cover
Contact Name
Ahmad Farham Majid
Contact Email
ahmad.farham@uin-alauddin.ac.id
Phone
+6285242628528
Journal Mail Official
ajme@uin-alauddin.ac.id
Editorial Address
Jalan H. M. Yasin Limpo No. 36 Samata-Gowa, Kampus 2 Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
Location
Kab. gowa,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Alauddin Journal of Mathematics Education (AJME)
ISSN : 27164497     EISSN : 27211738     DOI : https://doi.org/10.24252/ajme
Core Subject : Education,
The aim of this journal is to publish high quality research in mathematics education including teaching and learning, instruction, curriculum development, learning environments, teacher education, educational technology, educational developments, from many kinds of research such as survey, research and development, experimental research, classroom action research, etc.
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 1 No 2 (2019)" : 8 Documents clear
Perbandingan Hasil Belajar Matematika Metode Snowball Throwing Disertai Pemberian Reward dan Tanpa Reward Pada Siswa Evy Andriani; Nur Khalisah Latuconsina; St. Hasmiah Mustamin
Alauddin Journal of Mathematics Education Vol 1 No 2 (2019)
Publisher : Department of Mathematics Education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24252/ajme.v1i2.10966

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar matematika antara yang menggunakan metode snowball throwing disertai pemberian reward dan tanpa reward pada siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Bulukumba. Jenis penelitian ini adalah quasi experimental dengan desain non-equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 7 Bulukumba yang terbagi dalam 3 kelas kemudian dilakukan penentuan sampel adalah sampling purposive. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Berdasarkan hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa dengan menggunakan metode snowball throwing disertai pemberian reward adalah 81,79 dengan standar deviasi 13,856. Sedangkan metode snowball throwing tanpa pemberian reward adalah 72,67 dengan standar deviasi 14,132. Hasil analisis inferensial menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara yang menggunakan metode snowball throwing disertai pemberian reward dan tanpa reward dengan hasil perhitungan nilai  yang berarti H0 ditolak. Dengan demikian, dapat diketahui bahwa metode snowball throwing disertai pemberian reward dan tanpa reward dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Bulukumba.
EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN ( AUDIO VISUAL ) TERHADAP HASIL BELAJAR Muh. Irham Noor; Nur Khalisah Latuconsia; Andi Kusumayanti
Alauddin Journal of Mathematics Education Vol 1 No 2 (2019)
Publisher : Department of Mathematics Education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24252/ajme.v1i2.11978

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hasil belajar matematika siswa kelas VII MTsN 1 Majene yang menggunakan model pembelajaran langsung berbasis media pembelajaran audio visual; (2) hasil belajar matematika siswa kelas VII MTsN 1 Majene menggunakan model pembelajaran langsung; (3) perbedaan efektivitas antara siswa yang menggunakan model pembelajaran langsung berbasis media pembelajaran audio visual dan model pembelajaran langsung. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu (quasi eksperiment) dengan desain penelitian non equivalent control group design. Penelitian dilaksanakan di sekolah MTsN 1 Majene. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTsN 1 Majene yang berjumlah 131 siswa. Adapun sampelnya adalah kelas VII 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII 4 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal tes hasil belajar matematika. Pengolahan data dari hasil penelitian menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial yaitu uji gain normalitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) hasil belajar matematika siswa kelas eksperimen dari 27 siswa kelas VII MTsN 1 Majene yaitu 2 siswa berada pada kategori sedang, 17 siswa berada pada kategori tinggi dan 8 siswa berada pada kategori sangat tinggi; (2) hasil belajar matematika siswa kelas kontrol 9 siswa berada pada kategori sedang, 13 siswa berada pada kategori tinggi dan 5 siswa berada pada kategori sangat tinggi; (3) nilai gain normalitas kelas eksperimen sebesar 62,86 % dan berada pada kategori cukup efektif, sedangkan kelas kontrol sebesar 51,11 %, dan berada pada kategori kurang efektif. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran langsung berbasis media pembelajaran audio visual lebih efektif dibandingkan model pembelajaran langsung.
Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Melalui Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) Pada Siswa St. Hasmiah Mustamin; Andi Kusumayanti
Alauddin Journal of Mathematics Education Vol 1 No 2 (2019)
Publisher : Department of Mathematics Education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24252/ajme.v1i2.10967

