cover
Contact Name
Adi Permana Sidik
Contact Email
buanakomunikasi@usbypkp.ac.id
Phone
+6285720033550
Journal Mail Official
adi.permana@usbypkp.ac.id
Editorial Address
Jl. PHH. Mustofa No. 68 Telp. 022-7275489, 7202841, Fax. 022-7201756 Bandung 40124
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Buana Komunikasi (Jurnal Penelitian dan Studi Ilmu Komunikasi)
ISSN : 27742342     EISSN : 27742202     DOI : -
Buana Komunikasi (Jurnal Penelitian dan Studi Ilmu Komunikasi) is a scientific journal published by the Sangga Buana YPKP Social and Political Science Study Program with p-ISSN 2774-2342,e-ISSN 2774-2202 published 2 times and 1 year (June-December). The articles published have gone through the review process of the reviewers, which are related to communication science. The articles that are published can also be in the form of scientific ideas, theoretical and conceptual studies, as well as practical applications from both academics or practitioners in the field of communication. The scope of the Buana Communications Journal includes: Interpersonal Communication, Public Communication, Organizational Communication, Mass communication, Political Communication, Cultural Communication, Communication Ethics, and Religious communication.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 2 (2022): Desember" : 6 Documents clear
Strategi Komunikasi Copywriter dalam Pemasaran Konten (Analisis Studi Kasus di Instagram Napak Jagat Pasundan) Nadiya Kumalasari Pranajaya; Reza Saeful Rachman
Jurnal Media Komunika Vol 3, No 2 (2022): Desember
Publisher : Prodi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik USB YPKP

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32897/buanakomunikasi.2022.3.2.1685

Abstract

Penelitian dilakukan Untuk Mengetahui Strategi Komunikasi Copywriter dalam Pemasaran Konten di Instagram Napak Jagat Pasundan,. Dengan tujuan mengetahui bagaimana strategi komunikasi  Copywriter dalam pemasaran konten, dan Mengetahui alasan dilakukan nya strategi Komunikasi copywriter dalam pemasaran konten,  serta  mendeskripsikan kegiatan yang dilakukan Copywriter dalam Pemasaran Konten di Instagram Napak Jagat Pasundan. Penelitian ini menggunakan metode Kualitatif dengan jenis Pendekatan Studi Kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi  langsung dan wawancara mendalam dengan beberapa narasumber,serta melakukan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, klasifikasi data, reduksi data, Penyajian data, dan juga membuat sebuah kesimpulan. Hasil penelitian yang ditemukan di lapangan adalah copywriter Napak Jagat Pasundan menggunakan strategi komunikasi pemasaran yang relevan dengan Metode SOSTAC sebelum akhirnya memutuskan membuat sebuah konten kebudayaan di Instagram sebagai bentuk promosi event kebudayaan sekaligus untuk meningkatkan awwarnes brand Djarum dengan mengkampanyekan Campign Coklat Kita. Copywriting yang dibuat oleh copywriter Napak Jagat Pasundan juga menggunakan model AIDA. Kegiatan yang dilakukan Copywriter Napak Jagat Pasundan dalam memasarkan konten di Instagram adalah  membuat sebuah rubrikasi, lalu membuat Editorial Planning, kemudian membuat tulisan atau copywriting, kemudian di publikasi kan di Instagram Napak Jagat Pasundan. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa Copywriter Napak Jagat Pasundan menggunakan Strategi Komunikasi Pemasaran dengan model  SOSTAC yaitu Langkah yang sistematis dalam Menyusun sebuah strategi komunikasi pemasaran dengan menganalisis kondisi internal dan eskternal perusahaan. 
Pengaruh Persepsi Risiko Tertular Covid-19 terhadap Frekuensi Bersepeda di Kota Jakarta M. Fachreza; Yuli Hartono
Jurnal Media Komunika Vol 3, No 2 (2022): Desember
Publisher : Prodi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik USB YPKP

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32897/buanakomunikasi.2022.3.2.1546

Abstract

Persepsi risiko tertular COVID-19 merupakan variabel penting yang dipertimbangkan dalam membuat keputusan, termasuk untuk aktivitas bersepeda. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan persepsi risiko tertular COVID-19 pengguna sepeda pada masa pandemi, serta menganalisis pengaruh persepsi risiko tertular COVID-19 yang dimiliki pesepeda di Kota Jakarta terhadap frekuensi bersepeda pada masa pandemi. Data didapat dari penyebaran kuesioner secara daring kepada pesepeda di Kota Jakarta selama masa pandemi. Analisis menunjukan bahwa pengaruh variabel tingkat bahaya, perasaan rentan, efektivitas metode penanganan risiko, dan efikasi diri berpengaruh positif terhadap frekuensi bersepeda. Didapatkan juga bahwa pesepeda Kota Jakarta menganggap COVID-19 sangat berbahaya dan mereka merasa rentan saat bersepeda. Lalu pesepeda Kota Jakarta merasa efektivitas metode penanganan yang dilakukan sudah baik dan mereka merasa yakin dapat mengatasi risiko tertular COVID-19 saat bersepeda yang disebabkan oleh faktor lain
Pembingkaian Berita Para Penikmat Cuan PCR (Polymerase Chain Reaction) di Majalah Tempo Edisi 1 – 7 November 2021 Laksmi Rachmaria; Rizky Saputra
Jurnal Media Komunika Vol 3, No 2 (2022): Desember
Publisher : Prodi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik USB YPKP

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32897/buanakomunikasi.2022.3.2.2100

