cover
Contact Name
Hamzah Robbani
Contact Email
info@neolectura.com
Phone
+6285975423413
Journal Mail Official
judicious@neolectura.com
Editorial Address
PT Naraya Elaborium Optima Graha Mampang 3rd Floor Suite 305 Mampang Prapatan Raya Kav-100 Pancoran, South Jakarta 12760
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
JUDICIOUS: Journal of Management
Published by Neolectura
ISSN : -     EISSN : 27469417     DOI : https://doi.org/10.37010
Core Subject : Economy, Science,
Judicious is a journal published by Neolectura, issued two times in one year. Judicious is a scientific publication media in the form of conceptual paper and field research related to general management scope. It is hoped that Judicious can become a media for academics and researchers to publish their scientific work and become a reference source for the development of science and knowledge.
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 1 No 2 (2020): Judicious" : 8 Documents clear
Analisis Perubahan Kartu ATM Magnetik Strip ke Kartu ATM Chip Card terhadap Kepuasan Nasabah Bank Mandiri Margonda Depok Tio Oktavianto; Prasetio Ariwibowo
JUDICIOUS Vol 1 No 2 (2020): Judicious
Publisher : Neolectura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37010/jdc.v1i2.115

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa sajakah yang mempengaruhi kepuasan nasabah Bank Mandiri Margonda Depok. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh nasabah bank Mandiri Margonda Depok dengan sampel yaitu nasabah bank Mandiri Margonda Depok yang sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan oleh peneliti. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan wawancara terbuka dengan memilih key informan sebagai sumber data, yaitu nasabah bank Mandiri Margonda Depok khususnya pengguna kartu ATM dari magnetic stripe ke ATM chip card. Hasil dari penelitian ini akan menunjukan faktor-faktor apa sajakah yang mempengaruhi kepuasan nasabah bank Mandiri Margonda Depok. Hasil dalam penelitian ini menunjukan bahwa dengan dilakukannya perubahan kartu ATM magnetic stripe menjadi kartu ATM chip card  terhadap kepuasan nasabah Bank Mandiri Margonda Depok, yang pertama adalah para nasabah merasa puas dengan tindakan yang dilakukan bank mandiri pada saat awal mula terjadinya kasus skimming tersebut, bank mandiri sanggatlah tanggap terhadap kasus tersebut, dengan menghimbau para nasabah yang menggunakan kartu ATM magnetic stripe harus segera beralih atau mengganti kartu ATM mereka menjadi kartu ATM chip card, kemudian yang kedua adalah, para nasabah puas dengan sifat tanggung jawab yang bank mandiri buktikan dengan cara mengganti seluruh tabungan bagi nasabah yang terkena kasus kejahatan skimming tersebut. Kemudian yang terahir para nasabah merasa puas atas kinerja yang telah dilakukan bank mandiri karena telah menetapkan dan menghimbau para nasabahnya agar segera mengganti kartu ATM mereka menjadi chip card. Oleh karena itu para nasabah merasa puas dengan segala tindakan yang telah dilakukan oleh bank Mandiri, sehingga para nasabah merasakan rasa aman dan nyaman pada saat melakukan kegiatan transaksi dimana saja.
Analisis Profitabilitas dan Leverage terhadap Return Saham Rheza Pratama
JUDICIOUS Vol 1 No 2 (2020): Judicious
Publisher : Neolectura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37010/jdc.v1i2.131

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Profitabilitas dan Leverage Terhadap Return saham Uji Full Sampel dan Sub Sampel Pada Seluruh Perusahaan Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Sampel penelitian ini terdiri dari 161 perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Yang penentuan sampelnya ditentukan melalui purposive sampling. Penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi berganda. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa untuk uji full sampelnya return on equity berpengaruh terhadap return saham sedangkan debt to equity ratio tidak berpengaruh terhadap return saham pada seluruh perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2015-2018. Sedangkan uji sub sampelnya pada setiap industri terdapat return on equity berpengaruh terhadap return saham dan ada yang tidak berpengaruh begitu juga dengan debt to equity ratio
Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Pelanggan di The Garden Restaurant Pantai Indah Kapuk Juliana Juliana; El Glory Nathalie; Felia Felicia
JUDICIOUS Vol 1 No 2 (2020): Judicious
Publisher : Neolectura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37010/jdc.v1i2.137