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep matematika melalui model pembelajaran auditory intellectually repetition pada siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Makassar. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment, dengan teknik pengumpulan data menggunakan tes,  dokumentasi, dan wawancara. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Makassar sebanyak 40 orang yang terdiri dari 10 kelas. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling. Sampel yang terpilih kelas VIII.4 sebagai kelas kontrol dan kelas VIII.5 sebagai kelas eksperimen. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian diperoleh bahwa:(1) kemampuan pemahaman konsep matematika melalui model pemberlajaran auditory intellectually repetition pada siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Makassar  sebesar 27,50% berada pada kategori sedang, sedangkan tanpa menggunakan model pembelajaran auditory intellectually repetition sebesar 27,50% pada kategori rendah, (2) terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematika yang menggunakan model pembelajaran auditory intellectually repetition dan tanpa menggunakan model  auditory intellectually repetition pada siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Makassar.
Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Kontekstual Resky Dwiyanti Yakub; Andi Halimah; Andi Dian Angriani
Alauddin Journal of Mathematics Education Vol 1 No 2 (2019)
Publisher : Department of Mathematics Education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24252/ajme.v1i2.10968

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran matematika berbasis kontekstual pada materi sistem persamaan linear dua variabel yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research & Development dengan model 4D. Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi, lembar pengamatan keterlaksanaan perangkat pembelajaran, lembar pengamatan pengelolaan pembelajaran, lembar pengamatan aktivitas peserta didik, lembar angket respon peserta didik dan guru, serta tes hasil belajar. Berdasarkan hasil uji coba, diperoleh bahwa (1) Hasil validasi perangkat pembelajaran yaitu RPP dan LKPD adalah 3,64 dan 3,56 dengan kategori sangat valid, sedangkan buku ajar siswa yaitu 3,4 dengan kategori valid; (2) Praktis berdasarkan rata-rata hasil pengamatan keterlaksanaan perangkat pembelajaran 1,95 dengan kategori terlaksana seluruhnya, respon guru terhadap buku ajar siswa dan LKPD memberikan respon positif 100%, respon peserta didik terhadap buku ajar siswa terdapat 80% siswa yang memberi respon positif, 84% siswa yang memberi respon positif pada LKPD; (3) Efektif berdasarkan pengelolaan pembelajaran diperoleh rata-rata 3,74 dengan kategori sangat baik, aktivitas peserta didik dalam kategori sangat baik yakni 84%, dan tes hasil belajar berada dalam kategori tinggi dengan skor rata-rata tes adalah 88,23.
Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Investigasi Kelompok Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII SMP Uswatun Hasana; Nursalam Nursalam; Mardhiah Mardhiah
Alauddin Journal of Mathematics Education Vol 1 No 2 (2019)
Publisher : Department of Mathematics Education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24252/ajme.v1i2.10964

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan pemecahan masalah matematika siswa sebelum dan setelah menggunakan model pembelajaran investigasi kelompok serta mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran investigasi kelompok terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII SMPN 1 Tarowang Kabupaten Jeneponto. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pre-experimental dengan desain one-group pretest-posttest design. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan statistik inferensial. Berdasarkan hasil analisis data deskriptif diperoleh rata-rata nilai kelas eksperimen, yaitu pretest sebesar 34,38 dan posttest sebesar 78,21, dan berdasarkan hasil analisis statistik inferensial diperoleh nilai sig. Sebesar 0,00 yang lebih kecil dari pada a sebesar 0,05 (sign. a) sehingga disimpulkan bahwa terdapat perbedaan tingkat kemampuan pemecahan masalah matematika antara sebelum dan sesudah menerapkan model pembelajaran investigasi kelompok. Nilai rata-rata yang diperoleh siswa setelah menggunakan pembelajaran investigasi kelompok lebih tinggi dibandingkan dengan nilai rata-rata yang diperoleh sebelum menggunakan model pembelajaran investigasi kelompok. Artinya, model pembelajaran investigasi kelompok berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tarowang Kabupaten Jeneponto yang berdasarkan pada hasil analisis inferensial menggunakan uji paired sampel t-test dengan nilai thitung=58,476>ttab=1,701.
Efektivitas Media Blok Pecahan dan Media Power Point Terhadap Tingkat Pemahaman Konsep Operasi Pecahan Siswa Yuliana Cahyani; Muhammad Rusydi Rasyid; Fitriani Nur; Sri Sulasteri
Alauddin Journal of Mathematics Education Vol 1 No 2 (2019)
Publisher : Department of Mathematics Education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24252/ajme.v1i2.10969

