cover
Contact Name
Florensius Tijan
Contact Email
admin@unka.ac.id
Phone
+6281227902049
Journal Mail Official
admin@unka.ac.id
Editorial Address
Jl.YC.Oevang Oeray, Desa Sungai Ana, Kecamatan Sintang, Kabupaten Sintang
Location
Kab. sintang,
Kalimantan barat
INDONESIA
Fokus: Publikasi Ilmiah untuk Mahasiswa, Staf Pengajar dan Alumni Universitas Kapuas Sintang
ISSN : -     EISSN : 25993518     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
FOKUS, Jurnal Ilmu Sosial dan Politik, kali ini memulai tampil dalam kemasan baru. Tampilan dan gaya baru bukanlah berarti menafikkan eksistensi dan substansi keilmuan, terutama ranah kajian administrasi publik. Terbitan ke 17 nomor 1, Maret 2019, tentunya banyak harapan dan tantangan yang masih harus dibenahi oleh Tim Penyunting. terutama yang berkaitan dengan isi, dimana edisi Jurnal kali ini belum dapat menyatukan tulisan dalam satu tofik (monograf). Namun demikian, tidaklah berarti mengurangi telaah substansi pembahasan sebuah persoalan keilmuan. Kritik yang bermanfaat sangat dihargai, namun bukan berarti kritik yang tidak bermanfaat tidak dihargai, hanya barangkali cara menempatkan kritik itu yang berbeda. Sebab semua kritik tentulah bermanfaat terlebih untuk Jurnal FOKUS ini. Semoga Jurnal FOKUS kedepan akan tampil semakin sempurna dan mampu menggugah kesadaran untuk menampilkan tulisan yang sangat erat terkait dengan ruang lingkup Ilmu Administrasi Publik dan mencapai tujuan bernegara yang bermuara pada penyelesaian persoalan publik (masyarakat), tentunya kontribusi yang tidak sebatas ide semata, namun yang sangat utama tentulah aksi-aksi (actions) konkrit.
Articles 23 Documents
Search results for , issue "Vol 20, No 1 (2022): FOKUS : Publikasi Ilmiah untuk Mahasiswa, Staf Pengajar dan Alumni Universitas " : 23 Documents clear
STRATEGI PENJUALAN KENDARAAN RODA DUA SEPEDA MOTOR MERK YAMAHA MASA PANDEMI COVID19 Darmansah -
FOKUS : Publikasi Ilmiah untuk Mahasiswa, Staf Pengajar dan Alumni Universitas Kapuas Sintang. Vol 20, No 1 (2022): FOKUS : Publikasi Ilmiah untuk Mahasiswa, Staf Pengajar dan Alumni Universitas
Publisher : Universitas Kapuas Sintang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51826/fokus.v20i1.592