Abstract

Kualitas Pelayanan di Restoran merupakan faktor penting yang meningkatkan Loyalitas Pelanggan. Kualitas Layanan terdiri dari Tangible, Reliability, Responsiveness, Assurance dan Empathy. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan terhadap loyalitas pelanggan. Penelitian ini mengajukan kerangka konseptual untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan di The Garden Restaurant Pantai Indah Kapuk. Untuk menguji kerangka konseptual, penelitian ini menggunakan pengumpulan data menggunakan kuesioner, dengan teknik sampel acak, dan mengambil 80 responden dari orang acak yang pernah berkunjung ke The Garden Restaurant Pantai Indah Kapuk. Metode analisis regresi berganda menggunakan regresi dengan SPSS ver. 25. Hasil dari hipotesis dukungan ini yaitu kualitas pelayanan berpengaruh positif terhadap loyalitas pelanggan pada The Garden Restaurant Pantai Indah Kapuk. Saran yang dapat diberikan kepada The Garden Restaurant adalah menjaga kualitas pelayanan yang prima dan sekaligus meningkatkannya.
Analisis Pengendalian Persediaan Bahan Baku dengan Menggunakan Metode EOQ pada PT Sigma Indonesia MFG Elsa Fitriyani; Matdio Siahaan
JUDICIOUS Vol 1 No 2 (2020): Judicious
Publisher : Neolectura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37010/jdc.v1i2.141

Abstract

The aim of this research is to find out whether the control of raw material inventory at PT Sigma Indonesia Manufacturing is efficient or not. The main raw material used by PT Sigma Indonesia Manufacturing is 8.0 diameter STKM material. PT Sigma Indonesia Manufacturing processes the STKM diameter 8.0 material into finished goods, namely Collar 8.0. Problems faced by companies in relation to raw material supplies include the optimal purchase of raw materials, safety supplies, and the total cost of raw material supplies. To answer the existing problems, the author uses the EOQ (Economical Order Quantity) method. This analysis consists of the optimal purchase of raw materials, safety stock, and Total Inventory Cost. The calculation of optimal raw material purchases uses the EOQ (Economical Order Quantity) method, the calculation of safety stock is calculated using a standard deviation while the Total Inventory Cost is calculated using Microsoft Excel. The data used are data on the purchase and use of Collar 8.0 raw materials during the period January 2016 to December 2018. The results obtained after EOQ calculations are the amount of economical raw materials for each purchase in 2016 amounted to 278 sticks, 2017 totaled 284 sticks, 2018 a total of 285 cigarettes. Total Inventory Cost according to the EOQ calculation in 2016 amounted to Rp165,591, in 2017 amounted to Rp168.754, in 2018 amounted to Rp169.325. Total Inventory Cost incurred by the company in 2016 was Rp215.268, 2017 amounted to Rp219.380 , in 2018 amounting to Rp220.122.
Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Loyalitas Pelanggan NAGA Swalayan Ciracas Jakarta Timur Ismi Damayanti; Prasetio Ariwibowo; Paryono Paryono
JUDICIOUS Vol 1 No 2 (2020): Judicious
Publisher : Neolectura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37010/jdc.v1i2.145

