cover
Contact Name
Mad Sa'i
Contact Email
madsai@iainmadura.ac.id
Phone
+6287851900775
Journal Mail Official
jurnalrabbani@gmail.com
Editorial Address
Jalan Raya Panglegur KM 04 Pamekasan, Madura, Jawa Timur. Telp. (0324) 333187 fax 322551
Location
Kab. pamekasan,
Jawa timur
INDONESIA
Rabbani: Jurnal Pendidikan Agama Islam
ISSN : 27211134     EISSN : 2721091X     DOI : http://dx.doi.org/10.19105/rjpai.v1i2.4112
Core Subject : Education,
RABBANI adalah jurnal resmi yang dimiliki oleh Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri Madura yang berlokasi di Jalan Raya Panglegur Km 4 Pamekasan 69371. Jurnal ini merupakan media untuk mewadahi artikel dalam bentuk ide konseptual, Library Research, dan hasil penelitian baik bersifat kolektif ataupun individu dengan cakupan tema tentang seputar pendidikan agama Islam. Jurnal Rabbani menerima manuskrip asli hasil karya peneliti/penulis dan menerbitkan artikel dua kali setiap tahun yaitu pada bulan Maret dan September. Pengelola Rabbani terdiri dari dewan pengarah dan penyunting sementara juga memiliki beberapa editor yang cukup kompeten di bidang Pendidikan Islam dan kejurnalan, selain itu pula jurnal ini didukung oleh para reviwer dari para akedemisi untuk menjamin kualitas tulisan. Penulis Rabbani adalah mereka yang memiliki karya dan belum pernah dimuat di media apapun, orisinil dan bersedia membuat pernyataan terkait hak cipta, dalam bentuk laporan penelitian ataupun kajian analisis ke-PAI-an, sesuai dengan kaidah penulisan pada template jurnal ini. Pengelola Rabbani mengundang para pendidik (guru dan dosen), peneliti serta pemerhati pendidikan untuk berpartisipasi menulis di jurnal kami. Dengan harapan, semoga dengan hadirnya jurnal ini dapat memberikan kontribusi keilmuan dan dapat dijadikan tambahan referensi bagi khalayak umum untuk memperkaya khasanah pengetahuan utamanya mengenai pendidikan agama Islam.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 1 (2021): Maret" : 6 Documents clear
STUDI KEBIJAKAN TENTANG KURIKULUM PENGEMBANGAN MUATAN LOKAL Dewi Zainul Alfi; M. Yunus Abu Bakar
Rabbani: Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol. 2 No. 1 (2021): Maret
Publisher : IAIN Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.19105/rjpai.v2i1.4140

Abstract

Muatan lokal adalah bahan kajian atau mata pelajaran pada satuan pendidikan yang berisi muatan dan proses pembelajaran tentang potensi dan keunikan lokal. Penerapan kurikulum muatan lokal dapat memberikan bekal pengetahuan, keterampilan, pembentukan sikap dan perilaku siswa, berupa wawasan tentang keadaan lingkungan dan kebutuhan masyarakat. Pengembangan Muatan Lokal dilakukan dengan dua arah pengembangan dalam muatan lokal, yaitu Pengembangan untuk jangka jauh agar para siswa dapat melatih keahlian dan keterampilan yang sesuai dengan harapan yang nantinya dapat membantu dirinya, keluarga, masyarakat dan akhirnya membantu pembangunan nusa dan bangsanya. Studi ini merupakan studi literatur sehingga metode dalam menganalisis data dengan meninjau dan mengumpulkan informasi dari berbagai referensi baik buku, artikel ilmiah yang digunakan sebagai bahan dalam mempelajari dan menambah wawasan secara konseptual yang berhubungan dengan studi kebijakan tentang kurikulum pengembangan muatan lokal.
THE STRATEGY OF DISTANCE LEARNING AT SALAF BOARDING SCHOOL IN PANDEMIC COVID-19 Abdul Khamid; Aida Dwi Rahmawati
Rabbani: Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol. 2 No. 1 (2021): Maret
Publisher : IAIN Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.19105/rjpai.v2i1.4162

