cover
Contact Name
Hastuti Diah Ikawati
Contact Email
hastutiikawati@gmail.com
Phone
+62817259116
Journal Mail Official
mandalikaindo@gmail.com
Editorial Address
Alamat: Jalan Candi Pawon No. 7, Getap Barata, Kel. Cakranegara Selatan Baru, Kec. Cakranegara, Kota Mataram, NTB. 83238 Indonesia
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
JOURNAL SCIENTIFIC OF MANDALIKA (JSM)
ISSN : -     EISSN : 27455955     DOI : -
This journal is a means of scientific publication to develop knowledge and information. This journal specifically contains the results of research carried out in all scientific fields. Apart from publishing research results, this journal also accepts manuscripts from literature reviews and other reports for publication. This journal is published every month since August 2020.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 10 (2021): Oktober" : 5 Documents clear
PENGARUH LIFESTYLE DAN KEPRIBADIAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN IPHONE PADA MASYARAKATKOTA BIMA Ismunandar dan Irma Mardian
JOURNAL SCIENTIFIC OF MANDALIKA (JSM) Vol. 2 No. 10 (2021): Oktober
Publisher : Institut Penelitian dan Pengembangan Mandalika Indonesia (IP2MI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36312/ jsm.v2i10.469

Abstract

Tuntutan akan kebutuhan informasi yang sangat cepat dan mudah membuat para produsen yang bergerak dalam bidang komunikasi melakukan inovasi baru denganmenciptakan alat komunikasi yang praktis, salah satunya yaitu menciptakan teleponseluler atau yang lebih dikenal dengan handphone. Salah satu merek smarphone yang sangat terkenal adalah iphone. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh lifestyle dan kepribadian terhadap keputusan pembelian iPhone pada masyarakat Kota Bima.Populasi dalam penelitian ini adalah semua konsumen yang pernahmelakukan pembelian iphoneDi Kota Bima yang jumlahnya tidak bisa diukur dengan pasti (unknown population).Sampel dalam penelitian ini berjumlah 80 responden menggunakan teknik accidental sampling.Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala Likert, yang masing-masing telah diuji dan telah memenuhi persyaratan validitas dan reliabilitas.Analisis data menggunakan regresi linier sederhana dan pengujian hipotesis menggunakan uji signifikansi parsial (uji t).Hasil dalam penelitian ini menunjukanLifestyle tidak berpengaruh terhadap Keputusan pembelian iphone pada masyarakat Kota Bima. Sedangkan variabel kepribadian berpengaruh terhadap Keputusan pembelian iphone pada masyarakat Kota Bima.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PAIRED STORYTELLING BERBASIS MEDIA BONEKA JARI TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS III SDN 5 GERENENG TAHUN AJARAN 2020/2021 Lindayana
JOURNAL SCIENTIFIC OF MANDALIKA (JSM) Vol. 2 No. 10 (2021): Oktober
Publisher : Institut Penelitian dan Pengembangan Mandalika Indonesia (IP2MI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36312/ jsm.v2i10.470

Abstract

Adapun pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen yang desainnya menggunakan one group pre-test post-test. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik di kelas III SDN 5 Gereneng yang berjumlah 16 orang. Sampel yang digunakan yaitu sampel jenuh karena sampel ini meneliti semua peserta didik yang berada di kelas III dengan jumlah 16 orang. Metode pengumpulan data yang di gunakan yaitu statistik deskriptif dan uji prasyarat analisis serta ujihipotesis. Hasil analisis kategori keterampilan berbicara peserta didik sebelum menggunakan model storytellingberbasis boneka jariberada pada kategori Sedang, sedangkan hasil analisis kategori keterampilan berbicara peserta didik sesudah menggunakan model storytelling berbasis media boneka jariberada pada kategori sangat tinggi. Selanjutnya hasil uji t menunjukkan data pre-test dan post-test keterampilan berbicara peserta didik sesudah menggunakan model storytelling berbasis boneka jari di Kelas III SDN 5 Gereneng diperoleh nilai sign. 0,149>0,05. Begitupun Ho ditolak dan H1 diterima dengan tarafsignifikan<α (0,000 <0,05). Hasil tersebut menggambarkan bahwa keterampilan berbicara peserta didik di kelas III terdapat pengaruh dengan menggunakan model storytelling berbasis boneka jari di Kelas III SDN 5 Gereneng.
UPAYA MENINGKATKAN PERBENDAHARAAN KATA PESERTA DIDIK UNTUK MEMAHAMI TEKS DESKRIPTIF MELALUI TEKNIK 4M DI KELAS IX.A SMP NEGERI 7 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2018/2019 Suherni
JOURNAL SCIENTIFIC OF MANDALIKA (JSM) Vol. 2 No. 10 (2021): Oktober
Publisher : Institut Penelitian dan Pengembangan Mandalika Indonesia (IP2MI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36312/ jsm.v2i10.471

