cover
Contact Name
Randi Rizal
Contact Email
randirizal@unper.ac.id
Phone
+6285320132014
Journal Mail Official
index@unper.ac.id
Editorial Address
Universitas Perjuangan Tasikmalaya. Jl. PETA No. 177 Kota Tasikmalaya, Jawa Barat
Location
Kota tasikmalaya,
Jawa barat
INDONESIA
Informatics and Digital Expert (INDEX)
ISSN : 27752208     EISSN : 27150453     DOI : https://doi.org/10.36423/index.v2i02.582
INDEX merupakan Jurnal Informatika yang bertujuan untuk mengembangkan penelitian di bidang: Application E-Healthcare, E-Learning, E-Manufacturing, E-Commerce, E-Bussiness, E-Procurment E-Goverment, E-Governance Intellegent System Sistem Pakar Jaringan Syaraf Tiruan Algoritma Genetika Robotika Sistem Pendukung Keputusan Smart City Digital Forensics Network Forensics Smartphone Forensics Cloud Forensics Computer Forensics Manajemen Data dan Pengetahuan Pemodelan Konseptual, Bahasa dan Desain Data Mining Rekayasa Perangkat Lunak Interaksi Manusia dan Komputer Multimedia, Game dan Teknologi Seluler Keamanan Data Pengenalan Pola
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 1 (2020): INDEX, MEI 2020" : 6 Documents clear
Sistem Informasi Manajemen Penanggulangan Bencana Alam di Kabupaten Bandung Barat Shisi Prayesti; Asep Id Hadiana; Fajri Rakhmat Umbara
Informatics and Digital Expert (INDEX) Vol. 2 No. 1 (2020): INDEX, MEI 2020
Publisher : LPPM Universitas Perjuangan Tasikmalaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36423/ide.v2i1.428

Abstract

BPBD Kabupaten Bandung Barat merupakan sebuah lembaga pemerintah nonkementerian yang memiliki tugas diantaranya adalah memberikan pedoman dan pengarahan terhadap usaha penanggulangan bencana yang mencakup pencegahan bencana, penanganan keadaan darurat bencana, rehabilitasi, dan rekonstruksi secara adil dan setara, menyampaikan informasi kegiatan penanggulangan bencana kepada masyarakat. Agar proses penanggulangan dan pemberian informasi bencana dilakukan secara merata maka, dibentuklah sebuah Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) khususnya di Kabupaten Bandung Barat, akan  tetapi pemberian informasi yang diberikan BPBD Kabupaten Bandung Barat mengenai mitigasi dan persiapan bencana belum dilakukan secara menyeluruh, dimana data yang diberikan bukan data per kecamatan yang ada di Kabupaten Bandung Barat, selain itu  tidak adanya informasi mengenai ancaman bencana, bantuan logistik, serta peralatan penunjang penanggulangan bencana. Hasil keluaran dari penelitian ini adalah sebuah sistem yang diimplementasikan pada perangkat lunak untuk melakukan pengolahan data penanggulangan bencana dalam membantu proses bisnis yang ada pada BPBD Kabupaten Bandung Barat.
Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Tim Helpdesk UNBK Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process Teuku Mufizar; Sarmidi Sarmidi; Mira Yuliani
Informatics and Digital Expert (INDEX) Vol. 2 No. 1 (2020): INDEX, MEI 2020
Publisher : LPPM Universitas Perjuangan Tasikmalaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36423/ide.v2i1.449

