Articles
12 Documents
Search results for
, issue
"Vol 2, No 1 (2020): Vol. 2, No.1, Juli 2020"
:
12 Documents
clear
Video Critic dalam Pembelajaran Aqidah pada Siswa Kelas IX di SMP Muhammadiyah 7 Surakarta
Dhaniayainil, Annidya Eva;
Widyaningrum, Widyaningrum;
Maassita, Ria Ayu
Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran Vol 2, No 1 (2020): Vol. 2, No.1, Juli 2020
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.23917/bppp.v2i1.11964
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan implementasi video critic dalam pembelajaran aqidah siswa kelas IX di SMP Muhamamdiyah 7 Surakarta. Metode penelitian yang digunakan yakni penelitian kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi strategi video critic harus mempersiapkan video sesuai materi, media dan alat, serta mengatur waktu. Respon siswa terhadap pembelajaran sangat beragam, siswa merasa pembelajaran menyenangkan dan mudah dipahami. Siswa mampu berpikir abstrak terjadinya hari akhir, sesuai Teori Piaget proses belajar seseorang mengikuti pola dan tahap perkembangannya sesuai dengan umur, mampu menarik kesimpulan, dan mengembangkan hipotesis. Kesulitannya yaitu membutuhkan persiapan yang matang dalam pelaksanaanya, menyiapkan dan memilih video, memastikan media dan alat dalam kondisi baik, mengatur waktu sebaik mungkin. Keberhasilan dapat dilihat melalui hasil analisis yang siswa sampaikan dan evaluasi soal di buku pembelajaran.
PERBANDINGAN MINAT SISWA TERHADAP MATA PELAJARAN AGAMA DENGAN MATA PELAJARAN UMUM DI SMP AL ISLAM KARTASURA
Afifudin, Muhammad Naim;
Khoiruddin, Muhammad Abdul Latif;
Hamid, Muhammad Azmi
Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran Vol 2, No 1 (2020): Vol. 2, No.1, Juli 2020
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.23917/bppp.v2i1.11965
Sekolah merupakan tempat untuk menuntut ilmu, baik ilmu agama, maupun ilmu nonagama atau ilmu sains atau ilmu umum. Sekolah negri juga memiliki mata pelajaran agama Islam, tetapi tidak se banyak sekolah swasta Islam, siswa diharapkan memiliki pengetahuan agama yang lebih banyak didalam sekolah swasta Islam, akan tetapi juga harus mengerti dalam pengetahuan sains dan teknologi. Tingkat keminatan siswa terhadap mata pelajaran agama cenderung lebih rendah dari pada mata pelajaran umum dalam sekolah swasta Islam yang membuat yang membuat daya tarik penulis untuk menelaah dan mencari tahu sebab kurang tertariknya belajar mata pelajaran agama daripada mata pelajaran umum. Tujuan diadakannya penelitian ini guna untuk menjelaskan penyebab kurang tertariknya siswa terhadap mata pelajaran agama daripada mata pelajaran umum dan solusi agar siswa lebih tertarik dengan mata pelajaran agama dengan cara menggunakan metode pembelajaran active learning dalam pembelajaran mata pelajaran agama. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif yag bertujuan untuk memahami fenomena yang terjadi dengan menitik beratkan pada gambaran yang lengkap tetang fenomena yang dikaji. Teknik pengumpulan data penelitian ini dilakukan dengan wawancara terpusat yang dilakukan kepada guru-guru dan mahasiswa praktikan UMS. Hasil penelitian menunjukkan bawaa beberapa kelas yang dijadikan objek penelitian menunjukkan perubahan minat siswa terhadap pelajaran agama cendurung positif.
