cover
Contact Name
Tohir Solehudin
Contact Email
jpg@uika-bogor.ac.id
Phone
+6282110975474
Journal Mail Official
jpg@uika-bogor.ac.id
Editorial Address
Jl. K.H. Sholeh Iskandar km 2 Bogor 16162 Jawa Barat, Indonesia Telp/Fax: 0251-8335335
Location
Kota bogor,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Guru (JPG)
ISSN : 27221504     EISSN : 27211002     DOI : 10.32832/jpg
Core Subject : Education,
Merupakan Jurnal Pendidikan yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Ibn Khaldun Bogor. Ruang lingkup meliputi penelitian para guru terkait pendidikan
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol. 4 No. 2 (2023): JPG: Jurnal Pendidikan Guru" : 9 Documents clear
Manajemen Kelas Tahfidz Al-Qur'an Dalam Meningkatkan Pendidikan Karakter Kelas I-E MI Maarif Pagerwojo Anggun Cahyaning Pramesti; Silvia Mulyaning Diar
JPG: Jurnal Pendidikan Guru Vol. 4 No. 2 (2023): JPG: Jurnal Pendidikan Guru
Publisher : LPPM Universitas Ibn Khaldun, Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Di zaman sekarang ini banyak dijumpai anak-anak yang lebih menghabiskan waktunya hanya untuk bermain hp dibanding menghafal Al-Qur'an. Oleh karena itu peranan guru dan orang tua sangat berpengaruh terhadap karakter anak sehingga kelas Tahfidz Al-Qur'an bisa diharapkan dapat menjadikan anak terbiasa dalam membaca Al-Qur'an terutama di dalam menghafal Al-Qur'an. Oleh karena itu, peneliti melakukan penelitian ini guna untuk mengetahui manajemen kelas tahfidz Al-Qur'an dalam meningkatkan pendidikan karakter. Adapun peneliti menggunakan metode kualitatif deskriptif. Subyek penelitian adalah guru wali kelas, guru tahfidz Al-Qur'an, dan peserta didik kelas I-E Tahfidz-B yang berjumlah 26 orang. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran tahfidz Al-Qur'an di MI Maarif Pagerwojo dilakukan dengan baik. Dengan adanya pembelajaran tahfidz maka akan berdampak pada peningkatkan karakter peserta didik diantaranya adalah karakter religius, kejujuran, disiplin, kerjakeras, mandiri, bersahabat/komunikatif (sopan santun), gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, dan tanggung jawab.
Peran Lingkungan Sekolah Terhadap Pembentukan Karakter Disiplin Dan Tanggung Jawab Siswa Kelas II MI Ma'arif Pagerwojo Diajeng Avita; Khanifatus Sholikhah
JPG: Jurnal Pendidikan Guru Vol. 4 No. 2 (2023): JPG: Jurnal Pendidikan Guru
Publisher : LPPM Universitas Ibn Khaldun, Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peran lingkungan sekolah, faktor-faktor yang menjadi pengahambat dan pendukung pembentukan karakter disiplin dan tanggung jawab siswa kelas 2  Mi Ma'arif Pagerwojo. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif-kualitatif, dan dilaksanakan di Mi Ma'arif Pagerwojo. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data mengunankan analisis interaktif yang dikemukakan oleh Miles dan Huberman. Peran lingkungan fisik Mi Ma'arif Pagerwojo mampu membuat siswa disiplin dan lebih bertanggung jawab karena tersedianya fasilitas seperti buku monitoring aktivitas harian. Namun ketersediaan buku monitoring aktivitas harian siswa tersebut tidak serta merta dapat membuat siswa disiplin karena masih membutuhkan bimbingan. Faktor pendukung pembentukan karakter siswa Mi Ma'arif Pagerwojo  adalah para pendidik, siswa dan semua warga sekolah. Sementara faktor penghambatnya adalah lingkungan di luar sekolah.
Pendampingan Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Realistic Mathematics Education (RME) Pada Kelompok Kerja Guru (KKG) SD Di Kecamatan Hulu Palik Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Irfan Supriatna; Herman Lusa
JPG: Jurnal Pendidikan Guru Vol. 4 No. 2 (2023): JPG: Jurnal Pendidikan Guru
Publisher : LPPM Universitas Ibn Khaldun, Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pendampingan dalam bentuk pelatihan pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Realistic Mathematic Education (RME) pada Kelompok Kerja Guru (KKG) SD di Kecamatan Hulu Palik untuk meningkatkan kompetensi guru,  memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada para guru tentang pentingnya LKPD.