Abstract

Pada masa pandemic covid19 ini penjualan kendaraan roda dua di Kabupaten Sintangpada umumnya mengalami permasalahan yang cukup serius dari aspek permintaan konsumen terhadapkendaraan roda dua khususnya. Hal ini disebabkan masyarakat lebih mengutamakan pemenuhankebutuhan sehari-hari, Kesehatan, Pendidikan bila dibandingkan membeli kendaraan baru yangdisebabkan pendapatan masyarakat pada masa pandemi penurunan.dikarenakan masyarakat tidakdapat dengan bebas didalam melaksanakan pekerjaannya. Hasil penelitiannya bahwa produk, danpromosi yang dilkukan oleh Dealer Multi Motor Cabang Sintang pada masa pandemi covid19 telahmampu menstabilkan penjualan kendaraan roda dua yang dipasarkan oleh perusahaan dengan caramemasarkan produk kendaraan roda dua merk Yamaha yang bervariasi jenisnya serta terjangkauharganya oleh semua tingkat ekonomi masyarakat dengan penjualan sistem kredit ataupu cash/tunaiyang didukung oleh distribusi produk yang lancar baik oleh perusahaan pusat (di Pontianak) maupunoleh Cabang Sintang hingga ketingkat Unit-unit dealer Yamaha dibeberapa kecamatan terdekat diKabupaten Sintang serta promosi yang kuntinyu dilakukan oleh tim promosi Dealer Multi Motor CabangSintang hingga saat ini. Kesimpulannya yaitu Dealer Multi Motor Cabang Sintang pada masa pandemicovid19 telah mampu menstabilkan penjualan kendaraan roda dua merk Yamaha dengan menggunakansistem pemasaran Strategi Produk, Distribusi, dan Promosi.
PENGEMBANGAN SUMBERDAYA MANUSIA ANGGOTA KEPOLISIAN DI BAGIAN SUMBERDAYA KEPOLISIAN RESOR SINTANG Jhony Fredy Hahury; Pujianto Pujianto
FOKUS : Publikasi Ilmiah untuk Mahasiswa, Staf Pengajar dan Alumni Universitas Kapuas Sintang. Vol 20, No 1 (2022): FOKUS : Publikasi Ilmiah untuk Mahasiswa, Staf Pengajar dan Alumni Universitas
Publisher : Universitas Kapuas Sintang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51826/fokus.v20i1.583

Abstract

Tujuan Penelitian ini untuk mendeskripsikan pengembangan sumberdaya manusia anggotakepolisian di Bagian Sumberdaya Kepolisian Resor Sintang Propinsi Kalimantan Barat. informanpenelitian yakni kepala Bagian Sumberdaya dan Anggota kepolisian. Penelitian bersifat deskriptif kualitatifdengan teknik pengumpulan data wawancara, teknik observasi dan dokumentasi. Hasil penelitianmenunjukkan bahwa pengembangan sumberdaya anggota kepolisian Polres Sintang sudah dilakukandengan mengikuti diklat yang sesuai dengan bidang keahlian masing-masing anggota kepolisian.Sementara disiplin kerja bagi anggota sudah baik dengan mengacu kepada aturan maupun ketentuanyang berlaku. Sedangkan motivasi kerja dengan pemberian insentif bagi anggota guna menambah spiritdalam melaksanakan tugas dan fungsinya. Hal ini terlihat dengan sikap kerja yang taat pada aturanyang berlaku di kepolisian Resor Sintang dalam meningkatkan kinerja anggota kepolisian yang profesionaldan berwibawa.
AKUNTABILITAS KINERJA INSTANSI PEMERINTAH DAERAH Aida Fitriani
FOKUS : Publikasi Ilmiah untuk Mahasiswa, Staf Pengajar dan Alumni Universitas Kapuas Sintang. Vol 20, No 1 (2022): FOKUS : Publikasi Ilmiah untuk Mahasiswa, Staf Pengajar dan Alumni Universitas
Publisher : Universitas Kapuas Sintang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51826/fokus.v20i1.574

