cover
Contact Name
Noor Indahwati
Contact Email
fkip.unigres@gmail.com
Phone
+6281233164633
Journal Mail Official
noorindahwati@gmail.com
Editorial Address
Jl. Arif Rahman Hakim No. 2 B Gresik Jawa Timur Indonesia
Location
Kab. gresik,
Jawa timur
INDONESIA
Jendela Pendidikan
Published by Universitas Gresik
ISSN : 20894554     EISSN : 26223635     DOI : -
Core Subject : Education,
Naskah berisi bahasan teori ,artikel, atau hasil penelitian yang berhubungan dengan kajian humaniora, sains, dan pengajaran atau pendidikan
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 8 No 2 (2019): Jendela Pendidikan" : 6 Documents clear
PENGARUH METODE RESITASI DAN PROBLIM SOLVING TERHADAP PRESTASI HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS 5 SDN PADANGJAMBU KECAMATAN TAMBAK KABUPATEN GRESIK Wiwit Endah Lestari; Mazlan Mazlan
Jurnal Ilmiah Jendela Pendidikan Vol 8 No 2 (2019): Jendela Pendidikan
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan - Universitas Gresik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55129/jp.v8i2.906

Abstract

Manajemen keuangan sekolah, ada tiga tugas dan peran yang dilakukan di sekolah, yaitu otorisator, ordonator dan bendaharawan. Otorisator adalah pejabat yang diberi wewenang untuk mengambil tindakan yang mengakibatkan penerimaan/pengeluaran anggaran. Ordonator adalah pejabat yang berwenang melakukan pengajuan dan memerintahkan pembayaran atas segala tindakan yang dilakukan berdasarkan otorisasi yang telah ditetapkan. Bendaharawan adalah petugas yang berwenang melakukan penerimaan, penyimpanan dan pengeluaran uang atau surat berharga lainnya. Tugas membuat penghitungan dan pertanggungjawaban keuangan dilakukan oleh bendaharawan. Tugas otorisator dan ordonator dipegang oleh kepala sekolah. Tugas bendaharawan dipegang oleh pegawai sekolah dan atau guru yang ditunjuk oleh kepala sekolah dengan Surat Keputusan (SK), dalam hal ini kepala sekolah sebagai pengendali kegiatannya. Perlu dijelaskan bahwa kepala sekolah tidak dibenarkan menjabat sebagai bendaharawan sekolah, namun ia bertindak sebagai pengawas dan pengendali keuangan sekolah. Kepala sekolah hendaknya mampu mengawasi kinerja bendaharawan sehingga kebenaran dari pembukuan dan penggunaan keuangan sekolah bisa dipantau secara terus menerus.Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Seberapa besar pelaksanaan Metode Resitasi dan Problimsolvingdi SDN Padangjambu Kecamatan Tambak Kabupaten Gresik 2) Seberapa besar prestasi hasil belajar IPS siswa SDN Padangjambu Kecamatan Tambak Kabupaten Gresik ; 3) Seberapa besar pengaruh Metode Resitasio dan Problimsolving terhadap prestasi hasil belajar IPS siswa SDN Padangjambu Kecamatan Tambak Kabupaten Gresik.Tujuan dalam penelitian ini adalah: 1)Ingin Mengetahui Seberapa besar pelaksanaan Metode Resitasi dan Problimsolving di SDN Padangjambu Kecamatan Tambak Kabupaten Gresik 2) Ingin Mengetahui Seberapa besar Seberapa besar prestasi hasil belajar IPS siswa SDN Padangjambu Kecamatan Tambak Kabupaten Gresik ; 3) Ingin Mengetahui Seberapa besar pengaruh Metode Resitasi dan Problimsolving terhadap prestasi hasil belajar siswa SDN Paromahan Kecamatan Tambak Kabupaten Gresik.Metodologgi penelitian : tempat penelitian di SDN Metode Resitasi dan PrblimsolvingKecamatan Tambak Kbupaten Gresik , Populasi SDN Paromahan Kecamatan Tambak Kabupaten Gresik , Sample aadalah Guru dan Siswa Kelas 595SDN Padangjambu Kecamatan Tambak Kabupaten Grsik , dan analsa data menggunakan statistik Product MomentHasil penelitian : Berdasarkan pembahasan dan analisa data hasil penelitian sebagai berikut: 1).Hasil gambaran analisa angket dari variabel manajemen keuangan diperoleh 7,2 bearti termasuk kategori cukup pelaksanaan Metode Resitasi dan Problimsolving di SD Negeri Padangjambu Kecamatan Tambak Kbupaten Gresik 2).Hasil gambaran analisa variabel prestasi hasil belajar diperoleh 7,1 berarti termasuk kategori cukup pelaksanaan prestasi hasil belajar di SD Negeri Padangjambu Kecamatan Tambak Kabupaten Gresik 3).Hasil penelitian tentang Pengaruh Metode Resitasi dan Problimsolving terhadap prestasi hasil belajar IPS siswa kelas 5 SD Negeri Padangjambu Kecamatan Tambak Kabupaten Gresik dengan menggunakan korelasi product moment untuk N = 40 dengan taraf signifikan 5 % diketahui r tabel 0,312 , sedangkan hasil perhitungan peneliti dihasilkan r hitung 0,9835 maka dapat diketahui bahwa ada hubungan yang signifikan.Kata Kunci : Metode Ceramah , Tanyajawab , Prestasi Belajar, dan SDN Paromahan Kabupaten Gresik DOI : 10.5281/zenodo.3496252
KEBIJAKSANAAN PIMPINAN SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PKNSISWA KELAS VIII SMPN 4 KECAMATAN GRESIK KABUPATEN GRESIK Fahimatul Anis; Sri Rahayu
Jurnal Ilmiah Jendela Pendidikan Vol 8 No 2 (2019): Jendela Pendidikan
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan - Universitas Gresik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55129/jp.v8i2.907

