cover
Contact Name
Aan Widiyono
Contact Email
aan.widiyono@unisnu.ac.id
Phone
+6285712553775
Journal Mail Official
tunasnusantarapgsd@unisnu.ac.id
Editorial Address
Jl. Taman Siswa, Kauman, Tahunan, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah 59451 » Tel / fax : (0291)595320 / 08157705852
Location
Kab. jepara,
Jawa tengah
INDONESIA
Tunas Nusantara
ISSN : 26563223     EISSN : 27465675     DOI : https://doi.org/10.34001/jtn.v4i1
Core Subject : Education,
Jurnal Tunas Nusantara p-ISSN: 2656-3223; e-issn: 2746-5675 is peer reviewed open-access journal published by Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara focuses on conceptual notions, studies and application of theories, practitioners writing and research results and teaching in the field of knowledge elementary education. Every submitted manuscript will be reviewed by at least two peer-reviewers using double blind review method. This journal is published biannually For author interested in submitting the manuscript, kindly ­register yourself. The author guidelines can be viewed it here, and the manuscript template can be downloaded here
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 1 (2022)" : 7 Documents clear
UPAYA MENINGKATKAN KARAKTER PESERTA DIDIK MELALUI KEGIATAN EKSTRAKULIKULER KEPRAMUKAAN Vina Ameliasari
Tunas Nusantara Vol 4, No 1 (2022)
Publisher : Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34001/jtn.v4i1.2315

Abstract

Pendidikan pramuka adalah salah satu kegiatan ekstrakurikuler sebagai wahana dalam pembentukan karakter peserta didik. Upaya yang dilakukan dalam meningkatkan karakter peserta didik melalui kegiatan kepramukaan yaitu meliputi pembiasaan, pemberian teladan, dan pemberian sanksi. Dengan demikian diharapkan akan membentuk pribadi peserta didik yang disiplin, jujur berani dan bertanggung jawab. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif subyek dalam penelitian ini adalah para anggota pramuka, pembina pramuka, dan siswa-siswa yang mengikuti ekstrakulikuler pramuka. Pengumpulan data menggunakan beberapa metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dibagi menjadi 3 alur yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi.Kata kunci : Pendidikan, Karakter, Pramuka
APLIKASI BERBASIS AUGMENTED REALITY SEBAGAI UPAYA PENGENALAN BANGUN RUANG BAGI SISWA SEKOLAH DASAR Dian Mursyidah; Erwin Rahayu Saputra
Tunas Nusantara Vol 4, No 1 (2022)
Publisher : Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (301.321 KB) | DOI: 10.34001/jtn.v4i1.2941

Abstract

Perkembangan teknologi informasi saat ini sangat penting khususnya dalam bidang pendidikan untuk melakukan hal-hal baru yang dapat menunjang kegiatan pembelajaran. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menguji keefektifan penggunaan aplikasi berbasis Augmented Reality sebagai upaya pengenalan bangun ruang bagi siswa SD. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pengembangan dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data terdiri dari metode wawancara, observasi dokumentasi dan studi pustaka. Dipandang dari aspek kognitif, siswa merasa kesulitan dalam memahami objek bangun ruang 3D, karena tanpa alat peraga mereka hanya mampu membayangkan saja atau mengimajinasikan sendiri obyek bangun ruang 3D tersebut. Aplikasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu aplikasi Bangun Ruang AR yang menerapkan teknologi Augmented Reality (AR) sehingga bangun ruang dapat divisualisasikan secara nyata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan aplikasi Bangun Ruang AR dapat membantu siswa untuk memahami konsep bangun ruang dan meningkatkan motivasi belajar siswa karena dapat memberikan pengalaman bermakna bagi siswa. Selain itu, dengan pengenalan aplikasi Bangun Ruang AR ini diharapkan dapat menjadi alat bantu bagi para guru dalam menyampaikan materi bangun ruang 3D pada pembelajaran matematika di SD. Kata Kunci: Alat bantu pembelajaran, Augmented Reality, Bangun ruang
Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Cyber KineMaster pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar Putri Esa Lestari
Tunas Nusantara Vol 4, No 1 (2022)
Publisher : Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (175.657 KB) | DOI: 10.34001/jtn.v4i1.2945

