cover
Contact Name
Erwin Susanto
Contact Email
susanto@ubpkarawang.ac.id
Phone
+6282216045081
Journal Mail Official
civics@ubpkarawang.ac.id
Editorial Address
http://journal.ubpkarawang.ac.id/index.php/CIVICS/about/editorialTeam
Location
Kab. karawang,
Jawa barat
INDONESIA
CIVICS: Jurnal Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
ISSN : 25279742     EISSN : 25805487     DOI : https://doi.org/10.36805/civics
Core Subject : Education, Social,
Jurnal CIVICS: Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan adalah jurnal yang menerbitkan berbagai jenis artikel ilmiah yang berdasarkan penelitian. Topik yang kami terima adalah artikel yang berkaitan dengan ilmu Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn). Adapun ruang lingkup publikasi dalam ilmu PPKn adalah ilmu kewarganegaraan; pembelajaran PPKn; karakter, nilai dan moral; pendidikan hukum; dan pendidikan politik
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 5 No 1 (2020): CIVICS" : 5 Documents clear
Meningkatkan keterampilan berpikir kritis melalui model pembelajaran decision making pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Eulis Sopia Fardiani; Yogi Nugraha; Nadya Putri Saylendra
CIVICS: Jurnal Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Vol 5 No 1 (2020): CIVICS
Publisher : Program Studi PPKn, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Buana Perjuangan Karawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36805/civics.v5i1.1326

Abstract

This study aims to improve the critical thinking skills of students of class XI IPA 2 MAN 2 Karawang on PPKn subjects through the Decision Making learning model. The use of this learning model is one of the efforts to improve critical thinking skills of students of class XI IPA 2 MAN 2 Karawang on PPKn subjects. The research method used in this study is the Classroom Action Research (CAR) method, which is research conducted by teachers in their own class with the aim of improving their performance as teachers, so that student learning outcomes become more improved. The PTK model used is the Kemmis & Mc model. Taggart which consists of planning, implementation, observation, and reflection. The instruments used are test results, observation, and interviews. Learning outcomes tests are used to measure students' success in critical thinking skills in the subject of analyzing cases of threats to ideology, politics, economics, socio-culture, defense and security and strategies to overcome them in the frame of Bhineka Tungga Ika). Observation and interview using observation format and interview format. The results showed that the use of the Decision Making learning model can improve students' critical thinking skills in PPKn subjects. From the pre-action class average value 28.76, it becomes 49.41 in the first cycle, 67.53 in the second cycle, and 91.79 in the third cycle..
Pengelolaan kelas Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam meningkatkan disiplin belajar Yudi Firmansyah; Erwin Susanto; Muhammad Mona Adha
CIVICS: Jurnal Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Vol 5 No 1 (2020): CIVICS
Publisher : Program Studi PPKn, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Buana Perjuangan Karawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36805/civics.v5i1.1329

Abstract

Penelitian ini bertujuan menjelaskan bagaimana peran guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) sebagai pengelola kelas dalam meningkatkan disiplin belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) serta siswa dari kelas VIII. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis dilakukan dengan tiga alur tahap kegiatan yaitu reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini dalam meningkatkan disiplin belajar siswa, guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) sebagai pengelola kelas melakukan upaya dengan mengatur kelas agar tertib, menerapkan peraturan tata tertib untuk disiplin dalam belajar dan memberikan sanksi kepada siswa yang tidak disiplin dalam belajar. Rekomendasi penelitian ini, bagi kepala sekolah sebagai pemimpin dan pembuat kebijakan diharapkan dapat meningkatkan profesionalitas kerja guru sehingga guru dapat melakukan perannya dengan baik ketika mengajar serta memperketat dan meningkatkan siswa dalam mematuhi peraturan mengenai kedisiplinan di sekolah. Bagi guru, diharapkan untuk selalu memperhatikan perilaku disiplin siswa terutama saat kegiatan belajar di dalam kelas. Bagi siswa, diharapkan untuk lebih meningkatkan perilaku disiplin dalam mematuhi peraturan yang ada di sekolah atau di dalam kelas saat belajar. Bagi peneliti selanjutnya, semoga penelitian ini dapat menjadi bahan perbandingan dan referensi serta dapat dikembangkan sebagai bahan penelitian selanjutnya.
Upaya yang dilakukan oleh guru PPKn dalam menanggulangi tawuran pelajar di SMK Bina Karya 1 Kabupaten Karawang Muhamad Jawir Ripa’i; Yogi Nugraha; Aris Riswandi Sanusi
CIVICS: Jurnal Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Vol 5 No 1 (2020): CIVICS
Publisher : Program Studi PPKn, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Buana Perjuangan Karawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36805/civics.v5i1.1330