THE USE ENGLISH SONG TO IMPROVE STUDENTS’ PRONUNCIATIONS AT SMP NEGERI 2 GATAK SUKOHARJO
Nur Pratiwi, Adisti
Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran Vol 2, No 1 (2020): Vol. 2, No.1, Juli 2020
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.23917/bppp.v2i1.11967
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran kegiatan mendengarkan lagu bahasa inggris yang sedang menjadi tren masa kini menjadi suatu upaya meningkatkan pronunciation siswa kelas VII di SMP 2 Gatak, Sukoharjo. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data penelitian ini adalah guru dan siswa dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi. Keabsahan data penelitian ini menggunakan trianggulasi sumber dan trianggulasi teknik. Data dianalisis secara interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Berdasarkan data yang terkumpul, kemudian didiskripsikan dan dianalisis. Penulis dapat menarik kesimpulan bahwa 1) mendengarkan musik saja bisa berpengaruh baik untuk meningkatakan pronounciation siswa di SMP Negeri 2 Gatak, Sukoharjo; 2) hambatan pihak sekolah dalam meningkatkan pronounciation bahasa inggris dengan benar siswa SMP Negeri 2 Gatak Sukoharjo; dan 3) upaya pihak sekolah untuk meningkatkan pronounciation bahasa inggris dengan baik dan benar.
GAYA BAHASA PUISI KARYA SISWA DAN PENGARUH MINAT BACA PUISI DALAM PENGUASAAN GAYA BAHASA DI SMP MUHAMMADIYAH 5 SURAKARTA
Pradana, Delvia Anggita;
Istiqomah, Istiqomah
Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran Vol 2, No 1 (2020): Vol. 2, No.1, Juli 2020
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.23917/bppp.v2i1.11963
Penelitian ini mengungkapkan gaya bahasa puisi karya siswa dan pengaruh minat baca puisi dalam penguasaan gaya bahasa di SMP Muhammadiyah 5 Suarakarta. Hipotesis penelitian ini adalah (1) menganlisis gaya bahasa pada puisi karya siswa, (2) pengaruh minat baca puisi dalam penguasaan gaya bahasa. Penelitian ini menggunkan teori gaya bahasa dari Gorys Keraf dan Targian. Penelitian ini menggunkan metode penelitian diskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah 20 siswa SMP Muhammdiyah 5 Surakarta. Jenis data yang dipakai dalam penyusunan penelitian adalah sumber data tertulis. Penelitian ini dilakukan dengan cara mencari, mengumpulkan, mengelola, dan menganalisis data hasil penelitian. Teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Temuan penelitian di lapangan berupa puisi karya siswa. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, peneliti dapat menyimpulkan gaya bahasa yang digunkan dalam puisi karya siswa gaya bahas hiperbola, gaya bahasa simile, gaya bahasa repetisi, dan minat baca puisi sangat berpengaruh dalam penguasaan gaya bahasa. Siswa yang suka membaca puisi bahasa yang digunakan lebih indah dan mengadung gaya bahasa. Gaya bahasa digunakan untuk memperindah puisi.
PENERAPAN METODE CARD SORT DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 COLOMADU TAHUN 2019/2020
Mufidah, Sahda Nastiti;
Antika, Rindi Nur;
Santoso, Via Ayu
Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran Vol 2, No 1 (2020): Vol. 2, No.1, Juli 2020
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.23917/bppp.v2i1.11962
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penerapan metode card sort dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Colomadu Tahun Tahun 2019/2020. Metode penelitian yang digunakan ialah kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, serta wawancara. Subjek dalam penelitian ini ialah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Colomadu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran dengan menggunakan metode card sort pada materi lebih memudahkan siswa untuk aktif dalam pembelajaran dan lebih mudah memahami materi PAI, siswa lebih senang dan antusias dalam pembelajaran sehingga mereka dapat menemukan konsep-konsep baru pada materi kejujuran, amanah dan istiqomah. Guru menyediakan beberapa potongan kartu dalam beberapa kategori beserta kartu induknya. Kemudian setiap siswa yang mendapat kartu harus memahami materi atau isi kartu yang ia peroleh, selain itu siswa juga bisa berdiskusi dan berkelompok dengan siswa lain yang mendapat potongan kartu pada kategori yang sama.
