cover
Contact Name
M. Marizal
Contact Email
psikobuletin@uin-suska.ac.id
Phone
+6285271563331
Journal Mail Official
psikobuletin@uin-suska.ac.id
Editorial Address
Jl. H.R. Soebrantas Km. 15.5 No. 155 Gedung Fakultas Psikologi UIN Sultan Syarif Kasim Riau Kel. Tuahmadani Kec. Tampan Pekanbaru - Riau 28293.
Location
Kab. kampar,
Riau
INDONESIA
Psikobuletin: Buletin Ilmiah Psikologi
ISSN : -     EISSN : 27208958     DOI : http://dx.doi.org/10.24014/pib.v1i1.8174
Psikobuletin: Buletin Ilmiah Psikologi merupakan buletin ilmiah online yang mempublikasikan naskah empirik dan non empirik. Naskah emprik meliputi hasil penelitian dan pengabdian masyarakat berbasis riset dalam bidang psikologi. Sedangkan naskah non empirik meliputi review teoritis dan pemikiran ilmiah dalam bidang psikologi. Naskah yang diterbitkan pada psikobuletin meliputi hasil karya di bidang Psikologi Pendidikan, Psikologi Perkembangan, Psikologi Industri dan Organisasi, Psikologi Sosial, Psikologi Klinis, Psikologi Islam dan Psikometri
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 3 (2021): Psikobuletin: Buletin Ilmiah Psikologi" : 9 Documents clear
Trauma Masa Anak-Anak Dan Perilaku Agresi Nurhayati Nurhayati; I Gusti Ayu Wulan Budi Setyani
Psikobuletin:Buletin Ilmiah Psikologi Vol 2, No 3 (2021): Psikobuletin: Buletin Ilmiah Psikologi
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/pib.v2i3.13917

Abstract

Trauma masa anak-anak adalah peristiwa menakutkan, berbahaya, kejam, atau mengancam jiwa yang terjadi pada anak (usia 0-18 tahun). Trauma masa anak-anak memberikan dampak yang luas bagi kehidupan seorang.  Salah satu dampak dari trauma masa anak-anak adalah perilaku agresi. Perilaku agresi adalah segala tindakan yang dimaksudkan untuk menyakiti. Makalah ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana trauma masa anak-anak berdampak pada perilaku agresi.  Beberapa penelitian telah menguji hubungan antara trauma masa anak-anak dan perilaku agresi. Trauma masa anak-anak jika terjadi terus menerus dapat mempengaruhi struktur otak. Dalam sebuah penelitian struktur otak tikus yang terpapar sebuah situasi yang menekan diyakini sama dengan struktur otak seseorang dengan perilaku agresi. Sebuah penelitian mengidentifikasi hubungan lima jenis trauma masa anak-anak dengan perilaku agresi Lima jenis trauma masa anak-anak tersebut adalah menyaksikan kekerasan, pengabaian fisik, penganiayaan emosional, penganiayaan fisik, dan penganiayaan seksual.
Gambaran Budaya Organisasi yang Berlandaskan Budaya Lokal Nahya Qisthi Buchari; Ni Made Swasti Wulanyani
Psikobuletin:Buletin Ilmiah Psikologi Vol 2, No 3 (2021): Psikobuletin: Buletin Ilmiah Psikologi
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/pib.v2i3.9816

Abstract

Budaya organisasi sangat berpengaruh terhadap perilaku dan efektivitas kinerja organisasi atau perusahaan yang mendukung tujuan-tujuan organisasi. Adanya variasi dan keanekaragaman budaya akan mewarnai variasi pola perilaku anggota organisasi tempat kebudayaan tersebut berlaku. Artikel ini bertujuan untuk menjelaskan gambaran budaya organisasi yang berlandaskan nilai lokal dengan pendekatan studi literatur. Budaya Lokal tersebut antara lain Tri Hita Karana, Budaya Jawa dan Budaya Sulawesi Selatan. Tri Hita Karana dapat didefinisikan sebagai tiga penyebab kebahagiaan yang terdiri dari komponen parahyangan, pawongan dan palemahan yang dapat diaplikasikan pada perusahaan. Budaya Jawa memiliki pandangan hidup Sinkretisme, Tantularisme dan berbagai ungkapan simbolis yang dapat mempengaruhi budaya organisasi. Nilai-nilai kearifan lokal budaya Makassar juga memiliki nilai-nilai yang berhubungan dengan budaya organisasi yaitu kepemimpinan Karaeng Galesong yang dikenal sebagai “siri” yakni berupa harga diri atau kehormatan yang timbul dari akal pikiran yang baik dari seorang pemimpin. Nilai kekerabatan juga disinyalir sebagai salah satu nilai-nilai budaya lokal yang melekat pada masyarakat Bugis-Makassar.
Pengembangan Perusahaan Menggunakan Diagnostik Open System Bahrul Ulumsyah; Muhammad Nur Syuhada
Psikobuletin:Buletin Ilmiah Psikologi Vol 2, No 3 (2021): Psikobuletin: Buletin Ilmiah Psikologi
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/pib.v2i3.14081

