cover
Contact Name
FIQI NURMANDA SARI
Contact Email
piaud@uinjambi.ac.id
Phone
+6285368281939
Journal Mail Official
smartkids.ftk@uinjambi.ac.id
Editorial Address
JL. JAMBI-MUARA BULIAN KM. 16 SIMPANG SUNGAI DUREN KEC. JAMBI LUAR KOTA KAB. MUARO JAMBI 36361
Location
Kota jambi,
Jambi
INDONESIA
Smart Kids: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini
ISSN : 25812548     EISSN : 25982214     DOI : https://doi.org/10.30631/smartkids
Core Subject : Science, Education,
1. Pengembangan 6 Aspek Perkembangan Anak Usia Dini 2. Parenting 3. Manajemen PAUD 4. Asesmen Perkembangan AUD 5. Psikologi Perkembangan AUD 6. Strategi Pembelajaran AUD 7. Pengembangan Kurikulum PAUD 8. Alat Permainan Edukatif untuk AUD 9. Media dan Inovasi Pembelajaran AUD 10. Gizi dan Kesehatan AUD 11. Anak Berkebutuhan Khusus 12. Layanan Bimbingan Konseling AUD 13. Kebijakan PAUD 14. Pendidikan Islam pada AUD 15. Isu-Isu Kekinian PAUD
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol. 3 No. 1 (2021)" : 6 Documents clear
KEGIATAN BERCERITA DALAM MENGEMBANGKAN BAHASA ANAK USIA DINI Indra Bangsawan; Eva Eriani; Rika Devianti
Smart Kids: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini Vol. 3 No. 1 (2021)
Publisher : Prodi PIAUD, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30631/smartkids.v3i1.71

Abstract

Penelitian ini membahas tentang kegiatan cerita dalam mengembangkan bahasa anak usia dini. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kegiatan bercerita mampu mengembangkan bahasa anak usia dini. Kegiatan bercerita yang terdiri dari rangkaian gambar secara berurutan dan membuat sebuah cerita dan di dalamnya ada pesan yang ingin disampaikan. Jenis penelitian ini adalah studi literatur (studi kepustakaan). Teknik pengumpulan data berupa sumber data primer dengan menelaah buku referensi dan jurnal ilmiah yang relevan. Hasil penelitian adalah kegiatan bercerita ini mampu mengembangkan bahasa anak usia dini, hal ini dibuktikan dengan adanya perbaikan bahasa pada anak menjadi lebih baik.
METODE BERCERITA DENGAN BONEKA TANGAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK ANAK Syamsuardi Saodi; Andi Irmayani; Parwoto Parwoto
Smart Kids: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini Vol. 3 No. 1 (2021)
Publisher : Prodi PIAUD, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30631/smartkids.v3i1.72

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penerapan metode bercerita menggunakan media boneka tangan terhadap kemampuan menyimak anak di taman kanak-kanak. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperiment design. Populasi dalam penellitian ini anak kelompok B RA Mardhati Kota Makassar. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan purposive sampling dan melibatkan 10 orang anak. Teknik pengumpulan data dalam bentuk tes digunakan pada saat pretest dan postest dan observasi selama proses pemeberian tindakan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial nonparametrik. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh postif dari penerapan metode bercerita dengan boneka tangan terhadap kemampuan menyimak anak.
TUMBUH KEMBANG ANAK DAN POLA PENGASUHAN ORANG TUA PADA MASA GOLDEN AGE Nurul Annisa DN; Vivi Yumarni; Siti Marwah
Smart Kids: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini Vol. 3 No. 1 (2021)
Publisher : Prodi PIAUD, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30631/smartkids.v3i1.74

