cover
Contact Name
Yoze Rizki
Contact Email
fasilkom@umri.ac.id
Phone
+6281356764330
Journal Mail Official
fasilkom@umri.ac.id
Editorial Address
Redaksi Jurnal Fasilkom, Fakultas Ilmu Komputer Gedung Rektorat Lt. 4, Universitas Muhammadiyah Riau Jl. Tuanku Tambusai, Pekanbaru, Riau
Location
Kota pekanbaru,
Riau
INDONESIA
Jurnal FASILKOM (teknologi inFormASi dan ILmu KOMputer)
ISSN : 20893353     EISSN : 28089162     DOI : https://doi.org/10.37859/jf.v11i3.2781
Core Subject : Science,
Jurnal FASILKOM (teknologi inFormASi dan ILmu KOMputer) is expected to be a media of scientific study of research result, a thought and a study criticial analysis to a System engineering research, Informatics Engineering, Information Technology, Computer Engineering, Informatics Management, and Information System. We accept research papers which focused to these following topics: System Engineering Expert System Decision Support System Data Mining Artificial Intelligent Computer engineering Digital Image Processing Computer Graphic Computer Vision Genetic Algorithm Machine Learning Deep Learning Information System Design Business Intelligence and Knowledge Management Database System Big Data IOT Enterprise Computing ICT and Islam Technology Management and other relevant topics to field of Information Technology
Articles 11 Documents
Search results for , issue "Vol 11 No 2 (2021): Jurnal Fasilkom" : 11 Documents clear
IMPLEMENTASI METODE UCD ( USER CENTERED DESIGN) PADA RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN (STUDI KASUS SMK NEGERI 1 GELUMBANG) Khana Wijaya
JURNAL FASILKOM (teknologi inFormASi dan ILmu KOMputer) Vol 11 No 2 (2021): Jurnal Fasilkom
Publisher : Fakultas Ilmu Komputer, Unversitas Muhammadiyah Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (282.978 KB) | DOI: 10.37859/jf.v11i2.2430

Abstract

Perpustakaan Berperan penting dalam memajukan lebaga pendidikan karena perpustakaan merupakan tempat untuk meningkatkan ilmu pengetahuan bagi siswa. Pada perpustakaan SMK Negeri 1 Gelumbang proses yang sedang berjalan seperti pendaftaran anggota, penginputan data calon anggota, peminjaman dan pengembalian buku, penginputan data buku dan katalog buku masih ditulis dalam buku besar. Menghindari keterlambatan dalam sistem pelayanan perpustakaan SMK Negeri 1 Gelumbang, maka sangat diperlukan sistem informasi perpustakaan yang dapat membantu dan mempermudah kegiatan sirkulasi buku. Pada sistem informasi perpustakaan SMK Negeri 1 Gelumbang inimenggunakan metode UCD (User Centered Design) dan UML (Unified Modeling Language) serta untuk bahasa pemrograman menggunak PHP dengan database MySQL.
Penerapan Model ADDIE dalam Pengembangan Media Pembelajaran di SMPN 22 Kota Samarinda Andi Rustandi; Rismayanti
JURNAL FASILKOM (teknologi inFormASi dan ILmu KOMputer) Vol 11 No 2 (2021): Jurnal Fasilkom
Publisher : Fakultas Ilmu Komputer, Unversitas Muhammadiyah Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (202.506 KB) | DOI: 10.37859/jf.v11i2.2546

Abstract

Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R & D) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri lima tahap, yaitu Analysis, Design, Development Implementation and Evaluation . Pada tahap analisis dilakukan studi literature dan studi lapangan, kemudian memproduksi media dengan membuat flowchart, dan storyboard, kemudian membuat media tersebut sesuai dengan desain yang telah dibuat. Tahap akhir ialah evaluasi dimana media divalidasi oleh guru mata pelajaran sebagai ahli materi dan 3 orang ahli validasi media untuk melihat kelayakan media serta membuat laporan. Hasil Penelitian dan Pengembangan media pembelajaran ini dikembangkan dengan model pengembangan ADDIE (Planning,Production, and Evaluation) dengan teknik pengumpulan data studi lapangan, studi literature dan angket yang dianalisis secara deskriptif oleh para ahli media dinyatakan bahwa media pembelajaran desktop ini “Sangat Layak” untuk di gunakan dengan persentase kelayakan 90% dan presentase 91% oleh ahli materi dinyatakan “sangat layak”.
Analisa Data Penerimaan Siswa Pada Perguruan Tinggi melalui Jalur SNMPTN menggunakan Algoritma Fuzzy C-Means (Studi Kasus : SMAN 5 Kota Bengkulu) Aan Herwansah; Herlina Latipa Sari; Lena Elfianty
JURNAL FASILKOM (teknologi inFormASi dan ILmu KOMputer) Vol 11 No 2 (2021): Jurnal Fasilkom
Publisher : Fakultas Ilmu Komputer, Unversitas Muhammadiyah Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (3637.527 KB) | DOI: 10.37859/jf.v11i2.2627