Abstract

Secara umum tujuan pembelajaran Bahasa Inggris di sekolah adalah agar siswa menguasai empat keterampilan berbahasa (language skills), yaitu: keterampilan menyimak (listening), berbicara (speaking), membaca (reading) dan menulis (writing), ditambah dengan komponen kebahasaan lain misalnya: kosa kata (vocabulary) dan tata bahasa (grammar). Penelitian ini berbentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK). PTK ini bersifat kolaboratif, yaitu melibatkan dua orang guru pada mata pelajaran yang sama dan di sekolah yang sama. Satu orang menjadi guru peneliti dan yang lainnya menjadi pengamat (observer). Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam proses KBM partisipasi siswa meningkat secara signifikan, demikian juga halnya dengan kesiapan mengajar guru. Partisipasi siswa dalam KBM masih 74,1 persen pada siklus pertama, kemudian meningkat menjadi 84,5 persen pada siklus dua. Hasil analisis pada nilai karangan teks deskriptif siswa juga menunjukkan peningkatan yang signifikan. Pada siklus pertama nilai siswa yaitu 62,8. Kemudian, pada siklus ke dua nilai siswa meningkat menjadi 78,4. Ketuntasan klasikal menunjukkan trend yang sama. Pada siklus pertama, ketuntasan klasikal siswa adalah 22,73 persen, pada siklus dua meningkat 86,36 persen. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa teknik 4M berpengaruh positif terhadap meningkatnya partisipasi belajar, pemahaman dan kwalitas teks deskriptif siswa.
PENGARUH ATRIBUT PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK UMKM DI KOTA BIMA Sri Ernawati dan M. Syukur Dwiriansyah
JOURNAL SCIENTIFIC OF MANDALIKA (JSM) Vol. 2 No. 10 (2021): Oktober
Publisher : Institut Penelitian dan Pengembangan Mandalika Indonesia (IP2MI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36312/ jsm.v2i10.472

Abstract

Atribut produk merupakan salah satu hal penting yang perlu diperhatikan oleh perusahaan. Mengelola atribut produk dengan baik merupakan salah satu cara yang paling penting untuk menarik minat konsumen dalam keputusan pembelian produk. penelitian Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Atribut produk terhadap Keputusan pembelian Produk UMKM di Kota Bima. Jenis Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh konsumen yang pernah membeli Produk UMKM di Kota Bima. Sampel yang digunakan adalah 100 orang dengan teknik ini pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalaha Purposive Sampling. Untuk menguji pengaruh antar variabel menggunakan SPSS (Statistical Service Product Solutions) versi 20.00 Teknik analisis data menggunakan uji regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukan Atribut Produk berpengaruh terhadap Keputusan Produk UMKM di Kota Bima.
PENDIDIKAN INKLUSIF: PERAN TK DHARMA WANITA WANASABA DALAM MEMBERIKAN PENDIDIKAN BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK) Nurul Iman dan Ani Endriani
JOURNAL SCIENTIFIC OF MANDALIKA (JSM) Vol. 2 No. 10 (2021): Oktober
Publisher : Institut Penelitian dan Pengembangan Mandalika Indonesia (IP2MI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36312/ jsm.v2i10.473

Abstract

Pendidikan inklusif didasarkan atas pandangan bahwa semua anak berhak untuk masuk kesekolah regular. Tugas sekolah adalah menyediakan kebutuhan semua anak, apapun derajat kemampuan dan ketidakmampuannya. Dalam pendidikan inklusif semua perbedaan harus dihargai, termasuk perbedaan ras, etnik, maupun latar belakang sosial dan budaya. Pendidikan inklusif tidak menuntut anak dengan kebutuhan khusus menyesuaikan diri dengan kehidupan masyarakat normal tetapi mampu berpartisipasi aktif dalam kehidupan masyarakat. TK Dharma Wanita Wanasaba hadir untuk mengatasi dan memfasilitasi anak-anak berkebutuhan khusus secara terpadu yakni memberikan kesempatan kepada anak luar biasa (berkebutuhan khusus) untuk mendapatkan pendidikan yang sama dengan anak-anak normal pada umumnya. Karena itu lembaga pendidikan TK dharma Wanita menerima peserta didik dari berbagai kalangan seperti anak yang memiliki kelainan digabungkan atau dipadukan dengan anak-anak normal pada umumnya dan diberikan pelayanan serta hak yang sama kepada seluruh peserta didiknya baik yang normal maupun mempunyai kelainan sehingga anak-anak dapat berkembang dan terstimulasi seluruh aspek perkembangannya dengan baik. Oleh karena itu prinsip mengedepankan pelayanan pendidikan untuk semua merupakan bagian dari program yang seharusnya dijalankan oleh satuan pendidikanatau yang disebut dengan pendidikan inklusif.

Page 1 of 1 | Total Record : 5