cover
Contact Name
Saepul Bahri
Contact Email
lppm.antarbangsa@gmail.com
Phone
+628811372400
Journal Mail Official
lppm.antarbangsa@gmail.com
Editorial Address
Kawasan Bisnis CBD Ciledug Blok A3 No.21 Jl. HOS Cokroaminoto Karang Tengah, Ciledug Tangerang 15157, Banten
Location
Kota tangerang,
Banten
INDONESIA
Jurnal Sistem Informasi (JSI)
ISSN : 20898711     EISSN : 2615093X     DOI : https://doi.org/10.51998/jsi.v10i2
Core Subject : Science,
Jurnal Sistem Informasi (JSI) STMIK Antar Bangsa merupakan kumpulan artikel ilmiah yang diterbitkan oleh Program Studi Sistem Informasi STMIK Antar Bangsa. Jurnal yang terbit dalam dua periode per Tahun ini berisi artikel ilmiah yang meliputi tema : analisa maupun penerapan sistem informasi, data mining penelitian/kajian sistem informasi, sistem pendukung keputusan, dan lain-lain. Jurnal ini berisi pokok-pokok permasalahan dalam kerangka pengembangan secara teoritis maupun dalam bentuk implementasi.
Articles 14 Documents
Search results for , issue "Vol 5 No 2 (2016): JSI Periode Agustus 2016" : 14 Documents clear
SISTEM INFORMASI AKADEMIK BERBASIS WEB PADA SMK PGRI 2 KARAWANG Abdussomad Abdussomad; Akmaludin Akmaludin; Cep Adiwiharja
Jurnal Sistem Informasi Vol 5 No 2 (2016): JSI Periode Agustus 2016
Publisher : LPPM STMIK ANTAR BANGSA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (847.736 KB) | DOI: 10.51998/jsi.v5i2.95

Abstract

Abstract— SMK PGRI 2 Karawang is a form of embodiment in educating the young generation of Indonesia. With the development of a growing number of students from year to year, required precision and accuracy in providing precise and accurate information for students without the repetition of the same data. SMK PGRI 2 Karawang so requires an information system that supports the presentation of the school's academic information. To the authors tried to handle the problem by designing a Web-Based Information System Academic In SMK PGRI 2 Karawang. Academic information system is one solution to provide an information quickly and accurately. web-based academic information system is very useful in providing convenience to both the teacher or the student. Web-Based Academic Information System is the perfect solution to create an information system that is effective and efficient. Intisari— SMK PGRI 2 Karawang merupakan sebuah bentuk perwujudan dalam mendidik genarasi muda bangsa Indonesia. Dengan perkembangan jumlah siswa yang terus bertambah dari tahun ke tahun, dituntut ketepatan dan ketelitian dalam memberikan informasi yang tepat dan akurat kepada siswa tanpa adanya pengulangan data yang sama. SMK PGRI 2 Karawang sangat membutuhkan adanya sebuah sistem informasi yang menunjang dalam proses penyajian informasi akademik sekolah. Untuk itu penulis mencoba menangani masalah tersebut dengan merancang suatu Sistem Informasi Akademik Berbasis Web Pada SMK PGRI 2 Karawang. Sistem informasi akademik merupakan salah satu solusi untuk memberikan sebuah informasi secara cepat, tepat dan akurat. sistem informasi akademik berbasis web sangat berguna dalam memberikan kemudahan baik kepada pengajar ataupun pelajar. Sistem Informasi Akademik Berbasis Web merupakan solusi yang tepat untuk mewujudkan sebuah sistem informasi yang efektif dan efisien. Kata Kunci— Sistem, Informasi, Akademik, Website
PENGARUH EFEKTIVITAS PENERAPAN SISTEM PRESENSI TERPADU FINGERPRINT TERHADAP DISIPLIN KERJA PEGAWAI NEGERI SIPIL (Studi Kasus : Dinas Pemadam Kebakaran Lebak Bulus Jakarta Selatan) Indarti Indarti
Jurnal Sistem Informasi Vol 5 No 2 (2016): JSI Periode Agustus 2016
Publisher : LPPM STMIK ANTAR BANGSA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (970.563 KB) | DOI: 10.51998/jsi.v5i2.96

