cover
Contact Name
Randi Rizal
Contact Email
randirizal@unper.ac.id
Phone
+6285320132014
Journal Mail Official
index@unper.ac.id
Editorial Address
Universitas Perjuangan Tasikmalaya. Jl. PETA No. 177 Kota Tasikmalaya, Jawa Barat
Location
Kota tasikmalaya,
Jawa barat
INDONESIA
Informatics and Digital Expert (INDEX)
ISSN : 27752208     EISSN : 27150453     DOI : https://doi.org/10.36423/index.v2i02.582
INDEX merupakan Jurnal Informatika yang bertujuan untuk mengembangkan penelitian di bidang: Application E-Healthcare, E-Learning, E-Manufacturing, E-Commerce, E-Bussiness, E-Procurment E-Goverment, E-Governance Intellegent System Sistem Pakar Jaringan Syaraf Tiruan Algoritma Genetika Robotika Sistem Pendukung Keputusan Smart City Digital Forensics Network Forensics Smartphone Forensics Cloud Forensics Computer Forensics Manajemen Data dan Pengetahuan Pemodelan Konseptual, Bahasa dan Desain Data Mining Rekayasa Perangkat Lunak Interaksi Manusia dan Komputer Multimedia, Game dan Teknologi Seluler Keamanan Data Pengenalan Pola
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 2 (2020): INDEX, November 2020" : 6 Documents clear
Prototipe Aplikasi Web untuk Pengajuan Cuti Pegawai Berbasis Online Aso Sudiarjo
Informatics and Digital Expert (INDEX) Vol. 2 No. 2 (2020): INDEX, November 2020
Publisher : LPPM Universitas Perjuangan Tasikmalaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36423/index.v2i02.568

Abstract

Sistem informasi kepegawaian adalah sistem yang digunakan sebagai penyimpanan dan pengolahan data pegawai, untuk mendukung personel operasional. Berdasarkan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi ini semakin baik juga membuat distribusi yang lebih cepat informasinya. Akurasi, presisi, dan kecepatan merupakan faktor penting dalam pengolahan data. Data yang diolah secara terstruktur dan jelas dirancang untuk memudahkan kinerja manusia dalam mengorganisir data dengan baik. Data diolah dengan baik dan cepat akan menambah daya saing dan meningkatkan kualitas manusia atau instansi. Universitas Perjuangan merupakan salah satu instansi yang membutuhkan pengolahan data pegawai yang berhubungan dengan teknologi informasi. Universitas Perjuangan dalam hal ini membutuhkan suatu aplikasi yang berfungsi untuk meningkatkan pelayanan administrasi kepada pegawainya diantarnya data cuti, penelitian ini dilakukan terlebih dahulu dengan cara referensi, interview, observasi dan studi kepustakaan. Hasil penelitian yang dilakukan yaitu perototipe sistem informasi pengajuan cuti pegawai,. Sistem informasi yang akan dikembangkan berbasis web yang dapat diakses oleh pegawai  dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan MySQL sebagai pangkalan data
Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Bonus Karyawan dengan Metode Fuzzy-SAW Berbasis Web (Studi Kasus PT. Bunga Raya) Muhammad Sahdan; Muhammad Innuddin; Mokhammad Nurkholis Abdillah
Informatics and Digital Expert (INDEX) Vol. 2 No. 2 (2020): INDEX, November 2020
Publisher : LPPM Universitas Perjuangan Tasikmalaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36423/index.v2i02.586

