cover
Contact Name
Mariana Purba
Contact Email
riagalihprosojo@gmail.com
Phone
+6281278681042
Journal Mail Official
riagalihprasojo@gmail.com
Editorial Address
Jl.Kol. H. Burlian KM 7 Kota Palembang
Location
Kota palembang,
Sumatera selatan
INDONESIA
Informanika
ISSN : 24071730     EISSN : 27755762     DOI : 10.52233
Core Subject : Science, Education,
Jurnal Informanika merupakan jurnal yang berisi tentang hasil penelitian, gagasan konseptual, kajian dan aplikasi teori, tinjauan pustaka, atau referensi buku baru dalam Bidang Ilmu yang terdiri dari Sub Rumpun Teknik Elektro dan Informatika Seperti Ilmu Komputer, Sistem Informasi, Teknologi Informasi, Teknik Perangkat Lunak, Teknik Elektro, Teknik Tenaga Elektrik, Teknik Telekomunikasi, Teknik Elektronika
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 1 (2019): JURNAL INFORMANIKA VOLUME 5 NO.1,JANUARI-JUNI 2019" : 10 Documents clear
ROBOT LINE FOLLOWER BERBASIS MIKROKONTROLLER ARDUINO UNO ATMEGA328 DESTI ARINI; PIUS WIDYA KUMARA
JURNAL INFORMANIKA Vol 5, No 1 (2019): JURNAL INFORMANIKA VOLUME 5 NO.1,JANUARI-JUNI 2019
Publisher : POLITEKNIK ANIKA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52233/informanika.v5i1.74

Abstract

Menuju zaman era gelobalisasi 4.0, maka banyak terobosan baru yang telah tercipta di bidang teknologi informasi saat ini. Oleh karena itulah peneliti mencoba mengikuti perkembangan dengan mengambil sebuah penelitian tentang sebuah robot line follower berbasis mikrokontroler arduino uno atmega 328. Dimana disini peneliti tertarik untuk mengetahui bagaimana cara perakitan robot tersebut, pemrograman yang diaplikasikan untuk mengerakkan perintah robot tersebut dengan menggunakan pengamatan berdasarkan latar belakang berwarna hitam dan putih, serta lintasan garis yang berwarna hiam dan putih. Selain ingin merancang robot tersebut, peneliti juga melakukan analisa percobaan dengan menggunakan dua warna yang berbeda tersebut. Peneliti melakukan percobaan sebanyak sepuluh kali percobaan setiap dua pengamatan dengan latar belakang dan lintas garis yang berbeda. Dari pengamatan tersebut dapat terlihat perbedaan, dimana robot line follower cenderung lebih cepat membaca intruksi yang mana pada hasil pengamatan 1 yaitu Latar belakang berwarna putih dan lintang garis berwarna hitam dan pola lintasan yang dibuat seperti lingkarang yang membujur. Dan didapat hasil analisa perbedaan selisih waktu yaitu: 42.5 detik untuk sepuluh kali percobaan yang dilakukan dari dua pengamatan yang berbeda.Oleh karena itulah, penulis berharap kepada mahasiswa untuk lebih tertarik mendalami program robot tersebut sehingga kedepan tercipta robotik yang dapat dijadikan penelitian oleh mahasiswa dan dosen untuk mewakili program studi tempat kita bernaung.
INTERNET OF THING UNTUK DETEKSI DINI GEMPA BUMI EKA SUSANTI; SHO LIHIN; SUSAN ZEFI; R.A HALIMATUSSA'DIYAH
JURNAL INFORMANIKA Vol 5, No 1 (2019): JURNAL INFORMANIKA VOLUME 5 NO.1,JANUARI-JUNI 2019
Publisher : POLITEKNIK ANIKA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52233/informanika.v5i1.79