Abstract

Tim Helpdesk UNBK memiliki peran penting sebagai pusat layanan penanganan apabila terjadi masalah bagi sekolah pada saat berlangsung UNBK. Penentuan Tim Helpdesk UNBK saat ini belum menggunakan aplikasi komputer dan proses penyeleksiannya masih bersifat subyektif yang memungkinkan ketidaktepatan dari calon yang terpilih. Maka dari itu dibangun sistem peyeleksian dengan menggunakan metode analytical hierarchy process (AHP) yang menggunakan konsep perbandingan antara satu kriteria dengan kriteria lainnya. Kriteria yang digunakan pada penelitian ini adalah pengetahuan TIK, pengalaman proktor, sertifikat IT, komunikasi,disiplin, dan tanggung jawab. Hasil akhir dari penelitian ini berupa rekomendasi calon tim helpdesk UNBK yang paling layak serta kompeten sesuai dengan yang dibutuhkan.  Dari 5 calon sebagai kandidat, terpilih 3 urutan teratas yang telah diuji melalui perhitungan manual dan dibandingkan dengan hasil dari aplikasi komputer menunjukkan hasil yang sama, yaitu Ude Sony Senjaya, Yayat Suhayat, dan M Imam.
Penerapan Model Spiral Dalam Pengembangan Sistem Informasi Penjadwalan Produksi Berbasis Website (Studi Kasus: PT. Dinar Makmur Cikarang) Sri Wahyuni; Nur Cahyani
Informatics and Digital Expert (INDEX) Vol. 2 No. 1 (2020): INDEX, MEI 2020
Publisher : LPPM Universitas Perjuangan Tasikmalaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36423/ide.v2i1.425

Abstract

Perkembangan era industri 4.0 menuntut setiap instansi agar dapat memanfaatkan perkembangan teknologi dalam segala bidang. Salah satunya adalah pemanfaatan web dalam proses bisnis. PT Dinar Makmur Cikarang merupakan salah satu perusahaan yang memproduksi barang jenis styroform. Dalam penjadwalan produksi masih dilakukan dengan cara manual yang memerlukan waktu lama dalam pengerjaannya. Selain itu juga dalam pendistribusian jadwal yang sudah jadi terhadap pihak-pihak terkait. Dalam penelitian ini akan dikembangkan system informasi penjadwalan berbasis web menggunakan metode spiral. Berbasis web bertujuan agar mudah diakses dari beberapa tempat yang berbeda. Menggunakan model spiral dikarenakan pengembangan sistem menggunakan model ini mudah dikembangkan dan memerlukan waktu lebih singkat dibanding model lain. Sistem diuji coba dengan black box testing dan melaksankan Forum Group Discussion dengan dihadiri para pihak terkait dengan penjadwalan proses produksi. Dari FGD yang dilakukan menghasilkan bahwa sistem yang dihasilkan dapat diterima. Dapat diartikan bahwa sistem ini sesuai dengan kebutuhan yang ada di bagian penjadwalan produksi PT Dinar Makmur Cikarang.
Pembangunan Sistem Informasi Manajemen Rantai Pasok Menggunakan Metode Min-Max Untuk Pengendalian Stok Bahan Baku Pada CV. Bidara Karya Gemilang Hadi Apryana; Tacbir Pudjiantoro Hendro; Asep Id Hadiana
Informatics and Digital Expert (INDEX) Vol. 2 No. 1 (2020): INDEX, MEI 2020
Publisher : LPPM Universitas Perjuangan Tasikmalaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36423/ide.v2i1.444

Abstract

CV.Bidara Karya Gemilang adalah perusahaan bergerak di bidang manufaktur yang memproduksi  pakaian jadi untuk dijual dan menerima order pesanan dalam pembuatan baju dalam partai besar ataupun kecil. Dalam pengelolaan bahan baku yang terjadi mengalami perbedaan antara pembukuan dengan bahan baku yang ada di lapangan sehingga dapat mengakibatkan terhambatnya proses produksi terhadap order pesanan, serta bertambahnya beban proses produksi yang tinggi menyebabkan kesulitan dalam mengontrol proses produksi yang sedang berjalan karena setiap divisi sering telambat dalam memberikan informasi. Dengan menggunkan konsep Supply Chain Management diharapkan dapat Mengolah data order pesanan, memberikan informasi bahan-baku yang akurat, dan perencanaan produksi yang tepat, dengan memanfaatkan 2 tahapan scm yaitu midstream dan downstream. Metode Min-Max juga diharapkan dapat membantu untuk mengetahui batas maximum dan minimum bahan baku produksi dengan melakukan perhitungan pada periode tertentu sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Pada penelitian ini metode pengembangan perangkat lunak yang digunakan ini yakni waterfall untuk menghasilkan aplikasi yang lebih berkualitas. Hasil penelitian ini berupa sistem yang dapat memberikan informasi seputar order pesanan, batas maximum dan minimum bahan baku, penjadwalan produksi , dan laporan produksi yang berupa hasil produksi.
Penerapan Dynamic System Development Method Pada Sistem Monitoring Status Gizi Balita Tumini Tumini; Sugiyanti Sugiyanti
Informatics and Digital Expert (INDEX) Vol. 2 No. 1 (2020): INDEX, MEI 2020
Publisher : LPPM Universitas Perjuangan Tasikmalaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36423/ide.v2i1.426

