cover
Contact Name
Prof. Dr. Suwarto, M.Pd
Contact Email
suwartowarto@yahoo.com
Phone
+6281329275915
Journal Mail Official
suwartowarto@yahoo.com
Editorial Address
Jl. Letjend Sujono Humardani No. 1 Jombor Sukoharjo 57521
Location
Kab. sukoharjo,
Jawa tengah
INDONESIA
Jurnal Pendidikan
ISSN : 2715095X     EISSN : 26865041     DOI : https://doi.org/10.32585/jp.v29i2.647
Core Subject : Education,
Jurnal Pendidikan merupakan jurnal ilmiah yang memuat dan menyebarluaskan hasil penelitian, kajian mendalam, dan gagasan atau karya inovatif di bidang pendidikan. Karya inovatif para guru dan dosen pembangunan sektor pendidikan yang mampu memberikan kontribusi positif bagi sekolah dan institusi pendidikan menjadi fokus jurnal ini. 1. Media pembelajaran 2. Model Pembelajaran 3. Pendekatan Pembelajaran 4. Strategi Instruksional 5. Metode Intruksional 6. Teknik Pengajaran 7. Taktik Pengajaran
Articles 21 Documents
Search results for , issue "Vol 30, No 2 (2021)" : 21 Documents clear
Penerapan Model Pembelajaran Number Heads Together (NHT) untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPA Materi Perubahan Benda Siswa Kelas VI SDN Cemani 03 Tahun Pelajaran 2019/2020 haryanti haryanti
JURNAL PENDIDIKAN Vol 30, No 2 (2021)
Publisher : Universitas Veteran Bangun Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (116.339 KB) | DOI: 10.32585/jp.v30i2.1541

Abstract

Latar belakang diadakan penelitian tindakan kelas ini adalah data nilai rata rata ulangan harian sebesar 67. Rendahnya nilai rata-rata kelas disebabkan oleh siswa kurang antusias mengikuti pelajaran IPA dikarenakan kurang tepatnya metode, model ataupun strategi yang digunakan guru dalam mengajar IPA   Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah pembelajaran dengan menggunakan Model Numbered Heads Together  (NHT) dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi perubahan benda pada siswa kelas VI SD siswa kelas VI SD Negeri Cemani 03 Sukoharjo semester 1 tahun pelajaran 2019/2020. Waktu penelitian selama 5 bulan mulai bulan Agustus 2019 sampai Desember 2019. Subjek  penelitian adalah seluruh siswa kelas VI yang berjumlah 29 siswa Sekolah SD Negeri Cemani  03 Sukoharjo semester 1 tahun pelajaran 2019/2020, sedangkan yang menjadi objek penelitian yaitu kegiatan belajar dalam rangka  meningkatkan prestasi belajar IPA perubahan benda siswa kelas VI Sekolah SD Negeri Cemani 03 Kabupaten Sukoharjo melalui penerapan model pembelajaran NHT. Pada pelaksanaan PTK ini, peneliti akan menggunakan tiga teknik dalam pengumpulan data. Ketiga teknik tersebut diharapkan bisa dikolaborasikan sehingga mendapatkan hasil sesuai dengan yang diharapkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui  penerapan model pembelajaran NHT di duga dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi perubahan benda siswa kelas VI SD Negeri Cemani 03 Sukoharjo semester 1 tahun pelajaran 2019/2020 terbukti kebenarannya. Peningkatan ketuntasan belajar siswa dari 59% pada kondisi awal meningkat menjadi 76% pada siklus I dan meningkat menjadi 100% pada siklus II. Peningkatan nilai rata-rata ulangan harian dan ketuntasan belajar peningkatan kriteria ketuntasan secara klasikal juga sudah tercapai.Kata Kata Kunci: NHT, prestasi belajar, perubahan benda
Peningkatan Kemampuan Menyusun RPP Bagi Guru Kelas dan Mata Pelajaran Di SD Negeri 2 Trayu Kecamatan Banyudono Kabupaten Boyolali Melalui Supervisi Akademik Metode Direktif Semester II Tahun 2021 daliyo spd
JURNAL PENDIDIKAN Vol 30, No 2 (2021)
Publisher : Universitas Veteran Bangun Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (740.89 KB) | DOI: 10.32585/jp.v30i2.1535