Abstract

Latar Belakang Peranan Kepemimpinan adalah sekumpulan fungsi yang dilaksanakan sesorang sebagai tanggapan terhadap harapan-harapan dari para anggota tentang sistim sosial yang bersangkutan dan harapan sendiri dari jabatan yang ia duduki dalam sistem sosial.Rumusan masalah yang peneliti ajukan adalah bagaimana peranan kepemimpinan kepala Smpn 4 Kecamatan Gresik , bagimana prestasi belajar PKN di SMPN 4 Kecamatan Gresik Kabupaten Gresik , dan bagaimana peranan kepemimpinan kepala sekolah terhadap prestasi belajar PKN Siswa SMPN 4 Kecamatan Gresik Kabupaten Gresik.Tujuan Penelitian untuk mengetahui peranan kepemimpinan kepala SMPN 4 Kecamatan Gresik , ingin mengetahui prestasi belajar PKN Siswa SMPN 4 Kecamatan Gresik , dan ingin mengetahui pengaruh peranan kepemimpinan kepala terhadap prestasi belajar PKN Siswa SMPN 4 Kecamatan Gresik Kabu[aten GresikMetodologi Penelitian adalah peneltian kwantitatif dengan populasi siswa SMPN 4 Kecamatan Gresik dan sampelnya 35 orang siswa kelas 8 dengan tehnik analisa data statistik product momentKesimpulan bahwa peranan kepemimpinan kepala sekolahamat baik , prestasi belajar PKN amat baik , dan pengaruh peran kepemimpinan kepala sekolah terhadap prestasi belajar PKN sangat signifikan.Kata Kunci : Kepemimpinan , Prestasi belajar DOI : 10.5281/zenodo.3496256
PENGARUH METODE INSENTIF TERHADAP PRESTASI DISIPLIN KERJA GURU SDN 2 TAMBAK KECAMATAN TAMBAK KABUPATEN GRESIK Etiyasningsih Etiyasningsih; Wasiah Wasiah
Jurnal Ilmiah Jendela Pendidikan Vol 8 No 2 (2019): Jendela Pendidikan
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan - Universitas Gresik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55129/jp.v8i2.908

