cover
Contact Name
FIQI NURMANDA SARI
Contact Email
piaud@uinjambi.ac.id
Phone
+6285368281939
Journal Mail Official
smartkids.ftk@uinjambi.ac.id
Editorial Address
JL. JAMBI-MUARA BULIAN KM. 16 SIMPANG SUNGAI DUREN KEC. JAMBI LUAR KOTA KAB. MUARO JAMBI 36361
Location
Kota jambi,
Jambi
INDONESIA
Smart Kids: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini
ISSN : 25812548     EISSN : 25982214     DOI : https://doi.org/10.30631/smartkids
Core Subject : Science, Education,
1. Pengembangan 6 Aspek Perkembangan Anak Usia Dini 2. Parenting 3. Manajemen PAUD 4. Asesmen Perkembangan AUD 5. Psikologi Perkembangan AUD 6. Strategi Pembelajaran AUD 7. Pengembangan Kurikulum PAUD 8. Alat Permainan Edukatif untuk AUD 9. Media dan Inovasi Pembelajaran AUD 10. Gizi dan Kesehatan AUD 11. Anak Berkebutuhan Khusus 12. Layanan Bimbingan Konseling AUD 13. Kebijakan PAUD 14. Pendidikan Islam pada AUD 15. Isu-Isu Kekinian PAUD
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 54 Documents
PENGARUH HANDPHONE TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL DAN NILAI MORAL AGAMA ANAK DI RA AL-MUNAWWAROH KONANG GALIS KABUPATEN PAMEKASAN Sumihatul Ummah; Hosriyatun Hosriyatun
Smart Kids: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini Vol. 2 No. 2 (2020)
Publisher : Prodi PIAUD, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30631/smartkids.v2i2.68

Abstract

Penggunaan handphone pada anak secara berlebihan akan mempengaruhi pada pola perkembangan sosial emosional dan nilai moral agama anak usia dini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan pengapenggunaan handphone terhadap perkembangan sosial emosional dan nilai moral agama pada anak dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh handphone terhadap perkembangan sosial emosional dan nilai moral agama pada anak di RA Al-Munawwarah Konang Galis Pamekasan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional. Dengan jumlah populasi 30 siswa. Pengumpulan data melalui tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan pertama, ada pengaruh yang signifikan penggunaan handphone terhadap perkembangan sosial emosional dan nilai moral agama pada anak di RA Al-Munawwarah Konang Galis Pamekasan. Dari hasil analisis data dengan interval kepercayaan 95% adalah 0,361 dan dalam interval kepercayaan 99% adalah 0,463 dengan nilai “r” kerja yang lebih besar adalah 0,714. Kedua, signifikansi pada penelitian ini yaitu sebesar 0,714 berada ditingkatan interpretasi diantara angka 0,70-0,90 dengan nilai interpretasi yang kuat dan tinggi. Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara pengaruh handphone terhadap perkembangan sosial emosional dan nilai moral agama pada anak di RA Al-Munawwarah Konang Galis Pamekasan.
EFEKTIFITAS PENGELOLAAN KELAS DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI TK AZZA MUFLIHAH KOTA JAMBI Achmad Fadlan
Smart Kids: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini Vol. 2 No. 1 (2020)
Publisher : Prodi PIAUD, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30631/smartkids.v2i1.57