Abstract

SMA Negeri 5 Bengkulu City is one of State Senior High Schools in Bengkulu City that has been accredited A with a total of 58 educators and 23 administrative staff and employees. In addition, SMA Negeri 5 Bengkulu City has also won many achievements both in academics (graduates of SMA N 5 Bengkulu City are accepted at the best universities in Indonesia through test and non-test pathways) as well as in the fields of science (Olympics), Sports, IMTAQ and the arts for the provincial and national levels. Application of student admissions data in higher education through SNMPTN using Fuzzy C-Means Algorithm at SMA N 5 Bengkulu City is an application that can help analyze data grouping based on student admission data into 3 groups. Data Analysis of Student Admissions in higher education through SNMPTN was made using the Visual Basic.Net programming language and SQL Server 2008 database by applying the Fuzzy C-Means algorithm. This application is able to provide information on the results of the analysis of student admissions at Higher Education through SNMPTN. The more data on student admissions in Higher Education, the more accurate the grouping results. Based on the results of the tests that have been carried out, the Application of Student Admission Data in Higher Education through SNMPTN can provide information on the results of data grouping divided into 3 groups, namely high, medium and low
Dataset Suara dan Teks Berbahasa Indonesia Pada Rekaman Podcast dan Talk show Martin Novela; T. Basaruddin
JURNAL FASILKOM (teknologi inFormASi dan ILmu KOMputer) Vol 11 No 2 (2021): Jurnal Fasilkom
Publisher : Fakultas Ilmu Komputer, Unversitas Muhammadiyah Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (142.569 KB) | DOI: 10.37859/jf.v11i2.2628

Abstract

Salah satu faktor keberhasilan suatu model pembelajaran dalam machine learning atau deep learning adalah dataset yang digunakan. Pada tulisan ini menyajikan dataset suara dari rekaman podcast dan talk show beserta transkripsi berbahasa Indonesia. Dataset ini disajikan karena belum adanya ketersediaan dataset berbahasa Indonesia yang dapat diakses secara publik untuk digunakan pada pembelajaran model Text-to-Speech ataupun Audio Speech Recognition. Dataset terdiri dari 3270 rekaman yang diproses untuk mendapatkan transkripsi berupa teks atau kalimat berbahasa Indonesia. Dalam pembuatan dataset ini dilakukan beberapa tahapan seperti pra-pemrosesan, tahapan translasi, tahapan validasi pertama dan tahapan validasi kedua. Dataset dibuat dengan format yang mengikuti format dari dataset LJSpeech untuk memudahkan pemrosesan dataset ketika digunakan dalam suatu model sebagai input. Dataset ini diharapkan dapat membantu meningkatkan kualitas pembelajaran untuk pemrosesan Text-to-Speech seperti pada model Tacotron2 ataupun pada pemrosesan Audio Speech Recognition untuk bahasa Indonesia.
Prototype Pengukur Tinggi Rendah Permukaan & Arus Air Hulu Sungai Lematang Memprediksi Banjir Di Hilir Lematang Buhori Muslim; Alharia Dinata; Yogi Isro Mukti
JURNAL FASILKOM (teknologi inFormASi dan ILmu KOMputer) Vol 11 No 2 (2021): Jurnal Fasilkom
Publisher : Fakultas Ilmu Komputer, Unversitas Muhammadiyah Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (451.29 KB) | DOI: 10.37859/jf.v11i2.2664