Abstract

Pengembangan perusahaan bertujuan untuk mengidentifikasi kemungkinan permasalahan yang terjadi sehingga dapat memetakan dinamika permasalahan di PT BM Persero, kemudian memberikan saran intervensi sesuai dengan permasalahan yang prioritas. Partisipan atau responden ditujukan pada 10 karyawan yang mewakili masing – masing golongan, teknik pengambilan responden menggunakan purposive sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan yakni dengan teknik wawancara, observasi dan studi dokumen yang dibuat berdasarkan komponen – komponen desain tingkat organisasi (Cumings,2015). Data dianalisis secara kualitatif berdasarkan temuan masing-masing instrument terintegrasi. Bedasarkan hasil assesment dan rumusan permasalahan terdapat beberapa masalah yang menghambat perusahaan untuk meningkatkan kinerjanya, yang paling signifikan permasalahannya adalah karyawan  merasa kurang puas terhadap sistem carrier path di perusahaan, karena sistem carierr path yang terdapat diperusahaan masih belum tepat guna. Model diagnostic memberikan pemahaman dalam mengidentifikasi kondisi perusahaan, kemudian masalah yang teridentifikasi adalah melakukan intervensi berupa pemetaan kembali career lattice Perusahaan, untuk meningkatkan karir, memberikan kesempatan dan keleluasaan untuk beralih peran pekerjaan secara keseluruhan dan melakukan perpindahan lintas fungsi ke peran yang berbeda yang tidak memerlukan naik ke tingkat atau posisi yang lebih tinggi atau bahkan pada tingkat atau posisi yang sama (Cathy Benko & Molly Anderson De Joitte, 2010)
Furqan pada Dual System Processing dalam Pengambilan Keputusan Ricca Angreini Munthe; Yuli Widiningsih; Indah Puji Ratnani
Psikobuletin:Buletin Ilmiah Psikologi Vol 2, No 3 (2021): Psikobuletin: Buletin Ilmiah Psikologi
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/pib.v2i3.14083

Abstract

Kemampuan untuk membedakan yang baik dan buruk di dalam Islam disebut furqan. Dalam istilah umum kemampuan ini juga dianggap sebagai kemampuan penalaran moral. Furqan merupakan sifat yang mengontrol kecerdasan dengan cara yang benar. Seorang muslim mempercayai bahwa orang dengan kecerdasan tinggi selalu melibatkan Al-Qur'an dalam berpikir, bertindak dan berperilaku secara mulia dengan karakter yang didasarkan pada kebenaran sejati dari Allah. Lebih jauh lagi, furqan juga dianggap sebagai intuisi terhadap kebenaran.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami makna dan karakteristik furqan serta bagaimana pengalaman orang menggunakan furqan dalam pengambilan keputusan. Penelitian ini merupakan bentuk studi awal. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian studi pustaka. Analisis didasarkan pada telaah ilmiah dari teori-teori mengenai dual system processing dan telaah mengenai furqan. Dari hasil penelaahan teori dan kajian pustaka yang telah dilakukan, peneliti mendapatkan penjelasan bahwa istilah furqan lebih dekat dengan penalaran moral. Keduanya mengacu pada kemampuan untuk membedakan antara benar atau salah, tetapi furqan mengarah secara langsung ke intuisi untuk membedakan benar atau salah. Penalaran moral melibatkan pemikiran rasional, sedangkan furqan melibatkan intuisi. Dari penelitian studi pustaka ini diperoleh kesimpulan bahwa ketika seseorang memiliki karakter furqan di dalam dirinya, maka ia cenderung menggunakan sistem pertama dalam dual system processing ketika ia mengambil keputusan. Meskipun sistem pertama dalam dual system processing memiliki potensi bias yang sangat tinggi, namun kehadiran karakter furqan di dalam diri seseorang membuatnya mampu untuk mengambil keputusan dengan bijaksana
Authoritative, Permissive, dan Authoritarian Parenting Style Kaitannya dengan Grit Mahasiswa M. Qauliyan As Syauqi; Ivan Muhammad Agung
Psikobuletin:Buletin Ilmiah Psikologi Vol 2, No 3 (2021): Psikobuletin: Buletin Ilmiah Psikologi
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/pib.v2i3.13720

