cover
Contact Name
Uswatun Hasanah
Contact Email
value.jurnalilmiah@gmail.com
Phone
+6285262333783
Journal Mail Official
value.jurnalilmiah@gmail.com
Editorial Address
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS TJUT NYAK DHIEN (UTND) Jalan Gatot Subroto,/ Jl. Rasmi no 28 Sei Sikambing C. II, Medan Helvetia, Kota Medan, Sumatera Utara 20123 E-mail : value.jurnalilmiah@gmail.com / web site : https://journal.utnd.ac.id/index.php/value
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
VALUE: Jurnal Ilmiah Akuntansi, Keuangan dan Bisnis
ISSN : -     EISSN : 27236951     DOI : https://doi.org/10.36490/value.v1i1.92
VALUE Jurnal Ilmiah Akuntansi, Keuangan dan Bisnis accepts articles in the form of research results, literature review, brief research related to the fields of accounting, Government accounting, public finance, budgeting, Corporate governance, Islamic accounting, Islamic finance, Business management, Financial management, management investment, Taxation , Zakat accounting, public sector accounting, management accounting, auditing, ethics and professionalism, corporate finance, accounting education, capital markets, sharia and conventional banking, information systems, and sustainable reporting
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol 3 No 1 (2022): April 2022 - September 2022" : 12 Documents clear
PENGARUH MODAL DAN POTENSI PASAR TERHADAP KINERJA UMKM PETERNAK IKAN MAS DI DESA UJUNG SERDANG KABUPATEN DELI SERDANG rosliati Br Sembiring; Nur'ain Harahap
VALUE Vol 3 No 1 (2022): April 2022 - September 2022
Publisher : PRODI AKUNTANSI FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS TJUT NYAK DHIEN (UTND)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36490/value.v3i1.264

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh modal dan potensi pasar terhadap kinerja UMKM Peternak Ikan Mas di Desa Ujung Serdang Kabupaten Deli Serdang. Metode penelitian ini menggunakan data deskriptif dan kuantitatif. Sampel penelitian ini 34 responden peternak Ikan mas di Desa Ujung Serdang. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa terdapat pengaruh modal dan potensi pasar terhadap kinerja UMKM peternak ikan mas di Desa Ujung Serdang Kabupaten Deli Serdang. Hasil Uji Regresi linear berganda memiliki nilai konstan (a) 4,813, koefisien b1 sebesar 0,168 X1, nilai b2 sebesar 0,650 X2 sehingga diperoleh persamaan regresi yaitu:. Y = 4,813 + 0,168X1 + 0,650X2 + e. Artinya modal dan potensi pasar mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kinerja UMKM dengan kata lain jika nilai koefisen bernilai maka artinya terjadi hubungan positif antara variabel modal dan potensi pasar terhadap kinerja UMKM peternak ikan mas. Hasil Uji Simultan (F) menjelaskan bahwa perhitungan Uji F dari variabel modal (X1)dan potensi pasar (X2) memiliki nilai . Fhitung 25.319> Ftabel 2,88 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Hasil dari Uji Determinan Nilai R Square sebesar 0,620 atau sebesar 62% dimana model analisis yang digunakan mampu menjelaskan sebesar 62% variabel kinerja UMKM (Y) yang dapat dijelaskan oleh variabel modal (X1), dan potensi pasar (X2), sedangkan sisanya 38% dapat dijelaskan oleh variabel-variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
PENGARUH PROMOSI DAN BRAND IMAGE TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PADA PLATFORM SHOPEE (STUDI KASUS MAHASISWA FEB UTND) rani fitriyana; khamo waruwu
VALUE Vol 3 No 1 (2022): April 2022 - September 2022
Publisher : PRODI AKUNTANSI FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS TJUT NYAK DHIEN (UTND)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36490/value.v3i1.308

Abstract

Situasi pandemi sangat membawa perubahan yang sangat pesat terutama didunia jual beli online yang telah memasuki dunia sekolah dan kampus. Platform-platform mulai menjangkau pasar kaum milenial untuk mendapatkan pelanggan baru. Penelitian ini berguna untuk mengetahui pengaruh Promosi dan Brand Image baik terpisah maupun simultan terhadap minat beli pada Platform Shopee (Studi Kasus Mahsiswa FEB UTND). Penelitian ini berupa deskriptif kuantitatif dengan insturmen kuisoner yang disebarkan kepada 80 orang mahasiswa fakultas ekonomi dan bisnis. Hasil yang di dapat dari penelitian ini menunjukan bahwa baik promosi dan brand image secara parsial berpengaruh dan signifikan terhadap Minat Beli, Promosi dan Brand Image secara simultan berpengaruh dan signifikan terhadap Minat Beli.
PENGARUH GAYA HIDUP DAN ORIENTASI PASAR TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PROPERTI DI PT. RIZKI MANDIRI aditya Pratama; ahmad yudhira
VALUE Vol 3 No 1 (2022): April 2022 - September 2022
Publisher : PRODI AKUNTANSI FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS TJUT NYAK DHIEN (UTND)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36490/value.v3i1.309