Abstract

Abstract - Success in the implementation of the information system of course having component parts that supports in the process of the implementation .One components influence in the implementation of the information is users. This research has objective to know the influence of the effectiveness of revenue the application of like fingerprint employees to the awareness of discipline civil in city fire south jakarta lebak bulus. In this research researchers used a method of structural equation modeling (SEM) with the approach tam and softrware amos 22 as a means of the analysi. A method of shem used to know causal relationships that is on the variables of research in research this is a five variable tam that is perceived of usefulness, perceived ease of use, actual system usage, behavioral intention to use and attitude toward using. To get the data valid researchers used the questionnaire given to 150 respondents consisting off leaders, staff and field officers. The questionnaire designed by using likert scale. After undergone a model diketahu validity that the variable perceived of usefulness and perceived ease of use significant positive on variables actual system usage. While the two other variables do not have a causal relation with other variables. From the results of a test of the validity of the model we can conclude only three a factor in tam that influence the acceptance the use of spt fingerprint.Intisari - Kesuksesan dalam penerapan sistem informasi tentunya memiliki komponen yang mendukung dalam proses pelaksanaanya. Salah satu komponen yang berpengaruh dalam penerapan sistem informasi adalah pengguna. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh efektifitas penerimaan penerapan SPT fingerprint pegawai terhadap disiplin kerja pegawai negeri sipil pada Dinas Pemadam Kebakaran Jakarta Selatan Lebak Bulus. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode Structural Equation Modeling (SEM) dengan pendekatan TAM dan softrware amos 22 sebagai alat analisisnya. Metode SEM digunakan untuk mengetahui  hubungan kausal yang ada pada variabel penelitian dalam penelitian ini adalah lima variabel TAM yaitu Perceived of Usefulness, Perceived Ease Of Use, Actual System Usage, Behavioral Intention To Use dan Attitude Toward Using. Untuk mendapatkan data yang valid peneliti menggunakan kuesioner yang diberikan kepada 150 responden yang terdiri dari pimpinan, staf dan petugas lapangan. Kuesioner dirancang dengan menggunakan skala likert. Setelah dilakukan uji validitas model diketahu bahwa variabel Perceived of Usefulness dan Perceived Ease Of Use berpengaruh signifikan positif terhadap variabel Actual System Usage. Sedangkan dua variabel lain tidak memiliki hubungan kausal dengan variabel lainya. Dari hasil uji validitas model dapat disimpulkan hanya tiga faktor dalam TAM yang berpengaruh terhadap penerimaan penggunaan SPT Fingerprint. Kata Kunci : SPT Fingerprint, TAM dan SEM
ANALISIS PENGARUH KEMUDAHAN PENGGUNAAN SOPP TERHADAP KEPUASAN KERJA PEGAWAI DENGAN PENDEKATAN TAM Amanda Tienisya Raharjo; Arfhan Prasetyo
Jurnal Sistem Informasi Vol 5 No 2 (2016): JSI Periode Agustus 2016
Publisher : LPPM STMIK ANTAR BANGSA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (334.166 KB) | DOI: 10.51998/jsi.v5i2.99

