terkait yang berhubungan dengan data yang dibutuhkan dalam penelitian. Metode analisis menggunakan content analysis atau sering didefinisikan sebagai analisa konten, ialah sebuah mekanisme yang digunakan untuk mencari kesimpulan yang reflikatif berdasarkan konteks. Hasil penelitian menunjukan bahwa akuntansi syariah merupakan salah satu upaya mendekonstruksi akuntansi modern dalam bentuk yang humanis dan sarat akan nilai. Sistem informasi akuntansi syariah menonjolkan nilai-nilai Islam baik itu dalam objek akuntansinya maupun sistem informasinya, sistem informasi akuntansi syariah mempunyai tanggungjawab yang besar dalam masalah moral. Dalam E-commerce dikenal istilah transaksi jual beli barang atau jasa, kegiatan yang berlangsung harus menggunakan fasilitas transaksi online seperti rekening pihak ketiga untuk menjamin keamanan transaksi. Penjual hanya akan menerima uang pembayaran setelah barang diterima oleh pembeli. Selama barang tersebut belum diterima oleh pembeli, maka penjual tidak dapat mencairkan hasil penjualan dan jika produk gagal sampai ketangan pembeli maka uang yang telah dibayarkan akan dikembalikan ke pembeli. Sehingga dalam pelaksanaanya pada akuntansi dapat dilakukan secara subtansial dan eksplisit.
Dampak Gaya Hidup Hedonisme terhadap Pengelolaan Keuangan Pribadi pada Mahasiswa di Kota Makassar Chaerunnisa Rumianti; Ansir Launtu
Economics and Digital Business Review Vol. 3 No. 2 (2022): February - July
Publisher : STIE Amkop Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37531/ecotal.v3i2.168

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh gaya hidup hedonisme terhadap pengelolaan keuangan pribadi mahasiswa di kota Makassar. Penelitian kuantitatif deskriptif ini berpopulasi mahasiswa di kota Makassar dan pengambilan sampling menggunakan probability random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 89 mahasiswa. Data dikumpulkan dengan metode kuesioner kemudian pengolahan data primer menggunakan teknik analisis Statistical Package for Social Science (SPSS) dan dianalisis dengan analisis statistik deskriptif, analisis regresi linier, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukan bahwa gaya hidup hedonisme berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengelolaan keuangan pribadi. Simpulan penelitian ini yaitu terdapat pengaruh gaya hidup hedonisme terhadap pengelolaan keuangan pribadi mahasiswa di kota Makassar.
Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Harga Saham Lola Novita
Economics and Digital Business Review Vol. 3 No. 2 (2022): February - July
Publisher : STIE Amkop Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37531/ecotal.v3i2.169

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalis pengaruh kinerja keuangan yang diukur dengan menggunakan rasio CAR, ROA, LDR terhadap harga saham pada bank BUMN yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Populasi dalam penelitian ini adalah Bank BUMN yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dari tahun 2012 sampai dengan tahun 2016 sebanyak 4 perusahaan, diantaranya PT. Bank Mandiri, PT. Bank BNI, PT. Bank BRI dan PT. Bank BTN. Metode penentuan sampel yang digunakan adalah metode sensus. Sumber data yang digunakan adalah data sekunder berupa laporan keuangan bank BUMN yang diperoleh dari situs Bursa Efek Indonesia. Data dalam penelitian ini akan diuji dengan beberapa tahapan pengujian, diantaranya yaitu uji statistik deskriptif, uji asumsi klasik yang terdiri dari (uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas), dan pengujian seluruh hipotesis melalui uji koefisien determinasi, uji parsial (uji t) dan uji simultan (uji f). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Capital Adequacy Ratio (CAR) berpengaruh positif tapi tidak signifikan terhadap harga saham pada Bank BUMN yang terdaftar DI Bursa Efek Indonesia. Sementara Retrun On Assets (ROA) berpengaruh positif dan signifikan terhadap harga saham. Dan Loan Deposit Ratio (LDR) berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap harga saham pada Bank BUMN yang terdaftar DI Bursa Efek Indonesia.
Kepatuhan Wajib Pajak : Aspek Kesadaran, Pelayanan Fiskus, Penerapan E-Filing Dara Ayu Nianty
Economics and Digital Business Review Vol. 3 No. 2 (2022): February - July
Publisher : STIE Amkop Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37531/ecotal.v3i2.170

