cover
Contact Name
Mad Sa'i
Contact Email
madsai@iainmadura.ac.id
Phone
+6287851900775
Journal Mail Official
jurnalrabbani@gmail.com
Editorial Address
Jalan Raya Panglegur KM 04 Pamekasan, Madura, Jawa Timur. Telp. (0324) 333187 fax 322551
Location
Kab. pamekasan,
Jawa timur
INDONESIA
Rabbani: Jurnal Pendidikan Agama Islam
ISSN : 27211134     EISSN : 2721091X     DOI : http://dx.doi.org/10.19105/rjpai.v1i2.4112
Core Subject : Education,
RABBANI adalah jurnal resmi yang dimiliki oleh Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri Madura yang berlokasi di Jalan Raya Panglegur Km 4 Pamekasan 69371. Jurnal ini merupakan media untuk mewadahi artikel dalam bentuk ide konseptual, Library Research, dan hasil penelitian baik bersifat kolektif ataupun individu dengan cakupan tema tentang seputar pendidikan agama Islam. Jurnal Rabbani menerima manuskrip asli hasil karya peneliti/penulis dan menerbitkan artikel dua kali setiap tahun yaitu pada bulan Maret dan September. Pengelola Rabbani terdiri dari dewan pengarah dan penyunting sementara juga memiliki beberapa editor yang cukup kompeten di bidang Pendidikan Islam dan kejurnalan, selain itu pula jurnal ini didukung oleh para reviwer dari para akedemisi untuk menjamin kualitas tulisan. Penulis Rabbani adalah mereka yang memiliki karya dan belum pernah dimuat di media apapun, orisinil dan bersedia membuat pernyataan terkait hak cipta, dalam bentuk laporan penelitian ataupun kajian analisis ke-PAI-an, sesuai dengan kaidah penulisan pada template jurnal ini. Pengelola Rabbani mengundang para pendidik (guru dan dosen), peneliti serta pemerhati pendidikan untuk berpartisipasi menulis di jurnal kami. Dengan harapan, semoga dengan hadirnya jurnal ini dapat memberikan kontribusi keilmuan dan dapat dijadikan tambahan referensi bagi khalayak umum untuk memperkaya khasanah pengetahuan utamanya mengenai pendidikan agama Islam.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 50 Documents
KUTTAB SEBAGAI PUSAT ILMU PENGETAHUAN PENDIDIKAN ISLAM Emna Laisa
Rabbani: Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol. 1 No. 2 (2020): September
Publisher : IAIN Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.19105/rjpai.v1i2.4110

Abstract

ABSTRACTKuttab has a strategic role in shaping the youth of Islam in the classical era. It is not only excelled in the religious and moral aspects, but also plays a role in the increased intellectual and life skills. Kuttab development from the Prophet era until the Abbasid Daula characterized in each period, in terms of the development of course materials, teaching methods, to community participation. In the midst political conflict, the existence kuttab always in a dynamic conditions. This is evident shows since kuttab just a personal waqf institution to become a major educational institution who participated managed by the government. Kuttab not only sparkling in the golden age, but kuttab inspire the implementation of the Full Day School in Indonesian Islamic educational institutions. It lies the urgency of term al-muhafadzah ala al-qadim al-shalih wa al-akhdu bi al-jadid al-ashlah, that the classical Islamic education system is able to be a reference to answer the problems of education in the contemporary era. ABSTRAKKuttab memiliki peran strategis dalam upaya pembentukan generasi muda Islam di era klasik. Kuttab tidak hanya unggul dalam aspek keagamaan dan moral, namun juga berperan dalam peningkatan intelektualitas dan kecakapan hidup. Perkembangan kuttab dari masa Rasulullah hingga Daulah Abbasiyah memiliki ciri khas dalam setiap periodesasinya, baik ditinjau dari pengembangan materi pelajaran, metode pembelajaran, hingga peran serta masyarakat. Di tengah suasana konflik politik yang berkecamuk, eksistensi kuttab senantiasa berada dalam kondisi dinamis.Hal ini tampak sejak kuttab hanya berupa institusi wakaf pribadi hingga menjadi institusi pendidikan besar yang turut serta dikelola pemerintah. Kuttab tidak hanya bersinar di masa keemasannya, tetapi telah menginspirasi pemberlakuan Full Day School di lembaga pendidikan Islam, khususnya di Indonesia. Di sinilah letak urgensi al-muhafadzah ala al-qadim al-shalih wa al-akhdu bi al-jadid al-ashlah, bahwa sistem pendidikan Islam klasik mampu dijadikan rujukan untuk menjawab masalah pendidikan di era kekinian.
PENGARUH PENGGUNAAN GOOGLE CLASSROOM TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN PAI DI SMK DARUL HIDAYAH MALANG Ning Fina Inayatus Sofa
Rabbani: Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol. 1 No. 2 (2020): September
Publisher : IAIN Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.19105/rjpai.v1i2.4111