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui upaya yang dilakukan oleh pihak Guru PPKn dalam menanggulangi tawuran antara sekolah di SMK Bina Karya 1 Kabupaten Karawang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek penelitian ini adalah guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di SMK Bina Karya I Karawang. Tenknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan studi dokumentasi Teknik analisis data menggunakan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukan bahwa upaya yang dilakukan guru dalam menanggulangi tawuran pelajar yaitu melakukan pendekatan secara emosional. Pendekatan emosional dilakukan dengan cara memberikan perlakuan yang baik kepada pelajar sehingga pelajar memiliki rasa nyaman, aman dan mampu terbuka kepada guru.
Solusi penanaman nilai-nilai Pancasila dalam kegiatan organisasi siswa intra sekolah (OSIS) di SMPN 4 Klari Yuli Fatimah; Aris Riswandi Sanusi; Yogi Nugraha
CIVICS: Jurnal Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Vol 5 No 1 (2020): CIVICS
Publisher : Program Studi PPKn, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Buana Perjuangan Karawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36805/civics.v5i1.1331

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana solusi dari penanaman nilai Pancasila melalui organisasi siswa intra sekolah (OSIS) di SMP Negeri 4 Klari. Subjek penelitian ini adalah Pembina OSIS, peserta didik pengurus OSIS dan Peserta didik bukan pengurus OSIS. Hasil penelitian ini menunjukan Anggota OSIS harus lebih aktif dan bisa melahirkan pemikiran-pemikiran kreatif dan inisiatif lagi mendorong kawan kawan dan para peserta didik agar mengikuti program kegiatan OSIS, buatlah acara semeriah mungkin contohnya ketika diadakanya acara Maulid Nabi SAW, Menumbuhkan kesadaran pada diri peserta didik adalah salah satu solusi agar kedisiplinan disekolah bisa lebih meningkat lagi, mengajak semua anggota OSIS untuk lebih bisa menghargai waktu dan harus mempunyai rasa tanggung jawab.
Faktor penghambat kegiatan ekstrakurikuler paskibra dalam menerapkan karakter disiplin siswa Nadya Putri Saylendra; Aris Riswandi Sanusi; Muhammad Mona Adha
CIVICS: Jurnal Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Vol 5 No 1 (2020): CIVICS
Publisher : Program Studi PPKn, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Buana Perjuangan Karawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36805/civics.v5i1.1332

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana hambatan dalam menerapkan karakter disiplin siswa pada kegiatan ekstrakurikuler paskibra di SMK Texar Klari. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif melalui metode deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru pembina, pelatih dan siswa anggota ekstrakurikuler paskibra. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil dalam penelitian ini adalah masih banyak siswa yang sibuk dalam dunia bermain, kurangnya dukungan dari orangtua, keterbatasan waktu dengan orangtua terbatas, kurangnya kerja sama antara siswa yang satu dengan siswa yang lain, serta adanya perbedaan pendapat antara siswa yang satu dengan siswa yang lain. Dari berbagai hambatan kegiatan ekstrakurikuler paskibra, tentunya terbentuknya kedisiplinan dalam diri siswa. Rekomendasi penelitian kepada sekolah sebagai pembuat kebijakan di harapkan untuk mengembangkan kedisiplinan siswa bukan hanya melalui kegiatan ekstrakurikuler saja, tetapi kegiatan lain harus di terapkan. Kepada guru di harapkan guru Pembina maupun pelatih dapat terus mengembangkan dan menumbuhkan karakter disiplin siswa agar dapat meningkatkan karakter disiplin pada proses belajar peserta didik di dalam kelas, di kehidupan sehari-hari bahkan tertanam karakter disiplin tersebut hingga dimasa depan.

Page 1 of 1 | Total Record : 5