Abstract

Abstract— This study aims to determine (1) Effect of Perceived Ease of Use SOPP on Job Satisfaction and (2) Effect of Perceived Usefulness SOPP on Job Satisfaction. This research is a quantitative study using a model approach to the Technology Acepptance Model (TAM) conducted in PT. Pos Indonesia (Persero) Fatmawati. The samples used were all employees of post offices that use or operate the System Online Payment Point (SOPP), which number 60 people were determined using Non-probability Sampling with saturated sampling. Data collection techniques using questionnaires/ questionnaire. Data were analyzed using Classical Assumption Test and Testing Hypotheses which consists of Multiple Linear Regression Testing. The result showed that (1) Ease of use SOPP perception variables have a significant impact on job satisfaction shown by the regression coefficient which shows the number of variables (7.691) and has a significance of 0.000 (less than 0.05), (2) variable SOPP not perceived usefulness has a significant influence on job satisfaction shown by the regression coefficient variable that shows the number (1.255) and has a 0.215 significance (greater than 0.05). Obtained independent variables (perceived ease of use and perceived usefulness) jointly affect the dependent variable (job satisfaction) of 0.591 or 59.1%. With the contribution of each variable that is equal to 50.9% X1 and X2 is 26%. The coefficient of determination (R Square) of 0.591, or 59.1% which means that job satisfaction can be explained by the perception of ease of use and perceived usefulness amounted to 59.1%.Intisari— Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan SOPP terhadap Kepuasan Kerja, dan (2) Pengaruh Persepsi Kegunaan SOPP terhadap Kepuasan Kerja. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan model pendekatan Technology Acceptance Model (TAM) yang dilakukan di PT. Pos Indonesia (Persero) Fatmawati. Sampel  yang digunakan adalah seluruh pegawai kantor pos yang menggunakan atau mengoperasikan System Online Payment Point (SOPP) yang berjumlah 60 orang yang ditentukan dengan menggunakan metode Non-probability Sampling dengan Sampling Jenuh. Teknik pengambilan data menggunakan kuesioner/angket. Teknik analisis data menggunakan Uji Asumsi Klasik dan Uji Hipotesis yang terdiri dari Uji Regresi Linier Berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Variabel persepsi Kemudahan penggunaan SOPP memiliki pengaruh yang siginifikan terhadap Kepuasan kerja ditunjukan dengan koefisien regresi variabel yang menunjukan angka (7,691) dan mempunyai signifikansi 0,000 (kurang dari 0,05), (2) Variabel persepsi Kegunaan SOPP tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Kepuasan kerja ditunjukan dengan koefisien regresi variabel yang menunjukan angka (1,255) dan mempunyai signifikansi 0,215 (lebih dari 0,05). Didapat variabel independen (persepsi kemudahan penggunaan dan persepsi kegunaan) secara bersama-sama mempengaruhi variabel dependen (kepuasan kerja) sebesar 0,591 atau 59,1%. Dengan sumbangan dari masing-masing variabel yaitu X1 adalah sebesar 50,9% dan X2 adalah sebesar  26%. Nilai koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,591 atau 59,1% yang berarti bahwa Kepuasan kerja dapat dijelaskan oleh variabel persepsi Kemudahan penggunaan dan persepsi Kegunaan adalah sebesar 59,1%. Kata Kunci- Technology Acceptance Model (TAM), SOPP, Perceived Ease of Use, Perceived Usefulness
PERENCANAAN IT STRATEGIS PADA SMK AL-WAHYU JAKARTA DENGAN METODE WARD AND PEPPARD Fitria Risyda
Jurnal Sistem Informasi Vol 5 No 2 (2016): JSI Periode Agustus 2016
Publisher : LPPM STMIK ANTAR BANGSA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (870.646 KB) | DOI: 10.51998/jsi.v5i2.101

Abstract

Abstract - In Era Globalitation education must prepare a qualified human resource. SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) is one of institution which choice for student to learn. This research discuss how to build IT Strategic for School with methode Ward and Peppard. with the input of the business environment analysis of internal, external business environment analysis, environmental analysis SI/IT internal, environmental analysis SI/external IT. Results of this analysis will define the strategic planning of information systems in the form of a management strategy SI/IT, application and selection of information technology in line with business strategy in SMK Al-Wahyu Jakarta.Intisari - Dalam pendidikan Era Globalisasi harus menyiapkan sumber daya manusia yang berkualitas. SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) adalah salah satu lembaga yang menjadi pilihan bagi siswa untuk belajar. Penelitian ini membahas bagaimana membangun IT Strategis untuk sekolah dengan metode Ward dan Peppard. dengan masukan analisis lingkungan bisnis, analisis lingkungan bisnis internal dan eksternal, analisis lingkungan SI / TI internal, analisis lingkungan SI / eksternal IT. Hasil analisis ini akan menentukan perencanaan strategis sistem informasi dalam bentuk strategi manajemen SI / TI, aplikasi dan pemilihan teknologi informasi sejalan dengan strategi bisnis di SMK Al-Wahyu JakartaKata Kunci : Strategi ITc, Metode Ward dan Peppard
TINGKAT KEPUASAN MASYARAKAT PENGGUNA APLIKASI GO-JEK MENGGUNAKAN MOTODE SERVQUAL Andi Saryoko
Jurnal Sistem Informasi Vol 5 No 2 (2016): JSI Periode Agustus 2016
Publisher : LPPM STMIK ANTAR BANGSA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (691.685 KB) | DOI: 10.51998/jsi.v5i2.102