PENGARUH ORGANISASI SISWA PESANTREN EL-ALAMIA (OSPELA) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB DI PONDOK PESANTEN EL-ALAMIA BOGOR Nurholis Heqal; Hasbi Indra; Yono Yono
JPG: Jurnal Pendidikan Guru Vol. 4 No. 2 (2023): JPG: Jurnal Pendidikan Guru
Publisher : LPPM Universitas Ibn Khaldun, Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Organisasi Siswa Pesantren El-Alamia (OSPELA) terhadap hasil belajar bahasa Arab di Pondok Pesantren EL-Alamia Bogor. Pendekatan penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen. Dengan sampel yang berjumlah 40 peserta didik yang terbagi menjadi dua kelompok, pertama kelompok kontrol yang kedua kelompok eksperimen. Teknik pengambilan data menggunakan observasi, dokumentasi, angket dan test. Adapun test yang digunakan berbentuk pilihan ganda. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji t dengan desaign  Paired Sample T-Test dan Independent Sample T-Test. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar peserta didik kelas XI mata pelajaran bahasa Arab di kelas eksperimen yang mengikuti organisasi mendapatkan nilai rata-rata sebesar 81.75 sedangkan pada kelas kontrol mendapatkan nilai rata-rata 78.25, maka bisa dikatakan terdapat pengaruh organisasi OSPELA terhadap hasil belajar Bahasa Arab secara signifikan. yang diperoleh dari koofesian nilai dari uji t sebesar sebesar 0.423 Maka t hitung 5.150 > t tabel 0.423. dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara Organisasi Siswa Pesantren El-Alamia (OSPELA) terhadap hasil belajar bahasa Arab di Pondok Pesantren EL-Alamia Bogor. Kata Kunci: Bahasa Arab, Hasil Belajar, Organisasi
Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Aqidah Akhlak Kelas VII MTs Mathla'ul Anwar 1 Kota Bogor Isma Anikmah
JPG: Jurnal Pendidikan Guru Vol. 4 No. 2 (2023): JPG: Jurnal Pendidikan Guru
Publisher : LPPM Universitas Ibn Khaldun, Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Meningkatnya hasil belajar peserta didik dapat diperoleh dengan menggunakan media yang tepat dalam pembelajaran. Media pembelajaran audio visual merupakan media yang cukup efektif dalam meningkatkan hasil belajar. Penelitian ini dilakukan untuk membuktikan apakah terdapat pengaruh yang signifikan pada peningkatan hasil belajar Aqidah Akhlak kelas VII MTs Mathla'ul Anwar 1 dengan menggunakan media audio visual. Dalam penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen kuasi (quasi eksperiment) dan desain yang digunakan adalah pre-test dan post-test design. Populasi yang digunakan adalah kelas VII yang terdiri dari 48 peserta didik, dan terbagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Sampel yang digunakan adalah seluruh jumlah populasi, sampel diambil berdasarkan teknik total sampling. Teknik pengambilan data terbagi menjadi beberapa bagian, yaitu observasi, dokumentasi, dan tes. Adapun tes yang digunakan adalah tes pilihan ganda yang berjumlah 20 butir soal. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji t dengan menggunakan bantuan aplikasi SPSS 29.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Hasil belajar Aqidah Akhlak pada kelas kontrol memperoleh nilai rata-rata sebesar 70.21, dan pada kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata sebesar 85.42. 2) Berdasarkan Uji Independent Sampel T-Test diketahui Sig. (2 tailed) yaitu sebesar 0.001 < 0.05. Sebagaimana pengambilan keputusan pada Uji Independent Sampel T-Test, maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan media pembelajaran audio visual terhadap hasil belajar Aqidah Akhlak kelas VII MTs Mathla'ul Anwar 1 Kota Bogor.Kata Kunci: Aqidah Akhlak, Hasil Belajar, Media Audio Visual
Penerapan Pembelajaran Multikultural Dalam Lingkup Pendidikan Di Sekolah Julia Kartika Putri
JPG: Jurnal Pendidikan Guru Vol. 4 No. 2 (2023): JPG: Jurnal Pendidikan Guru
Publisher : LPPM Universitas Ibn Khaldun, Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This study aims to determine the meaning of multicultural education and education and the application of multicultural learning. This type of research is literature research by collecting data in the form of books or journals that are on the topic. This research uses analytical methods with a descriptive presentation. The results showed that: (1) Education as an interaction between educators and students, (2) the concept of multicultural education in schools, (3) the application of multicultural learning in schools that makes teachers an important role in building the cultural values of students. Multicultural learning in schools can be started by holding activities, such as multicultural training, workshops, and seminars involving teaching staff, counselors, staff, and students.