Abstract

Penentukan bonus karyawan pada PT Bunga Raya berdasarkan atas dasar absensi,gaji,kerjasama,kedisiplinandanjumlahlembur.Masalahyangdihadapi adalah kurangnya transparansi dalam penentuan bonus karyawan, sehingga berdampak pada hubungan keharmonisan karyawan dalam bekerja, sehingga diperlukan sebuah sistem yang baru yang dapat mendukung dan mempermudah dalam proses perangkingan untuk meningkatkan kualitas keputusan dalam menentukan bonuskaryawan.Untuk mengatasi masalah tersebut diperlukan sebuah sistem yang mampu membantu bagian administrasi dalam mempercepat dan mempermudah proses perangkingan bonus karyawan. Sistem yang dimaksud adalah sistem pendukung keputusan (SPK). SPK adalah Sistem yang mampu memberikan rekomendasi dalam memutuskan suatu kasus tertentu. SPK yang dikembangkan menggunakan metode fuzzy dan simple additive weighting (SAW) atau dikenal dengan fuzzy SAW. Fuzzy digunakan untuk proses pembobotan nilai dari tiap kriteria dan SAW di gunakan untuk mencari nilai alternatif terbaik dalam berbabgai alternatif berdasarkan kriteria yang ditentukan.Padapeneltian(Salehetal.,2014)studikasusmengambiltempatdiCV.Asia Exotica Medan . Penentuan kulit ular untuk kerajinan tangan masih dilakukan secara manual dan susahnya untuk menentukan kualitas kulit ular yang digunakan untuk kerajinan tangan sama menggunakan metode Fuzzy SAW. namun acuan kriteria yang digunakan adalah 3 kriteria dalam penentuan kualitas kulitular.Hasil pengujian fungsional yang dilakukan pada beberapa browser (Chrome, Firefox, dan Internet Explorer) menunjukan bahwa semua fungsi yang terdapat dalam aplikasi dapat berjalan dengan baik. Hasil pengujian validasi dilakukan dengan membandingkan output sistem dengan perhitungan manual dan hasilnya memiliki tingkat validasi sebesar 100%. Hasil pengujian sistem secara user dilakukan dengan membagi kuisioner kepada 7 admin dan menunjukan bahwa sistem yang dikembangkan memiliki tingkat kepuasan sebesar 77%.
Sistem Pendukung Keputusan Untuk Menentukan Rekomendasi Wisata Dengan Menggunakan Metode Profile Matching dan SMART Ivang Fahmi Fauzi; Alam Rahmatulloh; Andi Nurachman
Informatics and Digital Expert (INDEX) Vol. 2 No. 2 (2020): INDEX, November 2020
Publisher : LPPM Universitas Perjuangan Tasikmalaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36423/index.v2i02.588

Abstract

Empirically tourism has shown increasing growth marked by an increase in the frequency of people who travel. Tourism activities create many benefits including the spread of development, foreign exchange earnings, regional income through tax collection, employment and creating business opportunities. The problem that often arises is that there are still many people who travel, but instead it creates new thoughts. Traveling is also an important physical need without us knowing. One of the decision-making problems faced with various criteria is the process of selecting tourist attractions. In the process of profile matching in broad outline is the process of comparing the competency of visitors into the competence of tourist attractions so that the competency differences can be known (also called a gap), the smaller the gap produced, the greater the value weights which means it has a greater chance for the priority of certain tourist attractions chosen by tourists (visitors). While the SMART (Simple Multi-Attribute Rating Technique) method is a multi-criteria decision making method. This multi-criteria decision making technique is based on the theory that each alternative consists of a number of criteria that have values and each criterion has a weight that illustrates how important compared to other criteria. Each tourism object has the value of road access criteria, facilities, prices and visitors from the results of the previous profile matching calculation, then the weight normalization calculation from the simple multi attribute rating method is calculated and summed to find out the final score results, and then descending. From the results, the selection of suitable tourism object is very objective because it has fulfilled the assessment of each criteria.
Tinjauan Mengenai Potensi Information Technology Infrastructure Library (ITIL) pada Model Layanan Teknologi Informasi di Usaha Kecil Mikro dan Menengah (UMKM) Asep Id Hadiana; Eddie Krishna Putra; Melina Melina
Informatics and Digital Expert (INDEX) Vol. 2 No. 2 (2020): INDEX, November 2020
Publisher : LPPM Universitas Perjuangan Tasikmalaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36423/index.v2i02.582

Abstract

Penelitian ini melakukan tinjauan pustaka mengenai masalah yang dihadapi Usaha Kecil Mikro dan Menengah (UMKM) ketika mencoba memastikan keselarasannya dengan pedoman Information Technology Infrastructure Library (ITIL). Telah diketahui bahwa UMKM mengalami tantangan yang berbeda dengan yang dialami oleh perusahaan besar, namun tuntutan mereka sama dengan perusahaan besar. Mengingat bahwa mereka memiliki lebih sedikit tenaga kerja dan sumber daya teknologi, mereka harus mengoptimalkan tingkat layanan mereka dan menyesuaikan aktivitas departemen TI mereka dengan kebutuhan perusahaan tanpa berdampak negatif pada komitmen layanan. Dari berbagai literature yang ada, terlihat bahwa ITIL tidak hanya dapat digunakan pada perusahaan besar, namun memiliki potensi untuk berkembang dan diadopsi untuk UMKM. Meskipun pada awalnya diharapkan ada cukup informasi berkenaan dengan bagaimana ITIL berfungsi untuk UMKM, pada kenyataannya adalah tidak banyak publikasi yang relevan yang berhubungan dengan bagaimana ITIL dapat dimanfaatkan pada UMKM. ITIL adalah salah satu kerangka Tata Kelola TI yang menyediakan pendekatan sistematis untuk tata kelola TI. Mengacu pada penelitian ini, penelitian ini didasarkan pada data sekunder. Studi ini difokuskan untuk memahami kerangka kerja ITIL dalam kaitannya dengan tata Kelola TI pada UMKM.
Perbandingan Identifikasi Wajah Dengan Ekstraksi Fitur Haralick Dan CNN Fani Nurona Cahya
Informatics and Digital Expert (INDEX) Vol. 2 No. 2 (2020): INDEX, November 2020
Publisher : LPPM Universitas Perjuangan Tasikmalaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36423/index.v2i02.594