PEMBENTUKAN NILAI RELIGIUS DAN KREATIF MELALUI KEGIATAN PENDALAMAN KARAKTER
Ayuningtyas, Shella Agustina;
Andreanto, Dhani;
Monika, Tri Ayu;
Bisma, Muhammad Adha
Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran Vol 2, No 1 (2020): Vol. 2, No.1, Juli 2020
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.23917/bppp.v2i1.11966
Karakter yang positif merupakan potensi yang dimiliki oleh setiap individu, dan merupakan fitrah pemberian dari Tuhan Yang Maha Kuasa pada setiap manusia. Peserta didik sebagai pribadi manusia tentu juga memiliki fitrah karakter positif. Pengembangan karakter perludilakukan dari segala arah, baik dari lingkungan keluarga, masyarakat, maupun di lingkungan sekolah. SMK Negeri 8 Surakarta merupakan sekolah yang menerapkan pendidikan berbasis katrakter. Pendidikan karakter ini di SMK Negeri 8 Surakarta dengan cara dilakukan melalui kegiatan yang bernama pendalaman karakter. Pembelajaran pendalaman karakter di SMK Negeri 8 Surakarta dilakukan pada hari Selasa sampai Kamis.  Pendalaman karakter mengenai keagamaan atau religi dilaksanakan pada hari Selasa dan dan Kamis. Hari Rabu di isi dengan pedalaman karakter dengan fokus kegiatan mengenai sharing pengalaman oleh guru-guru SMK 8 Surakarta. Sharing pengalaman ini ditujukan untuk memberi motivasi dan semangat kepada peserta didik guna bersungguh-sungguh dalam belajar serta memacu kreatifitas siswa untuk mengembangkan potensi yang dimilikinya dalam mengahapi dunia kerja ataupun setelah lulus dari SMK N 8 Surakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan penerapan nilai religius dan kreatif melalui kegiatan pendalaman karakter di SMK Negeri 8 Surakarta. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini melalui studi pustaka dan observasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan selama proses pelaksanaan kegiatan pendalaman karakter memberikan hasil berupa semangat siswa untuk mengembangkan kratifitas berupa keterampilan seninya, serta meningkatkan kesadaran menjalankan syariat beragamaKarakter yang positif merupakan potensi yang dimiliki oleh setiap individu, dan merupakan fitrah pemberian dari Tuhan Yang Maha Kuasa pada setiap manusia. Peserta didik sebagai pribadi manusia tentu juga memiliki fitrah karakter positif. Pengembangan karakter perludilakukan dari segala arah, baik dari lingkungan keluarga, masyarakat, maupun di lingkungan sekolah. SMK Negeri 8 Surakarta merupakan sekolah yang menerapkan pendidikan berbasis katrakter. Pendidikan karakter ini di SMK Negeri 8 Surakarta dengan cara dilakukan melalui kegiatan yang bernama pendalaman karakter. Pembelajaran pendalaman karakter di SMK Negeri 8 Surakarta dilakukan pada hari Selasa sampai Kamis. Pendalaman karakter mengenai keagamaan atau religi dilaksanakan pada hari Selasa dan dan Kamis. Hari Rabu di isi dengan pedalaman karakter dengan fokus kegiatan mengenai sharing pengalaman oleh guru-guru SMK 8 Surakarta. Sharing pengalaman ini ditujukan untuk memberi motivasi dan semangat kepada peserta didik guna bersungguh-sungguh dalam belajar serta memacu kreatifitas siswa untuk mengembangkan potensi yang dimilikinya dalam mengahapi dunia kerja ataupun setelah lulus dari SMK N 8 Surakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan penerapan nilai religius dan kreatif melalui kegiatan pendalaman karakter di SMK Negeri 8 Surakarta. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini melalui studi pustaka dan observasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan selama proses pelaksanaan kegiatan pendalaman karakter memberikan hasil berupa semangat siswa untuk mengembangkan kratifitas berupa keterampilan seninya, serta meningkatkan kesadaran menjalankan syariat beragama.