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan langkah-langkah pelaksanaan supervisi akademik dengan pendekatan kelompok metode direktif guna meningkatkan kemampuan guru kelas dan guru mata pelajaran dalam penyusunan RPP; dan 2) meningkatkan kemampuan guru kelas dan guru mata pelajaran dalam penyusunan RPP di SD Negeri 2 Trayu Kecamatan Banyudono Kabupaten Boyolali melalui supervisi akademik dengan pendekatan kelompok metode direktif. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan. Penelitian dilakukan di SD Negeri 2 Trayu Kecamatan Banyudono Kabupaten Boyolali pada semester 2 tahun pelajaran 2020/2021 selama 3 (tiga) bulan. Subjek penelitian adalah 8 (delapan) orang guru kelas dan guru mata pelajaran di SD Negeri 2 Trayu Kecamatan Banyudono Kabupaten Boyolali. Prosedur penelitian dalam penelitian tindakan ini pada intinya mengacu pada desain penelitian yang digunakan, yaitu: 1) perencanaan; 2) pelaksanaan; 3) observasi; dan 4) refleksi hasil tindakan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa: 1) Langkah-langkah pelaksanaan supervisi akademik pendekatan kelompok dengan metode direktif untuk meningkatkan kemampuan guru dalam penyusunan RPP adalah sebagai berikut: a) Menyampaikan pengumuman kepada guru tentang akan dilaksanakannya kegiatan supervisi akademik mengenai peningkatan kemampuan guru dalam penyusunan RPP; b) Mempersiapkan materi bimbingan berupa penyusunan silabus dan RPP sesuai dengan Kurikulum 13; c) Menyampaikan materi bimbingan tentang cara penyusunan silabus dan RPP sesuai dengan Kurikulum 13 dengan benar; dan d) Mempersiapkan instrumen supervisi baik instrumen wawancara maupun instrumen pengamatan; 2) Supervisi akademik dengan pendekatan kelompok metode direktif dapat meningkatkan guru kelas dan guru mata pelajaran dalam penyusunan RPP di SD Negeri 2 Trayu Kecamatan Banyudono Kabupaten Boyolali. Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya nilai rata-rata hasil penilaian RPP yang diperoleh guru maupun jumlah guru dengan kemampuan menyusun RPP kategori Amat Baik (A) dan Baik (B) pada setiap siklus tindakan yang dilakukan. Nilai rata-rata hasil penilaian RPP mengalami peningkatan dari sebesar 67.95 pada kondisi awal, meningkat menjadi 74.55 pada tindakan Siklus I, dan kemudian meningkat menjadi 81.12 pada tindakan Siklus II. Jumlah guru dengan kemampuan menyusun RPP kategori Amat Baik (A) dan Baik (B) mengalami peningkatan dari sebanyak 31.25% pada kondisi awal, meningkat menjadi 50.00% pada tindakan Siklus I, kemudian meningkat menjadi 81.25% pada tindakan Siklus II.Kata-kata Kunci: Penyusunan RPP, supervisi akademik, pendekatan kelompok,                                    metode direktif
Perlu Kehati-hatian Dalam Pemberian Materi Pendidikan Di Indonesia Djaja Hendra
JURNAL PENDIDIKAN Vol 30, No 2 (2021)
Publisher : Universitas Veteran Bangun Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (92.493 KB) | DOI: 10.32585/jp.v30i2.1356