Abstract

Salah satu perkembangan teknologi industry 4.0 adalah semua yang dipakai dikendali dari jauh. Oleh sebab itu peneliti akan menerapak teknologi Internet of Thing sebagai kendali untuk Wireless Sensor Network yang merupakan suatu jaringan yang terdiri dari perangkat sensor yang mendeteksi gejala dari keadaan sekitar dan diteruskan menuju gateway. Teknologi ini sangat cocok untuk sistem pemantauan bencana alam, seperti gempa bumi. Penelitian ini akan dilakukan perancangan dan pengimplementasian suatu sistem yang dapat memantau gempa bumi yang berbasis IoT, dengan menggunakan sensor accelerometer, sensor gas, sensor suhu dan kelembaban. Alat ini dikontrol berbantuan mikrokontroler dan perangkat lunak yang digunakan pada sistem ini yaitu Bascom AVR dan juga Microsoft Visual Basic 6.0. pada disain ini akan dirancang untuk mendeteksi keadaan di sekitar pegunungan dan juga lautan dan apabila sensor mendeteksi gempa maka secara otomatis akan mengirimkan sinyal ke mikrokontroler melalui HC-12 dan secara otomatis alarm akan berbunyi sebagai peringatan akan terjadi gempa. Dari hasil pengukuran dan analisa data menunjukkan bahwa jaringan sensor nirkabel yang telah dibangun dapat membaca aktifitas gempa bumi, selanjutnya IoT tersebut akan dapat bekerja dalam waktu yang lama dan data yang diterima tidak ada noise sama sekali. Kata Kunci : Arificial Inteligent, Mikrokntroler, Sensor dan Transduser, Visual Basic 6.0, Wireless Sensor Network
MODUL CONVERTER (ADC DAN DAC) DENGAN SEVEN SEGMENT DISPLAY SAR JANA
JURNAL INFORMANIKA Vol 5, No 1 (2019): JURNAL INFORMANIKA VOLUME 5 NO.1,JANUARI-JUNI 2019
Publisher : POLITEKNIK ANIKA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52233/informanika.v5i1.75

Abstract

Konverter atau Pengubah adalah suatu perangkat elektronika yang dapat mengubah arus ataupun sinyal. Dari arus AC menjadi DC atau sebaliknya, dan bisa juga mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital ataupun sebaliknya. Proses konversi diperlukan untuk mengetahui terdapat jenis-jenis proses pengubahan / converter dari data atau sinyal yang bersifat analog menjadi digital atau sebaliknya. Hal ini dikarenakan sebagian besar data sinyal yang ada di dunia ini merupakan besaran analog. Pengonversian data dari analog ke digital merupakan suatu cara untuk mengolah data analog tersebut agar dapat di modifikasi, dimanipulasi dan mengubah karakteristiknya. Dalam penelitian ini akan dirancang dan pengimplementasian suatu konverter Analog to Digital Converter (ADC) dan Digital to Analog Converter (DAC) ke dalam modul, menggunakan IC ADC 0804, IC ADC 0809, IC DAC 0800 dan ATmega16 sebagai Seven Segment Driver. Kata Kunci: Converter, ADC, DAC, Seven Segment.
PERANCANGAN ANTENA MICROSTRIP UNTUK LTE CIK SADAN
JURNAL INFORMANIKA Vol 5, No 1 (2019): JURNAL INFORMANIKA VOLUME 5 NO.1,JANUARI-JUNI 2019
Publisher : POLITEKNIK ANIKA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52233/informanika.v5i1.81