PENGARUH MEDIA DOMINO MATEMATIKA TERHADAP KEMANDIRIAN DAN KEAKTIFAN BELAJAR PADA MATERI PERKALIAN DAN PEMBAGIAN DI SDN MEDANGKAMULYAN Meri Marwiah
JPG: Jurnal Pendidikan Guru Vol. 4 No. 2 (2023): JPG: Jurnal Pendidikan Guru
Publisher : LPPM Universitas Ibn Khaldun, Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Matematika merupakan salah satu komponen dari serangkaian mata pelajaran yang mempunyai peranan penting dalam pendidikan. Matematika merupakan salah satu bidang studi yang mendukung perkembangan ilmu pengetahuan dan tekhnologi. Namun masih banyak peserta didik yang beranggapan bahwa Matematika merupakan mata pelajaran yang paling sulit sehingga menimbulkan kebosanan dan menjadi hal yang menakutkan. Hal ini diakibatkan oleh sebagian peserta didik yang mengalami kesulitan saat mengerjakan soal matematika dan kurangnya penggunaaan media yang menyenangkan. Sehingga diperlukan media yang tepat untuk mengatasi masalah tersebut. Salah satu alternatif yang tepat yaitu dengan menerapkan media Domino Matematika  pada materi perkalian dan pembagian. Dengan diterapkanya media Domino Matematika ini diharapkan dapat berpengaruh terhadap kemandirian dan keaktifan belajar peserta didik. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan merasakan pengaruh media Domino Matematika dalam meningkatkan kemandirian dan keaktifan belajar serta untuk Menguji kelayakan Domino Matematika sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan kemandirian dan keaktifan peserta didik . Penelitian ini dilaksanakan di SDN Medangkamulyan  Kabupaten Tasikmalaya dengan jumlah siswa 21 peserta didik.Metode penelitian yang digunakan yaitu menggunakan metode Eksperimental dengan desain penelitian Non Equivalent DesainPenelitian ini dilaksanakan di SDN Medangkamulyan Kabupaten Tasikmalaya. Adapun Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu teknik kuantitatif. Hasil dari penelitian ini yaitu menjadikan peserta didik mandiri dan aktif dalam mengikuti pembelajaran matematika  Untuk teknik pengumpulan data nya menggunakan observasi tentang kemandirian dan keaktifan peserta didik.Hasil data yang telah dianalisis terdapat hasil yang signifikan yaitu 0,000 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan Hâ‚€ ditolak dan Hₐ diterima karena terdapat pengaruh media domino matematika terhadap kemandirian dan keaktifan peserta didik pada materi perkalian dan pembagian.Kata Kunci: Media Domino Matematika, Hasil Belajar, Pembelajaran Matematika.
PENGARUH PENGGUNAAN SMARTPHONE TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SMK ADI SANGGORO BOGOR Panji Angkasa
JPG: Jurnal Pendidikan Guru Vol. 4 No. 2 (2023): JPG: Jurnal Pendidikan Guru
Publisher : LPPM Universitas Ibn Khaldun, Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Smartphone adalah salah satu dari sekian banyaknya teknologi yang berkembang, saat ini. telepon genggam yang mempunyai kemampuan dengan penggunaan dan fungsi yang menyerupai komputer. Kehadiran smartphone yang dapat dibeli dengan mudah menjadi alternatif keterbatasan sumber belajar bagi guru dan siswa. Penggunaan smartphone pada saat ini bukan lagi menjadi suatu kebutuhan melainkan sudah menjadi tren pada masa kini, fitur yang lengkap setara dengan prangkat laptop sekalipun sudah bisa didapat dalam satu prangkat smartphone yang canggih. Penggunaan smartphone sudah menyebar luas seara merata, baik dikalangan anak-anak, remaja, dan dewasa. Temuan pada penelitian ini adalah berdasarkan pengujian melalui regresi linear sederhana diketahui Konstanta sebesar 87.779, mengandung arti bahwa nilai konisten variabel prestasi belajar adalah sebesar 87.779. Koefisien regresi X sebesar 0,002 menyatakan bahwa setiap penambahan 1% nilai pengaruh smartphone, maka nilai prestasi berkurang sebesar 0,002. Koefisien regresi tersebut bernilai positif, sehingga dapat dikatakan bahwa arah pengaruh variabel X (smartphone) terhadap Y (prestasi belajar) bersifat positif
Paired Story Telling Cerita Bergambar Teknologi Pangan Kuliner Lokal Bali Meningkatkan Berbicara Ketut Ayu Lola Monika; Ida Bagus Putrayasa Bagus Putrayasa; I Nyoman Sudiana; Sariyasa Sariyasa Sariyasa
JPG: Jurnal Pendidikan Guru Vol. 4 No. 2 (2023): JPG: Jurnal Pendidikan Guru
Publisher : LPPM Universitas Ibn Khaldun, Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Students lack the ability to properly express their opinions and use media, a class action research was conducted to improve students' speaking skills using the Paired Story Telling model supported by media images.The subjects of this review were 20 understudies from class III SDN 7 Sangsit Bali, and the data were investigated utilising subjective and quantitative distinct methods. The results of this study are pre-cycle students' speaking skills scores of 63.55 on average, 64 on the median, 62 on the mode, and 20% classical mastery; the students' speaking skills are not very good.The mean was 71.5, the median was 70, the mode was 63, and classical mastery was 65% in the first cycle.Speaking skills improved in cycle II, with mean 90, median 92, mode 92, and 90 percent classical completeness falling into the category of very good. As a result, the Paired Story Telling model supported by picture media improves elementary school students' speaking abilities

Page 1 of 1 | Total Record : 9