Abstract

The purpose of this research is to produce a prototype of measuring the flow and height of river water that can help to find out in monitoring the flow and height of river water remotely by using SMS (Short Message Service) on the cellphone. So that it can anticipate before the occurrence of catastrophic floods caused by the height and flow of the river that exceeds the limit. The device used to build a flow meter and river water level with an arduino-based SMS Gateway is a GSM module, Ultrasonic sensor, Water Flow sensor, arduino uno and an arduino IDE application that functions to include programs on arduino The system development method in this research is the RAD method (Rapid) Application Development) and the stages are requirements planning, design workshops and implementation. The way it works on this system is that if the user sends an SMS to the device, the tool will provide information on the strength of the flow and height of the river water using the SMS Gateway facility and the user can find out the information about the current strength and height of the river water via SMS contained on the handphone.
PEMODELAN UML UNTUK SISTEM INFORMASI PERSEWAAN ALAT PESTA Mia Sumiati; Rahman Abdillah; Alqomari Cahyo
JURNAL FASILKOM (teknologi inFormASi dan ILmu KOMputer) Vol 11 No 2 (2021): Jurnal Fasilkom
Publisher : Fakultas Ilmu Komputer, Unversitas Muhammadiyah Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (742.48 KB) | DOI: 10.37859/jf.v11i2.2673

Abstract

Perancangan perangkat lunak menggunakan pemodelan UML telah banyak digunakan dikalangan praktisi dan akademisi. Salah satu kelebihan dari penggunaan diagram UML adalah fleksibilitas dan dapat menggambarkan sistem perangkat lunak lebih rinci dan detail. Dalam artikel ini, penulis menggunakan metode SDLC yang dikenal sebagai tahapan proses pengembangan perangkat lunak . Adapun penulisan artikel ini bertujuan untuk memberikan kontribusi keilmuan yang berupa rekomendasi dalam hal perancangan sistem informasi alat pesta. Adapun metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi lapangan, studi pustaka dan implementasi. Dalam kaitanya dengan implementasi, penulis menggunakan bahasa pemrograman Java dan menggunakan MySQL sebagai basis data. Adapun hasil yang didapat dari penulisan artikel ini adalah berupa pengembangan kualitas perangkat lunak, serta berupa rekomendasi diagram-diagram UML yang dapat digunakan oleh pihak-pihak pengembang perangkat lunak terkait usaha jasa persewaan.
Sistem Monitoring Kualitas Kekeruhan Air Berbasis Internet Of Thing Tito Rikanto; Arita Witanti
JURNAL FASILKOM (teknologi inFormASi dan ILmu KOMputer) Vol 11 No 2 (2021): Jurnal Fasilkom
Publisher : Fakultas Ilmu Komputer, Unversitas Muhammadiyah Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (127.617 KB) | DOI: 10.37859/jf.v11i2.2714

Abstract

Penggunaan air dimasa kini sangatlah besar, banyak industri yang mencemari daerah mata air dan penebangan hutan secara liar juga merupakan penyebab menurunnya kualitas air. Kondisi air pada bak tampung dapat berubah-ubah dan pemantauan masih secara manual untuk memastikan kualitas air baik untuk digunakan, maka diperlukan alat otomatis untuk mengontrol kualitas air. Studi ini berbasis Internet of Things menggunakan Arduino UNO,ESP8266 dan LDR sebagai sensornya. Pengujian modul menggunakan 30 sampel air berbeda kondisi dengan total uji sampel sebanyak 90 kali dan pengujian dengan konsep waterflow.Hasil penelitian berupa perangkat modul yang dapat memantau dan mengkontrol kualitas kekeruhan air diharapkan mampu memberikan hasil akurat dalam memonitoring kualitas air pada bak tampung serta dapat mempermudah dan membantu manusia untuk terhindar dari penyakit akibat kualitas air yang tidak baikBerdasarkan hasil perhitungan uji sampel, penerapan mikrokontroler berbasiskan Internet of Things dalam memonitoring kualitas kekeruhan air didapat tingkat keakurasian modul dalam mendeteksi kualitas air sebesar 96,67%.Kata kunci: internet of things, miikrokontroler, monitoring kualitas air, waterflow.
Sistem Penunjang Keputusan Penentuan Reward Bagi Mitra Terbaik Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW) (Studi Kasus : PT. Telkom Akses) Fandi Azis; A. Sidiq Purnomo
JURNAL FASILKOM (teknologi inFormASi dan ILmu KOMputer) Vol 11 No 2 (2021): Jurnal Fasilkom
Publisher : Fakultas Ilmu Komputer, Unversitas Muhammadiyah Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (440.857 KB) | DOI: 10.37859/jf.v11i2.2715