Abstract

Penelitian ini membahas tentang proses pembelajaran di TK Azza Muflihah Kota Jambi. Proses pembelajaran pada umumnya menjadi hal yang mendasar dalam menopang perkembangan bagi tenaga pendidik untuk mereka dalam menindaklanjuti kegiatan belajar mengajar. Faktor penghambat proses pembelajaran tersebut kelas TK Azza Muflihah Kota Jambi berasal dari anak. Faktor pendukung proses pembelajaran TK Azza Muflihah Kota Jambi setiap kelas telah dilengkapi dengan sarana dan prasarana yang memadai dan sesuai untuk digunakan dalam proses belajar mengajar setiap harinya. Proses pembelajaran yang efektif untuk kelas B sudah sesuai dengan apa yang diharapkan. Mulai dari faktor pendukung berupa alat permainan edukatif,kelas yang memadai dengan adanya sarana dan prasarana yang ada di dalam kelas, penataan alat bermain yang disusun rapi dan tidak menyulitkan anak untuk mengambilnya sendiri, penempatan meja dan lemari tidak mengganggu anak saat proses belajar mengajar, kelas dirancang menyenangkan untuk anak, cahaya matahari dan sirkulasi udara di kelas terjaga supaya anak tetap merasa nyaman, serta guru juga memiliki cara tersendiri untuk membuat anak tetap nyaman, aman, dan semangat selama belajar di dalam kelas. Kata Kunci: Efektivitas, Pengelolaan, Proses Pembelajaran
KEPERCAYAAN SUKU ANAK DALAM YANG BERUSIA 7-8 TAHUN DI KAWASAN HUTAN TAMAN NASIONAL BUKIT 12 AIR HITAM SAROLANGUN JAMBI 2016 Nurmalia Kasmadi
Smart Kids: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini Vol. 1 No. 1 (2019)
Publisher : Prodi PIAUD, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30631/smartkids.v1i1.48

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan kepercayaan Suku Anak Dalam, (2) Mendeskripsikan pola pengasuhan yang diterapkan orang tua dalam menanamkan kepercayaan, (3) Mendeskripsikan alasan penerapan pola pengasuhan yang digunakan terhadap anak, (4) Mendeskripsikan dampak pola pengasuhan yang diterapkan terhadap kehidupan anak sehari-hari di Kawasan hutan Bukit 12 Air Hitam, Kabupaten Sarolangun, Jambi. Subjek Penelitian anak usia 7-8 tahun yang berjumlah 3 orang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi etnografi. Analisis data yang digunakan yaitu model Spradley. Data penelitian ini diperoleh dari observasi, dokumentasi, dan pembuatan catatan lapangan. Hasil temuan penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Suku Anak Dalam mempunyai kepercayaan terhadap Dewa, mereka mempercayai ada ratusan jenis Dewa. Dan hutanlah yang menjadi tempat untuk memebuhi kebutuhan hidup dan untuk mengaktualisasikan diri melalui nilai-nilai, norma-norma, aturan adat dan kepercayaan, (2) Pola pengasuhan anak yang diterapkan orang tua mayoritas menggunakan gaya didikan yang keras yaitu otoriter, (3) Pola pengasuhan yang diterapkan untuk mendidik anak agar anak berani dan tidak takut untuk menentang hutan, serta mempertahankan adat, tradisi dan kepercayaan dari nenek moyang, (4) akibat dari pola asuh tersebut, anak menjadi berani menentang hutan, kreatif dalam memanfaatkan hutan, bisa mencari makan sendiri, menyayangi binatang, menghormati dewa, saling berbagi, dan membantu keluarga. Kata Kunci: Kepercayaan, Suku Anak Dalam, Pengasuhan
PENGEMBANGAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI MELALUI METODE PEMBELAJARAN FIELD TRIP DI TK RAHMATKAN KOTA JAMBI: creativity development, early childhood, learning methods, field trip. Nurul Annisa Dewantari Nasution; Yulianti Yulianti
Smart Kids: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini Vol. 2 No. 2 (2020)
Publisher : Prodi PIAUD, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30631/smartkids.v2i2.63

Abstract

This study aims to determine the application of learning methods through field trips to increase the creativity of early childhood in kindergarten of Rahmatkan, Jambi city. The research method used is descriptive qualitative. Data obtained from the results of interviews, observations and documentation sourced from kindergarten of Rahmatkan, Jambi city. The data collected was followed up with data reduction, data display and drawing conclusions. Kindergarten or kindergarten was established as an effort to develop all aspects of the personality of students in order to bridge family education to school education. The scope of the program of learning activities includes; the formation of behavior through habituation in the development of Pancasila moral, religion, discipline, social emotional, and social skills, as well as the development of basic abilities through activities prepared by the teacher including developing language skills, thinking power, creativity, skills and physicality. The field trip learning method is able to stimulate creativity which makes children more confident, daring to appear and dare to try new things that stimulate high curiosity as a creative characteristic.
POLA RELASI ORANG TUA KEPADA ANAK DI DESA KAMPUNG BARU KECAMATAN BAJUBANG KABUPATEN BATANGHARI Nora Febrianti Savitri; Rts Maghdalena; Sandi Maspika
Smart Kids: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini Vol. 1 No. 2 (2019)
Publisher : Prodi PIAUD, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30631/smartkids.v1i2.53

