cover
Contact Name
Adi Permana Sidik
Contact Email
buanakomunikasi@usbypkp.ac.id
Phone
+6285720033550
Journal Mail Official
adi.permana@usbypkp.ac.id
Editorial Address
Jl. PHH. Mustofa No. 68 Telp. 022-7275489, 7202841, Fax. 022-7201756 Bandung 40124
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Buana Komunikasi (Jurnal Penelitian dan Studi Ilmu Komunikasi)
ISSN : 27742342     EISSN : 27742202     DOI : -
Buana Komunikasi (Jurnal Penelitian dan Studi Ilmu Komunikasi) is a scientific journal published by the Sangga Buana YPKP Social and Political Science Study Program with p-ISSN 2774-2342,e-ISSN 2774-2202 published 2 times and 1 year (June-December). The articles published have gone through the review process of the reviewers, which are related to communication science. The articles that are published can also be in the form of scientific ideas, theoretical and conceptual studies, as well as practical applications from both academics or practitioners in the field of communication. The scope of the Buana Communications Journal includes: Interpersonal Communication, Public Communication, Organizational Communication, Mass communication, Political Communication, Cultural Communication, Communication Ethics, and Religious communication.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 2 (2020): Desember" : 6 Documents clear
Pengaruh Personal Branding Terhadap Minat Beli Konsumen Rusdiana Rusdiana; Adi Permana Sidik
Jurnal Media Komunika Vol 1, No 2 (2020): Desember
Publisher : Prodi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik USB YPKP

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Berdasarkan hasil uji hipotesis secara parsial (uji t) didapat bahwa variabel Personal branding memiliki nilai koefisien sebesar 0.928 dengan nilai sig. 0.000 (lebih kecil dari nilai alpha 0.05), maka H0 ditolak, yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara personal branding terhadap minat beli konsumen. Besar nilai pengaruhnya adalah 0.928, nilai trsebut memiliki makna bahwa untuk setiap peningkatan persentase personal branding yang dilakukan oleh produk Tzeza leathermade maka akan meningkatkan minat beli konsumen sebesar 0.928 persen berpengaruh signifikan dalam meningkatkan minat beli kepada konsumen. Berdasarkan koefisien determinasi variabel independen personal branding (X) dapat menjelaskan variabel dependen Minat Beli (Y) sebesar 84.5% sedangkan sisanya yaitu sebesar 15.5% dipengaruhi oleh variabel-variabel lainnya di luar variabel penelitian. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa personal branding Tzeza Leathermade berpengaruh positif secara signifikan untuk meningkatkan minat beli konsumen.
Kompetensi Dan Motivasi Berdampak Pada Kinerja Tenaga Pendidik Di Pusdikkowad Kodiklat TNI AD Nurhaeni Sikki
Jurnal Media Komunika Vol 1, No 2 (2020): Desember
Publisher : Prodi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik USB YPKP

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi dan motivasi terhadap kinerja tenaga pendidik di Pusdikkowad Kodiklat TNI AD. Hasil penelitian mengenai kompetensi yang dimiliki oleh tenaga  pendidik di Pusdikkowad Kodiklat TNI AD yang diukur dari dimensi pengetahuan (knowledge), keterampilan (skill) dan sikap (Attitude) beberapa pada  kategori baik.  Adapun motivasi tenaga pendidik yang diukur dari dimensi yaitu kebutuhan berprestasi (need for achievement), kebutuhan berkuasa (need for powerfull) dan kebutuhan berafiliasi (need for affiliation) sudah baik. Penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda dengan bantuan software SPSS versi 16. Hasil analisis jalur menunjukan bahwa kompetensi dan motivasi memiliki pengaruh terhadap kinerja tenaga pendidik di Pusdikkowad Kodiklat TNI AD, baik secara langsung maupun tidak langsung di mana pengaruh langsung motivasi lebih besar dibandingkan pengaruh kompetensi terhadap kinerja. Selain itu, hasil pengujian hipotesis menunjukkan variabel kompetensi dan motivasi berpengaruh terhadap kinerja tenaga pendidik di pusdikkowad kodiklat TNI AD dengan nilai F (0.000) dan kontribusi sebesar 75,3%. Secara parsial variabel kompetensi dan motivasi berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja tenaga pendidik dengan thitung 0.000. 
Fotografi Instagram: Studi Literatur Tanto Trisno Mulyono
Jurnal Media Komunika Vol 1, No 2 (2020): Desember
Publisher : Prodi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik USB YPKP