Abstract

ABSTRACTMotivation is an important thing that needs to be considered. There are several factors that influence learning motivation, while one of them is the use of media in the learning process is a Google classroom. This research is a type of quantitative research with experimental research method, the subject in this research is the students of SMK Darul Hidayah class X. The object studied is the use of google classroom on the learning motivation of students in Islamic Education subjects. The data collection tool is the attitude scale, the rating scale model. Meanwhile, the data analysis technique used paired sample T-test. Based on the T-paired statistical test, the mean value of the difference between pretest (before being given treatment) and posttest (after being given treatment) was -13.733 with a standard deviation of 11.744. And obtained a significant value (2-tailed) 0.000, then Ha is accepted and H0 is rejected, which means that there is a significant difference in the pretest and posttest.  ABSTRAKMotivasi merupakan hal penting yang perlu diperhatikan. Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi motivasi belajar, adapun salah satunya yakni penggunaan media dalam proses pembelajaran yaitu Google classroom. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode penelitian experiment,subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik SMK Darul Hidayah kelas X. Objek yang diteliti adalah penggunaan google classroom terhadap motivasi belajar peserta didik mata pelajaran PAI. Alat pengumpulan data yaitu skala sikap model rating scale. Sedangkan teknik analsis data menggunakan uji paired sample T-test. Berdasarkan uji statistik T-paired diperoleh nilai rata-rata perbedaan antara pretest (sebelum diberikan treatment) dengan posttest (sesudah diberikan treatment) yaitu -13,733 dengan standar deviation 11,744. Dan didapatkan nilai Signifikan (2-tailed) 0,000 maka Ha diterima dan H0 di tolak yang artinya ada perbedaan yang signifikan terhadap pretest dan postest.
IMPLEMENTASI PENDEKATAN ANDRAGOGI DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN UNTUK LANSIA MASJID NURUL HUDA SAMBIREJO WONOSALAM JOMBANG Nur Almaidah
Rabbani: Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol. 1 No. 2 (2020): September
Publisher : IAIN Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.19105/rjpai.v1i2.4112

Abstract

ABSTRACTThe Andragogical approach is an approach that is recommended to be implemented in a learning activity consisting of adults and the elderly. In general, the learning approaches of adults and children have differences, one of the differences is the approach. The learning approach for children is often called the pedagogy approach (Paedagogy), while the learning approach for adults and the elderly is called the Andragogy (Andragogy) approach. The Andragogy approach itself is a learning theory for adults that was coined by Malcolm Knowles. The research location chosen by the researcher was Nurul Huda Mosque, which was addressed in Sumberlamong hamlet, Jumok hamlet, Sambirejo village, Wonosalam sub-district, Jombang district. There are two groups of learning, namely learning the Al-Qur'an for children and learning Al-Qur'an for the elderly. In this study, the researcher focused more on learning Al-Quran for the elderly, where the researcher would observe whether the Andragogical approach had been applied to learning the Qur'an for the elderly. ABSTRAKPendekatan Andragogi merupakan pendekatan yang dianjurkan untuk dilaksanakan dalam suatu kegiatan pembelajaran yang ber-anggotakan orang dewasa dan lansia. Secara umum, pendekatan pembelajaran orang dewasa dan anak-anak mempunyai perbedaan, salah satu perbedaannya adalah pada pendekatannya. Pendekatan pembelajaran untuk anak-anak sering kali disebut dengan pendekatan pedagogi (Paedagogy), sedangkan pendekatan pembelajaran untuk orang dewasa serta lansia disebut dengan pendekatan Andragogi (Andragogy). Pendekatan Andragogi sendiri merupakan teori pembelajaran untuk orang dewasa yang dicetuskan oleh Malcolm Knowles. Tempat penelitian yang dipilih oleh peneliti ialah di Masjid Nurul Huda yang beralamatkan di dukuh Sumberlamong, dusun Jumok, desa Sambirejo, kecamatan Wonosalam, kabupaten Jombang. Pembejaran Al-Qur’an di Masjid Nurul Huda ini, terdapat dua kelompok pembelajaran, yakni pembelajaran Al-Qur’an untuk anak-anak dan pembelajaran Al-Qur’an untuk lansia. Dalam penelitian ini, peneliti lebih terfokus pada pembelajaran Al-Qur’an untuk lansia, dimana peneliti akan mengamati apakah pendekatan Andragogi sudah teraplikasi pada pembelajaran Al-Qur’an untuk lansia tersebut.
IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BACA TULIS AL-QUR’AN DENGAN METODE UMMI DI MTsN 1 JOMBANG Dewi Ismatul Millah
Rabbani: Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol. 1 No. 2 (2020): September
Publisher : IAIN Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.19105/rjpai.v1i2.4114