Abstract

Akuntabilitas Kinerja dapat dilihat dari: 1). Akuntabilitas Kinerja Tahunan pada aspek a).Kemampuan menyelesaikan pekerjaan sangat berkaitan dengan fungsi kerja esensial yang diharapkan.Pemahaman aparatur dalam menyelesaikan pekerjaan berkaitan dengan kinerja pegawai yangberkemampuan tinggi dalam penyelenggaraan pelayanan administrasi kepegawaian, ketepatan dancepatnya pelayanan administrasi kepegawaian. Keterampilan aparatur dalam menyelesaikan pekerjaanberkaitan dengan keterampilan pegawai dalam penguasaan teknologi informasi. Pengalaman aparaturdalam menyelesaikan pekerjaan untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat, danketepatan waktu dalam memberikan pelayanan, telah ditempuh dengan kegiatan yang mendukungpeningkatan kualitas sumber daya manusia. b). Waktu menyelesaikan pekerjaan (pelayanan) bahwaberdasarkan waktu yang telah ditetapkan di dalam juklak dan juknis terkait dengan kinerja aparaturdalam menyelesaikan pekerjaan (pelayanan) Faktor Penghambat dan Pendukung Akuntabilitas KinerjaTahunan pada aspek: a). Sumber Daya Manusia yang ada mampu menggerakkan organisasi denganbaik maka suatu organisasi akan mampu berkembang dan melakukan tugas pokoknya dengan efektifdan efisien. Sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas merupakan kunci penggerak organisasi.Keterampilan aparatur dalam pelaksanaan tugas pokok dan fungsi berkaitan dengan sumber dayamanusia telah mengikuti pendidikan dan pelatihan serta penguasaan teknologi informasi. b). Kepemimpinandalam mendukung kualitas kinerja aparatur berkaitan dengan penyelenggaraan urusan Pemerintahanyang bertugas mengatur dan mengurus kepentingan masyarakat setempat berdasarkan asal-usul danadat istiadat yang diakui dan dihormati dalam sistem Pemerintahan Negara Kesatuan Republik Indonesia.Pola pengambilan keputusan pimpinan dalam mendukung kualitas kinerja aparatur. c). Sarana danPrasarana dalam mendukung kinerja aparatur yaitu sudah tersedia serta memadai dalam keadaan baik.d). Anggaran yaitu diperoleh dari 2 (dua) sumber anggaran yang pertama bersumber dari AnggaranPendapatan dan Belanja Daerah (APBD) dan yang kedua bersumber dana dari Anggaran Pendapatandan Belanja Negara (APBN) perubahan Dana Alokasi Khusus (DAK) Tahun Anggaran 2021.Kata Kunci: Akuntabilitas Kinerja, Instansi Pemerintah Daerah
PENGUATAN KAPASITAS PERANGKAT DESA DALAM MENINGKATKAN SUMBER DAYA APARATUR DESA Nikodimus Nikodimus
FOKUS : Publikasi Ilmiah untuk Mahasiswa, Staf Pengajar dan Alumni Universitas Kapuas Sintang. Vol 20, No 1 (2022): FOKUS : Publikasi Ilmiah untuk Mahasiswa, Staf Pengajar dan Alumni Universitas
Publisher : Universitas Kapuas Sintang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51826/fokus.v20i1.588

Abstract

Pengembangan Kapasitas aparatur Pemerintah Desa melalui pendidikan dan pelatihan sebagaisuatu cara untuk meningkatkan sumber daya manusia, baik itu peningkatan pengetahuan, peningkatankeahlian maupun keterampilan pada Pemerintah Desa. Terbitnya Undang-undang nomor 6 tahun 2014Tentang Pemerintah Desa merupakan upaya pemerintah dalam hal mewujudkan kesejahteraan umumsehingga dapat memberikan pelayanan kepada seluruh masyarakat Penelitian ini berfokus kepadapengembangan kapasitas Aparatur Pemerintah Desa Di Desa Pelimping Kecamatan Kelam PermaiKabupaten Sintang . Sifat penelitian ini adalah Deskriptif, Lokasi Penelitian ini dilaksanakan di KantorKepala Desa Pelimping Kecamatan Kelam Permai Kabupaten Sintang. Hasil Penelitian Menunjukkanbahwa kemampuan para Aparatur Pemerintah Desa Pelimping Kecamatan Kelam Permai KabupatenSintang belum maksimal, sehingga berdampak kepada pelayanan yang diterima masyarakat. Penelitianini menghasilkan kesimpulan yaitu dalam pengembangan kapasitas aparatur Desa Pelimpingmenggunakan metode on the job yaitu melalui magang maupun bimbingan, sedangkan metode off thejob dilakukan dengan mengikutsertakan para pegawai untuk mengikuti diklat dan pendidikan formalyang di sediakan oleh pemerintah. Hasil penelitian terhadap pengembangan kapasitas aparatur pemerintahdesa Pelimping melalui pendidikan dan pelatihan ataupun Bimbingan Teknis (BIMTEK) Mampumeningkatkan kompetensi pegawai sehingga berdampak kepada kulitas pelayanan maupun kinerjaaparatur pemerintah desa, walaupun belum sepenuh nya efektif
PELAKSANAAN PENDIDIKAN DAN PELATIHAN ANGGOTA PADA CREDIT UNION (CU) USAHA KITA TEMPAT PELAYANAN NANGA PINOH Evy Ratnasari
FOKUS : Publikasi Ilmiah untuk Mahasiswa, Staf Pengajar dan Alumni Universitas Kapuas Sintang. Vol 20, No 1 (2022): FOKUS : Publikasi Ilmiah untuk Mahasiswa, Staf Pengajar dan Alumni Universitas
Publisher : Universitas Kapuas Sintang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51826/fokus.v20i1.579