Abstract

Grit merupakan hal penting yang dimiliki oleh mahasiswa dalam menyelesaikan studinya, hal ini dikarenakan dalam proses studinya mahasiswa harus dapat tekun dengan bekerja keras dalam mencapai target mereka, tahan terhadap tuntutan tugas yang diberikan, tidak mudah menyerah dan harus yakin terhadap pilihan yang diambil untuk menyelesaikan studi. Salah satu faktor yang mempengaruhi grit adalah parenting (pola asuh). Tujuan utama dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui secara bersama-sama kaitan antara pola asuh orangtua yang authoritative, permissive, dan authoritarian terhadap grit pada mahasiswa Fakultas Psikologi UIN Suska Riau. Penelitian ini melibatkan 210 mahasiswa, dan dipilih dengan jenis teknik simple random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah modifikasi skala Grit-O oleh Duckworth (2007) dan skala (Parent Authority Qouestionnaire (PAQ) Modernized Questions) oleh Dunn (2017) berdasarkan teori Baumrind (Yusuf, 2019). Berdasarkan hasil analisis ditemukan nilai F=6,691 dan nilai p=0,000 (Sig. < 0,05) artinya secara bersama-sama ada kaitan antara authoritative, permissive, dan authoritarian parenting style terhadap grit pada mahasiswa Fakultas Psikologi UIN Suska Riau. Sumbangan efektif authoritative, permissive, dan authoritarian parenting style dengan grit sebesar 0,089 atau 8,9%, artinya grit dapat diprediksi dengan variabel authoritative, permissive, dan authoritarian parenting style sebesar 8,9% dan sisanya variabel lain
Kaitan Antara Pola Asuh Otoriter Terhadap Kemampuan Interpersonal yang Dimoderasi oleh Dukungan Teman Sebaya pada Remaja di Kota Bandung Putra Nurfajri Al Gifari; Herlina Herlina
Psikobuletin:Buletin Ilmiah Psikologi Vol 2, No 3 (2021): Psikobuletin: Buletin Ilmiah Psikologi
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/pib.v2i3.11883

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pola asuh otoriter terhadap kemampuan interpersonal yang dimoderasi oleh dukungan teman sebaya pada remaja di Kota Bandung. Partisipan pada penelitian ini adalah (N=400, berusia 13-19 tahun tinggal Bersama orangtua, dan berdomisili di Kota Bandung) yang mengisi instrumen yang berisi alat ukur pola asuh otoriter untuk mengukur pola asuh otoriter, Interpersonal Competence Questionare (ICQ) untuk mengukur kemampuan interpersonal, dan The Social Provosion Scale untuk mengukur dukungan teman sebaya. Analasis data yang digunakan adalah analisis regresi linear untuk mengetahui pengaruh pengaruh otoriter terhadap kemampuan interpersonal dan dukungan teman sebaya terhadap kemampuan interpersonal, dan analisis regresi berganda moderasi untuk mengukur pengaruh pola asuh otoriter terhadap kemampuan interpersonal yang dimoderasi oleh dukungan teman sebaya. Hasil analisis menunjukan bahwa ada pengaruh pola asuhotori terterhadap kemampuan interpersonal sebesar -0,399 dengan nilai signifikansi 0,000. Terdapat pengaruh dukungan teman sebaya terhadap kemampuan interpersonal sebesar 0,281 dengan nilai signifikansi 0,000. Hasil analisis moderasi menunjukan bahwa dukungan teman sebaya memoderasi pengaruh pola asuh otoriter terhadap kemampuan interpersonal. Bentuk moderasi yang dihasilkan adalah dukungan teman sebaya mengurangi determinasi pengaruh pola asuh otoriter terhadap kemampuan interpersonal pada remaja di Kota Bandung
Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Melalui Penerapan Konseling Realita Muhammad Hubbal Khair; Emliyati Emliyati; Ilham Padhli
Psikobuletin:Buletin Ilmiah Psikologi Vol 2, No 3 (2021): Psikobuletin: Buletin Ilmiah Psikologi
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/pib.v2i3.13074