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pola relasi orang tua kepada anak di desa Kampung Baru Kecamatan Bajubang Kabupaten Batanghari. Penelitian ini berbentuk desknptlf kualitatif yang dilihat melalui sudut pandang hubungan orang tua dan anak, sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini menemukan bahwa bagaimana cara membangun hubungan yang baik kepada anak meskipun orang tua sibuk dalam bekerja. Kendala orang tua dalam membangun pola relasi kepada anak di Desa kampung Baru Kecamatan Bajubang Kabupaten Batanghari adalah kurang pengetahuan orang tua tentang betapa Pentingnya memperhatikan tumbuh kembang anak pada saat anak berusia 2-6 tahun. Orang tua hanya memikirkan bagaimana bisa mendapatkan uang dan memenuhi segala kebutuhan yang anak perlukan. Pola relasi orang tua kepada anak adalah cara membangun hubungan yang dibutuhkan anak secara lahir dan batin, pemenuhan akan kasih sayang, perhatian, rasa kepedulian dan kenyamanan. Waktu yang tepat membangun relasi kepada anak ketika orang tua sedang libur bekerja hal yang diberikan secara maksimal, menemani anak bermain bersama, jalan-jalan ke tempat wisata, memandikan anak menyuapkan makanan kepada anak, membacakan cerita yang anak suka. Kata Kunci : Pola Relasi Orang Tua, Sibuk Bekerja
NILAI TANGGUNG JAWAB SEBAGAI KARAKTER ANAK NEGERI MELAYU JAMBI YANG BERSENDIKAN SYARA’ DAN SYARA’ BERSENDIKAN KITABULLAH Siti Mariah Ulfah
Smart Kids: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini Vol. 1 No. 1 (2019)
Publisher : Prodi PIAUD, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30631/smartkids.v1i1.41

Abstract

Karakter adalah perilaku manusia yang berhubungan dengan Tuhan YME., diri sendiri, sesama manusia, lingkungan dan kebangsaan yang terwujud dalam fikiran, sikap, perasaan, perkataan dan perbuatan, berdasarkan norma-norma agama, hukum, tata krama, budaya dan adat istiadat. Orang yang perilakunya sesuai dengan norma-norma tersebut disebut berkarakter mulia, salah satu nilai yang terbentuk adalah tanggungjawab masyarakat negeri Melayu selalu menanamkan karakter tanggungjawab terhadap anaknya sejak dari buaian sampai dewasa. Hal ini dapat dilihat dari adat istiadat dan kearifan lokal yang dimilkinya. Hasil penelitian ini menggambarkan beberapa kearifan lokal yang membentuk nilai tanggungjawab sebagai bentuk karakter anak Melayu Jambi yang bersendikan syara’ dan syara’ bersendikan kitabullah, dengan pendekatan dan desain penelitian adalah kualitatif deskriptif, hasil dari telaah nilai tanggungjawab di negeri Melayu Jambi ini adalah karakter tersebut telah melekat pada kegiatan sehari-hari, adat istiadat anak negeri Melayu Jambi mulai dari buaian sampai akhir hayat. Kata Kunci: Nilai tanggung jawab, Karakter, Melayu Jambi, bersendikan syara’, syara’ bersendikan kitabullah
PENGEMBANGAN MOTORIK KASAR PADA KELOMPOK B MELALUI TARI KREASI DI RAUDHATUL ATHFAL Naidila Munawaroh; Huda Huda; Achmad Fadlan
Smart Kids: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini Vol. 2 No. 2 (2020)
Publisher : Prodi PIAUD, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30631/smartkids.v2i2.69