Abstract

Abstract -GO-JEK service availability in other cities began to lead to conflict. Slowly but surely, the noise rejection of the GO-JEK began to flow from the conventional motorcycle taxi driver. There are five characteristics used to evaluate the quality of services. The indicator variable quality of service are: responsivness (responsiveness, Reliability (reliability), Assurance (collateral ), Emphaty (attention), Tangibles (physical ability).  We can see that consumers feel happy or satisfied with their service GO-JEK given to the consumer, who has brought positive or satisfactory in every question that we can be seen in the total value of the weighting and the value of the average response of consumers to each question selected by consumers. Intisari - Keberadaan layanan GO-JEK di beberapa kota lainnya mulai memicu konflik. Pelan tapi pasti, suara penolakan terhadap GO-JEK mulai mengalir dari para pengemudi ojek konvensional. Ada lima karakteristik yang digunakan untuk mengevaluasi kualitas pelayanan jasa. Adapun indikator variable kualitas pelayanan jasa adalah:Responsivness (daya tanggap), Reliability (kehandalan),  Assurance (jaminan), Emphaty (perhatian) , Tangibles (kemampuan fisik). Kita dapat melihat bahwa konsumen merasa senang atau puas dengan adanya pelayanan GO-JEK yang diberikan kepada konsumen, yang telah memberikan nilai positif atau memuaskan pada setiap pertanyaan yang dapat kita dilihat pada jumlah nilai pembobotan dan nilai rata-rata jawaban konsumen pada setiap pertanyaan yang dipilih oleh konsumen. Kata Kunci: Kepuasan Layanan, Pengguna Aplikasi GO-JEK, Metode
MEMBANGUN KNOWLEDGE MANAGEMENT SYSTEM SEBAGAI SARANA SHARING KNOWLEDGE PADA CV. SOLUSI BERKAH MANDIRI Liesnaningsih Liesnaningsih
Jurnal Sistem Informasi Vol 5 No 2 (2016): JSI Periode Agustus 2016
Publisher : LPPM STMIK ANTAR BANGSA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (939.694 KB) | DOI: 10.51998/jsi.v5i2.103

Abstract

Abstract— Knowledge as one of the company's assets is one aspect that can increase the value of a company's competitive advantage. Knowledge becomes important when the competition between companies and labor exchanges happened so fast, it is necessary for a Knowledge Management System in a company. This thesis entitled " Penerapan Knowledge Management System pada Perusahaan Jasa dan Produk Teknologi Informasi: Studi Kasus pada CV Solusi Berkah Mandiri Tangerang " that purposes to implement a Knowledge Management System in the company, analyze the benefits of the application of Knowledge Management System as well as cultivate knowledge sharing in the company. The method of this research is supported by quantitative descriptive method of the Most Admired Knowledge Enterprise (MAKE). The results of this study is based on the distribution of questionnaires to the implementation of Knowledge Management System to employees that are at intervals of 3.40 to 4.19, the average value of the entire statement at 4.18 which was well received. Intisari— Knowledge sebagai salah satu aset perusahaan merupakan salah satu aspek yang dapat meningkatkan nilai competitive advantage suatu perusahaan. Knowledge menjadi penting saat persaingan antar perusahaan dan pertukaran tenaga kerja terjadi sedemikian pesatnya, untuk itu diperlukan suatu bentuk sistem pengelolaan knowledge atau lebih dikenal dengan Knowledge Management System pada suatu perusahaan. Tesis ini berjudul “Penerapan Knowledge Management System pada Perusahaan Jasa dan Produk Teknologi Informasi: Studi Kasus pada CV Solusi Berkah Mandiri Tangerang” dengan tujuan adalah untuk menerapkan Knowledge Management System pada perusahaan, menganalisa manfaat penerapan Knowledge Management System serta membudayakan sharing knowledge pada perusahaan tersebut. Metode dari penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif yang didukung dengan metode The Most Admired Knowledge Enterprise (MAKE). Hasil penelitian ini berdasarkan dari penyebaran kuesioner terhadap penerapan Knowledge Management System kepada karyawan yaitu berada pada interval 3.40-4.19, nilai rata-rata dari keseluruhan pernyataan sebesar 4.18 yaitu diterima dengan baik Kata Kunci— Knowledge, Knowledge Management System, MAKE
KAJIAN ALGORITMA C4.5, NAIVE BAYES, NEURAL NETWORK DAN SVM DALAM PENENTUAN KELAYAKAN PEMBERIAN KREDIT Achmad Rifai
Jurnal Sistem Informasi Vol 5 No 2 (2016): JSI Periode Agustus 2016
Publisher : LPPM STMIK ANTAR BANGSA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (828.157 KB) | DOI: 10.51998/jsi.v5i2.104

