cover
Contact Name
Tri Widya Swastika
Contact Email
tri.widyaswastika@sipil.pnj.ac.id
Phone
+6221-7270036
Journal Mail Official
camjournal.sipil@pnj.ac.id
Editorial Address
Jl. Prof. DR. G.A. Siwabessy, Kukusan, Kecamatan Beji, Kota Depok, Jawa Barat 16424
Location
Kota depok,
Jawa barat
INDONESIA
Construction and Material Journal
ISSN : -     EISSN : 26559625     DOI : https://doi.org/10.32722/cmj
Core Subject : Engineering,
Jurnal Construction And Material adalah jurnal Teknik Sipil yang mencakup bidang keahlian Dasar Teknik, Struktur, Material, Manajemen Konstruksi, Tata Laksana, Transportasi, Sumber Daya Air dan Lingkungan, Geoteknik, Pengukuran dan Jalan Raya. Jurnal ini diperuntukkan bagi mahasiswa, pengajar, dan masyarakat luas yang ingin mempublikasikan karya ilmiahnya dan belum pernah dipublikasikan dimanapun. Jurnal ini terbit secara berkala, tiga kali dalam setahun (Maret, Juli, dan November). - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - Construction And Material Journal is one of journals in the discipline of Civil Engineering from vocational school, covering basic of Civil Engineering; Structure, Material Technology, Construction Methods, Construction Management, Water Resources and Environmental Engineering, Geotechnical Engineering, Surveying and Highway Engineering. This journal is intended for engineering student, lecturer, professional and engineering assosiation member in civil works, and other community in Civil Engineering. The journal offers the Authors to publish their paper works in the Civil Engineering from their research result, work experience, etc and never published it in elsewhere. The journal issues would be published in three times a year (March, July and November). - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 2 (2019): Construction and Material Journal Vol. 1 No. 2 Juli 2019" : 10 Documents clear
IDENTIFIKASI TINGKAT KEPENTINGAN FAKTOR KINERJA GREEN BUILDING PONDOK PESANTREN Sedayu, Agung
Construction and Material Journal Vol 1, No 2 (2019): Construction and Material Journal Vol. 1 No. 2 Juli 2019
Publisher : Politeknik Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kegiatan pembelajaran di pondok pesantren didukung oleh ketersediaan dan kinerja fasilitas fisik bangunan gedung yang dimiliki. Dukungan ini perlu diperhatikan mengingat peran penting pondok pesantren sebagai lembaga pendidikan ke-Islaman yang dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia secara mental spiritual. Pondok pesantren terdiri atas ruang kelas, asrama, masjid, kantin, kantor, perpustakaan, dan lain-lain. Ruang atau gedung tersebut dipengaruhi oleh komponen fisik bangunan yang menunjang tingkat keselamatan, keamanan, dan kenyamanan bagi penggunanya. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis untuk mengidentifikasi tingkat kepentingan faktor kinerja fasilitas bangunan pondok pesantren dengan berbasis prinsip bangunan ramah lingkungan (Green Building). Objek dan lokasi penelitian adalah pondok pesantren Al-Fatah Kabupaten Malang Jawa Timur. Metode yang digunakan adalah analisis deskripsi statistik tingkat kepentingan pengguna yang terdiri dari kiyai (ustad), santri, dan pengunjung. Hasil survei memperoleh sepuluh faktor kinerja meliputi Keamanan (Security), Keselamatan dan kesehatan (Safety and Healthy), Fungsi (Function), Estetika (Aesthetics), Kemudahan dan keterjangkauan (Easiness and Accessbility), Keandalan (Reliability), Daya tahan (Durability), Kenyamanan dan keteraturan (Comfortable and Regularity), Ketersediaan dan kapasitas (Availability and Capacity) dan Ramah Lingkungan (Eco-friendly). Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara rata-rata untuk 10 faktor kinerja yang memiliki skor tingkat kepentingan pada skala penting (skala likert 4).Kata kunci: Identifikasi, tingkat kepentingan, kinerja, green building, pondok pesantren