Abstract

ABSTRACTSo far, the implementation of learning to read and weite the al-Qur’an has only been found in non-formal institutions, and for now there are already in formal institution, but only a small proportion have been able to apply various methods such as qiroati, tilawati, attartil, ummi, and so on in learning to read and write the Qur’an, one of the institutions that has implemented the method in learning to read and write the Qur’an is at Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Jombang which chooses the Ummi method to be applied in this learning with the aim of being able to achieve maximum results. ABSTRAK Selama ini implementasi pembelajaran baca tulis al-Qur’an hanya terdapat di lembaga non-formal, dan untuk saat ini sudah ada di lembaga formal akan tetapi hanya sebagian kecil yang sudah mampu menerapkan berbagai metode seperti halnya Qiroati, Tilawati, Attartil, Ummi, dan lain sebagainya dalam pembelajaran baca tulis al-Qur’an, salah satu lembaga yang sudah menerapkan metode dalam pembelajaran baca tulis al-Qur’an yakni di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Jombang yang mana mimilih metode ummiuntuk diterapkan dalam pembelajaran tersebut dengan tujuan mampu mencapai hasil secara maksimal.
KERANGKA EPISTEMOLOGI (Metode Rekonstruksi Pendidikan Agama Islam) Moh. Elman; Mahrus Mahrus
Rabbani: Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol. 1 No. 2 (2020): September
Publisher : IAIN Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.19105/rjpai.v1i2.4115

Abstract

ABSTRACTThe epistemology of Islamic education study is an attempt to dismantle the studies that are in it, both essentially, methods, foundation, source, and validity of this Islamic education. Islamic education is a conscious effort in forming perfect individuals, namely individuals who are able to live their lives in an Islamic way. Discussion in Islamic education has three aspects, namely, aspects of faith, creed, and worship. With such a realm of morality, ethics and morals will become a major thing in Islamic education. Therefore the scope of the discussion of Islamic education is more likely to develop in accordance with the era, to make education as a balance against the development of the era by originating in faith and piety as a fundamental mentality in Islam itself. ABSTRAKKajian epistemologi pendidikan Islam merupakan sebuah usaha dalam membongkar kajian-kajian yang ada didalamnya, baik secara hakekat, metode, landasan, sumber, dan validitas pendidikan agama Islam ini. Pendidikan Islam merupakan usaha sadar dalam membentuk individu yang sempurna, yaitu individu yang mampu menjalani kehidupannya secara Islami. Bahasan dalam pendidikan Islam mempunyai tiga aspek. yaitu, aspek keimanan, akidah, dan ibadah. Dengan seperti itu ranah akhlak, etika dan moral akan menjadi suatu hal yang utama dalam pendidikan Islam. Jadi, ruang lingkup bahasan pendidikan Islam lebih dimungkinkan berkembang sesuai dengan perkembangan zaman, hingga menjadikan pendidikan sebagai pengeimbangan terhadap perkembangan zaman tersebut dengan bersumber pada iman dan takwa sebagai mental fundamental dalam Islam sendiri.
IMPLEMENTASI BUDAYA RELIGIUS DI SDN PAGENDINGAN 2 GALIS PAMEKASAN (STUDI KASUS DI SDN PAGENDINGAN 2 KECAMATAN GALIS KABUPATEN PAMEKASAN) Faradila Aini; Sri Nurhayati
Rabbani: Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol. 1 No. 2 (2020): September
Publisher : IAIN Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.19105/rjpai.v1i2.4118