Abstract

Produktivitas kerja merupakan perbandingan jumlah produk yang dihasilkan oleh seorangkaryawan per satuan waktu. CU Usaha Kita juga mengharapkan tercapainya produktivitas kerja yangtinggi dari pengurusnya sehingga apa yang menjadi tujuan perusahaan dapat tercapai secara optimal.Namun terlihat nyata bahwa setiap orang memiliki produktivitas kerja yang berbeda-beda, yangselanjutnya akan dapat mempengaruhi tingkat produktivitas total CU. Dalam rangka meningkatkanproduktivitas anggota telah dilakukan upaya melalui pendidikan yang diberikan kepada pengurus, baikyang bersifat formal maupun non formal. Tujuan pendidikan dan pelatihan yang ingin dicapai adalahuntuk meningkatkan pengetahuan, kemampuan, sikap dan keterampilan pegawai agar lebih profesionaldalam menjalankan pekerjaannya sehingga tujuan organisasi dapat tercapai dan memiliki keterkaitandengan kinerja pegawai.
KAPABILITAS DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU (DPMPTSP) KOTA PEKANBARU DALAM MEMBERIKAN PELAYANAN PUBLIK DI MASA PANDEMI COVID-19 Uci Wulandari; Seno Andri; Hasim As’ari
FOKUS : Publikasi Ilmiah untuk Mahasiswa, Staf Pengajar dan Alumni Universitas Kapuas Sintang. Vol 20, No 1 (2022): FOKUS : Publikasi Ilmiah untuk Mahasiswa, Staf Pengajar dan Alumni Universitas
Publisher : Universitas Kapuas Sintang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51826/fokus.v20i1.593

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi menurunnya kapabilitas yang dimiliki oleh Dinas PenanamanModal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Pekanbaru dalam memberikan pelayanan publik dimasa pandemic-Covid 19. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa Kapabilitas Dinas PenanamanModal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Pekanbaru dalam memberikan PelayananPublik di masa Pandemi Covid-19 serta untuk mengidentifikasi faktor Penghambat Kapabilitas DinasPenanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Pekanbaru dalam MemberikanPelayanan Publik di masa Pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bersifatFenomenologis , data dalam penelitian ini diperoleh dari observasi, wawancara, studi kepustakaan dandokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa kapabilitas yang dimiliki oleh Dinas Penanaman Modaldan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Pekanbaru dalam Memberikan Pelayanan Publik di MasaPandemi Covid-19 belum spenuhnya maksimal hal ini terlihat dari dimensi pengetahuan dan keterampilandan dimensi system teknis yang dimiliki oleh Dinas Penanaman Modal dan Pelayana Terpadu SatuPintu Kota Pekanbaru. Faktor penghambat yang melandaskan permasalahan ini adalah pandemic covid-19 dan keterbatasan penggunaan teknologi.
STRATEGI PENGEMBANGAN FINANCIAL LITERACY PADA ANGGOTA CREDIT UNION KELING KUMANG BRANCH OFFICE KELAM Venny Adhita Octaviani; Susiana Susiana
FOKUS : Publikasi Ilmiah untuk Mahasiswa, Staf Pengajar dan Alumni Universitas Kapuas Sintang. Vol 20, No 1 (2022): FOKUS : Publikasi Ilmiah untuk Mahasiswa, Staf Pengajar dan Alumni Universitas
Publisher : Universitas Kapuas Sintang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51826/fokus.v20i1.584