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan tingkat pemahaman konsep operasi pecahan antara siswa yang diajar menggunakan blok pecahan dan menggunakan media power point serta untuk mengetahui efektivitas media blok pecahan dan media power point terhadap pemahaman konsep operasi pecahan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi-eksperimental. Populasi dalam sampel ini adalah seluruh peserta didik kelas VII SMPN 2 Barombong yang berjumlah 160 orang. Pengambilan sampel dengan teknik simple class random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 64 orang. Instrumen penelitian ini menggunakan tes dengan kriteria yang berdasarkan pada indikator pemahaman konsep. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial yaitu uji t. Berdasarkan hasil uji t diperoleh bahwa terdapat perbedaan tingkat pemahaman konsep operasi pecahan antara siswa yang diajar menggunakan blok pecahan dan kelas yang diajar menggunakan media power point kelas VII SMPN 2 Barombong. Berdasarkan uji efektivitas diperoleh  bahwa  penerapan  media  blok  pecahan  lebih efektif dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep operasi pecahan dibandingkan dengan menggunakan media power point.
Pengembangan Modul Berbasis Model Problem Based Learning (PBL) Pada Materi Aritmatika Sosial SMP Fitriani Halik; Thamrin Tayeb; Baharuddin Baharuddin; Nidya Nina Ichiana
Alauddin Journal of Mathematics Education Vol 1 No 2 (2019)
Publisher : Department of Mathematics Education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24252/ajme.v1i2.10965

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul berbasis model Problem Based Learning (PBL) pada materi aritmatika sosial yang valid, praktis, dan efektif SMP Kelas VII. Jenis penelitian yang digunakan adalah research and development dengan model pengembangan Plomp. Produk yang dikembangkan yaitu modul berbasis model PBL materi aritmatika sosial. Subjek uji coba adalah 45 siswa kelas VII SMPN 2 Pattallassang. Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi ahli, angket respons siswa dan guru, lembar observasi kemampuan guru mengelola pembelajaran, lembar observasi aktivitas siswa, dan tes hasil belajar. Berdasarkan hasil uji coba terbatas, diperoleh bahwa (1) Hasil validasi bahan ajar adalah 4,5 pada kategori sangat valid, (2) Praktis karena persentase rata-rata respons siswa adalah 82,6% dengan kategori positif dan persentase rata-rata respons guru adalah 95% dengan kategori sangat positif. (3) Efektif karena rata-rata kemampuan guru mengelola pembelajaran adalah 4,60 dengan kategori sangat baik, persentase rata-rata aktivitas siswa adalah 70,9% dengan kategori baik, dan persentase ketuntasan belajar mencapai ketuntasan klasikal yaitu 88,9%, tuntas secara klasikal. Sehingga disimpulkan bahwa berdasarkan uji coba terbatas, modul berbasis PBL pada materi aritmatika sosial memenuhi kriteria kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan.
The Effect of Matlab Software Mastery on The Students’ Learning Motivation of Linier Equation and Matrix Materials Nur Yuliany; Suharti Suharti; A. Sriyanti
Alauddin Journal of Mathematics Education Vol 1 No 2 (2019)
Publisher : Department of Mathematics Education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24252/ajme.v1i2.10970

Abstract

The study aimed to determine the effect of motivation on the learning outcomes of linear equation and matrix materials by using Matlab software. This study was an ex-post facto quantitative research. The sampling technique used is simple random sampling. The descriptive test results showed that the average student learning motivation score was 61.46 which means that the learning motivation score was in the moderate category in general, while the mean value for the linear equation and matrix materials of the students learning outcomes was 69.29 which meant that the mathematics learning outcomes were in the medium category, while the inferential test results by using the results of regression test analysis proved that the regression equation obtained was . From the results of the significant test, it was obtained the significant value as many as , the result from the significant value , so that H0 was accepted. It could be inferred that there was significant effect on the learning motivation by using Matlab software toward the students’ learning outcomes of linear equations and matrix materials.

Page 1 of 1 | Total Record : 8