Abstract

Abstract—Credit may encourage the growth of the national economy so that it has an important role in financing. However, in the implementation of the financing, the risk of loss largely borne by the lender (creditor). So we need a method to reduce the risk in lending. In this study conducted using data mining classification algorithm C4.5, Naive Bayes, Neural Network and Support Vector Machine and then do a comparison. From the test results to measure the performance of the four methods using 10-fold cross validation, confusion matrix and ROC curve. Based on the test results it is known that the C4.5 algorithm and Support Vector Machine has the same value and the highest accuracy of 85.40% as compared to the other algorithms. The fourth classification algorithm based on it can be concluded that the algorithm C4.5, Naive Bayes and Support Vector Machine is included in the Good Classification Neural Network while included in the Fair Classification.Intisari—Kredit dapat mendorong pertumbuhan ekonomi nasional sehingga memiliki peran penting dalam pembiayaan. Namun dalam pelaksanaan pembiayaan, resiko kehilangan sebagian besar ditanggung oleh pemberi pinjaman (kreditur). Sehingga diperlukan suatu metode dalam mengurangi risiko dalam penyaluran kredit. Dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan data mining algoritma klasifikasi C4.5, Naive Bayes, Neural Network dan Support Vector Machine kemudian dilakukan perbandingan. Dari hasil pengujian untuk mengukur kinerja dari empat metode menggunakan 10-fold cross validation, confusion matrix dan ROC curve. Berdasarkan hasil pengujian diketahui bahwa algoritma C4.5 dan Support Vector Machine memiliki nilai akurasi yang sama dan tertinggi sebesar 85,40% dibandingkan dengan algoritma yang lain. Berdasarkan klasifikasi keempat algoritma maka dapat disimpulkan bahwa algoritma C4.5, Naïve Bayes dan Support Vector Machine termasuk dalam Good Clasification sedangkan Neural Network termasuk dalam Fair Clasification. Kata Kunci—Komparasi, Kredit, Data Mining, algoritma C4.5, Naïve Bayes, Neural Network dan Support Vector Machine.
PENGGUNAAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM) DALAM MENGEVALUASI PENERIMAAN PENGGUNA TERHADAP SISTEM INFORMASI PADA PT.ARI JAKARTA Irfan Mahendra
Jurnal Sistem Informasi Vol 5 No 2 (2016): JSI Periode Agustus 2016
Publisher : LPPM STMIK ANTAR BANGSA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (605.115 KB) | DOI: 10.51998/jsi.v5i2.105