Abstract

ABSTRACTThere are two problems that become the main study in this study, namely first;  What are the forms of religious culture in SDN Pagendingan 2 Galis Pamekasan ?, Second; What are the supporting and inhibiting factors for the implementation of religious culture in SDN Pagendingan 2 Galis Pamekasan. In this study, researchers used qualitative research methods, this type of research is descriptive.  With the procedure of collecting data through interviews of the Principal and direct observations. While checking the validity of the data is done by extending the presence of researchers and triangulation. The results of this study are as follows: First;  the forms of pesantrenan culture in SDN Pagendingan 2 Galis Pamekasan include the following: 1) dhuha prayer in congregation;  2) read juz amma before the lesson begins;  3) reading the prayer before the lesson;  4) tahfidz program;  5) Dhuhr prayer in congregation: 6) recite the prayer before going home from school;  7) carrying out santri day: 8) carrying out the Prophet's birthday: 9) reading the yasin and istighasah together every Friday sweet: 10) doing the ramadan hut;  11) compensation for orphans in Ashura, second;  Supporting factors for the implementation of religious culture in SDN Pagendingan 2 Galis Pamekasan in implementing pesantrenan culture can be divided into three factors, namely: 1. Teacher factors,, 2. Student factors, and 3. Parent factors.  While the inhibiting factors of the implementation of religious culture in SDN Pagendingan 2 Galis Pamekasan in the implementation of religious culture consists of two factors, namely: 1. Student factors, and 2. Parental factors. ABSTRAKAda tiga permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu pertama; Apa saja bentuk-bentuk budaya religius di SDN Pagendingan 2 Galis Pamekasan?, Kedua; Apa saja faktor pendukung dan penghambat implementasi budaya religius di SDN Pagendingan 2 Galis Pamekasan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, jenis deskriptif. Dengan prosedur pengumpulan data melalui wawancara dan observasi langsung. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan kehadiran peneliti dan triangulasi. Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut: Pertama; bentuk-bentuk budaya kepesantrenan di SDN Pagendingan 2 Galis Pamekasan antara lain adalah sebagai berikut: 1) shalat dhuha berjama`ah; 2) membaca juz amma sebelum pelajaran dimulai; 3) membaca do`a sebelum pelajaran; 4) program tahfidz; 5) shalat dhuhur berjama`ah: 6) membaca do`a sebelum pulang sekolah; 7) melaksanakan hari santri: 8) melaksanakan maulid Nabi: 9) pembacaan surat yasin dan istighasah bersama setiap hari jum`at manis: 10) melakukan pondok ramadhan; 11) santunan anak yatim di bulan asyura., Kedua; faktor pendukung implementasi budaya religius di SDN Pagendingan 2 Galis Pamekasan dalam implementasi budaya kepesantrenan dapat dibedakan menjadi tiga faktor, yaitu: 1. Faktor guru, 2. Faktor siswa, dan 3. Faktor orang tua. Sedangkan faktor penghambat implementasi budaya religius di SDN Pagendingan 2 Galis Pamekasan dalam implementasi budaya religius terdiri dari dua faktor yaitu: 1. Faktor siswa, dan 2. Faktor orang tua.
STUDI KEBIJAKAN TENTANG KURIKULUM PENGEMBANGAN MUATAN LOKAL Dewi Zainul Alfi; M. Yunus Abu Bakar
Rabbani: Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol. 2 No. 1 (2021): Maret
Publisher : IAIN Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.19105/rjpai.v2i1.4140