Abstract

The outbreak of the Covid 19 Virus that hit various parts of the world, made the development of property growth in various countries experience a drastic decline, including PT. Rizki Mandiri who was affected by the deadly epidemic. Housing that is comfortable and safe from various disturbances is highly preferred by consumers as a good place to live. Supporting facilities in residential locations are also an added value of the products to be sold. PT. Rizki Mandiri in this case, a company engaged in the property sector, provides attractive offers in selling its products, including designs that are different from other housing, strategic locations, public facilities around the housing location and excellent service in provide convenience in transactions. The purpose of this study was to determine the effect of lifestyle and market orientation on property purchase decisions at PT. Independent Rizki. The problem that occurs in this study is the selling price sold by PT. Rizki Mandiri has not been reached by all people, the types of houses offered are still not fully in accordance with consumer demand and some employees are still unable to provide explanations to consumers about the processes that consumers will go through in making Public Housing Credit (KPR), thus influencing consumer decisions. to buy housing products. The analysis used is associative analysis, this research method is quantitative. The population in this study were all consumers who bought a house at PT. Independent Rizki. The number of population and samples in this study amounted to 69 consumers. The results obtained from this study indicate that: 1) Lifestyle partially and significantly influences Purchase Decisions, 2) Market Orientation partially and significantly influences Purchase Decisions 3) Lifestyle and Market Orientation simultaneously and significantly influences Purchase Decisions . The results of the T-test scores processed with SPSS Version 20 were 9.473 > 1.66, 0 < 0.05 and 3.608 > 1.66, 0.001 < 0.05. The results of the F test produce Fcount 158,024 > Ftable 2.75 (n-k-1 at k = 69-3-1 = 65 at 3) so that Ha is accepted and Ho is rejected, meaning that Lifestyle and Market Orientation affect consumer satisfaction.
Pengaruh Karakter Wirausaha Dan Keunggulan Bersaing Terhadap Keberhasilan Wirausaha Pada UMKM Sapu Ijuk Desa Medan Senembah Tanjung Morawa wana mulyana; Wan Dian Safina
VALUE Vol 3 No 1 (2022): April 2022 - September 2022
Publisher : PRODI AKUNTANSI FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS TJUT NYAK DHIEN (UTND)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36490/value.v3i1.311

Abstract

This research was conducted to find out whether there is an influence between entrepreneurial character and competitive advantage on entrepreneurial success in SMEs broom fibers. In this study, the authors used descriptive and quantitative analysis with a sample of 35 MSME workers broom fibers in the village of Medan, Senembah, Tanjung Morawa. This research was conducted by distributing questionnaires to the UMKM workers of palm fiber brooms in the village of Medan, Senembah, Tanjung Morawa. The research that has been done shows the results that entrepreneurial character factors and competitive advantage have an influence on entrepreneurial success in palm fiber SME's as shown from the results of multiple regression Y = 5.605 + 0.524X1 + 0.181X2 + e. The results of the partial test (t test) of entrepreneurial character on entrepreneurial success in MSMEs obtained a tcount = 3.209> 1.69 and a partial test value (t test) for competitive advantage obtained a tcount= 1.220> 1.69, these results indicate that partially Entrepreneurial character and competitive advantage have a positive and significant impact on entrepreneurial success in SME broom fibers, besides the F test results obtained Fcount>Ftable (16,438>3,295) with a probability level (0.01<0.05). The value of the coefficient of determination (R2) of 0.507 means that the entrepreneurial character and competitive advantage are able to increase entrepreneurial success in the Micro, Small and Medium Enterprises (SMEs) broom fibers in Medan Senebah Tanjung Morawa village by 50.7% and the remaining 49.3% is explained by other variables outside the study.
The Participation Budgeting and responsibility accounting in Effectiveness of Cost Control at the Department of Highways and Construction Development of Prince North Sumatra Retnawati Siregar; Linda Lores; Ali Usman; Rahma Darni Daulay
VALUE Vol 3 No 1 (2022): April 2022 - September 2022
Publisher : PRODI AKUNTANSI FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS TJUT NYAK DHIEN (UTND)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36490/value.v3i1.313