Abstract

Dalam perkembangan nya bidang telekomunikasi harus dapat menyesuaikan kebutuhan dan keinginan dari masyarakat ialah dengan teknologi tanpa kabel (wireless) yang dapat memudahkan aspek kehidupan dalam penerepannya. Antena merupakan bagian terpenting dalam sistem komunikasi wireless. Antenna Mikrostrip adalah salahsatu jenis antena yang peraktis mempunyai ukuran dan dimensi yang sederhana dan mudah di fabrikasi. Dengan sifat antenna mikrostrip tersebut, perangkat telekomunikasi dapat mengikuti perkembangan yang ada. Antenna mikrostrip terdapat 3 bagian ialah groudplane, substrat, dan patch. antena mikrostrip adalah bentuk bujur sangkar atau segi empat panjang. Karena ketebalan substrat jauh lebih tipis daripada panjang gelombang,Sehingga pada penelitian ini dibahas bagaimana mendesain dan menganalisa antena mikrostrip dengan bentuk patch persegi panjang dengan spesifikasi sebagai berikut groundplane W = 46.70 mm. L = 56.06, patch W = 30.22 mm. L= 40.05 mm,saluran pencatu W = 3,1 mm. L = 9,8 mm. Dan spesifikasi substrat FR4 dengan karatkeristik h = 1,6. ╬Ár = 4,3. Losstan = 0,02.substrat ini mudah didapat dan mudah untuk difabrikasikan. Teknik pencatuan yang digunakan adalah dengan teknik Microstripline feed. Perancangan dan simulasi antena mikrostrip dilakukan menggunakan software CST Studio Suite. Setelah melakukan beberapa simulasi didapatkan hasil yang terbaik pada frekuensi 2,3 GHz didapat return loss sebesar -29 dan -31 dB. Rentang bandwidth pada return loss 200 MHz Gain sebesar 4 dB. VSWR sebesar 1,0417.
ENSIKLOPEDIA ISTILAH KEDOKTERAN SPESIALIS PENYAKIT MATA BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN METODE OBJECT ORIENTED AHMAD MUTAKIN BAKTI
JURNAL INFORMANIKA Vol 5, No 1 (2019): JURNAL INFORMANIKA VOLUME 5 NO.1,JANUARI-JUNI 2019
Publisher : POLITEKNIK ANIKA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52233/informanika.v5i1.76

Abstract

Perkembangan teknologi komunikasi saat ini bergerak begitu cepat khususnya teknologi komunikasi. Saat ini fungsi utama handphone sebagai alat komunikasi sudah berkembangan begitu pesat dari awalnya hanya untuk menelpon dan sms sekarang sudah terdapat fungsi-fungsi lain. Selain itu handphone pun sudah memasyarakat, karena handphone dapat diperoleh dengan mudah dan murah. Komunikasi adalah salah satu bentuk interaksi antara satu pihak dengan pihak yang pihak lain. Komunikasi antar manusia dilakukan dengan dibantu oleh sebuah sarana yaitu bahasa. Dalam berkomunikasi biasanya kita menemukan istilah-istilah khususnya istilah kedokteran spesialis penyakit mata yang belum kita ketahui sehingga kita tidak paham dengan maksud dan tujuan pembicaraan tersebut. Untuk itulah perlu dikembangkan sebuah aplikasi Ensiklopedia istilah kedokteran spesialis penyakit mata berbasis android menggunakan metode Object Oriented untuk mempermudah dalam melakukan pencarian istilah kedokteran spesialis penyakit mata khususnya. Kata Kunci : Ensiklopedia, Android, penyakit mata, object oriented
INTERNET OF THING UNTUK SISTEM KENDALI ROBOT HAND GESTURE Sho lihin; Mu tiar; Il yas; Eka susanti
JURNAL INFORMANIKA Vol 5, No 1 (2019): JURNAL INFORMANIKA VOLUME 5 NO.1,JANUARI-JUNI 2019
Publisher : POLITEKNIK ANIKA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52233/informanika.v5i1.82

Abstract

Dalam era digitalisasi saat ini, dan mengikuti perkembangan revolusi teknologii industry 4.0. Komunikasi wireless sekarang berkembang sangat pesat karena sangat efisien penggunaannya. Salah satu penggunnaan teknologi wireless jarak dekat yang banyak digunakan adalah perangkat yang bisa dintegrasikan dengan perangkat lain. Komunikasi antar robot adalah proses penyampaian infromasi untuk melakukan sesuatu perintah yang dikendalikan dari jarak jauh. Komunikasi antar robot merupakan komponen penting dalam interaksi dalam robot dan lingkungannya. Dalam sistem robot, robot hand gesture menyampaikan perintah kepada robot untuk bergerak mengikuti perintah yang telah ditentukan oleh tuannya.Sehingga terjadi bentuk komunikasi antar robot secara wireless. Bentuk komunikasi ini robot berupa perintah kepada robot untuk mengikut gerakan tangan.Keuntungan komunikasi antar robot ini adalah efisiensi dalam menyelesaikan tugas. Robot ini menggunakan aplikasi pemograman software arduino, sehingga dapat mempermudah dalam pembuatan robot hand gesture berbasis wireless. Kata kunci : Arduino, Artificial Inteligent, Robot, Sensor and Trancsducer, Wireless.
APLIKASI PENGOLAHAN DATA KEHADIRAN KARYAWAN PADA DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN KABUPATEN MUSI BANYUASIN EKKAL PRASETYO
JURNAL INFORMANIKA Vol 5, No 1 (2019): JURNAL INFORMANIKA VOLUME 5 NO.1,JANUARI-JUNI 2019
Publisher : POLITEKNIK ANIKA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52233/informanika.v5i1.71