Abstract

Penelitian ini bertujuan ingin menguji pengaruh kesadaran, pelayanan fiskus dan penerapan e-filing terhadap kepatuhan wajib pajak. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan saintific untuk menguji pembenaran hipotesis yang diajukan dengan statistik sampai menemukan kesimpulan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh wajib pajak orang pribadi yang tercatat di KPP Pratama Makassar Barat sebanyak 136.414 Wajib Pajak Orang Pribadi. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah dengan cara Accidental sampling dengan jumlah sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah 100 wajib pajak orang pribadi. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi berganda melalui program SPSS. Hasil pengujian menunjukkan bahwa kesadaran, pelayanan fiskus dan penerapan e-filing baik secara parsial dan simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak.
Total Quality Management, Budaya Organisasi Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Mukhtar Tahir
Economics and Digital Business Review Vol. 3 No. 2 (2022): February - July
Publisher : STIE Amkop Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37531/ecotal.v3i2.171

Abstract

Employee performance has a very important meaning in a company to achieve big profits because it can make a big contribution to company profits. This study aims to determine the effect of Total Quality Management (TQM), Organizational Culture and work motivation on the performance of employees of PT Bosowa Propertindo Makassar. The approach used in this study is a quantitative approach to test hypotheses with a relationship between variables or a causal relationship. The population in this study were all employees of PT Bosowa Propertindo Makassar, totaling 35 people. The sampling of this research was carried out using a saturated sampling technique (census), so that the sample used in this study were all 35 employees of PT Bosowa Propertindo Makassar. The data were collected by research in the form of scores on the questionnaire. Then, the analytical technique used is multiple linear regression analysis. The results of the study found that total quality management, organizational culture and work motivation both simultaneously and partially had a positive and significant effect on employee performance at PT Bosowa Propertindo Makassar.
Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Iconnet Bandung Lubna Zagladi; Syahputra Syahputra
Economics and Digital Business Review Vol. 3 No. 2 (2022): February - July
Publisher : STIE Amkop Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37531/ecotal.v3i2.173

Abstract

Pada era digital yang berkembang semakin pesat ini teknologi mengambil peranan penting di kehidupan sehari-hari yang menjadikan kegiatan masyarakat tidak terhindar dari konsumsi internet. Tingginya konsumsi internet di Indonesia terlebih di Jawa Barat khususnya di Bandung dipandang sebagai peluang bisnis yang menguntungkan bagi para perusahaan bidang telekomunikasi. Peluang bisnis tersebut biasanya dimanfaatkan oleh perusahaan telekomunikasi namun baru-baru ini PT. PLN (Persero) yang sukses dengan bisnis listrik kini membentuk anak perusahaan khusus bergerak dibidang telekomunikasi dengan menggandeng PT. ICON+ (Indonesia Comnets Plus) sebagai anak perusahaan dengan produk berupa internet boardband yang dikenal dengan Iconnet. Iconnet dikenal sebagai perusahaan penyedia intenet dengan biaya termurah sehingga banyak masyarakat mempertanyakan bagaimana kualitas dari produk yang ditawarkan. Studi berikut bertujuan guna mengenali pemaparan pengaruh kualitas produk serta kualitas pelayanan perihal kepuasan pelanggan, apakah parsial (sebagian) ataupun simultan (bersamaan) perihal Iconnet di Bandung. Penelitian berikut memiliki populasiapelanggan Iconnet yang berada di Bandung yang berjumlah 6.183 pelanggan sehingga sampel pada studi berikut berjumlah 100 orang. Penelitian ini mempergunakan, ujiiasumsi klasik, ujihhipotesis yang terbagi menjadi ujitt, ujiff, dan koefisienddeterminasi (R2) dan menunjukan eksistensi pengaruh positif danjuga signifikan secara parsial serta simultan terhadap ketiga variabel tersebut. Dengan hasil Y =i4,716 +i0,622 (X1).+ 0,634i(X2). Hasil perihal pengujian koefisien determinasi (R2) menunjukan bahwa kualitas.produk serta kualitas.pelayanan mempengaruhi kepuasanipelanggan senilai 79,9%.sedangkan 20,1%.lainnya merupakan pengaruh dari faktor lain...
Analysis of Consumer Attitude, Value, Customer Satisfaction on Interest to Buy in Top Supermarkets Rike Selviasari; Diana Ambarwati
Economics and Digital Business Review Vol. 3 No. 2 (2022): February - July
Publisher : STIE Amkop Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37531/ecotal.v3i2.174