Abstract

This study aims to determine the effect of budgetary participation and accountability accounting on the effectiveness of cost control at the Department of Highways and Construction of North Sumatra Province. This type of associative research. The research population is all divisions of the Department of Highways and Construction of North Sumatra Province. Sampling used the purposive sampling method with a total sample of 30 budget drafting teams including financial staff, heads of sub-sections, heads of divisions, and heads of the internal control unit of the Department of Highways and Construction of North Sumatra Province. The research method uses associative research with data processing using SPSS software. The results showed that budgeting participation had a positive and significant effect on the effectiveness of cost control. Responsibility accounting has a positive and significant effect on cost control. Participation in budgeting and accountability accounting has a positive and significant effect on the effectiveness of cost control. Effectiveness of cost control to see the role of company functionaries in coordinating ongoing activities and performance will run more effectively and efficiently and run optimally which of course has a good influence on the continuity of the organization in order to achieve a goal
Pengaruh Inovasi Dan Kreativitas Terhadap Keberhasilan UMKM Dodol Pasar Bengkel nurul fatimah; muttawaqil billah tumanggor
VALUE Vol 3 No 1 (2022): April 2022 - September 2022
Publisher : PRODI AKUNTANSI FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS TJUT NYAK DHIEN (UTND)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36490/value.v3i1.321

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Inovasi (X1), dan Kreativitas (X2) terhadap Keberhasilan UMKM (Y). Dalam penelitian ini data dikumpulkan melalui metode kuesioner terhadap 50 Usaha Mikro kecil menengah yang berada di UMKM Dodol Pasar Bengkel, dengan mengunakan metode sampel jenuh untuk mengetahui tanggapan responden terhadap masing-masing variabel. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda untuk membantu membuktikan hipotesis penelitian. Data yang lolos uji validasi dan reliabilitas serta diolah menjadi persamaan regresi sebagai berikut: Y = 0,211 + 0,621X1 + 0,350X2 Hasil analisis menunjukkan bahwa dua variabel, inovasi dan kreativitas, memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keberhasilan UMKM. Dalam pengujian hipotesis menggunakan uji-t, variabelnya adalah Inovasi dan Kreativitas berpengaruh singnifikan terhadap keberhasilan umkm. Kemudian, dengan menggunakan uji F yang diteliti, terlihat bahwa variabel independen secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap variabel dividen. Koefisien determinasi sebesar 0,674 menunjukkan bahwa 67,4% keberhasilan UMKM dapat dijelaskan oleh dua variabel bebas. Digunakan dalam persamaan regresi. Sisanya sebesar 32,6% dijelaskan oleh variabel selain kedua variabel yang digunakan dalam penelitian ini.
GOOD CORPORATE GOVERNANCE DALAM PERSPEKTIF KONVENSIONAL DAN ISLAM yani suryani; desi ika
VALUE Vol 3 No 1 (2022): April 2022 - September 2022
Publisher : PRODI AKUNTANSI FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS TJUT NYAK DHIEN (UTND)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36490/value.v3i1.329

Abstract

The purpose of writing this article is to provide an overview/explanation related to Good Corporate Governance in both conventional and Islamic views. The writing of this article uses the method of literature study or literature study. The stages carried out in analyzing conventional Good Corporate Governance/GCG and Good Corporate Governance in an Islamic view are to collect literature or studies and scientific works that discuss conventional Good Corporate Governance and GCG in an Islamic view. The next step is to identify the problem under study, then classify the problem and make a presentation that discusses the topic under study and then draws a conclusion. The results of Good Corporate Governance (GCG) in terms of conventional and Islamic concepts basically have similarities, the difference is the existence of sharia compliance (sharia compliance) or the application of sharia principles in the operations of Islamic banks and the existence of DPS (Sharia Supervisory Board) which has the task of implementing supervisory function in sharia banking as well as the existence of DSN-MUI (National Sharia Council of the Indonesian Ulema Council).
PENGARUH MOTIVASI DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP PRESTASI KERJA KARYAWAN PADA SHOOROOM RAJA MOTOR MEDAN Aulia rahman Siregar; Tukimin Tukimin; Mhd. Dani Habra
VALUE Vol 3 No 1 (2022): April 2022 - September 2022
Publisher : PRODI AKUNTANSI FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS TJUT NYAK DHIEN (UTND)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36490/value.v3i1.341