Abstract

Dunia pendidikan di semua jenjang di Indonesia acapkali tidak bersesuaian dengan kenyataan di dunia Kerja. Akibatnya, pengangguran pun terjadi di mana-mana, terlebih di masa pandemi ini. Nampaknya, berbagai kebijakan telah pula dilakukan pemerintah tetapi persoalan pendidikan, luar biasa rumitnya ditambah dengan kondisi geografis negara kita, mau tidak mau, tentu ada sekolah yang merespons dengan baik dan yang kurang, dalam menanggapi berbagai kebijakan dari pemeritah itu. Contoh kurikulum berskala nasional, tentu harus dipedomani dan disikapi dengan baik karena merupakan aturan baku yang harus dirujuk secara tepat dan tegas. Tetapi dalam kenyataan, harusnya peraturan itu dipahami tidak kaku, elastis-elastis saja dan disesuaikan dengan kondisi di daerah masing-masing. Begitu kakunya, kadang-kadang, membuat parapenga-jar di berbagai tingkat dan jenjang pendidikan tadi, agak sulit dalam berkreasi dan berinovasi. Oleh karena itu, wajar jika orang yang lebih dekat dengan pusat pemerintahan  di Jawa jauh lebih responsif, cepat dan informatif dalam menyikapi daripada mereka yang berasal dari Luar Jawa. Di sini hendaknya materi pendidikan janganlah melulu bersandar pada kurikulum nasional belaka. Jika demikian halnya, tidak mustahil orang-orang Luar Jawa akan selalu tertinggal dan menjadi penonton di daerah mereka sendiri. Dalam dua dasawarsa terakhir ini saja, sudah banyak orang-orang di Jawa --- dalam tes ASN misalnya --- mengikuti tes ASN di Luar Jawa, karena tingginya angka persaingan dan lapangan kerja di Jawa. Membandingkan kondisi demikian, sah-sah saja. Memang tes ASN di mana pun sama saja. Tetapi sulit kiranya peserta tes Luar Jawa dapat menyamai mereka yang berasal dari Jawa, apalagi sampai mengungguli. Itulah sebabnya -- pemerintah dalam pemberian materi pendidikan sesuai kurikulum -- hendaknya memberikan peluang yang kreatif dan inovatif kepada daerah maupun kepada parapengajarnya.    Kata-kata kunci: materi pendidikan, tes-ASN, kurikulum, parapengajar, daerah Luar Jawa
Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Multimedia Interaktif untuk Mata Kuliah Elektronika Daya irwanto irwanto irwanto
JURNAL PENDIDIKAN Vol 30, No 2 (2021)
Publisher : Universitas Veteran Bangun Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (129.585 KB) | DOI: 10.32585/jp.v30i2.1375

Abstract

Multimedia merupakan media pembelajaran berbasis komputer yang dikemas menjadi CD pembelajaran. Teknologi yang semakin berkembang telah masuk ke dalam dunia pendidikan sehingga memberikan  warna  yang  positif. Dengan  pengembangan  teknologi dan media pendidikan menjadikan interaksi dalam proses pembelajaran semakin aktif. Penelitian ini bertujuan untuk mendukung proses pembelajaran mata kuliah elektronika daya untuk menjadikan pembelajaran yang efektif dan menyenangkan bagi mahasiswa. Jenis penelitian dan pengembangan menggunakan model Lee & Owens. Dengan tahapan (1) penilaian analisis, (2) desain, (3) pengembangan, (4) Implementasi, dan (5) evaluasi. Subjek penelitian terdiri dari ahli materi, ahli media, dosen dan mahasiswa sedangkan objek penelitiannya adalah multimedia interaktif berbasiskan CD pembelajaran. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu pedoman wawancara, angket dan tes. Teknik analisis berupa kriteria penilaian skor tiap butir dan skor rata-rata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa multimedia interaktif mata kuliah elektronika daya ini termasuk dalam kualifikasi layak untuk digunakan sebagai bahan ajar dalam pembelajaran mata kuliah elektronika daya. Hal ini ditegaskan oleh hasil uji materi sebesar 89,34% dengan kategori sangat layak, uji media didapatkan hasil skor 98,67% dengan kategori sangat layak serta uji pengguna diperoleh skor 90,17 dengan kategori sangat layak. Simpulan pengembangan bahan ajar multimedia interaktif untuk mata kuliah elektronika daya berbentuk CD pembelajaran cocok digunakan dalam menyampaikan materi di kelas. Kata=kata Kunci: Bahan ajar, Multimedia, Interaktif, Elektronika, Daya  
Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Konduktor dan Isolator Metode Discovery Learning Siswa Kelas VI SDN Cemani 03 Tahun Pelajaran 2018/2019 hariyono hariyono
JURNAL PENDIDIKAN Vol 30, No 2 (2021)
Publisher : Universitas Veteran Bangun Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (134.736 KB) | DOI: 10.32585/jp.v30i2.1542