Abstract

The purpose of this study is to look at how sacrifice affects value, how consumer attitudes affect value, how consumer attitudes affect consumer satisfaction, how consumer attitudes affect buying interest, how value affects consumer satisfaction, how value affects buying interest, and how consumer satisfaction affects buying interest. This study is a hypothesis-testing study using the survey method, as stated in the objectives. The study's target population is 100 people, which includes all Kediri Top Supermarket customers. Purposive sampling is the technique utilized. Pretest, validity and reliability, estimation, and structural model testing were the test instruments employed in this study. It employed Structural Equation Modeling to test it (SEM). The study's findings revealed that: (1) Sacrifice had a significant effect on the value. (2) Consumer attitudes have a significant effect on the value. (3) Consumer attitudes have a significant effect on consumer buying interest. (4) The value has a significant effect on consumer satisfaction. (5) Consumer satisfaction has a significant effect on consumer buying interest.
Analisis Strategi Pemasaran Terhadap Peningkatan Jumlah Peserta Golongan Bukan Penerima Upah (BPU) Pada BPJS Ketenagakerjaan Cabang Medan Kota Yola Anastasia Br Sinuhaji; Herlina Novita
Economics and Digital Business Review Vol. 3 No. 2 (2022): February - July
Publisher : STIE Amkop Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37531/ecotal.v3i2.175

Abstract

Penelitian ini berjudul Analisis Strategi Pemasaran Terhadap Peningkatan Jumlah Peserta Golongan Bukan Penerima Upah (BPU) pada BPJS Ketenagakerjaan Cabang Medan Kota. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Kepesertaan Peserta Bukan Penerima Upah (BPU) pada BPJS Ketenagakerjaan Cabang Medan Kota dan strategi pemasaran yang diprioritaskan oleh BPJS Ketenagakerjaan Cabang Medan Kota. Metode penelitian yang peneliti gunakan yaitu penelitian lapangan dimana teknik penelitian yang digunakan adalah teknik penelitian kualitatif, serta peneliti menggunakan observasi dan wawancara guna untuk mendapatkan data yang dibutuhkan dalam penelitian ini. Strategi pemasaran yang dikembangkan oleh Fandy Tjiptono, yang menjadi focus utama dalam pemasaran adalah Bauran Pemasaran. Produk, harga, tempat dan promosi yang digunakan dalam bauran pemasaran atau sering disebut dengan “4P” guna menumbuhkan jumlah peserta golongan Bukan Penerima Upah (BPU) pada Badan penyelenggara Jaminan Sosial Tenaga Kerja.
Pengaruh Brand Ambasador Celebrity, Gaya Hidup dan Kepercayaan terhadap Proses Keputusan Pembelian ( Studi Kasus Market Place Shopee ) Sodik Mutadun; Endang Tjahjaningsih
Economics and Digital Business Review Vol. 3 No. 2 (2022): February - July
Publisher : STIE Amkop Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37531/ecotal.v3i2.178

Abstract

This research I used to analyze influence of celebrity Brand ambassador, lifestyle and trust in the purchasing decisions proces. The object of research is market place shopee and the independent variables in the study are celebrity brand ambassador, lifestyle and trust, and dependent variable is purchasing decisions proces. The population in the research are consumer visit and buoght the product at time once at market place shopees, research takes as many samples of approximately 100 answer. The method used in taking answers in the research is purposive sampling, Results in this research show that celebrity brand ambassador has a positive and insignificant effect on purchasing decisions proces, lifestyle perceptions has a positive and significant effect on purchasing decision process, trust had a positive and significant effect on purchasing decisions process. Keywords: Purchasing decisions process, celebrity brand ambassador, lifestyle and trust

Page 1 of 4 | Total Record : 36