EVALUASI KINERJA PELAYANAN ANGKUTAN KOTA AKIBAT SISTEM SATU ARAH KOTA BOGOR Humaira, Nurhani; Nadjam, Achmad
Construction and Material Journal Vol 1, No 2 (2019): Construction and Material Journal Vol. 1 No. 2 Juli 2019
Publisher : Politeknik Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pemerintah Kota Bogor melakukan manajemen lalu lintas dengan memberlakukan kebijakan sistem satu arah pada 4 ruas jalan yang mengelilingi kebun raya Bogor. Pada sistem satu arah ini diberlakukan pula penataan angkutan kota di Kota Bogor. Dimana terjadi perubahan trayek baru sehingga terjadinya perpanjangan lintasan rute angkutan kota. Penelitian ini bertujuan mengevaluasi kinerja pelayanan angkutan kota akibat SSA Kota Bogor agar menjaga kelangsungan usaha dari Operator angkutan dan menjadikan angkutan kota sebagai moda transportasi pilihan utama bagi masyarakat. Dengan mengevaluasi tingkat pelayanan dari sudut pandang pengguna (User) dan Operator. Mengidentifikasi pengaruh SSA terhadap kinerja pelayanan angkutan kota dan menganalisis Biaya Operasional Kendaraan (BOK) terhadap tarif. Metode pengumpulan data dengan survei statis, dinamis dan wawancara komponen BOK. Metode analisis menggunakan SK Dirjen 687/2002 serta wawancara. Mengidentifikasi dengan mengetahui peningkatan dan penurunan hasil evaluasi sebelum dan setelah SSA. BOK dengan menggunakan metode yang disesuaikan dengan kondisi lapangan, Fare Box Ratio (FBR) untuk mengetahui keuntungan atau kerugian pengusaha angkutan. Hasil analisis evaluasi dari sudut pandang User didapat frekuensi rata-rata 54 kend/jam, headway rata-rata 1,88 menit, waktu tunggu rata-rata 1,29 menit, waktu sirkulasi rata-rata 104,03 menit, kecepatan perjalanan 23,2 km/jam. Hasil analisis evaluasi dari sudut pandang Operator diperoleh Load Factor rata-rata 56%. ritase 6 rit/hari, pendapatan pengemudi Rp.50.000, setoran Rp.120.000. Tingkat pelayanan termasuk kategori baik. Dapat diidentifikasi bahwa angkutan kota mengalami penurunan kinerja setelah diterapkan SSA. Hasil BOK riil sebesar Rp.328,01/km BOK teoritis sebesar Rp.2138,69/km dan pendapatan pengusaha sebesar Rp.291,18/km dengan hasil analisis tarif sebesar Rp.10.023,36/pnp FBR=1,76 artinya pengusaha angkutan masih mendapat keuntungan.Kata kunci: Angkutan kota, Biaya Operasional Kendaraan (BOK), Kinerja Pelayanan
PERFORMA EMBEDED BALOK PRECAST TIPE PIN WELDED PLATE PADA MOMEN MAKSIMUM Hermawan, A. Rudi; Mulya, Eka Sasmita
Construction and Material Journal Vol 1, No 2 (2019): Construction and Material Journal Vol. 1 No. 2 Juli 2019
Publisher : Politeknik Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pengujian performa embeded balok Precast yang telah dilakukan menghasilkan beberapa data sebagai berikut (a) hasil kuat tekan beton (compressive strength) rerata yang dihasilkan adalah 434,22 kg/cm2 (b) hasil uji tarik rerata antara plat embedded dan plat sambung adalah 398,36 Mpa (c) hasil kuat tarik rerata antara plat sambung dengan tulangan D13 terhadaap kekuatan tarik plat adalah 465.70 Mpa dan terhadap kekuatan tarik tulangan adalah 570,01 Mpa (d) hasil kuat tarik tulangan D13 adalah 633 Mpa dan hasil kuat leleh (yield strength) adalah 441 Mpa (e) hasil kuat tarik plat tebal 4,57 mm adalah 451 Mpa dan kuat leleh (yield strength) adalah 331,2 Mpa.Untuk sambungan las perlu adanya perbaikan kualitas las agar tidak terjadi hasil las yang berongga dan mengakibatkan melemahkan kuat Tarik dari las itu sendiriKata kunci: reinforcement, tensile strength, embedded, yield strength