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara motivasi dan disiplin kerja terhadap prestasi kerja karyawan pada Shooroom Raja Motor Medan. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan kuantitatif dengan sampel sebanyak 30 orang karyawan pada Shooroom Raja Motor Medan. Penelitian ini berlangsung dengan cara memberikan kuesioner kepada para karyawan Shooroom Raja Motor Medan. Penelitian ini menunjukkan hasil bahwa faktor motivasi dan disiplin kerja memberikan pengaruh terhadap prestasi kerja karyawan, yang ditunjukkan dari hasil regresi berganda Y = 0,531+ 0,339X1 + 0,595X2 + e. Hasil dari uji parsial (uji t) motivasi terhadap prestasi karyawan diperoleh nilai thitung = 2,325>1,70 dan nilai uji parsial (uji t) disiplin kerja diperoleh nilai thitung= 4,199>1,70, hal ini terlihat bahwa secara parsial faktor motivasi dan disiplin kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi kerja karyawan pada Shooroom Raja Motor Medan, selain itu pada uji F didapatkan hasil bahwa Fhitung>Ftabel (40,636>3,354) dengan tingkat probability (0,01<0,05). Diperoleh nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,751 artinya motivasi dan disiplin kerja mampu meningkatkan prestasi kerja pada Shooroom Raja Motor Medan dengan nilai r 75,1% dan sisanya 24,9% dijelaskan oleh variabel lain diluar penelitian.
PENGARUH KEPEMIMPINAN DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA DEPARTEMEN LOGISTIK PT SUKANDA DJAYA MEDAN syafrizal syafrizal; Amirudin Amirudin; m.syafi'i murad daulay
VALUE Vol 3 No 1 (2022): April 2022 - September 2022
Publisher : PRODI AKUNTANSI FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS TJUT NYAK DHIEN (UTND)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36490/value.v3i1.346

Abstract

Tujuan dari eksplorasi ini ialah agar mengetahui pengaruh manajemen dan lingkungan kerja terhadap produktivitas staf logistik di PT Sukanda Djaya Medan. Eksplorasi ini ialah jenis eksplorasi statistik deskriptif. Populasi dalam eksplorasi ini ialah staff logistik PT Sukanda Djaya Medan yang berjumlah 83 individu. Metode pengambilan sampel yang dipakai ialah metode sampling jenuh, dimana seluruh populasi dipakai sebagai sampel eksplorasi. Metode pengumpulan data yang dipakai pada eksplorasi ialah angket serta survei dokumentasi. Metode analisis data yang dipakai ialah metode deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Hasil eksplorasi menjelaskan bahwa variabel kepemimpinan berpengaruh secara parsial positif tetapi tidak signifikan terhadap produktivitas kerja. dan variabel lingkungan kerja secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap produktivitas kerja. Sedangkan apabila dilihat secara simultan, variabel kepemimpinan dan lingkungan kerja berpengaruh positif serta signifikan pada produktivitas staf logistik di PT Sukanda Djaya Medan dengan nilai Adjusted R Square sebesar 0,294 atau 29,4%.
ANALISIS LAPORAN KEUANGAN SEBAGAI BUKTI PENGUKURAN KINERJA PADA PT GOTO GOJEK TOKOPEDIA TBK TAHUN 2021 sari khalidya putri; Erwin Harun
VALUE Vol 3 No 1 (2022): April 2022 - September 2022
Publisher : PRODI AKUNTANSI FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS TJUT NYAK DHIEN (UTND)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36490/value.v3i1.359

Abstract

Gojek dan Tokopedia telah menyatukan visi dan misi bersama dengan menciptakan market place yang lebih luas, konsumen yang lebih banyak, dan penjualan yang lebih besar dengan penyatuan perusahaan menjadi PT Goto Gojek Tokopedia Tbk. Akan tetapi, target perusahaan tidak tercermin dalam laba tahun 2020 dan tahun 2021. Oleh karena itu, dalam penelitian deskriptif kualitatif ini menjawab bagaimana kinerja keuangan PT Goto Gojek Tokopedia Tbk tahun 2021 melalui berbagai analisis keuangan, seperti current ratio (CR), debt to equity ratio (DER), total assets turnover (TAT), return on asset (ROA), dan sales growth (SG). Berdasarkan hasil perhitungan analisis rasio keuangan, ditemukan bahwa PT Goto Gojek Tokopedia Tbk tahun 2021 memiliki rasio CR, DER, dan SG yang baik. Sedangkan rasio TAT dan ROA perlu dievaluasi dan ditingkatkan.

Page 1 of 2 | Total Record : 12