Abstract

Muatan lokal adalah bahan kajian atau mata pelajaran pada satuan pendidikan yang berisi muatan dan proses pembelajaran tentang potensi dan keunikan lokal. Penerapan kurikulum muatan lokal dapat memberikan bekal pengetahuan, keterampilan, pembentukan sikap dan perilaku siswa, berupa wawasan tentang keadaan lingkungan dan kebutuhan masyarakat. Pengembangan Muatan Lokal dilakukan dengan dua arah pengembangan dalam muatan lokal, yaitu Pengembangan untuk jangka jauh agar para siswa dapat melatih keahlian dan keterampilan yang sesuai dengan harapan yang nantinya dapat membantu dirinya, keluarga, masyarakat dan akhirnya membantu pembangunan nusa dan bangsanya. Studi ini merupakan studi literatur sehingga metode dalam menganalisis data dengan meninjau dan mengumpulkan informasi dari berbagai referensi baik buku, artikel ilmiah yang digunakan sebagai bahan dalam mempelajari dan menambah wawasan secara konseptual yang berhubungan dengan studi kebijakan tentang kurikulum pengembangan muatan lokal.
THE STRATEGY OF DISTANCE LEARNING AT SALAF BOARDING SCHOOL IN PANDEMIC COVID-19 Abdul Khamid; Aida Dwi Rahmawati
Rabbani: Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol. 2 No. 1 (2021): Maret
Publisher : IAIN Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.19105/rjpai.v2i1.4162

Abstract

The purpose of this research to find out about strategies of distance learning (pjj) in PPTI Al-Falah Salatiga City in the situation of covid-19 outbreaks, the positive impact of implementing PJJ in PPTI Al-Falah Salatiga City, and inhibiting factors of PJJ implementation in PPTI Al-Falah Salatiga City. This research uses qualitative approach. Primary data is collected using google form and secondary data form related articles and literature. From these studies it is known, distance learning strategies utilize online technology as a learning media. The positive impacts include online learning activities, increasing the ability of students to utilize technology, and increasing the creativity of clerics and religious teachers. And the inhiting factors are the limitations of the internet network, the limited costs, and the limited facilities and infrastructure of the students in attending distance learning.
ANALISIS KEBIJAKAN PEMBELAJARAN DARING TERHADAP EVALUASI BELAJAR SISWA umu kurnia nur hidayah
Rabbani: Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol. 2 No. 1 (2021): Maret
Publisher : IAIN Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.19105/rjpai.v2i1.4220

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi analissi kebijakan pembelajaran daring terhadap evaluasi belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah kualitatif yakni penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati. Teknik pengambilan dan pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun metode analisis yang digunakan adalah metode analisis kualitatif.Hasil dari penelitian ini yaitu bahwa evaluasi pembelajaran yang dilaksanakan secara daring belum sepenuhnya mencapai target Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sebagaimana yang sudah ditentukan. Pada sebagian mata pelajaran memang sudah memenuhi KKM sebagian lagi masih ada siswa yang belum memenuhi KKM. Bagi siswa yang belum memenuhi nilai maka dilakukan remedial tes agar evaluasi dan nilai dapat memenuhi target yang diharapkan.
PEMBELAJARAN BERBASIS DARING (Studi Kasus Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas XII di SMAN 1 Galis Pamekasan) siti maemanah maemanah; Ainul Yakin
Rabbani: Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol. 2 No. 1 (2021): Maret
Publisher : IAIN Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.19105/rjpai.v2i1.4241

Abstract

Ada banyak sekali metode dan media yang dapat digunakan untuk mensukseskan proses kegiatan belajar mengajar. Salah satu media yang dapat dipergunakan adalah media internet. Penggunaan internet daring menjadi sangat penting saat ini mengingat situasi dan kondisi Covid-19. Tujuan penelitian dari jurnalini adalah untuk mengetahui bagaimana pembelajaran PAI berbasis daring dan untuk mengetahui bagaimana pandangan Guru PAI dan Siswa terhadap pembelajaran berbasisdaring, Untuk mengetahui hasil lebih lanjut mengenai pelaksanaan dan pandangan siswa terhadap pembelajaran daringpeneliti menggunakan metode kualitatif deskriptif . Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah wawancara, Observasi dan Dokumentasi.