Abstract

The purpose of this research to find out about strategies of distance learning (pjj) in PPTI Al-Falah Salatiga City in the situation of covid-19 outbreaks, the positive impact of implementing PJJ in PPTI Al-Falah Salatiga City, and inhibiting factors of PJJ implementation in PPTI Al-Falah Salatiga City. This research uses qualitative approach. Primary data is collected using google form and secondary data form related articles and literature. From these studies it is known, distance learning strategies utilize online technology as a learning media. The positive impacts include online learning activities, increasing the ability of students to utilize technology, and increasing the creativity of clerics and religious teachers. And the inhiting factors are the limitations of the internet network, the limited costs, and the limited facilities and infrastructure of the students in attending distance learning.
ANALISIS KEBIJAKAN PEMBELAJARAN DARING TERHADAP EVALUASI BELAJAR SISWA umu kurnia nur hidayah
Rabbani: Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol. 2 No. 1 (2021): Maret
Publisher : IAIN Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.19105/rjpai.v2i1.4220

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi analissi kebijakan pembelajaran daring terhadap evaluasi belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah kualitatif yakni penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati. Teknik pengambilan dan pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun metode analisis yang digunakan adalah metode analisis kualitatif.Hasil dari penelitian ini yaitu bahwa evaluasi pembelajaran yang dilaksanakan secara daring belum sepenuhnya mencapai target Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sebagaimana yang sudah ditentukan. Pada sebagian mata pelajaran memang sudah memenuhi KKM sebagian lagi masih ada siswa yang belum memenuhi KKM. Bagi siswa yang belum memenuhi nilai maka dilakukan remedial tes agar evaluasi dan nilai dapat memenuhi target yang diharapkan.
PEMBELAJARAN BERBASIS DARING (Studi Kasus Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas XII di SMAN 1 Galis Pamekasan) siti maemanah maemanah; Ainul Yakin
Rabbani: Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol. 2 No. 1 (2021): Maret
Publisher : IAIN Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.19105/rjpai.v2i1.4241

Abstract

Ada banyak sekali metode dan media yang dapat digunakan untuk mensukseskan proses kegiatan belajar mengajar. Salah satu media yang dapat dipergunakan adalah media internet. Penggunaan internet daring menjadi sangat penting saat ini mengingat situasi dan kondisi Covid-19. Tujuan penelitian dari jurnalini adalah untuk mengetahui bagaimana pembelajaran PAI berbasis daring dan untuk mengetahui bagaimana pandangan Guru PAI dan Siswa terhadap pembelajaran berbasisdaring, Untuk mengetahui hasil lebih lanjut mengenai pelaksanaan dan pandangan siswa terhadap pembelajaran daringpeneliti menggunakan metode kualitatif deskriptif . Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah wawancara, Observasi dan Dokumentasi.
Madrasah Sebagai Sistem Sosial Perspektif Talcott Parsons Nurul Awwaliyah Aspan
Rabbani: Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol. 2 No. 1 (2021): Maret
Publisher : IAIN Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.19105/rjpai.v2i1.4337

Abstract

Seperti yang dikemukakan dari Parsons, bahwa teorinya mengedepankan analisis fungsi dan sistem menjabarkan secara detail berbagai kondisi-kondisi yang mendukung perkembangan dan kontinuitas kultur didalam sistem sosial masyarakat, walaupun jika suatu kultur tidak lagi sebagai sistem politik atau lembaga formal. Jika hal ini disangkut pautkan dengan pendidikan ataupun sekolah pasti mempunyai beberapa fungsi yakni: 1) Lembaga pendidikan sebagai sarana bersosialisasi. 2) Lembaga pendidikan sebagai ajang seleksi dan alokasi yang bisa memacu semangat dan motivasi. 3) Lembaga pendidikan sebagai peluang yang sama kepada siswanya. Kajian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisa madrasah sebagai sistem sosial dari sudut pandang Talcott Parsons. Dalam pendekatan kajian menggunakan kualitatif deskriptif dan jenis kajiannya yakni kepustakaan. Teknik pengumpulan data yakni studi literatur (didapat dari berbagai sumber, buku, jurnal, pustaka, dokumentasi dan internet). Teknik analisis data menggunakan deskriptif analitik (menggambarkan pandangan Talcott Parsons secara sistematis mengenai madrasah sebagai sistem sosial). Hasil kajian menjelaskan sistem sosial itu sendiri merupakan sub sistem yang saling ketergantungan dan memiliki hubungan timbal balik. Didalam sistem itu sendiri memiliki fungsi dan perannya masing-masing. Madrasah sebagai sistem sosial, madrasah ialah sebuah lembaga pendidikan yang bernaungan dibawah naungan depertemen Agama. Yang didalamnya terdapat lapisan dan struktur masyarakat, walaupun dalam ruang lingkup yang kecil. Setiap lapisan yang ada di madrasah mempunyai peran dan fungsinya masing-masing, dari lapisan yang tertinggi sampai yang terendah. Seperti Kepala Madrasah yang berfungsi sebagai pengendali dan pemimpin madrasah dan petugas kebersihan sekolah yang berfungsi sebagai penanggung jawab terhadap kebersihan madrasah. 
UPAYA GURU DALAM KEBERHASILAN BELAJAR SKI SISWA DI MTS NEGERI 3 PAMEKASAN (SUMBER BUNGUR) Ach. Laily; Mariatul Qibtiyah
Rabbani: Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol. 2 No. 1 (2021): Maret
Publisher : IAIN Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.19105/rjpai.v2i1.4343