Abstract

Kehadiran karyawan merupakan faktor penting bagi suatu instansi atau perusahaan dimana mendukung dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Teknologi dibutuhkan agar mekanisme pelayanan dibidang pendidikan lebih maksimal. Dinas Pendidikan dan Kebudayaan merupakan sebuah instansi yang memiliki peran penting dalam bidang pendidikan dan karyawan. Oleh sebab itu, kehadiran karyawan ini dianggap penting namun dalam pengelolahan data kehadiran masih mengunakan cara-cara yang manual atau mencatat kehadiran setiap karyawannya, kendala yang sering dihadapi oleh pihak dinas pendidikan dan kebudayaan yaitu sistem pengolahan data kehadiran yang masih manual sehingga kurang efisiensi waktu dalam mengolah data kehadiran karyawan. Oleh karena itu, dibutuhkan sistem pengolahan data yang berupa aplikasi yang dapat membantu dalam pengelolahan data kehadiran karyawan. Penelitian ini mengunakan teknik pengumpulan data observasi, studi pustaka dan perancangan sistemnya menggunakan metode Waterfall, metode analisa perancangan sistem yang digamabarkan dengan Unified Modelling Language (UML), metode pengujian sistem ini mengunakan Black Box Testing dan perancangan fisik aplikasi menggunakan bahasa pemograman Pre Hypertext Preprocessor (PHP) dan My Structure Query Language (MySQL) sebagai database. Aplikasi pengolahan data kehadiran Karyawan ini dapat membantu Tata Usaha mengelolah data kehadiran karyawannya dan membantu karyawan dalam melihat rekapitulasi dan juga membantu atasan dalam menilai kinerja setiap karyawannya sehingga dapat meningkatkan kinerja kerja Karyawan.
APLIKASI SENSOR PASSIVE INFRARED RECEIVER (PIR) SEBAGAI SAKLAR LAMPU AC 220V SELAMET MUSLIMIN; NYAYU LATIFAH
JURNAL INFORMANIKA Vol 5, No 1 (2019): JURNAL INFORMANIKA VOLUME 5 NO.1,JANUARI-JUNI 2019
Publisher : POLITEKNIK ANIKA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52233/informanika.v5i1.77

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merancang sistem kontrol lampu otomatis menggunakan sensor PIR yang dihubungkan ke SSR dan dikontrol menggunakan Arduino Mega 2650.Sensor PIR digunakan untuk mengetahui ada atau tidaknya aktivitas manusia pada suatu ruangan tersebut.Pengujian sensor PIR dilakukan dengan memvariasikan penentuan posisi sensor sehingga sensor dapat mendeteksi gerakan atau aktivitas manusia.Dengan memanfaatkan prinsip kerja sensor PIR yaitu dengan mendeteksi pancaran panas tubuh manusia dimana lampu akan menyala jika terdapat aktifitas manusia pada ruangan tersebut, sehingga dengan begitu akan terjadinya efisiensi penggunaan energi listrik. Proses otomatisasi saklar tersebut dikontrol menggunakan program mikrokontroler yaitu mikrokontoller Arduino Mega 2560 sehingga dapat mengaktifkan atau mengnonaktifkan Solid State Relay (SSR) yang kemudian SSR tersebut mengaktifkan atau mengnonaktifkan lampu ruangan tersebut. Keywords: Sensor PIR, Solid State Relay, Arduino Mega 2560,
PENGEMBANGAN SISTEM PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA Sur yanto; DEFI PUJIANTO
JURNAL INFORMANIKA Vol 5, No 1 (2019): JURNAL INFORMANIKA VOLUME 5 NO.1,JANUARI-JUNI 2019
Publisher : POLITEKNIK ANIKA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52233/informanika.v5i1.73