Abstract

Latar belakang dari penelitian tindakan kelas ini adalah hasil belajar siswa sangat memprihatinkan karena dari 37 siswa kelas VI hanya 23 siswa yang mencapai tingkat penguasaan materi 62% keatas. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah pembelajaran dengan menggunakan discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi kondutor dan isolator siswa kelas VI SDN Cemani 03 Kabupaten Sukoharjo Semester 2 tahun pelajaran 2018/2019. Waktu penelitian selama 5 bulan mulai bulan Januari 2019 sampai Mei 2019. Kegiatan tersebut dibagi dalam  tahapan yaitu tahap ijin penelitian, tahap pelaksanaan dan tahap penyusunan laporan hasil penelitian. Subjek  penelitian adalah seluruh siswa kelas VI Sekolah SDN Cemani  03 Kabupaten Sukoharjo Semester 2 Tahun Pelajaran 2018/2019 yangberjumlah 37 siswa Objek penelitian ini adalah proses pembelajaran untuk meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Konduktor dan Isolator pada siswa kelas VI SDN Cemani 03 Kabupaten Sukoharjo melalui penggunaan metode pembelajaran discovery learning. Penelitian Tindakan Kelas ini, menggunakan tiga pengumpulan data yaitu observasi, dokumentasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa “Melalui  pembelajaran discovery learning di duga dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa materi konduktor dan isolator siswa kelas VI SDN Cemani 03 Kabupaten Sukoharjo semester 2 tahun pelajaran 2018/2019” terbukti kebenarannya”  Peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siswa, yaitu dari 68 pada kondisi awal meningkat menjadi 79 pada Siklus I dan meningkat kembali menjadi 85 pada siklus II. Sedangkan peningkatan ketuntasan belajar siswa dari 62% pada kondisi awal meningkat menjadi 81% pada siklus I dan meningkat menjadi 100% pada siklus II.Kata Kata Kunci: discovery learning, hasil belajar, IP
Peningkatan Hasil Belajar Matematika Sifat Sifat Bangun Datar Melalui Metode Ekspositori Siswa Kelas VB SDN Gedangan 01 Tahun Pelajaran 2018/2019 istrini istrini
JURNAL PENDIDIKAN Vol 30, No 2 (2021)
Publisher : Universitas Veteran Bangun Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (132.291 KB) | DOI: 10.32585/jp.v30i2.1540

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil ulangan harian matematika siswa kelas VB sejumlah 24 siswa mencapai ketuntansan sebanyak 15 siswa,  dengan prosentase ketuntasan hanya sebesar 63%. Tujuan peneliti melakukan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan hasil belajar khusunya pada mata pelajaran matematika materi sifat-sifat bangun datar melalui metode ekspositori siswa kelas VB SDN Gedangan 01, Grogol Sukoharjo Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian dilakukan melalui empat alur penelitian tindakan kelas yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan yang terakhir adalah refleksi. Penelitian ini menggunakan instrumen berupa perangkat soal tes tertulis,dan  lembar hasil pengamatan, yang digunakan untuk mengamati aktivitas belajar dan hasil belajar selama kegiatan berlangsung.  Hasil dari penelitian tindakan kelas ini menyatakan bahwa metode ekspositori meningkatkan hasil belajar matematika materi sifat-sifat bangun datar siswa kelas VB SDN Gedangan 01, Grogol Sukoharjo Tahun Pelajaran 2018/2019”.Terjadi peningkatan dari rata-rata nilai ulangan, yang semula hanya 65 meningkat menjadi 75 pada akhir kegiatan siklus I dan di Siklus  II meningkat lagi menjadi 82, ini membuktikan bahwa adanya peningkatan sebesar 17 dari kondisi sebelum memakai metode ekspositori sampai akhir tindakan siklus II setelah menngunakan metode ekspositori. Peningkatan ketuntasan siswa juga terlihat secara klasikal, bahwa di kondisi awal hanya 15 dari 24 siswa yang mampu tuntas lebih dari KKM atau 63% menjadi 100% siswa bernilai tuntas atau lebih dari KKM, terjadi peningkatan sebesar 37%, sehingga indikator untuk ketuntasan ≥80% dari jumlah siswa tercapai dan tidak perlu diadakan siklus selanjutnyaKata-Kata Kunci: ekspositori, hasil belajar, bangun datar
Pengaruh Kompetensi dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru di SMP Negeri 4 Kota Lubuklinggau Sumatera Selatan Yohanes Susanto; Jefirstson Richset Riwukore; Isti Afrianti; Fellyanus Habaora
JURNAL PENDIDIKAN Vol 30, No 2 (2021)
Publisher : Universitas Veteran Bangun Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (95.751 KB) | DOI: 10.32585/jp.v30i2.1578