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pola asuh yang diterapkan oleh kedua orang tua sudah mengikuti metode yang telah ditentukan yaitu berupa pendekatan, pembiasaan, dan pelayanan (metode katsayan). Penelitian ini menggunakan metode deskripstif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa Raudathul Athfal Vinnaja Desa Kasang Kota Karang RT. 03 Kecamatan Kumpeh Ulu, Kabupaten Muaro Jambi, guru, dan orang tua yang ada di sekitar sekolah. Data penelitian ini diambil dari kegiatan lomba menggambar menggunakan cutton buds (sebagai kuas) untuk menggambar didampingi oleh orang tua. Hasil dari penelitian ini orang tua menerapkan metode katsayan (pendekatan, pembiasaan, pelayanan) pada anak-anak di rumah.
PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK MELALUI PEMBELAJARAN DI SENTRA BAHAN ALAM UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK Kiki Supriyanti; Yusria Yusria; Sandi Maspika; Ridwan Ridwan; Fiqi Nurmanda Sari
Smart Kids: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini Vol. 3 No. 1 (2021)
Publisher : Prodi PIAUD, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30631/smartkids.v3i1.75

Abstract

Penelitian ini membahas penerapan pendekatan saintifik melalui pembelajaran di sentra bahan alam untuk meningkatkan kreativitas anak Raudhatul Athfal Rahmatullah Kota Jambi Usia 5-6 Tahun. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa Raudhatul Athfal Rahmatullah Kota Jambi kelas B tahun 2020 yang berjumlah 18 orang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kreativitas anak melalui penerapan pendekatan saintifik melalui pembelajaran di sentra bahan alam. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi dan wawancara. Hasil pada penelitian ini menyatakan adanya peningkatan kreativitas anak melalui penerapan pendekatan saintifik melalui pembelajaran di sentra bahan alam. Hal ini dibuktikan dengan skor rata-rata pra siklus kreativitas anak yaitu 37,78% siklus I meningkat menjadi 59,03% dan mengalami peningkatan paling tinggi pada siklus II menjadi 88,33%.
PENDIDIKAN ISLAM PADA ANAK USIA DINI Amrindono Amrindono; Nuraya Nuraya
Smart Kids: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini Vol. 3 No. 1 (2021)
Publisher : Prodi PIAUD, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30631/smartkids.v3i1.76

Abstract

Anak usia dini adalah subjek pendidikan penting yang harus mendapat layanan yang memadai, termasuk dalam membina nilai-nilai moralnya, terutama saat ini banyak orang tua yang tidak memahami pendidikan bagi anak usia dini dalam Islam. Tujuan tulisan ini adalah untuk mendapatkan gambaran pendidikan anak usia dini menurut al-Quran dan Al Hadis. Kajian ini menggunakan kajian literatur atau library reseach yang dilakukan dengan mengkaji sejumlah dasar hukum islam dan teori-teori pakar dalam pendidikan anak usia dini. Hasil penelitian ini menemukan bahwa Islam sebagai agama memberikan kesempatan kepada anak untuk mempelajari nilai-nilai, aturan-aturan agama sehingga anak dapat mengembangkan keimanan dan ketaqwaan melalui pembiasaan sehari-hari pada kegiatan main anak. Pendidikan usia dini dalam Islam adalah membangun konsep diri sebagai seorang muslim.
PENGEMBANGAN LITERASI DINI MELALUI METODE SOSIODRAMA Yusria Yusria
Smart Kids: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini Vol. 3 No. 1 (2021)
Publisher : Prodi PIAUD, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30631/smartkids.v3i1.77

Abstract

Pengenalan literasi dini dapat diperoleh anak melalui bermain sosiodrama. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan literasi dini melalui demonstrasi metode sosiodrama yang ditampilkan oleh guru dan anak. Metode sosiodrama digunakan dengan harapan dapat membantu guru mengembangkan minat literasi pada anak usia dini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif pada lembaga pendidikan Islam anak usia dini di Propinsi Jambi. Tahap pertama penelitian ini adalah studi pendahuluan dengan melakukan observasi pada lembaga pendidikan Islam anak usia dini yang masih menggunakan pengajaran literasi konvensional. Tahap kedua guru mendemosntrasikan metode sosiodrama di lakukan pada 5 lembaga PIAUD di Kabupaten Tebo dan Sarolangun, dengan menggembangkan konsep RAMBANA yaitu Ramah, Menyenangkan, Bersahabat dan Bermakna. Hasil akhir penelitian ini menunjukkan bahwa metode sosiodrama dapat mengembangkan literasi dini pada anak di sekolah sehingga dapat menciptakan suasana belajar yang berbeda dan menyenangkan.

Page 1 of 1 | Total Record : 6