Abstract

Tujuan . pendidikan berdasarkan Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional Bab Il pasal 3 tahun 2003 adalab untuk meningkatkan potens!· peserta didik agar menjadi mantiSia yang berirnan dan bertaqwa kepada Tulian Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehal, berilmu, cakop, kreati!', mandiri, dan menjadi warga negara yang deinokratis serta bertanggungjawab. Untuk mencapai tujuan di atas, guru sebagai pendidik . mernegang peranan yang sangat penting Demikian pentingnya peranan guru dalam pencapaian tujuan pendidikan. seorang guru harus marnpu mengelola proses balajar mengajar dengan baikRumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Berdasarkan latar belakang di atas, maka dapat dirumuskan permasalahan sebagai berikut: 1).Seberapa besar pemberian Insentif Pegawai di SDN 2 Tambak Kecamatan Tambak Kabupaten Gresik? 2).Seberapa besar disiplin Kerja Guru SDN 2 Tambak Kecamatan Tambak Kabupaten Gresik? 3). Seberapa besar pengaruhpemberian Insentif Pegawai terhadap Disiplin Kerja Guru SDN 2 Tambak Kecamatan Tambak Kabupaten Gresik?Tujuan dalam penelitian ini adalah: Tujuan yang akan dicapai dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: 1).Mengetahui seberapa besar pemberian Insentif Pegawai di SDN 2 Tambak Kecamatan Tambak Kabupaten Gresik 2).Mengetahui seberapa besar Disiplin Kerja Guru SDN 2Tambak Kecamatan Tambak Kabupaten Gresik 3).Mengetahui seberapa besar pengaruh Insentif Pegawai terhadap disiplin kerja Guru SDN 2 Tambak Kecamatan Tambak Kabupaten Gresik.Metodologgi penelitian : tempat penelitian di SDN 2 Tambak Kecamatan Tambak Kbupaten Gresik , Populasi SDN2 Tambak Kecamatan Tambak Kabupaten Gresik , Sample aadalah Guru 2 Tambak Kecamatan Tambak Kabupaten Grsik , dan analsa data menggunakan statistik Product MomentHasil penelitian : Berdasarkan pembahasan dan analisa data hasil penelitian sebagai berikut: 1).Hasil gambaran analisa angket dari variabel Insentif Pegawai diperoleh 7,2 bearti termasuk kategori cukup pemberian insentif Pegai di SD Negeri 2 Tambak Kecamatan Tambak Kbupaten Gresik 2).Hasil gambaran analisa variabel Disiplin Kerja diperoleh 7,1 berarti termasuk kategori cukup pelaksanaan Disipli Kerja Guru di SD Negeri 2 Tambak Kecamatan Tambak Kabupaten Gresik 3).Hasil penelitian tentang Pengaruh Manajemen Keuangan149terhadap prestasi hasil belajar siswa kelas 5 SD Negeri 2 Tambak Kecamatan Tambak Kabupaten Gresik dengan menggunakan korelasi product moment untuk N = 40 dengan taraf signifikan 5 % diketahui r tabel 0,312 , sedangkan hasil perhitungan peneliti dihasilkan r hitung 0,9835 maka dapat diketahui bahwa ada hubungan yang signifikan.Kata Kunci : Insentif Pegawai , Disiplin, Kerja Guru DOI : 10.5281/zenodo.3496258
PENGARUH KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA TERHADAP TINGKAH LAKU PESERTA DIDIK DI MI AL-HIDAYAH LAJUKIDUL KECAMATAN SINGGAHAN KABUPATEN TUBAN Siti Zumrotus Sa’adah
Jurnal Ilmiah Jendela Pendidikan Vol 8 No 2 (2019): Jendela Pendidikan
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan - Universitas Gresik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55129/jp.v8i2.909