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi loyalitas pelanggan NAGA Swalayan Ciracas Jakarta Timur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pengunjung NAGA Swalayan Ciracas Jakarta Timur beserta aktivitasnya pada bulan Maret 2020 sampai dengan bulan Mei 2020 dengan sampel yaitu pengunjung NAGA Swalayan Ciracas Jakarta Timur yang sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan oleh peneliti. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan wawancara terbuka dengan memilih key informan sebagai sumber data, yaitu pelanggan NAGA Swalayan Ciracas Jakarta Timur. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi loyalitas pelanggan NAGA Swalayan Ciracas Jakarta Timur yang pertama adalah karena adanya faktor harga. Dalam menetapkan harga, NAGA Swalayan Ciracas Jakarta Timur sudah menyesuaikan produknya dengan harga yang sesuai standar. Bahkan para pelanggan pun banyak yang berpendapat bahwa harga produk yang dijual di NAGA Swalayan Ciracas Jakarta Timur jauh lebih murah dan terjangkau dibandingkan swalayan lain. Selain itu, produk yang dijual pun beragam dan sudah bisa dibilang cukup lengkap tak kalah dengan swalayan lain yang lebih besar. Dan kualitas pelayanan yang diberikan pun juga sudah cukup baik, dimana para pegawai maupun karyawannya sudah berpenampilan bersih dan rapi serta berperilaku ramah, dan sopan kepada para pelanggannya. Selain itu, para karyawannya juga sudah cepat tanggap dalam merespons dan membantu para pelanggan untuk menemukan produk yang mereka cari sehingga membuat para pelanggan nyaman dalam berbelanja, serta informasi yang diberikan pun sudah cukup jelas.
Pengaruh Electronic Word of Mouth terhadap Minat Beli Reservasi Hotel Rusyaima Farha Salsabila; Ekayana Sangkasari Paranita
JUDICIOUS Vol 1 No 2 (2020): Judicious
Publisher : Neolectura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37010/jdc.v1i2.146

Abstract

This research is motivated by the increasing number of internet users used as promotional media by online travel agents. This study will analyze the effect of electronic word of mouth on the interest in buying hotel reservations via the Traveloka application, both from the perspective of intensity, the valence of opinion, and content. In this study, researchers used quantitative methods. This research collects data by distributing questionnaires via a google form, which are distributed to people who have made hotel reservations through the Traveloka application. The data analysis method used is the Multiple Linear Regression. The results showed that partially the intensity and content variables had a significant positive effect on buying interest in hotel reservations, but simultaneously the three variables had a significant positive effect on buying interest in hotel reservations.
Analisis Komparatif Saham Sektor Pertambangan pada Indeks LQ45 Rizal Rahmawan
JUDICIOUS Vol 1 No 2 (2020): Judicious
Publisher : Neolectura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37010/jdc.v1i2.200

Abstract

This study aims to analyze the significance of differences in stocks' performance that are members of the LQ45, especially in the mining sector. Researchers use the method based on their classification in development research. From the level of sluggishness, this study includes experiments with quantitative data in the form of company performance ratios summarized by researchers from the official IDX website, including Return non-equity (ROE), non-asset returns (ROA), Gross Profit Margin (GPM), Operating Profit Margin (OPM), Nett Profit Margin (NPM), and Earning Before Tax ( RBT). The researcher conducted a normality test on the data for four years and then performed a parametric difference test with the SPSS test tool and the One Way Anova analysis technique. This study indicates the research data is usually distributed with the average yield of superior stocks is PT. Bukit Asam, each variable calculation has an average height value with a standard deviation lower. The tests' results depending on entire ratio calculations, showed a difference significant between the stock to stock other. This shows the significance of the difference between one stock and another. One stock's advantage is proven to provide significant portfolio value for investors and other stakeholders.
Standar Kompetensi Kerja sebagai Strategi Efektifitas Operasi Perusahaan Achmadi Achmadi
JUDICIOUS Vol 1 No 2 (2020): Judicious
Publisher : Neolectura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37010/jdc.v1i2.210

Abstract

This study aims to provide awareness to company management in developing competencies for its employees. Coaching employees with relevant competencies can improve management quality standards. Based on the classification, this research is classified as applied research (Applied research) with qualitative data. Researchers provide a strategy for developing company quality by increasing the competence of personnel. The researcher triangulated the data by summarizing various scientific sources and related regulations, then validated it by filtering the opinions of management resource practitioners in the company. As a result, the company has effectiveness in developing the competence of its employees. SOPs that are collaborated with competency elements for each stage of operation guarantee the minimum standard quality of the products and services issued. Companies that do not increase their personnel capacity or quality will easily fall behind other companies. Further research is expected to have quantitative measurements so that they can prove the meaning of competency development in company profitability and efficiency

Page 1 of 1 | Total Record : 8