Abstract

Memasuki abad ke-21, inovasi terkait dengan teknologi akan terus dikembangkan untuk memberikan fasilitas dan manfaat bagi manusia terutama dalam bidang pendidikan. Untuk itu, guru mempunyai tugas menciptakan kondisi belajar yang dapat menarik perhatian peserta didik dan membantunya dalam memahami materi yang diajarkan. Anak usia sekolah dasar merupakan usia yang menyukai bermain dibandingkan belajar dan IPA merupakan pelajaran yang seringkali dianggap sebagai pelajaran yang rumit dan membosankan. Untuk mengubah paradigma tersebut, salah satu alternatif yang bisa dilakukan guru ialah mengembangkan media pembelajaran berbasis audio visual melalui aplikasi Cyber KineMaster. Pengembangan media ini diharapkan mampu mengatasi masalah yang ada di dunia pendidikan, khususnya terkait dengan monotonnya penyampaian guru dalam mengajar dan minimnya variasi media pembelajaran. Adapun tujuan diadakannya penelitian ini yaitu untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis Cyber Kinemaster pada mata pelajaran IPA kelas 4 SD dan mengetahui kualitas dan keefektifan dari media ini. Metode yang digunakan adalah metode reseach and development dengan model pengembangan 4D, yaitu: define, design, develop, dan disseminate dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Adapun hasil penelitian ini menurut respon dan tanggapan dari peserta didik menunjukkan bahwa sebanyak 94% peserta didik menjawab setuju dari semua aspek pertanyaan yang diberikan. Dengan demikian, kualitas dan keefektifan produk media pembelajaran ini tergolong sangat baik.
MEDIA PEMBELAJARAN PADA PENGGUNAAN POWER POINT DI SEKOLAH DASAR MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS Farah Oktaviana
Tunas Nusantara Vol 4, No 1 (2022)
Publisher : Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (624.038 KB) | DOI: 10.34001/jtn.v4i1.2962

Abstract

Pada penelitian ini diajukan untuk memperoleh informasi terkait penggunaan media pembelajaran berbasis powerpoint yang bertujuan untuk mengetahui tingkat keefektivitasan dalam penggunaan media pembelajaran serta untuk mengetahui media yang digunakan untuk mendukung berlangsungnya proses pembelajaran yang efektif dalam Bahasa Inggris di Sekolah Dasar mengenai my dream (cita –cita) untuk memahami peserta didik dalam kosa kata dan memahami kata, frasa, dan kalimat yang berkaitan Bahasa Inggris yang dipelajari di Sekolah yang dilakukan di kelas IV SDN Silih Asuh 3 Kota Cirebon. Dalam penelitian in menggunakan metode deskriptif kualitatif  yang bertujuan untuk menggambarkan data data yang telah didapat dan terkumpulkan sehingga dapat diketahui media pembelajaran yang digunakan sangat mendukung untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris peserta didik. Pembelajaran Bahasa Inggris sendiri tidak semua diterapkan atau dipelajari di beberapa Sekolah dikarenakan ada perubahan kurikulum revisian dalam mata pelajaran Bahasa Inggris.
PENGGUNAAN MEDIA BERBASIS ICT DENGAN APLIKASI POWTOON PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA Cheri Julia; Dwiana Asih Wiranti
Tunas Nusantara Vol 4, No 1 (2022)
Publisher : Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34001/jtn.v4i1.2940