ANALISIS MANAJEMEN RISIKO PADA PROYEK PEMBANGUNAN JEMBATAN M, Debbi Rivida; T, Andi Tenrisuki; Salimah, A'isyah
Construction and Material Journal Vol 1, No 2 (2019): Construction and Material Journal Vol. 1 No. 2 Juli 2019
Publisher : Politeknik Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pekerjaan konstruksi merupakan salah satu pekerjaan yang mempunyai risiko tinggi terutama pada tahap pelaksanaan konstruksi, tidak terkecuali dalam pekerjaan pelaksanaan konstruksi jalan dan jembatan. Risiko dapat memberikan pengaruh terhadap produktivitas, kinerja, kualitas dan biaya dari proyek. Dalam mengatasi risiko dibutuhkan manajemen risiko. Manajemen risiko merupakan proses pengukuran atau penilaian risiko serta pengembangan strategi pengelolaannya. Tujuan penelitian ini adalah dilakukan identifikasi risiko, analisis risiko dan respon risiko pada pelaksanaan proyek konstruksi jembatan. Berdasarkan identifikasi faktor risiko yang didapat dari studi literatur dan divalidasi oleh pakar diperoleh 69 faktor. Dilanjutkan analisa risiko dengan melakukan uji validitas dan reliabilitas sehingga faktor risiko tereduksi sebanyak 9 faktor dan analisa level risiko untuk mendapatkan risiko dominan, risiko dominan yang diperoleh terdapat 4 faktor dominan yaitu faktor risiko yang paling tinggi dengan bobot 11,657 adalah kondisi lokasi site yang sulit, selanjutnya kesalahan estimasi waktu pelaksanaan proyek dengan bobot 10,886, ketidaktersediaan material dengan bobot 10,657, dan keterlambatan pengiriman material dari suplier dengan bobot 10,400. Dilanjutkan dengan melakukan validasi terhadap pakar pada keempat faktor dominan. Berdasarkan hasil kuesioner tahap ketiga ini seluruh pakar setuju dengan keempat faktor dominan yang mempengaruhi terhadap pelaksanaan konstruksi jembatan.Kata kunci: manajemen risiko, jembatan, risiko dominan
PENGARUH PENAMBAHAN BATU KAPUR (LIMESTONE) TERHADAP KARAKTERISTIK SEMEN Amin, M. Shofi'ul; Ghulam, Mirza; S., Tri Yayuk
Construction and Material Journal Vol 1, No 2 (2019): Construction and Material Journal Vol. 1 No. 2 Juli 2019
Publisher : Politeknik Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Semen adalah bahan perekat yang berbentuk halus jika ditambahkan air akan terjadi reaksi hidrasi dan dapat mengikat bahan-bahan padat menjadi satu kesatuan massa yang kokoh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik semen dengan variasi penambahan campuran yang berbeda-beda. Penelitian dilakukan menggunakan metode ekperimen yaitu memvariasikan bahan baku limestone dengan variasi mulai 0%, 5%, 10% dan 15%. Sifat karakteristik semen terhadap pengaruh penambahan batu kapur (limestone) dapat diketahui dari hasil uji kehalusan, uji hilang pijar dan uji kuat tekan semen. Hasil penelitian menunjukan bahwa semakin besar presentase pemakaian batu kapur (limestone) didalam campuran, maka kehalusan semen semakin meningkat. Kuat campuran tertinggi terletak pada umur 28 hari dan pada penggunaan semen dengan variasi penambahan 0% (tanpa limestone). Campuran optimum dengan penambahan bervariatif batu kapur (limestone) didalam campuran semen adalah 84,2% klinker, 5% batu kapur (limestone), 1,8% gipsum dan 9% trass.Kata kunci: Karakteristik, semen, limestone, kuat tekan
TINJAUAN RUANG TERBUKA HIJAU DI KAMPUS POLITEKNIK NEGERI JAKARTA Suripto, Suripto; Melatifani, Melatifani; Pratama, Muhammad Iqbal