Abstract

In the development of the world of work, a reward is an important factor to improve the quality of human resources as well as an appreciation for those with enhancement. Therefore, a company should be careful in performing its assessment. Thus, a decision support system application is required to assist a company in performing the assessment process. Accordingly, the decision-making process uses the Simple Additive Weighting (SAW) method. Results of the system functionality can run 100% well and as needed, and the result of the system accuracy test are 100%. This indicates that a decision support system can function properly with the Simple Additive Weighting (SAW) method. Keywords: Reward, Simple Additive Weighting (SAW), Decision Support System
Sistem Penunjang Keputusan Penyeleksian Quality Assurance Tester Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (Studi Kasus : PT. Gameloft Indonesia) Edwin Rafiza Pradana Nasution; A. Sidiq Purnomo
JURNAL FASILKOM (teknologi inFormASi dan ILmu KOMputer) Vol 11 No 2 (2021): Jurnal Fasilkom
Publisher : Fakultas Ilmu Komputer, Unversitas Muhammadiyah Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (475.111 KB) | DOI: 10.37859/jf.v11i2.2716

Abstract

Pemilihan karyawan baru dalam suatu perusahaan merupakan suatu hal yang sangat penting karena menentukan kualitas perusahaan tersebut. Salah satu cara yang efektif dalam menyeleksi karyawan adalah dengan cara menerapkan sistem penunjang keputusan sehingga dapat memutuskan dengan hasil yang tepat dalam menyeleksi karyawan baru. Aplikasi ini menerapkan metode Analytical Hierarchy Process (AHP), yaitu dengan melakukan pembobotan terhadap kriteria dan pelamar. Hasil penelitian berupa aplikasi sistem pemilihan karyawan baru yang memberikan rekomendasi sebagai bahan pertimbangan untuk mengambil keputusan secara tepat dan diharapkan dapat mempermudah proses seleksi karyawan baru. Berdasarkan hasil pengujian, sistem ini mampu melakukan perhitungan dan perankingan dalam penyeleksian Quality Assurance Tester sesuai dengan perhitungan manual dari PT Gameloft Indonesia dengan ketepatan 86%.
APLIKASI E-MARKETPLACE MENGGUNAKAN ARSITEKTUR MVVM (MODEL-VIEW-VIEWMODEL) BERBASIS ANDROID Aryanto; Edo Arribe; Rudi Asrianto
JURNAL FASILKOM (teknologi inFormASi dan ILmu KOMputer) Vol 11 No 2 (2021): Jurnal Fasilkom
Publisher : Fakultas Ilmu Komputer, Unversitas Muhammadiyah Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (392.504 KB) | DOI: 10.37859/jf.v11i2.2762

Abstract

Dunia digemparkan dengan kemunculan sebuah virus di akhir tahun 2019 dan virus ini dinamakan covid 19. Selain berdampak kepada kesehatan dan masalah penanggulangannya, keadaan ini juga akhirnya merubah tatanan kehidupan manusia. Salah satu bentuk perubahan pada tatanan kehidupan manusia ini berupa berubahnya pasar yang dulunya secara konvensional menjadi pasar berbasis elektronik. Sehingga, penelitian ini mencoba mengkaji dan membangun sebuah aplikasi yang menjembatani kegiatan pasar yang memungkinkan tetap terjadi dan dapat terlaksana walau dalam keadaan pandemi covid 19. Kegiatan penelitian ini diawali dengan mengkaji kebutuhan pengguna yang akan dibangun menjadi sebuah e-marketplace dan selanjutnya diterjemahkan kedalam bentuk aplikasi e-marketplace berbasis android yang dianggap mampu memberikan kontribusi transaksi penjual dan pembeli dimasa pandemi ini. Mvvm sebagai sebuah aritektur dalam pengembangan aplikasi android juga diterapkan dalam pengembangan aplikasi e-marketplace ini.

Page 1 of 2 | Total Record : 11