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perkembangan teknologi komunikasi saat ini telah menghadirkan media komunikasi yang semakin bervariasi. Seiring dengan perkembangan zaman, kebutuhan manusia akan informasi akan semakin meningkat hal ini didukung oleh perkembangan teknologi. Dengan kemajuan di bidang teknologi komunikasi, semakin memudahkan semua orang di dunia untuk mengetahui informasi, jarak, ruang dan waktu yang tidak terbatas. Adapun salah satu media sosial yang diminati semua kalangan terutama kaum muda dan banyak diakses melalui smartphone adalah Instagram. Instagram merupakan aplikasi berbagi foto yang menawarkan aplikasi berbasis fotografi dimana pengguna dapat mengunggah foto sendiri secara langsung melalui ponsel. sehingga pengguna Instagram menjadi tertarik dengan fotografi.
Komunikasi Interpersonal Dalam Konsultasi Dokter Estetika Dengan Pasien Melalui Media Sosial Whatsapp Daniel Paulus Evert
Jurnal Media Komunika Vol 1, No 2 (2020): Desember
Publisher : Prodi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik USB YPKP

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kegiatan konsultasi merupakan salah satu langkah pendukung untuk menegakkan diagnosis. Seiring dengan perkembangan teknologi yang sangat pesat, maka kegiatan konsultasi dapat dilakukan secara online. Kegiatan konsultasi online membutuhkan kemampuan komunikasi interpersonal yang efektif baik dari pihak dokter estetika maupun dari pihak pasien sehingga kegiatan konsultasi online dapat berjalan dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mengkaji komunikasi interpersonal dalam konsultasi dokter estetika dengan pasien melalui media sosial WhatsApp berdasarkan 5 Inevitable Laws of Effective Communication yang terdiri dari Respect, Empathy, Audible, Clarity, dan Humble. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif, pendekatan penelitiannya studi kasus, Teknik pengumpulan data melalui wawancara, sedangkan teknik analisis datanya dengan reduksi data, model data (data display), dan penarikan kesimpulan. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat sikap-sikap Respect, Empathy, Audible, Clarity, dan Humble dalam komunikasi interpersonal dalam konsultasi dokter estetika dengan pasien melalui media sosial WhatsApp.
Penggunaan Media dalam Komunikasi Publik Juru Bicara Pemerintah Republik Indonesia Khusus Covid-19 dalam Penyampaian Pesan Kepada Masyarakat Indonesia Witri Cahyati; Reza Saeful Rachman; Daniel Paulus Evert; Ilham Nugraha; Dina Dianti
Jurnal Media Komunika Vol 1, No 2 (2020): Desember
Publisher : Prodi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik USB YPKP

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Hasil penelitian ini adalah deskripsi penggunaan media yang digunakan pemerintah pusat melakukan penyebaran informasi kepada masyarakatIndonesia dalam rangka menanggulangi pandemi ini. Selanjutnya, diharapkan dapat menjadi bahan evaluasi dan referensi mengenai strategi komunikasi dalam menghadapi krisis baik di masa kini maupun yang akan datang bagi pemerintah pusat dan bagi pemerintah tingkatan yang lain, seperti pemerintah provinsi, pemerintah kota atau bahkan pemerintah desa
Peran Kepala dan Komite Sekolah Dalam Membangun Citra Positif Madrasah Diniyah Srie Amanah Pebriany; Nunung Sanusi
Jurnal Media Komunika Vol 1, No 2 (2020): Desember
Publisher : Prodi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik USB YPKP

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kesimpulan dari hasil penelitian ini menunjukan bahwa peran public relations dalam membangun citra MDTA Nurul Athfal menurut teori peran Dozier & Broom, yaitu 1) peran public relations sebagai penasehat ahli, peran ini dilakukan atas kerjasama komite sekolah serta kepala dalam memberi masukan dalam menyelesaikan konflik yang terjadi di sekolah, 2) peran public relations sebagai fasilitator komunikasi, peran ini dilakukan untuk menjembatani pihak internal dengan pihak eksternal sekolah MDTA Nurul Athfal ataupun sebaliknya, 3) peran public relations sebagai fasilitator proses pemecahan masalah, peran ini dijalankan komite sekolah dengan pelayanan sekolah kepada masyarakat yang direalisasikan dalam beberapa kegiatan, 4) peran public relations sebagai Teknisi komunikasi, dalam hal peran sebagai teknisi komunikasi ini diartikan oleh komite sekolah sebagai peng aplikasian dari semua program-program yang  sudah direncanakan.

Page 1 of 1 | Total Record : 6