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui besaran pengaruh kompetensi dan motivasi kerja terhadap kinerja guru di Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Kota Lubuklinggau menggunakan metode assosiatif kuantitatif, dengan menghubungkan variabel bebas dengan variabel terikat. Penelitian ini dilakukan dengan membagikan kuesioner kepada para guru dengan sampel sebanyak 45 responden. Teknis analisis pada peelitian ini menggunakan teknis statistik analisis regresi linier berganda dengan aplikasi SPSS 20.0. Hasil penelitian diperoleh bahwa berdasarkan nilai uji t-hitung untuk variabel kompetensi sebesar 2,722 > dari t-tabel 2,021 dengan nilai sig 0,000. Hal ini menunjukan bahwa kompetensi berpengaruh terhadap kinerja guru, sedangkan untuk variabel motivasi uji t-hitung sebesar 3,022 > dari t-tabel 2,021 dengan nilai sig 0,000 yang berarti ada pengaruh seignifikan antara motivasi kerja terhadap kinerja guru. Berdasarkan hasil uji- F variabel kompetensi dan motivasi kerja guru sebesar 10,380 > dari f-tabel 3,22 nilai sig 0,000 menunjukkan simultan variabel kompetensi dan motivasi secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru di Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Kota Lubuklinggau, namun secara parsial motivasi kerja lebih dominan mempengaruhi kinerja guru, maka disarankan agar unsur pimpinan khususnya Kepala Sekolah agar dapat memberikan program kerja dan kesejahteraan guru guna memacu motivasi kerja di sekolah.Kata-kata Kunci: kompetensi, motivasi kerja, dan kinerja guru
Implementasi Project Based Learning (Improbasle) Pada Pembelajaran Online Di Masa Pandemi Covid-19 Bagi Siswa SMA Negeri 1 Tawangsari Tahun Pelajaran 2020/2021 Sri Yamsih
JURNAL PENDIDIKAN Vol 30, No 2 (2021)
Publisher : Universitas Veteran Bangun Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2661.955 KB) | DOI: 10.32585/jp.v30i2.1377