Abstract

Salah satu kompenen tercapainya tujuan pembelajaran di sekolah adalah kedisiplinan. Berdasarkan hasil observasi peneliti pada siswa kelas IX.6 SMP Negeri 9 Pekanbaru diketahui bahwa tingkat kedisiplinannya rendah. Hal ini terlihat dari siswa yang datang ke sekolah tidak tepat waktu, tidak mengerjakan PR, tidak menggunakan atribut dengan lengkap dan keluar masuk kelas ketika proses pembelajaran sedang berlangsung. Konseling realita merupakan alternatif  pemecahan masalah untuk membentuk dan meningkatkan kembali kedisiplinan siswai. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IX.6 SMP Negeri 9 Pekanbaru pada semester genap tahun pembelajaran 2020/2021 dengan sampel penelitian 9 orang siswa. Hasil penelitian tindakan kelas ini adalah penerapan konseling realita dapat meningkatkan kedisiplinan pada siswa kelas IX.6SMP Negeri 9 Pekanbaru tahun pelajaran 2020/2021. Hasil observasi kedisiplinan siswa sebelum penerapan konseling realita adalah kategori rendah. Padasiklus I hasil observasi kedisiplinan siswa adalah kategori sedang. Padasiklus II hasil observasi kedisiplinan siswa adalah kategori tinggi
Pengembangan Konseling Spiritual Pada Masa Rehabilitasi Untuk Pecandu Narkoba M. Fahli Zatrahadi; Firman Firman; Riska Ahmad
Psikobuletin:Buletin Ilmiah Psikologi Vol 2, No 3 (2021): Psikobuletin: Buletin Ilmiah Psikologi
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/pib.v2i3.15302

Abstract

Kecanduan narkoba dapat mengganggu kehidupan keluarga, masyarakat, dan proses sekolah, menghadirkan ancaman langsung atau tidak langsung bagi pembangunan masa depan bangsa dan negara. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan konseling spiritual bagi pecandu narkoba. Penelitian bersifat kualitatif dengan tahapan: Menentukan pertanyaan, mengumpulkan data-data informan, mendapatkan data, dan laporan. Adapun informan terdiri dari tiga pasien pecandu narkoba. Hasil penelitian berdasarkan koding Nvivokonseling spiritual terdapa tiga sub tema yaitu belajar agama, belajar sholat, dan belajar baca al-Qur’an. Kemudian tema dampak program religi memecah menjadi empat sub tema yaitu dekat degan Allah, memotivasi diri, konsisten tetap beribadah dan rajin sholet. Seluruhnya merupakan kata yang sering dibicarakan oleh narasumber. Konseling spiritual ini masih belum maksimal dalam pelaksanaanya sebab knselor bekerja sama dengan instruktur religi bukan konselor profsional dibidangnya dan pada Napza program ini hanya sebatas kegiatan religi pada uumnya.
Menentukan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penderita HIV/AIDS di Kabupaten Bayumas Muhammad Marizal
Psikobuletin:Buletin Ilmiah Psikologi Vol 2, No 3 (2021): Psikobuletin: Buletin Ilmiah Psikologi
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/pib.v2i3.18343

Abstract

HIV (Human Immunodeficiency Virus) merupakan virus yang merusak sistem kekebalan tubuh yang mengakibatkan tubuh akan semakin lemah, sehingga rentan diserang penyakit. Infeksi HIV yang tidak segera ditangani akan berkembang menjadi kondisi serius yang disebut AIDS (Acquired Immune Deficiency Syndrom). HIV/AIDS dapat menyerang segala kalangan. Pada kesempatan kali ini, penulis membuat hubungan antara kelompok umur, jenis kelamin dan jenis pekerjaan pada penderita HIV/AIDS di Kabupaten Banyumas. Dari data yang diperoleh, jumlah ODHA mengalami peningkatan dari tahun 2013-2015. Untuk mengetahui hubungan antara faktor tersebut digunakan uji independensi chi-square yang diperoleh terdapat hubungan antara Jenis kelamin terhadap umur dan atara Jenis kelamin terhadadp jenis pekerjaan

Page 1 of 1 | Total Record : 9