Abstract

Kecanggihan teknologi telah berdampak pada setiap segi kehidupan. Salah satunya pengolahan citra yang menjadikan objek wajah sebagai karakter utama. Deteksi wajah digunakan untuk mengetahui ada atau tidaknya wajah pada suatu gambar sehingga keberadaannya sangat vital. penelitian ini adalah untuk mendapatkan algoritma pengenalan yang kuat dengan akurasi tinggi. Struktur umum proses pengenalan wajah dalam penelitian ini mencoba dua eksperimen yakni dengan menggunakan Feature Extraction Haralic dengan Random Forest, dan klasifikasi dengan menggunakan CNN. Penelitian feature ectraction dengan haralic ini terdiri dari tiga tahap. Ini dimulai dengan tahap pra-pemrosesan: konversi ruang warna dan pengubahan ukuran gambar, dilanjutkan dengan ekstraksi fitur wajah, dan kemudian set fitur yang diekstraksi diklasifikasikan. Dalam sistem ini, Random Forest Classifier dan CNN akan menajadi acuan novelty untuk merealisasikan tahap terakhir berdasarkan fitur wajah. Hasil akurasi dari eksperimen ini masih kurang sehinggap perlu mencoba eksperimen lain.
Klasisfikasi Indek Kepuasan Nasabah Menggnunakan Metode Binary Classification Dengan Algoritma Naïve Bayes Untuk CRM Di Asuransi Bumi Putera Bandung Lugina Masri; Tacbir Hendro Pudjiantoro; Asep Id Hadiana
Informatics and Digital Expert (INDEX) Vol. 2 No. 2 (2020): INDEX, November 2020
Publisher : LPPM Universitas Perjuangan Tasikmalaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36423/index.v2i02.584

Abstract

Customer Relationship Management ( CRM ) adalah strategi pemasaran yang digunakan oleh suatu organisasi atau perusahaan untuk dapat menciptakan dan mempertahankan suatu hubungan yang baik juga berkelanjutan dengan nasabah dan mengurangi kemungkinan para nasabah pindah ke perusahaan lain. Bumiputera Muda adalah perusahan yang bergerak di bidang asuransi umum yang berlokasikan di Kota Bandung. Asuransi merupakan hal yang penting pada saat ini untuk menjaga aset, memberikan proteksi pada hal-hal yang tidak terduga dan membatu memimalkan kerugian pada kejadian yang tidak terduga. PT. Asuransi Bumiputera Muda memiliki target nasabah/customer ialah masyarakat, instansi dan indusrti. Pada kasus yang sering ditemukan nasabah kesulitan untuk mendapakan informasi dan perkembangan pelayanan dalam menjadi nasabah asuransi dan sering kali pihak asuransi tidak dapat menangani kebutuhan nasabah tersebut secara baik akibat terbatasnya aliran informasi yang terjadi serta pihak asuransi belum mengetahui tingkat kepusan nasabah. Hal tersebut akan berdampak pada kurang harmonisnya hubungan yang terjadi antar keduabelah pihak. Disisi lain, seiring banyaknya persaingan layanan asuransi serta kompetitor mengharuskan owner memasang strategi bisnis yang difokuskan pada kepuasan nasabah serta meningkatkan kualitas hubungan dengan nasabah yang sudah ada. CRM merupakan salah satu strategi bisnis yang cocok dalam menangani permasalahan yang terjadi serta penggunaan Binary Classification dengan algoritma Naïve Bayes dapat mengetauin index kepusan dengan cara pengelolaan pada informasi kuisoner yang didapat dari nasabah. CRM sendiri memiliki 3 fungsi utama untuk perusahan yaitu Acquire, Enhance dan Retain. CRM ini dapat mengatasi permasalahan yang terjadi sehingga akan terjalinnya keharmonisan dan loyalitas nasabah dengan pihak asuransi.

Page 1 of 1 | Total Record : 6