Construction and Material Journal Vol 1, No 2 (2019): Construction and Material Journal Vol. 1 No. 2 Juli 2019
Publisher : Politeknik Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pesatnya pembangunan perlu diantisipasi dengan penataan ruang yang baik dengan memperhatikan ruang terbuka hijau (RTH) sebagai kontrol agar kualitas lingkungan hidup terjaga dengan baik. Dasar penelitian ini dilakukan antara lain karena pembangunan yang terus dilakukan oleh Politeknik Negeri Jakarta (PNJ) yang mengakibatkan semakin berkurangnya RTH serta belum adanya kajian mengenai analisis keberadaan RTH di lingkungan kampus PNJ. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis luas total lahan, luas RTH, nilai koefisien daerah hijau (KDH) di lingkungan kampus PNJ dan menganalisis nilai KDH tersebut dengan ketentuan persyaratan peraturan yang berlaku. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan pengukuran langsung luas lahan keseluruhan lingkungan kampus PNJ kemudian hasil pengukuran tersebut diklasifikasikan berdasarkan jenis penggunaan lahan untuk mengetahui luas RTH yang masih tersedia. Berdasarkan hasil pengukuran, luas lahan keseluruhan lingkungan kampus PNJ adalah 11,05 hektar dan luas RTH yaitu seluas 4,4 hektar. Nilai KDH yang didapatkan dari perbandingan antara luas RTH dengan luas lahan keseluruhan yaitu sebesar 39,61% yang berarti masih di atas syarat minimum yang ditentukan yaitu sebesar 20%. Nilai tersebut harus tetap dipertahankan agar terciptanya keseimbangan antara pembangunan dengan lingkungan hidup.Kata kunci: ruang terbuka hijau, penataan ruang, koefisien daerah hijau
ANALISIS PERHITUNGAN DAN PERBANDINGAN BIAYA OPERASIONAL KENDARAAN (BOK) MEDIUM BUS TYPE J 05 123 CC DENGAN BIG BUS TYPE J 08 E – UF (Koridor 1 Pakupatan – Serang Timur – Serang Barat) Rahmawati, Roselina
Construction and Material Journal Vol 1, No 2 (2019): Construction and Material Journal Vol. 1 No. 2 Juli 2019
Publisher : Politeknik Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Angkutan umum antar kota dalam propinsi adalah salah satu dari banyak jenis transportasi umum yang digunakan mengangkut penumpang dari satu kota ke kota lain di dalam sebuah provinsi. Transportasi ini merupakan urat nadi kehidupan berbangsa dan bernegara, yang mempunyai fungsi sebagai penggerak dan penunjang pembangunan serta sistem yang terdiri dari sarana dan prasarana, yang didukung oleh tata laksana dan sumber daya manusia membentuk jaringan prasarana dan jaringan pelayanan. Penelitian dilakukan dengan mengumpulkan data primer dan data sekunder kemudian dianalisis dengan metode dari literatur, jurnal, dan penelitian terdahulu yang terkait dengan biaya operasi kendaraan. Biaya operasi kendaraan dibagi atas menjadi 3 kelompok yaitu biaya tetap (fixed cost), biaya tidak tetap (running cost), biaya overhead. Hasilnya menunjukkan bahwa biaya operasional setiap kendaraan bervariasi sesuai dengan tipe kendaraan yang digunakan. Biaya operasional kendaraan di di Cilegon, Serang, Pandeglang, dan Rangkasbitung (koridor 1 Pakupatan – Serang Timur – Serang Barat) untuk medium bus tipe J 05 123 cc adalah Rp. 8.577/ Km dan untuk bus besar tipe J 08 E – UF adalah Rp. 9.817/Km. Hasil analisis dari segi perawatan bus bus medium tipe J 05 123 CC lebih besar dari bus besar tipe J 08 E – UF.Kata kunci: BOK, Angkutan umum, Kota Serang
EFFECT OF SHEAR WALL ON BUILDING STRUCTURE RESPONS Boy, Wendy; Imani, Rafki; Jaya, Romi
Construction and Material Journal Vol 1, No 2 (2019): Construction and Material Journal Vol. 1 No. 2 Juli 2019