Abstract

Abstract ¾ The aim of this research is to use the Technology Acceptance Model (TAM) in evaluating the level of user acceptance of GIA Information System in PT ARI Jakarta. So that, it will be known the level of user acceptance of GIA Information Systems, and all the factors that influence the user acceptance it self. The variables in this research are consist of independent variables; perceived ease of use - PEOU, intervening variables; perceived of usefullness - PU, attitude toward using - ATU, and behavioral intention to use - BIU, and the dependent variable; actual use - AU. The method of processing and analysis of the data in this research will be analyzed descriptive statistics analysis, simple linear regression analysis, and multiple linear regression analysis by SPSS version 21. The results of this research are as follows 1) Average user ratings on all variables are high; 2) Variable PEOU have given positive and significant influence to Variable PU; 3) Variable PEOU did not has a positive and significant influence to Variable ATU; 4) Variable PU have given positive and significant influence to Variable ATU; 5) Variable PU have given positive and significant influence to Variable BIU; 6) Variable ATU did not has a positive and significant influence to Variable BIU; 7) Variable PU did not has a positive and significant influence to Variable AU; and 8) Variable BIU have given positive and significant influence to Variable ATU; Intisari ¾  Tujuan penelitian ini adalah menggunakan Technology Acceptance Model (TAM) untuk mengevaluasi tingkat penerimaan pengguna terhadap Sistem Informasi GIA di PT ARI Jakarta. Sehingga diketahui bagaimana tingkat penerimaan pengguna terhadap Sistem Informasi GIA, serta faktor-faktor apa saja yang berpengaruh dalam penerimaan pengguna tersebut. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel bebas ; persepsi kemudahan penggunaan (PEOU), variabel antara ; persepsi kegunaan (PU), sikap terhadap penggunaan (ATU), dan minat perilaku untuk menggunakan (BIU), serta variabel bebas ; penggunaan sistem sesungguhnya (AU). Teknik pengolahan dan analisis data yang digunakan yaitu dengan menggunakan statistik deskriptif, analisis regresi linear sederhana, analisis linear berganda menggunakan SPSS versi 21. Hasil penelitian adalah 1) Rata-rata penilaian pengguna terhadap seluruh variabel penelitian adalah tinggi; 2) Variabel PEOU memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Variabel PU; 3) Variabel PEOU tidak memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Variabel ATU; 4) Variabel PU memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Variabel ATU; 5) Variabel PU memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Variabel BIU; 6) Variabel ATU tidak memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Variabel BIU; 7) Variabel PU tidak memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Variabel AU; dan 8) Variabel BIU memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Variabel AU;     Kata Kunci : technology acceptance model, perceived ease of use, perceived usefulness, attitude towards using, behavioral intention to use, actual use
SISTEM INFORMASI KONSULTASI KESEHATAN BERBASIS WEB Normah Normah
Jurnal Sistem Informasi Vol 5 No 2 (2016): JSI Periode Agustus 2016
Publisher : LPPM STMIK ANTAR BANGSA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (381.857 KB) | DOI: 10.51998/jsi.v5i2.106

Abstract

Abstract— The development of information technology, especially the Internet in this case can be used as a medium that provides health consultations online, so we can still make routine medical consultation despite being in busy conditions wherever we are.Intisari— Perkembangan teknologi informasi khususnya internet dalam hal ini dapat dimanfaatkan sebagai  media yang menyediakan layanan konsultasi kesehatan secara online, dengan begitu kita tetap bisa melakukan secara rutin walaupun sedang dalam kondisi sibuk dimanapun kita berada.Kata Kunci— Kata kunci: konsultasi, kesehatan, website.
ANALISA PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP WORD OF MOUTH SITUS LAZADA.CO.ID (Studi Kasus : PT. Aerotrans Service Indonesa Tangerang) Juarni Siregar
Jurnal Sistem Informasi Vol 5 No 2 (2016): JSI Periode Agustus 2016
Publisher : LPPM STMIK ANTAR BANGSA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (850.411 KB) | DOI: 10.51998/jsi.v5i2.107

Abstract

Abstract - This study uses two independent variables i.e., service quality, and customer satisfaction with one dependent variable that is word of mouth. The use of variables in this study are expected to be able to figure out how the process is going on and what are the factors driving the creation of word of mouth on the website lazada.co.id. The sample of this research is the community that uses the services of Lazada.co.id. samples taken with a non probability sampling techniques. Data analysis method used is descriptive analysis, namely, test validity, reliability test, and a test of normality. Based on the results of data analysis, indicates that the variable quality of service had a positive influence that most small against the word of mouth lazada.co.id, as for the variable satisfaction influence positive and most influential against the word of mouth lazada.co.id. Intisari - Penelitian ini menggunakan dua variabel independent yaitu kualitas pelayanan, dan kepuasan konsumen dengan satu variabel dependent yaitu word of mouth. Penggunaan variabel-variabel pada penelitian ini diharapkan bisa mengetahui bagaimanakah proses yang terjadi dan apa sajakah faktor-faktor pendorong terciptanya word of mouth pada situs lazada.co.id. Sampel penelitian ini adalah masyarakat yang menggunakan jasa Lazada.co.id. sampel diambil dengan teknik non probability sampling. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, yaitu uji validitas, uji reliabilitas, dan uji normalitas. Berdasarkan hasil analisis data, menunjukan bahwa variabel kualitas pelayanan mempunyai pengaruh positif yang paling kecil terhadap word of mouth lazada.co.id, adapun variabel kepuasan konsumen mempunyai pengaruh positif dan berpengaruh paling besar terhadap word of mouth lazada.co.id.  Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Kepuasan Konsumen, Word of Mouth.

Page 1 of 2 | Total Record : 14