Abstract

ABSTRAK :  Implementasi Project Based Learning  pada pembelajaran online di masa pandemi Covid-19 bagi siswa SMA Negeri 1 Tawangsari merupakan pendekatan pembelajaran yang bertujuan  memberikan kebebasan kepada siswa untuk merencanakan aktivitas belajar, melaksanakan proyek secara kolaboratif dalam memecahkan permasalahan dan pada akhirnya menghasilkan produk kerja yang dapat dipresentasikan kepada orang lain yang dapat dijadikan rekomendasi dalam memecahkan permasalahannya.  Project Based Learning (PjBL) merupakan serangkaian aktivitas pembelajaran  yang menuntun siswa untuk melakukan kegiatan/proyek. Langkah-langkah pembelajaran  meliputi  : penentuan proyek, perancangan langkah-langkah penyelesaian proyek, penyusunan jadwal pelaksanaan proyek, penyelesaian proyek dengan fasilitas dan monitoring guru, presentasi/publikasi hasil produk, evaluasi proses dan hasil proyek. E-Learning merupakan pembelajaran  online yang harus dijalani semua siswa di SMA Negeri 1 Tawangsari  . Pembelajaran online membutuhkan sarana dan prasarana  berupa hp, komputer/laptop, serta jaringan internet. Sekolah mengambil kebijakan  dengan memberikan bantuan kouta belajar bagi seluruh siswa beserta bapak/ibu guru. Selain itu seluruh siswa juga mendapat bantuan kuota belajar dari Kemdikbud. Diharapkan pembelajaran secara online bisa berjalan dengan baik.Kata-kata Kunci :  Implementasi Project Based Learning  ( Improbasle )
Pembelajaran Daring Dengan Menggunakan Metode Information Search Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Teks Iklan Di SMP Negeri 3 Kasihan Bantul Pada Kondisi Covid-19 Evi Rofikoh; Wulan Dari
JURNAL PENDIDIKAN Vol 30, No 2 (2021)
Publisher : Universitas Veteran Bangun Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (150.528 KB) | DOI: 10.32585/jp.v30i2.1512

Abstract

Pembelajaran daring adalah pembelajaran yang menggunakan media internet tanpa ada batasan ruang dan waktu dalam menjalankan proses pembelajaran. Pembelajaran daring adalah solusi untuk mengatasi problematika pendidikan akibat pandemi Covid-19 yang terjadi saat ini. Penelitian ini mencoba menjelaskan Pembelajaran Daring Dengan Menggunakan Metode Information Search Mata Pelajaran Teks Iklan di SMP Negeri 3 Kasihan Bantul Pada Kondisi Covid-19 dan Bagaimana Evaluasi dengan menggunakan Metode Information Search Pelajaran Teks Iklan di SMP Negeri 3 Kasihan Bantul pada kondisi Covid-19. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan informasi mengenai Pembelajaran Daring Dengan Menggunakan Metode Information Search Mata Pelajaran Pelajaran Teks Iklan di SMP Negeri 3 Kasihan Bantul Pada Kondisi Covid-19 dan Bagaimana Evaluasi Pembelajaran Daring dengan menggunakan Metode Information Search Mata Pelajaran Teks Iklan di SMP Negeri 3 Kasihan Bantul pada kondisi Covid-19. Penelitian ini diklasifikasikan sebagai penelitian kualitatif deskriptif.Kata-kata Kunci: Metode pembelajaran, Teks Iklan, Information Search, SMP
Penerapan Pembelajaran Direct Instruction untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Ciri Ciri Makhluk Hidup Siswa Kelas III SDN Nguter 01 Kartika Kurniasari Sasmoko
JURNAL PENDIDIKAN Vol 30, No 2 (2021)
Publisher : Universitas Veteran Bangun Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (150.848 KB) | DOI: 10.32585/jp.v30i2.1548

Abstract

Penelitian dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar IPA siswa kelas III SDN Nguter 01 Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA materi ciri-ciri makhluk hidup pada siswa kelas III SDN Nguter 01, Sukoharjo Semester I tahun pelajaran 2019/2020 melalui Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif DI. Metode penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam 4 alur  kegiatan, meliputi tahap  kegiatan perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap tindakan, pengamatan, dan yang terakhir adalah tahap refleksi. Lembar instrumen yang digunakan adalah perangkat tes,dan  lembar observasi, yang digunakan untuk mengamati aktivitas belajar siswa. Berdasarkan hasil analisis dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa melalui penggunaan model Pembelajaran Kooperatif DI dapat meningkatkan dapat meningkatkan hasil belajar IPA Materi Ciri-Ciri Makhluk Hidup Siswa Kelas III SDN Nguter 01 Sukoharjo Semester I Tahun Pelajaran 2019/2020. Terjadi peningkatan nilai rata-rata sebesar 12,5 dan peningkatan ketuntasan sebesar 35% dari kondisi awal sampai pada akhir siklus II Kata Kata Kunci: direct instruction, hasil belajar, IPA

Page 1 of 3 | Total Record : 21