Publisher : Politeknik Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Cibubur is an area in the earthquake zone. The intensity of the earthquake increases every year; therefore, this must be watched out because it will cause the existing buildings to be short-lived. To deal with these problems, various ways are carried out such as making building stiffeners in the form of a shear wall. This study aims to determine the position of an efficient shear wall. The method for analyzing this shear wall was first modeled. The shear wall laying model was divided into four. With the four models, it would be able to choose which model was efficient to reduce the earthquake that occured. Analysis used ETABS software on each model, and output in the form of drift and base shear. These results will become a reference for effective model selection. Based on the results of drift and base shear in the direction of X and Y direction, of the four shear wall placement models of Tower B Trans Park and Trans Studio Cibubur, the most efficient in resisting earthquake loads is the original model. With a save value of direction X is 926.62 mm, and Y is 931.22 mm. The value of the base shear on direction X is 4691.71 tons, and Y is 4736.57 tons.Keywords: Base shear, Drift, Earthquake; Shear wall
ANALISIS PENERAPAN LAJUR KHUSUS SEPEDA MOTOR TERHADAP KINERJA RUAS JALAN Sari, Intan Permata; Latifa, Eva Azhra
Construction and Material Journal Vol 1, No 2 (2019): Construction and Material Journal Vol. 1 No. 2 Juli 2019
Publisher : Politeknik Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Jumlah sepeda motor yang ada di jalan mempengaruhi tingkat pelayanan serta karakteristik lalu lintas ruas jalan. Masalah perilaku pengendara sepeda motor yang cenderung tidak tertib membuat tingkat pelayanan jalan sangat terpengaruh. Salah satu solusi yang dapat digunakan adalah dengan menyediakan lajur khusus sepeda motor. Studi ini diawali dengan pengumpulan data sesuai dengan parameter yang diperlukan sebagai dasar penentuan perlunya lajur khusus sepeda motor dan analisis antara lain analisis kinerja jalan yaitu kapasitas, derajat kejenuhan, tingkat pelayanan, serta kecepatan. Kriteria penting untuk kebutuhan lajur sepeda motor adalah proporsi sepeda motor besar dari 34,5% dalam smp/jam. Berdasarkan hasil analisis volume motor memiliki pengaruh besar terhadap derajat kejenuhan serta tingkat pelayanan. Secara keseluruhan,dampak penerapan lajur khusus sepeda motor sangat efektif untuk menaikkan kinerja jalan karena tingkat pelayanan naik dari F menjadi C. Sementara untuk lajur non sepeda motor mengalami sedikit penurunan tingkat pelayanan dari B menjadi C. Proyeksi kejenuhan jalan dengan melihat pertumbuhan kendaraan 5 tahun ke depan, didapatkan hasil yang tidak relevan antara kejenuhan yang sangat tinggi pada lajur khusus motor sebesar 1,44 dengan kecepatan lajur hasil simulasi vissim yang masih normal yaitu 38 km/jam. Dilakukan solusi dengan merubah nilai EMP motor dari 0,25 menjadi 0,13. Hasil analisis menunjukkan penurunan yang signifikan pada kejenuhan sepeda motor yaitu sebesar 0,75 sehingga hasil kejenuhan menjadi relevan dengan kecepatan lajur khusus hasil simulasi.Kata kunci: analisis kinerja jalan, lajur khusus sepeda motor, sepeda motor, tingkat pelayanan
EVALUASI KINERJA STRUKTUR JEMBATAN TYPE VOIDED SLAB Indianto, Andi; Hilmansyah, Asep
Construction and Material Journal Vol 1, No 2 (2019): Construction and Material Journal Vol. 1 No. 2 Juli 2019