GAYA BAHASA PUISI KARYA SISWA DAN PENGARUH MINAT BACA PUISI DALAM PENGUASAAN GAYA BAHASA DI SMP MUHAMMADIYAH 5 SURAKARTA
Delvia Anggita Pradana;
Istiqomah Istiqomah
Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran Vol 2, No 1 (2020): Vol. 2, No.1, Juli 2020
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.23917/bppp.v2i1.11963
Penelitian ini mengungkapkan gaya bahasa puisi karya siswa dan pengaruh minat baca puisi dalam penguasaan gaya bahasa di SMP Muhammadiyah 5 Suarakarta. Hipotesis penelitian ini adalah (1) menganlisis gaya bahasa pada puisi karya siswa, (2) pengaruh minat baca puisi dalam penguasaan gaya bahasa. Penelitian ini menggunkan teori gaya bahasa dari Gorys Keraf dan Targian. Penelitian ini menggunkan metode penelitian diskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah 20 siswa SMP Muhammdiyah 5 Surakarta. Jenis data yang dipakai dalam penyusunan penelitian adalah sumber data tertulis. Penelitian ini dilakukan dengan cara mencari, mengumpulkan, mengelola, dan menganalisis data hasil penelitian. Teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Temuan penelitian di lapangan berupa puisi karya siswa. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, peneliti dapat menyimpulkan gaya bahasa yang digunkan dalam puisi karya siswa gaya bahas hiperbola, gaya bahasa simile, gaya bahasa repetisi, dan minat baca puisi sangat berpengaruh dalam penguasaan gaya bahasa. Siswa yang suka membaca puisi bahasa yang digunakan lebih indah dan mengadung gaya bahasa. Gaya bahasa digunakan untuk memperindah puisi.
PENERAPAN METODE CARD SORT DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 COLOMADU TAHUN 2019/2020
Sahda Nastiti Mufidah;
Rindi Nur Antika;
Via Ayu Santoso
Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran Vol 2, No 1 (2020): Vol. 2, No.1, Juli 2020
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.23917/bppp.v2i1.11962
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penerapan metode card sort dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Colomadu Tahun Tahun 2019/2020. Metode penelitian yang digunakan ialah kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, serta wawancara. Subjek dalam penelitian ini ialah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Colomadu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran dengan menggunakan metode card sort pada materi lebih memudahkan siswa untuk aktif dalam pembelajaran dan lebih mudah memahami materi PAI, siswa lebih senang dan antusias dalam pembelajaran sehingga mereka dapat menemukan konsep-konsep baru pada materi kejujuran, amanah dan istiqomah. Guru menyediakan beberapa potongan kartu dalam beberapa kategori beserta kartu induknya. Kemudian setiap siswa yang mendapat kartu harus memahami materi atau isi kartu yang ia peroleh, selain itu siswa juga bisa berdiskusi dan berkelompok dengan siswa lain yang mendapat potongan kartu pada kategori yang sama.
PEMBENTUKAN NILAI RELIGIUS DAN KREATIF MELALUI KEGIATAN PENDALAMAN KARAKTER
Shella Agustina Ayuningtyas;
Dhani Andreanto;
Tri Ayu Monika;
Muhammad Adha Bisma
Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran Vol 2, No 1 (2020): Vol. 2, No.1, Juli 2020
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.23917/bppp.v2i1.11966
Karakter yang positif merupakan potensi yang dimiliki oleh setiap individu, dan merupakan fitrah pemberian dari Tuhan Yang Maha Kuasa pada setiap manusia. Peserta didik sebagai pribadi manusia tentu juga memiliki fitrah karakter positif. Pengembangan karakter perludilakukan dari segala arah, baik dari lingkungan keluarga, masyarakat, maupun di lingkungan sekolah. SMK Negeri 8 Surakarta merupakan sekolah yang menerapkan pendidikan berbasis katrakter. Pendidikan karakter ini di SMK Negeri 8 Surakarta dengan cara dilakukan melalui kegiatan yang bernama pendalaman karakter. Pembelajaran pendalaman karakter di SMK Negeri 8 Surakarta dilakukan pada hari Selasa sampai Kamis. Pendalaman karakter mengenai