Abstract

Artikel ini membahas tentang Pengembangan Motorik Kasar Pada Kelompok B Melalui Tari Kreasi di Raudhatul Athfal Nurul Islam Sebrang Kota Jambi, penelitian ini merupakan jenis penelitian tindak kelas yang mengacu pada model Kemmis dan MC. Taggart meliputi empat tahap yaitu (1) perencanaan (2) tindakan (3) observasi (4) refleksi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, setiap siklus terdiri 3 kali pertemuan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kuali dan kuantif. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa Raudhatul Athfal Nurul Islam Sebrang Kota Jambi kelas B1 tahun 2020 yang berjumlah 15 orang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan motorik kasar anak melalui penerapan tari kreasi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan instrumen lembar observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil pada penelitian ini menyatakan adanya peningkatan kemampuan motorik kasar anak melalui penerapan tari kreasi. Hal ini dibuktikan dengan skor rata-rata pratindakan kemampuan motorik kasar anak yaitu 35,3% siklus I meningkat menjadi 53,5% dan mengalami peningkatan paling tinggi pada siklus II menjadi 65,83%. Temuan penelitian bahwa pengembangan motorik kasar dapat dikembangkan melalui tari kreasi di Raudhatul Athfal Nurul Islam Sebrang Kota Jambi. Kata Kunci : Pengembangan Motorik Kasar, Tari Kreasi
PERAN GURU MEMOTIVASI MINAT MEMBACA AL-QUR’AN PADA ANAK USIA DINI DI RAUDHATUL ATHFAL BAITURRAHIM KECAMATAN TANAH SEPENGGAL LINTAS KABUPATEN BUNGO Idris Idris
Smart Kids: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini Vol. 2 No. 1 (2020)
Publisher : Prodi PIAUD, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30631/smartkids.v2i1.58

Abstract

Penelitian ini membahas tentang peran guru dalam meningkatkan minat anak dalam membaca Al-Qur’an pada anak usia dini di Raudhatul Athfal Baiturrahim Desa Embacang Gedang Kecamatan Tanah Sepenggal Lintas Kabupaten Bungo. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah kurangnya minat anak dalam membaca Al-Qur’an dan apa saja faktor pendukung dan penghambat peran guru dalam meningkatkan minat anak dalam membaca Al-Qur’an. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru dalam meningkatkan minat anak dalam membaca Al-Qur’an pada anak usia dini kelas B1 di Raudhatul Athfal Baiturrahim Kabupaten Bungo dan ingin mengetahui faktor pendukung serta penghambat dalam meningkatkan minat anak dalam membaca Al-Qur’an pada anak usia dini di Raudhatul Athfal Baiturrahim. Pendekatan pada penelitian ini menggunakan pendekatan analisis deskriptif dengan menggunakan tehnik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran guru dan orang tua dalam meningkatkan minat membaca Al-Qur’an adalah dengan memberikan les mengaji sedangkan peran guru dalam meningkatkan minat anak dalam membaca Al-Qur’an pada anak dengan menggunakan media yang membuat anak merasa senang dalam mengikuti pembelajaran selain itu peran orang tua harus selalu memberi memotivasi pada anak dalam membaca Al-Qur’an dan mengajarkan anak dalam membaca Al-Qur’an. Kata kunci: Peran Guru, Minat Anak, Membaca Al-Qur’an
PEMBERDAYAAN PONDOK PESANTREN DALAM PENINGKATAN SUMBER DAYA MANUSIA PESANTREN DI PONDOK PESANTREN AL-BAQIYATUSH SHALIHAT KUALA TUNGKAL Madyan Madyan
Smart Kids: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini Vol. 1 No. 1 (2019)
Publisher : Prodi PIAUD, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30631/smartkids.v1i1.49