Abstract

Saat ini perkembangan teknologi informasi sangat berpengaruh penting dalam pengembangan sistem pembelajaran, salah satunya adalah teknologi dibidang multimedia. Teknologi multimedia menjadi suatu alat yang sangat dibutuhkan untuk proses pembelajaran. Pemakaian teks, gambar, audio, video, dan animasi dalam pembelajaran membantu peserta didik untuk cepat memahami materi pembelajaran. Multimedia juga menyediakan peluang bagi pendidik untuk mengembangkan metode pembelajaran sehingga memperoleh hasil yang maksimal. AMIK AKMI Baturaja adalah perguruan tinggi komputer yang belum sepenuhnya memanfaatkan tenologi informasi dalam pembelajarannya, khususnya dibidang Multimedia. Untuk itulah peneliti melakukan penelitian ini guna pengembangan pembelajaran di Kampus AMIK AKMI Baturaja. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah media pembelajaran Berbasis Multimedia di AMIK AKMI Baturaja yang bisa menjadi pendorong prestasi belajar Mahasiswa. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian study literatur, observasi, kuesioner, dan wawancara. Metode pengembangan Medianya menggunakan MDLC (Multimedia Development Life Cycle) yang terdiri dari enam tahap yaitu concept (analisis kebutuhan), design (perancangan), material collecting (pengumpulan materi), assembly (pembuatan), testing (pengujian), dan distribution (distribusi). Hasil penelitian ini adalah sebuah sistem pembelajaran berbasis multimedia yang disajikan dalam bentuk e-learning. Media ini diharapkan memberikan pengaruh yang positif dalam meningkatkan prestasi dan kemandirian belajar Mahasiswa. Kata kunci : Pembelajaran, MDLC, Multimedia, E-Learning, Mahasiswa
IMPLEMENTASI APLIKASI PEMBELAJARAN KAMUS INGGRIS-ARAB-INDONESIA PADA TPA ALJIHAD DAN ALFALAH PALEMBANG BERBASIS ANDROID SLAMET WIDODO; A. BAHRI JONI M; AHYAR SUPANI; IND ARTO; NUR ADILA
JURNAL INFORMANIKA Vol 5, No 1 (2019): JURNAL INFORMANIKA VOLUME 5 NO.1,JANUARI-JUNI 2019
Publisher : POLITEKNIK ANIKA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52233/informanika.v5i1.78

Abstract

Manusia diciptkan Tuhan Yang Maha Esa dengan bermacam-macam suku bangsa dan bahasa yang berbeda-beda. Salah satu permasalahan dalam berkomunikasi adalah karena jenis dan macam Bahasa yang berbeda-beda. Pada sistem pelajaran anak-anak dibawah 12 tahun yaitu pada TPA(Taman Pendidikan Agama) di Indonesia berkembang sangat cepat dan pesat sekali keinginan anak-anak dan orang tua untuk memberikan pendidikan bahasa Inggris,Arab dan Indonesia. Fenomena yang terjadi pada proses pembelajaran ini adalah cara pengajar dan guru dengan cara Melakukan tutorial dengan membaca dan menulis secara manual sehingga terkesan lambat dan kurang menarik. Saat ini masih banyak yang kurang menguasai bahasa Inggris dan bahasa Arab yang mungkin dikarenakan banyaknya kosakata dan kamus yang berukuran besar dan tebal yang sulit untuk dibawa kemana-mana dan penggunaannya yang cukup lama. Metode Pembelajaran manual seperti itu terjadi di TPA ALJIHAD dan ALFALAH Palembang. Dari permasalahan tesrsebut dibutuhkan sebuah aplikasi yang dapat membantu pengguna dalam mencari arti kosakata sebagai pengganti buku atau kamus yang mudah dibawa kemanapun dan kapanpun. Salah satu aplikasi tersebut adalah aplikasi Kamus Bahasa Indonesia-Inggris-Arab yang berbasis Android. Tujuan utama dari aplikasi kamus bahasa Indonesia-Inggris-Arab ini adalah membantu pengguna yang ingin mempelajari bahasa Indonesia, Inggris dan Arab serta membantu pengguna dalam menemukan terjemahan dalam bahasa Indonesia, Inggris maupun bahasa Arab secara cepat. Kata kunci : TPA(Taman Pendidikan Agama), Aplikasi, Kosakata , Android

Page 1 of 1 | Total Record : 10