keagamaan atau religi dilaksanakan pada hari Selasa dan dan Kamis. Hari Rabu di isi dengan pedalaman karakter dengan fokus kegiatan mengenai sharing pengalaman oleh guru-guru SMK 8 Surakarta. Sharing pengalaman ini ditujukan untuk memberi motivasi dan semangat kepada peserta didik guna bersungguh-sungguh dalam belajar serta memacu kreatifitas siswa untuk mengembangkan potensi yang dimilikinya dalam mengahapi dunia kerja ataupun setelah lulus dari SMK N 8 Surakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan penerapan nilai religius dan kreatif melalui kegiatan pendalaman karakter di SMK Negeri 8 Surakarta. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini melalui studi pustaka dan observasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan selama proses pelaksanaan kegiatan pendalaman karakter memberikan hasil berupa semangat siswa untuk mengembangkan kratifitas berupa keterampilan seninya, serta meningkatkan kesadaran menjalankan syariat beragamaKarakter yang positif merupakan potensi yang dimiliki oleh setiap individu, dan merupakan fitrah pemberian dari Tuhan Yang Maha Kuasa pada setiap manusia. Peserta didik sebagai pribadi manusia tentu juga memiliki fitrah karakter positif. Pengembangan karakter perludilakukan dari segala arah, baik dari lingkungan keluarga, masyarakat, maupun di lingkungan sekolah. SMK Negeri 8 Surakarta merupakan sekolah yang menerapkan pendidikan berbasis katrakter. Pendidikan karakter ini di SMK Negeri 8 Surakarta dengan cara dilakukan melalui kegiatan yang bernama pendalaman karakter. Pembelajaran pendalaman karakter di SMK Negeri 8 Surakarta dilakukan pada hari Selasa sampai Kamis. Pendalaman karakter mengenai keagamaan atau religi dilaksanakan pada hari Selasa dan dan Kamis. Hari Rabu di isi dengan pedalaman karakter dengan fokus kegiatan mengenai sharing pengalaman oleh guru-guru SMK 8 Surakarta. Sharing pengalaman ini ditujukan untuk memberi motivasi dan semangat kepada peserta didik guna bersungguh-sungguh dalam belajar serta memacu kreatifitas siswa untuk mengembangkan potensi yang dimilikinya dalam mengahapi dunia kerja ataupun setelah lulus dari SMK N 8 Surakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan penerapan nilai religius dan kreatif melalui kegiatan pendalaman karakter di SMK Negeri 8 Surakarta. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini melalui studi pustaka dan observasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan selama proses pelaksanaan kegiatan pendalaman karakter memberikan hasil berupa semangat siswa untuk mengembangkan kratifitas berupa keterampilan seninya, serta meningkatkan kesadaran menjalankan syariat beragama.
Video Critic dalam Pembelajaran Aqidah pada Siswa Kelas IX di SMP Muhammadiyah 7 Surakarta
Annidya Eva Dhaniayainil;
Widyaningrum Widyaningrum;
Ria Ayu Maassita
Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran Vol 2, No 1 (2020): Vol. 2, No.1, Juli 2020
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.23917/bppp.v2i1.11964
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan implementasi video critic dalam pembelajaran aqidah siswa kelas IX di SMP Muhamamdiyah 7 Surakarta. Metode penelitian yang digunakan yakni penelitian kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi strategi video critic harus mempersiapkan video sesuai materi, media dan alat, serta mengatur waktu. Respon siswa terhadap pembelajaran sangat beragam, siswa merasa pembelajaran menyenangkan dan mudah dipahami. Siswa mampu berpikir abstrak terjadinya hari akhir, sesuai Teori Piaget proses belajar seseorang mengikuti pola dan tahap perkembangannya sesuai dengan umur, mampu menarik kesimpulan, dan mengembangkan hipotesis. Kesulitannya yaitu membutuhkan persiapan yang matang dalam pelaksanaanya, menyiapkan dan memilih video, memastikan media dan alat dalam kondisi baik, mengatur waktu sebaik mungkin. Keberhasilan dapat dilihat melalui hasil analisis yang siswa sampaikan dan evaluasi soal di buku pembelajaran.