Publisher : Politeknik Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Makalah ini memaparkan hasil penelitian kinerja struktur jembatan tipe voided slab. Penelitian ini dilakukan oleh adanya masalah terkelupasnya lapisan permukaan dan terbentuknya alur memanjang di permukaan lantai jembatan tipe voided slab. Tujuannya untuk mengevaluasi kinerja standar jembatan tipe pre-tensioned precast concrete voided slab bentang 16 m, dengan tinjauan beban sesuai SNI 1725:2016 dan beban aktual. Dalam evaluasi ini dilakukan uji lendutan terhadap struktur jembatan voided slab ,untuk mengetahui lendutan yang terjadi pada struktur yang elemennya menyatu dan yang terpisah. Pendekatan teoritis dilakukan untuk mengetahui kinerja struktur terhadap beban aktual dan beban standar sesuai dengan SNI.1725:2016. Hasil uji menunjukkan bahwa jembatan voided slab yang lapisan permukaan lantainya terbentuk alur memanjang, terindikasi antar elemennya tidak menyatu, perbedaan lendutan antar elemen sebesar 8,9 mm, dan terdiskripsi tidak layak. Bagian lapisan permukaan lantai jembatan yang tidak terbentuk alur memanjang, terindikasi antar elemen masih menyatu, perbedaan lendutannya sebesar 0,76 mm, dan terdiskripsi layak. Hasil uji di lapangan juga menunjukkan bahwa bagian elemen voided slab yang tidak menyatu, terindikasi tidak layan menerima beban aktual, dengan lendutan sebesar 13,34 mm, lebih besar dari lendutan izin sebesar 7 mm, dan bagian elemen voided slab yang menyatu, terindikasi layan menerima beban aktual, dengan lendutan sebesar 5,79 mm, lebih kecil dari lendutan izin sebesar 7 mm. Hasil analisa teoritis menunjukkan bahwa struktur voided slab yang elemennya tidak menyatu, tidak layan menerima beban standar, dan struktur yang antar elemennya menyatu, dalam kondisi layan menerima beban standar. Kesimpulan pada evaluasi ini adalah struktur voided slab dapat berkinerja baik (layak dan layan) jika antar elemennya menyatu. Agar tetap menyatu, disarankan untuk dilakukan perubahan tipe ikatan antar elemen voided slab yang dapat memberikan jaminan ikatan selama umur rencana jembatan.Kata kunci: Voided slab, menyatu, layak, layan.

Page 1 of 1 | Total Record : 10


Filter by Year

2019 2019


Filter By Issues
All Issue Vol. 5 No. 2 (2023): Construction and Material Journal Vol. 5 No. 2 Juli 2023 Vol. 5 No. 1 (2023): Construction and Material Journal Vol. 5 No. 1 Maret 2023 Vol. 4 No. 3 (2022): Construction and Material Journal Vol. 4 No. 3 November 2022 Vol. 4 No. 2 (2022): Construction and Material Journal Vol. 4 No. 2 Juli 2022 Vol. 4 No. 1 (2022): Construction and Material Journal Vol. 4 No. 1 Maret 2022 Vol. 3 No. 3 (2021): Construction and Material Journal Vol. 3 No. 3 November 2021 Vol. 3 No. 2 (2021): Construction and Material Journal Vol. 3 No. 2 Juli 2021 Vol. 3 No. 1 (2021): Construction and Material Journal Vol. 3 No. 1 Maret 2021 Vol. 2 No. 3 (2020): Construction and Material Journal Vol. 2 No. 3 November 2020 Vol 2, No 3 (2020): CONSTRUCTION AND MATERIAL JOURNAL VOL. 2 NO. 3 NOVEMBER 2020 Vol. 2 No. 2 (2020): Construction and Material Journal Vol. 2 No. 2 Juli 2020 Vol 2, No 2 (2020): CONSTRUCTION AND MATERIAL JOURNAL VOL. 2 NO. 2 JULI 2020 Vol. 2 No. 1 (2020): Construction and Material Journal Vol. 2 No. 1 Maret 2020 Vol 2, No 1 (2020): CONSTRUCTION AND MATERIAL JOURNAL VOL. 2 NO. 1 MARET 2020 Vol 1, No 3 (2019): CONSTRUCTION AND MATERIAL JOURNAL VOL. 1 NO. 3 NOVEMBER 2019 Vol. 1 No. 3 (2019): Construction and Material Journal Vol. 1 No. 3 November 2019 Vol 1, No 2 (2019): Construction and Material Journal Vol. 1 No. 2 Juli 2019 Vol. 1 No. 2 (2019): Construction and Material Journal Vol. 1 No. 2 Juli 2019 Vol 1, No 1 (2019): Construction and Material Journal Vol. 1 No. 1 Maret 2019 Vol. 1 No. 1 (2019): Construction and Material Journal Vol. 1 No. 1 Maret 2019 More Issue