Abstract

Pendidikan merupakan satu dari sekian banyak hal yang tidak dapat terpisahkan dalam kehidupan manusia. Di sisi lain, pendidikan juga dipandang sebagai aspek dalam mempersiapkan sekaligus membentuk generasi muda di masa yang akan datang dan diharapkan mampu menumbuhkan dan meningkatkan keimanannya yang diwujudkan dalam tingkah laku yang terpuji.Skripsi ini diangkat dari sebuah latar belakang tentang pengaruh kegiatan ekstrakurikuler pramuka terhadap tingkah laku peserta didik di MI Al-Hidayah LajuKidul Kecamatan Singgahan Kabupaten Tuban tahun pelajaran 2014/2015.Dalam skripsi ini penulis membuat tiga rumusan masalah, yaitu : Bagaimana kegiatan ekstrakurikuler pramuka di MI Al-Hidayah?, Bagaimana tingkah laku peserta didik di MI Al-Hidayah?, dan Bagaimana pengaruh kegiatan ekstrakurikuler pramuka terhadap tingkah laku peserta didik di MI Al-Hidayah LajuKidul Kecamatan Singgahan Kabupaten Tuban?.Dalam penelitian ini, penulis mengambil jenis penelitian kuantitatif dengan mengunakan sampel penuh dikarenakan populasi yang mengikuti ekskul pramuka ada 55 siswa. Jika popolasi kurang dari 100 maka harus diambil keseluruhan. Penulis menggunakan beberapa metode, yaitu : metode observasi, dokumentasi, interview, wawancara dan angket. Sedangkan untuk menganalisa menggunakan teknik analisis “Product Moment”.Dari hasil penelitian dapat diperoleh kesimpulan, bahwa : kegiatan ekstrakurikuler pramuka mempunyai pengaruh yang tinggi terhadap tingkah laku peserta didik. Hal ini ditunjukan bahwa r hitung sebesar o,584 sedangkan r tabel signifikan 5%= o,266 dan taraf signifikan 1%= 0,345, Jadi dapat disimpulkan bahwa r hitung > r tabel product moment. Kata Kunci : Kegiatan ekstrakurikuler pramuka, Tingkah Laku. DOI : 10.5281/zenodo.3496260
PENGARUH METODE PEMBERIAN TUGAS DAN DEMONSTRASI TERHADAP PRESTASI HASIL BELAJAR AGAMA ISLAM SISWA KELAS 5 SDN KEPUHLEGUNDI KECAMATAN TAMBAK KABUPATEN GRESIK Eviy Aidah Fithriyah; Ayu Nazah
Jurnal Ilmiah Jendela Pendidikan Vol 8 No 2 (2019): Jendela Pendidikan
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan - Universitas Gresik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55129/jp.v8i2.905