Abstract

ABSTRACTLearning media is a tool used in the process of learning activities, namely as an intermediary between educators and students so that educational goals can be achieved. With the learning media can improve learning to be more effective and efficient. Especially in the 21st century, teachers must have basic competencies and skills in teaching and be able to use ICT media. ICT-based learning media is a medium that uses information and communication technology. Therefore, teachers must be able to create, plan, and use them in learning activities, especially in Indonesian subjects. Indonesian is a compulsory subject at every level of education in Indonesia, but it is often said to be a boring subject so that the grades obtained by students experience a decline. Based on this, during the learning activities, you can use audio-visual-based media such as the Powtoon application. Powtoon is a free online software that can be used to create learning videos by displaying text, animated cartoons, pictures and music. The purpose of this development is to find out how to develop audio-visual-based learning media using the Powtoon application in Indonesian subjects. The method used in this development is a literature study, where this method contains summaries and reviews from several library sources used.Keywords: Learning Media, Powtoon, ICT ABSTRAKMedia pembelajaran merupakan suatu alat bantu yang digunakan dalam proses kegiatan pembelajaran yaitu sebagai perantara pendidik ke peserta didik sehingga tercapainya tujuan Pendidikan. Dengan adanya media pembelajaran dapat meningkatkan pembelajaran menjadi lebih efektif dan efisien. Terlebih pada abad 21 ini, guru harus memiliki kompetensi dan keterampilan dasar dalam mengajar serta mampu dalam menggunakan media ICT. Media pembelajaran berbasis ICT merupakan media yang menggunakan teknologi informasi dan komunikasi. Oleh karena itu, guru harus dapat membuat, merencanakan, serta menggunakannya dalam kegiatan pembelajaran terutama dalam mata pelajaran bahasa Indonesia. Bahasa Indonesia merupakan mata pelajaran wajib pada setiap jenjang Pendidikan di Indonesia, akan tetapi sering dikatakan sebagai mata pelajaran yang membosankan sehingga nilai yang diperoleh para peserta didik mengalami kemerosotan. Berdasarkan hal tersebut, selama kegiatan pembelajarannya dapat menggunakan media berbasis audio visual seperti halnya aplikasi powtoon. Powtoon merupakan suatu software online gratis yang bisa digunakan dalam membuat video pembelajaran dengan memaparkan tulisan, animasi kartun bergerak, gambar serta music. Adapun tujuan dari pengembangan ini yaitu untuk mengetahui cara mengembangkan media pembelajaran berbasis audio visual dengan menggunakan aplikasi powtoon pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Metode yang digunakan dalam pengembangan ini yaitu studi literature, dimana metode ini berisi rangkuman dan ulasan dari beberapa sumber Pustaka yang digunakan. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Powtoon, ICT 
RESILIENSI GURU SEKOLAH DASAR PASCA PANDEMI COVID-19 DI JEPARA Muh Muhaimin; Naili Rofiqoh
Tunas Nusantara Vol 4, No 1 (2022)
Publisher : Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34001/jtn.v4i1.3475

Abstract

The COVID-19 pandemic has caused many problems that must be faced by everyone, many sectors are affected by this pandemic, as well as the education sector. This study aims to describe the level of resilience of elementary school teachers during a pandemic, resilience can be said as the ability to survive and the ability to rise from adversity. The approach in this research is quantitative with quantitative descriptive analysis. The research subjects were elementary school teachers in Jepara district. The results of this study indicate that the majority of elementary school teachers in Jepara district have a fairly high level of resilience, 80% of teachers are able to survive and rise from adversity. There are five aspects of resilience, namely purpose, perseverance, equity, self-reliance and existential aloneness. The majority of elementary school teachers in Jepara have the highest level of exential aloneless from all aspects of 6.2309.Keyword: Resilience, Elementary School Teacher, Post Covid-19 Pandemic
Hubungan Panjang Tungkai Dengan Hasil Lompat Jauh Pada Materi Atletik Kids Kelas V Sd Negeri 1 Kalioso Kabupaten Kudus Abdullah Efendi
Tunas Nusantara Vol 4, No 1 (2022)
Publisher : Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34001/jtn.v4i1.3422

Abstract

The formulation of the problem in this study is how is the relationship between leg length and long jump results in the athletic material of the fifth grade kids at SD Negeri 1 Kalioso Kudus Regency? The research method used in this research is descriptive correlational method. The research sample was taken using a total sampling technique, namely the total number of students in grade V SD Negeri 1 Kalioso Kudus Regency, totaling 12 people. The instruments used were the leg length measurement method and the long jump test on the athletic material of the kids. From the research results obtained tcount = 0.363 at a significant level α = 0.05 and n = 12, then dk = 12-2 = 23 so that t table = 0.352, the result is tcount ≥ t table or 0.363 ≥ 0.352, then H0 is rejected, meaning that there is a relationship significant between the leg length variable and the long jump result. Thus it can be argued that the hypothesis that the author formulated, namely "There is a significant relationship between leg length and long jump results in the athletic material of the fifth grade kids at SD Negeri 1 Kalioso Kudus Regency, for the academic year 2021/2022.

Page 1 of 1 | Total Record : 7