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis strategi pengembangan financialliteracy pada anggota Credit Union Keling Kumang Branch Office Kelam. dengan ruang lingkupyaitu 1) pendidikan dan 2) pelatihan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pengembanganfinancial literacy dilakukan dengan dua model pengembangan yakni dengan melalui pendidikan danpelatihan. Pendidikan dan pelatihan dilaksanakan dalam waktu 2 bulan dengan menggunakan 4 moduldan 12 kali pertemuan. Pendidikan dan pelatihan financial literacy dilakukan oleh fasilitator-fasilitatoryang sudah berpengalaman dan tersertifikat. Anggota yang telah mengikuti pendidikan dan pelatihanoleh CU Keling Kumang Branch Office Kelam mendapat manfaat yang salah satunya mereka menjadilebih cerdas dan bijak dalam mengelola keuangan. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkanbahwa strategi pengembangan financial literacy melalui penidikan dan pelatihan yang dilakukan olehCU Keling Kumang Branch Office Kelam sudah cukup baik, namun perlu adanya peningkatan saranadan prasarana agar target atau tujuan yang telah ditentukan oleh perusahaan dapat tercapai.
PERANAN PEMERINTAH DESA DALAM MENINGKATKAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT Oktavianus Oktavianus; KAJA Kaja
FOKUS : Publikasi Ilmiah untuk Mahasiswa, Staf Pengajar dan Alumni Universitas Kapuas Sintang. Vol 20, No 1 (2022): FOKUS : Publikasi Ilmiah untuk Mahasiswa, Staf Pengajar dan Alumni Universitas
Publisher : Universitas Kapuas Sintang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51826/fokus.v20i1.575

Abstract

Pelaksanaan aktivitas menjadi landasan dalam pencapaian tujuan yang telah ditetapkan, untuk mencapai tujuan itu semua komponen harus memiliki fungsi dengan baiksehingga diperlukan pembagian tugas yang jelas dan memudahkan pelaksanaan tugas sesuaifungsi masing-masing yang tergambar dalam struktur organisasi. Struktur organisasimencerminkan adanya pemberdayaan yang dilakukan berkaitan dengan pendampingan daridinas koperasi usaha kecil dan menengah, tujuannya meningkatkan keterampilan danperekonomian masyarakat, sehingga diperlukan pembinaan melalui musyawarah menyampaikaninformasi dan hasil-hasil yang dapat diterapkan sehingga menjadi efektif dan efisien sesuaidengan harapan masyarakat dapat meningkatkan perekonomian masyarakat maupun daya belimasyarakat terutama pada masa pandemi covid-19 seperti sekarang ini. Perencanaan melibatkanperwakilan masyarakat serta tokoh-tokoh masyarakat dalam merumuskan perencanaan untukdi usulkan dalam musrenbangdes (Musyawarah Pembangunan desa) dengan demikianperencanaan dimulai dari bawah sesuai dengan kebutuhan masyarakat artinya bukan hanyasekedar perencanaan tetapi mengutamakan tindakan nyata berdasarkan pembagian tugas yangjelas dan dapat dilaksanakan dengan baik sehingga dapat berjalan sesuai yang telahdirencanakan. Dalam usaha meningkatkan pembangunan yang berkesinambungan, menyeluruh,terpadu dan terarah maka penyelenggaraan pembangunan tersebut haruslah dapatmengakomodir kebutuhan pembangunan, baik di tingkat pusat maupun daerah sampai padatingkat wilayah administratif pemerintahan Kecamatan. Salah satu fungsi pemerintah yangutama adalah menyelenggarakan pelayanan umum sebagai wujud dari tugas umumpemerintahan untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat. Birokrasi merupakan instrumenpemerintah untuk mewujudkan pelayanan publik yang efisien, efektif, berkeadilan, transparandan akuntabel.
PARTISIPASI KOMUNITAS AKIT DALAM AKTIVITAS PEMBANGUNAN DESA DI KECAMATAN BANTAN KABUPATEN BENGKALIS Ruliono Ruliono; Hesti Asriwandari; Hambali Hambali
FOKUS : Publikasi Ilmiah untuk Mahasiswa, Staf Pengajar dan Alumni Universitas Kapuas Sintang. Vol 20, No 1 (2022): FOKUS : Publikasi Ilmiah untuk Mahasiswa, Staf Pengajar dan Alumni Universitas
Publisher : Universitas Kapuas Sintang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51826/fokus.v20i1.589