Abstract

Agama Islam , dan SDN Kepuhlegundi Kabupaten GresikKeberhasilan prestasi mengajar diantaranya adalah factor guru dalam mengauasai metode mengajar dan memilih metode yang tepat , dengan menggunakan metode yang tepat akan meningkatkan prestasi belajar secara optimal. Dengan demikian halnya di SDN Kepuhlegundi ternyata hasi; belajar belum menjacapai ketuntasn minima yang telah ditetapkan , hal ini terdapat hambatan dari kekurangan guru sehingga sering guru merangkap kelas yang lain sehingga kuran member bimbinga dalam memberitugas dan medemonstrasikan pembelajaran dan cenderung memberitugas tanpa bimbingan .Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Seberapa besar pelaksanaan Metode Pemberiantugas dan Demonstrasi di SDN Kepuhlegundi Kecamatan Tambak Kabupaten Gresik 2) Seberapa besar prestasi hasil belajar Agama Islam siswa SDN Kepuhlegundi Kecamatan Tambak Kabupaten Gresik ; 3) Seberapa besar pengaruh Metode Pemberiantugas dan Demonstrasi terhadap prestasi hasil belajar siswa SDN Paromahan Kecamatan Tambak Kabupaten Gresik.Tujuan dalam penelitian ini adalah: 1)Ingin Mengetahui Seberapa besar pelaksanaan Metode Pemberian tugas dan Demonstrasi di SDN Kepuhlegundi Kecamatan Tambak Kabupaten Gresik 2) Ingin Mengetahui Seberapa besar Seberapa besar prestasi hasil belajar Agama Islam siswa SDN Kepuhlegundi Kecamatan Tambak Kabupaten Gresik ; 3) Ingin Mengetahui Seberapa besar pengaruh Metode Pemberiantugas dan Demonstrasib terhadap prestasi hasil belajar siswa SDN Kepuhlegundi Kecamatan Tambak Kabupaten Gresik.Metodologgi penelitian : tempat penelitian di SDN Kepuhlegundi Kecamatan Tambak Kbupaten Gresik , Populasi SDN Kepuhlegundi Kecamatan Tambak Kabupaten Gresik , Sample aadalah Guru dan Siswa Kelas 5 SDN Kepuhlegundi Kecamatan Tambak Kabupaten Grsik , dan analsa data menggunakan statistik Product MomentHasil penelitian : Berdasarkan pembahasan dan analisa data hasil penelitian sebagai berikut: 1).Hasil gambaran analisa angket dari variabel manajemen keuangan diperoleh 7,2 bearti termasuk kategori cukup pelaksanaan Manajeman Keuangan di SD Negeri Kepuhlegundi Kecamatan Tambak Kbupaten Gresik 2).Hasil gambaran analisa variabel prestasi hasil belajar diperoleh 7,1 berarti termasuk kategori cukup pelaksanaan prestasi hasil belajar di SD Negeri Kepuhlegundi Kecamatan Tambak Kabupaten Gresik 3).Hasil penelitian tentang Pengaruh Metoden Pe,beriantugas dan Demonstrasi terhadap prestasi hasil belajar Agama Islam siswa kelas 5 SD Negeri Kepuhlegundi Kecamatan Tambak Kabupaten Gresik dengan menggunakan korelasi product moment untuk N = 40 dengan taraf signifikan 5 % diketahui r tabel 0,312 , sedangkan hasil perhitungan peneliti dihasilkan r hitung 0,9835 maka dapat diketahui bahwa ada hubungan yang signifikan.Kata Kunci : Metode Pemberian Tugash , Demonstrasi , Prestasi Belajar. DOI : 10.5281/zenodo.3496247
PENGARUH HUBUNGAN SEKOLAH DENGAN MASYARAKATER HADAP PENINGKATAN PRILAKU PESERTA DIDIK MTS HIDAYAUL MUTAALIMIN DESA MEDALEM KECAMATAN SENORI Sri Sundari; Munari Munari
Jurnal Ilmiah Jendela Pendidikan Vol 8 No 2 (2019): Jendela Pendidikan
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan - Universitas Gresik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55129/jp.v8i2.912

Abstract

Pengaruh Hubungan Sekolah dengan Masyarakat terhadap Peningkatan Prilaku Hidayatul Mutaalin Ds. Medalem Kecamatan Senori Kabupaten Tuban,hal yang melatarbelakangi penelitian ini adalah masalah yang berhubungan sekolah dengan masyarakat dan peningkatan prilaku yang positif dalam mengatasinya penulis rumuskan : Bagaimana Pengaruh Hubungan Sekolah dengan Masyarakat terhadap Peningkatan Prilaku Hidayatul Mutaalin Ds. Medalem Kecamatan Senori Kabupaten Tuban Kabupaten Tuban.Kajian pustaka 1) Hubungan sekolah dengan Masyarakat,2)kajian Pengaruh masyarakat terhadap Sekolah,3) Penigkatan prilaku Peserta didik,4)Jenis-jenis hubungan sekolah dengan masyarakat,5Penigkatan Prilaku.Metode penelitian yang digunakan adalah: 1) Metode studi Kasus 2) Jenis penelitian Study Lapangan, 3) Populasi, Sampel dan Sumber data adalah : Profil sekolahan, 4) teknik sampling Stratified proportional , 5) metode dan analisa data. Akhirnya disimpulkan bahwa Sekolah dengan masyarakat memerlukan basis kekuatan sosial ,budaya dan politik dalam meberikan Gambaran Penikatan prilaku pembangunan untuk Akhlaq masyarakat desa Medalem kecamat Senori Kabupaten Tuban.Kata Kunci: Sekolah dengan Masyarakat terhadap Peningkatan Prilaku  DOI : 10.5281/zenodo.3517306

Page 1 of 1 | Total Record : 6