Abstract

Kondisi gizi pada balita sangat penting untuk diperhatikan oleh para orang tua. Agar para orang tua dapat mengetahui pertumbuhan tubuh serta kondisi gizi balita dan mencegah resiko yang memungkinkan terjadi jika balita mengalami ganguan terhadap gizinya terutama di Posyandu Seruni 11. Pentingnya orang tua mengetahui status gizi balita dengan mudah maka diperlukan suatu sistem yang mudah di akses untuk mengetahui status gizi balita. Maka tujuan penelitian ini adalah membuat suatu sistem menggunakan metode Dynamic System Development Method (DSDM) dan framework CodeIgniter yang memudahkan petugas ataupun orang tua untuk mengetahui status gizi balita dengan cepat dan mudah di akses. Pengimplementasian sistem dibagi untuk bagian admin atau petugas dari posyandu Seruni 11 dan untuk orang tua balita atau user. Pada pengujian uji kelayakan kuesioner didapatkan hasil pengujian berupa nilai 73,80 % untuk menu admin dan 91,51% untuk menu user. Hasil pengujian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa sistem ini layak untuk digunakan.
Pembangunan Sistem Informasi Tracer Study Alumni Pada Program Studi Informatika Universitas Jenderal Achmad Yani Rizky Bayu Oktavian; Tachbir Hendro; Asep Id Hadiana
Informatics and Digital Expert (INDEX) Vol. 2 No. 1 (2020): INDEX, MEI 2020
Publisher : LPPM Universitas Perjuangan Tasikmalaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36423/ide.v2i1.427

Abstract

Tracer Study adalah suatu mekanisme yang dilakukan oleh berbagai pihak untuk melacak alumni dalam rangka untuk mengukur relevansi tujuan dan proses pendidikan dengan kondisi alumni saat ini. Tracer Study dilakukan antara 1-3 tahun setelah lulus dan bertujuan untuk mengetahui outcome pendidikan dalam bentuk transisi dari dunia pendidikan tinggi ke dunia kerja. Customer Relationship Management ( CRM ) adalah strategi bisnis dengan menerapkan teknologi informasi pada perusahaan secara komprehensif, handal, dan terintegrasi. dengan begitu semua proses dan interaksi saling membantu mempertahankan dan mengembangkan hubungan yang bermanfaat. BAN – PT merupakan satu-satunya badan akreditasi yang memperoleh wewenang dari Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia dalam meningkatkan mutu pendidikan tinggi. Kegiatan penelusuran alumni juga merupakan pemenuhan standar yang telah dipersyaratkan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT). Kurangnya umpan balik ( feedback ) dari alumni dengan jurusan mengakibatkan jurusan kesulitan untuk melakukan pelacakan terhadap alumni yang sudah lulus dan juga mempertahankan alumni untuk selalu mengupdate informasi mereka merupakan suatu hal yang sulit untuk dilakukan , padahal alumni merupakan produk keluaran dari suatu institusi pendidikan, yang mana kualitas alumni menunjukan kualitas dari institusi pendidikan tersebut. Serta tidak adanya suatu wadah yang dapat membantu mahasiswa aktif dalam mendapatkan informasi tentang dunia kerja bidang informatika. Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah membangun sebuah perangkat lunak sistem informasi tracer study di Universitas Jenderal Achmad Yani yang diharapkan dapat membantu jurusan dalam mengelola feedback dari alumni dan sebagai wadah untuk bertukar informasi antara alumni dengan sesama alumni maupun dengan mahasiswa aktif.

Page 1 of 1 | Total Record : 6