Abstract

Penelitian tentang tingkat partisipasi Komunitas Akit dalam aktivitas pembangunan desa diKecamatan Bantan Kabupaten Bengkalis dan juga menggali sejauhmana keterlibatan lokal wisdoomdan informal leaders dalam mempengaruhi aktivitas Komunitas Akit dalam proses pembangunan desadi Kecamatan Bantan Kabupaten Bengkalis. Penelitian menggunakan metode kuantitatif deskriptif yangmenitikberatkan pada penelitian lapangan. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat KomunitasAkit yang berada di Kecamatan Bantan, dimana dari 23 (dua puluh tiga) desa. Terdapat dua jenis datayang digunakan yaitu data primer dari masyarakat (hasil wawancara/kuesioner dan survey) dan datasekunder berupa tinjauan dan data dari berbagai instansi. Hasil penelitian berkesimpulan bahwa SukuAkit berpartisipasi tinggi dalam kontribusi pemkiran yaitu dengan tingkat persentase 55,6% dan sudahbisa berbaur dengan masyarakat setempat. Kemudian komunitas dan pemerintah desa di KecamatanBantan mampu berkoordinasi secara relevansi untuk kemajuan pembangunan desa dan tetapmempertahankan norma dan nilai kulturnya tanpa merenggangkan kerja sama dalam pembangunandesa dengan pemerintah desa. Saran hasil penelitian kepada masyarakat umum dan pemerintahdiharapkan dapat lebih aktif dalam merangkul suku Akit dalam berbagai aktivitas kemasyarakatan danpembangunan desa serta Masyarakat Suku Akit diharapkan lebih terbuka dan mau menerima ulurantangan pemerintah sebagai bentuk dari langkah sinergi untuk pembangunan kedepannya.
PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN Ritma Ritma; Lin Magdalena
FOKUS : Publikasi Ilmiah untuk Mahasiswa, Staf Pengajar dan Alumni Universitas Kapuas Sintang. Vol 20, No 1 (2022): FOKUS : Publikasi Ilmiah untuk Mahasiswa, Staf Pengajar dan Alumni Universitas
Publisher : Universitas Kapuas Sintang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51826/fokus.v20i1.580

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh harga secaraparsial terhadap peningkatan loyalitas pelangkan pada PT Cahaya Bumi Sintang, serta untuk mengetahuipengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelangkan pada PT Cahaya Bumi Sintang di KabupatenSintang. Analisis data menggunakan bantuan program SPPS 18 untuk melakukan Uji Regresi LinierBerganda, Uji t (Parsial), Uji F (Simultan) dan Uji Koefisien Determinasi. Hasil dari penelitian setelahdianalisis diketahui bahwa: (1). terdapat hubungan positif antara harga jual, kualitas pelayanan terhdaployalitas pelanggan yang digambarkan melalui persamaan regresi linear berganda Y = 0.082+ 0.307X1+ 0.420X2; (2).terdapat pengaruh harga secara parsial terhadap loyalitas pelangga pada PT CahayaBumi Sintang. Ini terlihat dari nilai t hitung =6.86 dan Sig (0,00) < (0,05); (3).terdapat pengaruh kualitaspelayanan terhadap loyalitas pelangga pada PT Cahaya Bumi Sintang, Ini terlihat dari nilai t hitung =6.286 dan Sig (0,00) < (0,05); (4). Terdapat pengaruh harga dan kualitas pelayanan secara simultanterhadap terhadap loyalitas pelangga pada PT Cahaya Bumi Sintang. dengan snilai F hitung = 2.584.567dan nilai signifikan =0,00 < 0,05; (5).besarnya pengaruh kontribusi variabel harga dan kualitas pelayananterhadap terhadap loyalitas pelangga pada PT Cahaya Bumi Sintang.sebesar 98,8% sedangkan sisanyasebesar 1,2% dipengaruhi oleh faktor lain diluar persamaan model regresi.Kata Kunci : Harga, Kualitas Pelayanan dan Loyalitas Pelanggan.