Abstract

Abstrak Permasalahan dunia dan permasalahan nasional yang semakin kompleks menuntut kita untuk senantiasa belajar agar tidak gagap terhadap perubahan. Jumlah penduduk yang semakin meningkat, cadangan energi yang kian menipis, ragam budaya yang berbeda, konflik internal, dan internasional mengharuskan kita untuk senantiasa belajar. Fakta yang ada memperlihatkan bahwa pendidikan konvensional pada saat ini kurang memberikan kontribusi terhadap pemecahan masalah yang ada malah semakin memperlebar kesenjangan yang ada. Pendidikan luar sekolah merupakan pendidikan alternatif yang dapat memberikan warna baru dalam dunia pendidikan. Selain itu upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia dapat juga dilakukan dengan cara yang lain, yaitu (a)Meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia, (b)Menambah lapangan kerja yang memadai, (c) Peningkatan perekonomian Indonesia. Arah pembangunan sumber daya manusia di Indonesia ditujukan pada pengembangan kualitas sumber daya manusia secara komprehensif meliputi aspek kepribadian dan sikap mental, penguasaan ilmu dan teknologi, serta profesionalisme dan kompetensi yang kesemuanya dijiwai oleh nilai-nilai religius sesuai dengan agamanya. Dengan kata lain, pengembangan sumber daya manusia di Indonesia meliputi pengembangan kecerdasan akal (IQ), kecerdasan sosial (EQ) dan kecerdasan spiritual (SQ). Kata Kunci: Pemberdayaan, sumber daya manusia, pondok pesantren
ANALISIS PERAN GURU DAN ORANG TUA DALAM PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI DI TK AL KAUTSAR SAMARINDA Minarwati Minarwati; Budi Rahardjo; Robingatin Robingatin
Smart Kids: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini Vol. 2 No. 2 (2020)
Publisher : Prodi PIAUD, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30631/smartkids.v2i2.64

Abstract

Abstrak Penelitian ini memberikan gambaran analisis peranan guru dan peran orangtua dalam konteks pembelajaran anak usia dini di TK Islam Al-Kautsar. Desain penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara langsung dan studi dokumentasi dengan pemilihan dua partisipan guru TK A dan TK B, serta orangtua yang bersedia. Peneliti menggunakan analisis data model dari Milles & Hubberman yang terdiri dari tahap pengumpulan data, reduksi data, display data dan verifikasi (kesimpulan). Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) guru memiliki peranan sebagai administrator, inspirator, informator, motivator, evaluator, dan mediator pembelajaran; 2) gambaran peranan orangtua sebagai mentor, motivator, konseptor, fasilitator, dan tutor dalam mendampingi pembelajaran anak usia dini; 3) kendala-kendala yang dirasakan oleh guru dan orangtua dalam menjalankan peranannya antara lain kesibukan bekerja bagi orangtua, bentuk komunikasi yang diwakili oleh pengasuh, waktu mendampingi anak belajar sangat terbatas, dan orangtua yang sulit memahami gaya belajar anak. Dengan demikian,kesimpulan penelitian ini dapat digunakan sebagai gambaran secara holistik berkaitan analisis peranan guru dan orangtua dalam pembelajaran anak usia dini. Kata kunci : Anak Usia Dini;Pembelajaran;Peran Guru & Orangtua. Abstract This study provides an overview of the analysis of the role of teachers and the role of parents in the context of early childhood learning at Al-Kautsar Islamic Kindergarten. The research design used a qualitative approach with qualitative descriptive research. Data collection techniques used direct interviews and documentary studies with the selection of two teacher participants at Kindergarten A and Kindergarten B, as well as willing parents. Researchers used data analysis models from Milles & Hubberman which consisted of data collection, data reduction, data display and verification (conclusion). The results showed that 1) the teacher has a role as administrator, inspirator, informator, motivator, evaluator, and learning mediator; 2) description of the role of parents as mentors, motivators, conceptors, facilitators, and tutors in assisting early childhood learning; 3) the constraints felt by teachers and parents in carrying out their roles include busy working for parents, forms of communication represented by caregivers, limited time to accompany children to learn, and parents who have difficulty understanding their children's learning styles. Thus, the conclusions of this study can be used as a holistic description regarding the analysis of the role of teachers and parents in early childhood learning. Keywords: Early Childhood;Learning;The Role of Teachers & Parents.