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana redaksi Majalah Tempo mengkonstruksi peristiwa seputar bisnis tes PCR (Polymerase Chain Reaction) selama masa pandemi Covid 19. PCR  merupakan salah satu metode untuk memeriksa keberadaan material genetic dari suatu sel bakteri ataupun virus. Material genetic ini dapat berupa DNA atau RNA. Pada masa Pandemi ini tes PCR kerap digunakan untuk mendiagnosis Covid 19. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan paradigma konstruktivis. Metode Penelitian yang digunakan adalah Analisis Framing Model Zhondang Pan dan Kosicki, yang terbagi dalam empat struktur yaitu sintaksis, skrip, tematik,retoris. Subyek dalam penelitian ini adalah teks-teks berita terkait tema Para Penikmat Cuan PCR di Majalah Tempo Edisi 1-7 November 202. Hasil Penelitian: Majalah Tempo membawa khalayak dengan frame yang merujuk pada konstruksi realitas yang ingin dibangun yaitu menyudutkan pemerintah terkait kebijakan yang diberlakukan kepada masyarakat untuk melakukan tes PCR bagi penumpang penerbangan. Kebijakan pemerintah itu dianggap terburu-buru dalam menetapkan aturan wajib tes PCR, seharusnya pengadaan dan pelaksanaan tes PCR tak boleh sepenuhnya diserahkan kepada swasta, dimana sejumlah laboratorium tes PCR dimiliki politikus dan konglomerat
Komunikasi Pemasaran Bank Syariah dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah Nova Susantie; Adi Permana Sidik
Jurnal Media Komunika Vol 3, No 2 (2022): Desember
Publisher : Prodi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik USB YPKP

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32897/buanakomunikasi.2022.3.2.1405

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) Untuk Mengetahui Mengapa PT Bank DKI Cabang Syariah Bandung membuat layanan Pick Up (2) Untuk Mengetahui Bagaimana Bauran Pemasaran “7P” pada Program Pick Up Nasabah PT Bank DKI Cabang Syariah Bandung (3) Untuk Mengetahui Bagaimana respon nasabah terhadap pelayanan Pick Up PT Bank DKI Cabang Syariah Bandung. Penelitian ini menggunakan metode deskripftif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini yaitu komunikasi pemasaran kegiatan pelayanan Pick Up PT Bank Dki Syariah Cabang Bandung menggunakan teori bauran pemasaran “7P” Produk (Product), Tempat (Place), Harga (Price), Promosi (Promotion), Bukti Fisik (Physical Evidence), Orang (People), Proses (Process), yaitu dengan pengaplikasian menggunakan komunikasi pemasaran secara langsung dan tidak langsung melalui pemberian brosur, media cetak serta media elektronik, dalam memasarkan produknya terdapat beberapa faktor pendukung yaitu: program layanan pick up dan memiliki produk yang berkualitas.
Dampak Media Sosial Instagram terhadap Kepercayaan Diri Anak Remaja Adristi Naura Syifa; Irwansyah Irwansyah
Jurnal Media Komunika Vol 3, No 2 (2022): Desember
Publisher : Prodi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik USB YPKP

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32897/buanakomunikasi.2022.3.2.2162

Abstract

Media sosial menjadikan individu semakin mudah terkoneksi dengan individu lainnya dan mampu menjangkau dunia secara lebih luas. Salah satu media sosial yang menarik perhatian adalah Instagram. Beberapa tahun terakhir media sosial menjadi salah satu media sosial yang paling populer bagi remaja dalam melakukan aktivitas mengambil sebuah konten (foto atau video). Instagram yang menjadi album digital penggunanya seringkali digunakan remaja untuk memposting konten yang dapat meningkatkan kepercayaan diri mereka. Artikel ini bertujuan untuk menelaah sejauhmana dampak media sosial Instagram dapat meningkatkan kepercayaan diri remaja. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, dan menggunakan teknik pengumpulan data wawancara mendalam dan studi dokumentasi. Wawancara dilakukan kepada remaja pengguna media sosial Instagram sejumlah 3 orang sebagai informan utama, dan informan pendukung merupakan pihak ekspert yaitu Psikolog. Studi dokumentasi dilakukan dengan melihat literatur yang relevan mengenai fenomena penggunaan Instagram oleh remaja. Hasil penelitian menunjukkan sikap kepercayaan diri remaja dari adanya media sosial Instagram ditunjukkan dari seberapa banyak postingan mereka menerima like. Temuan menarik adalah remaja seringkali menjadikan selfie sebagai aktivitas yang dapat meningkatkan dan menurunkan kepercayaan diri mereka. 
Pola Komunikasi Guru dengan Murid di Perguruan Pencak Silat Gadjah Putih Amin Amin; Deden Ramdan
Jurnal Media Komunika Vol 3, No 2 (2022): Desember
Publisher : Prodi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik USB YPKP

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32897/buanakomunikasi.2022.3.2.2184

Abstract

Paguron Gadjah Putih memiliki 24 jurus dan 9 langkah yang wajib diajarkan kepada seluruh muridnya dari berbagai level sehingga membutuhkan pola komunikasi yang khas. Tujuan penelitian ini adalah menemukan pola komunikasi guru dengan murid di Paguron Gadjah Putih Batu Nanceb. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik mengumpulkan data melalui observasi, wawancara mendalam dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola komunikasi yang yang dilakukan oleh guru ketika menyampaikan materi jurus berbeda tergantung jenis muridnya. Ketika mengajar dengan murid anak-anak guru menggunakan suara pelan Mentarara ketika mengajar murid remaja dan dewasa guru menggunakan suara yang tegas. Pada saat melakukan koreksi, guru tidak menegur langsung bahkan cenderung membiarkan jika mengajar murid anak-anak, sementara ketika mengoreksi murid remaja dan dewasa guru langsung menegurnya bahkan menegurnya dengan sapuan tangan dan kaki.

Page 1 of 1 | Total Record : 6