Page 1 of 3 | Total Record : 23


Filter by Year

2022 2022


Filter By Issues
All Issue Vol 21 No 2 (2023): FOKUS Vol 21 No 1 (2023): FOKUS : Publikasi Ilmiah untuk Mahasiswa, Staf Pengajar dan Alumni Universitas K Vol 21, No 1 (2023): FOKUS : Publikasi Ilmiah untuk Mahasiswa, Staf Pengajar dan Alumni Universitas Vol 20 No 2 (2022): FOKUS : Publikasi Ilmiah untuk Mahasiswa, Staf Pengajar dan Alumni Universitas K Vol 20, No 2 (2022): FOKUS : Publikasi Ilmiah untuk Mahasiswa, Staf Pengajar dan Alumni Universitas Vol 20 No 1 (2022): FOKUS : Publikasi Ilmiah untuk Mahasiswa, Staf Pengajar dan Alumni Universitas K Vol 20, No 1 (2022): FOKUS : Publikasi Ilmiah untuk Mahasiswa, Staf Pengajar dan Alumni Universitas Vol 19, No 2 (2021): FOKUS : Publikasi Ilmiah untuk Mahasiswa, Staf Pengajar dan Alumni Universitas Vol 19 No 2 (2021): FOKUS : Publikasi Ilmiah untuk Mahasiswa, Staf Pengajar dan Alumni Universitas K Vol 19, No 1 (2021): FOKUS : Publikasi Ilmiah untuk Mahasiswa, Staf Pengajar dan Alumni Universitas Vol 19 No 1 (2021): FOKUS : Publikasi Ilmiah untuk Mahasiswa, Staf Pengajar dan Alumni Universitas K Vol 18, No 2 (2020): FOKUS Publikasi Ilmiah untuk Mahasiswa, Staf Pengajar dan Alumni Universitas Ka Vol 18, No 1 (2020): Fokus: Publikasi Ilmiah untuk Mahasiswa, Staf Pengajar dan Alumni Universitas K Vol 17, No 2 (2019): Fokus: Publikasi Ilmiah untuk Mahasiswa, Staf Pengajar dan Alumni Universitas K Vol 17, No 1 (2019): Fokus: Publikasi Ilmiah untuk Mahasiswa, Staf Pengajar dan Alumni Universitas K Vol 16, No 2 (2018): Fokus: Publikasi Ilmiah untuk Mahasiswa, Staf Pengajar dan Alumni Universitas K Vol 16 No 2 (2018): Fokus: Publikasi Ilmiah untuk Mahasiswa, Staf Pengajar dan Alumni Universitas Ka Vol 16, No 1 (2018): Fokus: Publikasi Ilmiah untuk Mahasiswa, Staf Pengajar dan Alumni Universitas K Vol 15, No 1 (2017): Fokus: Publikasi Ilmiah untuk Mahasiswa, Staf Pengajar dan Alumni Universitas K Vol 14, No 2 (2014): Fokus: Publikasi Ilmiah untuk Mahasiswa, Staf Pengajar dan Alumni Universitas K Vol 14, No 1 (2013): Fokus: Publikasi Ilmiah untuk Mahasiswa, Staf Pengajar dan Alumni Universitas K More Issue