Abstract

Abstrak Ach. Laily, 2019. Upaya Guru dalam Keberhasilan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Negeri 3 Pamekasan (Sumber Bungur), Sikripsi, Jurusan Tarbiyah Program Studi Pendidikan Agama Islam, IAIN Madura, Pembimbing Dr. Hj. Mariatul Qibtiyah, M.Ag Kata kunci: Guru, Keberhasilan Belajar, Sejarah Kebudayaan Islam. Ada dua fokus penelitian yang menjadi pokok dalam penelitian ini, (1) mengetahui upaya yang dilakukan guru dalam keberhasilan belajar SKI siswa MTs Negeri 3 Pamekasan (Sumber Bungur), (2) untuk mengetahui faktor faktor penunjang dan penghambat upaya guru dalam keberhasilan belajar SKI siswa MTs Negeri 3 Pamekasan (Sumber Bungur). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Informannya adalah jajaran pengasuh, ustadz, wali santri dan santri. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, triangulasi, analisis kasus negatif dan uraian rinci. . Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) upaya yang dilakukan guru dalam meningkatkan keberhasilan belajar SKI siswa MTs Negeri 3 Sumber Bungur Pakong Pamekasan, di antaranya adalah melakukan penyusunan rencaa pelaksanaan pembelajaran, penguasaan materi pelajaran, pemilihan metode pembelajaran secara tepat dan variatif, pemanfaatan media dan sumber belajar, pelaksanaan evaluasi, memberikan tugas-tugas, mengadakan pengarahan-pengarahan dan memberikan bantuan kepada siswa dengan senantiasa memecahkan permasalahan-permasalahan yang dihadapi, (2) faktor penunjang upaya guru dalam keberhasilan belajar SKI siswa adalah adanya kemauan kuat siswa untuk belajar, dan faktor penghambat upaya guru dalam keberhasilan belajar SKI siswa adalah terbatasnya sarana dan prasarana, seperti buku-buku penunjang yang ada di perpustakaan sekolah sebagai sumber belajar bagi siswa, terbatasnya media pembelajaran, dan rendahnya tingkat profesionalitas guru SKI. Abstract ACh. Laily, 2019. Teacher's Efforts in Student Learning Success in Islamic Cultural History Subjects in MTs Negeri 3 Pamekasan (Source of Bungur), Thesis, Department of Tarbiyah Islamic Religious Education Study Program, IAIN Madura, Supervisor Dr. Hj. Mariatul Qibtiyah, M.Ag Keywords: Teacher, Learning Success, History of Islamic Culture. There are two research focuses that became the main focus in this study, (1) knowing the efforts made by teachers in the success of learning SKI students of MTs Negeri 3 Pamekasan (Source Bungur), (2) to find out the factors supporting and inhibiting the efforts of teachers in the success of learning SKI students MTs Negeri 3 Pamekasan (Sumber Bungur). This research uses a qualitative approach with descriptive type. Sources of data obtained through interviews, observation and documentation. The information is the ranks of caregivers, religious teachers, guardians of students and students. While checking the validity of the data is done through extended participation, perseverance of observation, triangulation, negative case analysis and detailed description. . The results showed that (1) the efforts made by the teacher in improving the learning success of SKI students of MTs Negeri 3 Sumber Bungur Pakong Pamekasan, among others, were to make a plan for the implementation of learning, mastery of subject matter, selection of appropriate and varied learning methods, use of media and resources learning, conducting evaluations, giving assignments, holding directives and providing assistance to students by always solving problems faced, (2) supporting factors of teacher efforts in the success of students learning SKI is the strong will of students to learn, and factors inhibiting the efforts of teachers in the success of student SKI learning is the limited facilities and infrastructure, such as supporting books in the school library as a source of learning for students, the limited learning media, and the low level of professionalism of SKI teachers.

Page 1 of 1 | Total Record : 6