cover
Contact Name
M Garry Saputra
Contact Email
msaputra@bundamulia.ac.id
Phone
+628119991532
Journal Mail Official
jurnal.imaji@ubm.ac.id
Editorial Address
Jl Lodan Raya no 2 Jakarta Utara, Jakarta
Location
Kota tangerang,
Banten
INDONESIA
Jurnal Titik Imaji
ISSN : 26204940     EISSN : 26212749     DOI : https://doi.org/10.30813/.v2i1.1523
Core Subject : Education, Art,
Titik Imaji merupakan jurnal ilmiah akademik yang diterbitkan oleh Progam Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Desain dan Teknologi, Universitas Bunda Mulia. Jurnal ini bertujuan untuk mengembangkan dan mempelajari keilmuan desain komunikasi visual secara teoritis dan pragmatis dalam konteks lintas disiplin ilmu. Jurnal ini mencakup kerangka kerja konseptual, model analitis dan simulasi, kritik seni, studi kasus, dan penelitian empiris yang berkaitan dengan ilustrasi, tipografi, fotografi, seni visual, identitas visual, komunikasi visual, budaya visual, audiovisual, desain web, periklanan, videografi, film, animasi, multimedia, dan desain gim.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 1 (2021): Jurnal Titik Imaji" : 6 Documents clear
Visual Characteristics Study of Coffee Shop Signboards In Manggar Belitung Timur Betha Almanfaluthi
Jurnal Titik Imaji Vol 4, No 1 (2021): Jurnal Titik Imaji
Publisher : Universitas Bunda Mulia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30813/titik imaji.v4i1.2707

Abstract

The number of coffee shops at an adjacent location in Manggar made the city known as the City of 1001 Coffee Shops. 1001 Coffee Shop monument in Manggar, East Belitung confirmed that the tradition of drinking coffee is part of life in Manggar. The number of coffee shops that are located closely to each other around the center of Manggar makes it look very unique. This study aims to identify the visual characteristics of coffee shops signboard in Manggar in terms of typography, images, and colors. This research is done by using content analysis method which then interpreted by using semiotic approach. This research hopefully will show the characteristic of city of Manggar which represented by the characteristic of coffee shops signboard in Manggar.Keywords: Signboard, coffee shop, Manggar, East Belitung, semiotic. visual
Educational Game Analysis Using Playcentric Approach Asrullah Ahmad
Jurnal Titik Imaji Vol 4, No 1 (2021): Jurnal Titik Imaji
Publisher : Universitas Bunda Mulia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30813/titik imaji.v4i1.2861

Abstract

Game have become very popular among the wider community, especially for users of smart phone devices. Game on a smart device are also often used as an effective aid for children's learning processes, of course with parental assistance and guidance. This should be seen as a potential that can be utilized by a gim developer in designing a gim. Therefore, in this study, educational game that are successful in the market are structurally dissected using the gim design method, namely the Playcentric Approach, which is then juxtaposed with the MDA Framework gim design method. The research was conducted in a descriptive qualitative form which then resulted in an analysis that described the standard structure of an educational gim which would certainly be very useful for the purposes of gim studies and educational gim design.Keywords: Educational Gim, MDA Framework, Playcentric
PENDEKATAN ILMU SENI VISUAL DI MASA PRE-HISTORIC MENUJU MASA RENAISSANCE Bramanta Octa Danuputra
Jurnal Titik Imaji Vol 4, No 1 (2021): Jurnal Titik Imaji
Publisher : Universitas Bunda Mulia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30813/titik imaji.v4i1.2711

Abstract

Seni Visual tertuju ke dalam pusat perhatian di berbagai benda yang terbuat oleh manusia dengan maksud dan tujuan menciptakan keindahan visual disertai dengan fungsinya sejak di masa sebelum sejarah hingga masa kini. Seni visual terfokus pada imajinasi dan kreatifitas yang diciptakan oleh Manusia semenjak masa sebelum sejarah. Pada masa Renaissance, Seni Visual terfokus pada aliran naturalis yang mampu memberikan hal yang solutif terhadap umat manusia terhadap proses cerita perjalanan hidup yang tersirat ke dalam  Turunan keilmuan  seni visual ke dalam : sculpture, dan painting,. Di masa Renaissance ini adalah masa yang membuka kacamata dunia lahirnya suatur peradaban manusia terhadap sentuhan seni yang naturalis serta memberikan pengaruh terhadap lahirnya masa modernism peradaban Roma. Perkembangan seni visual di semenjak masa sebelum sejarah hingga masa Renaissance akhir ini memberikan dampak pengaruh kuat di berbagai hal tentang kemanusiaan yang erat hubungannya dengan gaya hidup dan aktivitas sosial yang ditunjang oleh gaya hidup tersebut sehingga melahirkan berbagai peranan budaya yang dapat membawa hal-hal yang erat hubungannya dengan kemanusiaan, serta hal tersebut dapat memberikan pengaruh terhadap lingkungan.
Penyesuaian Perkuliahan Mata Kuliah Tipografi Dasar Secara Daring Brian Alvin Hananto
Jurnal Titik Imaji Vol 4, No 1 (2021): Jurnal Titik Imaji
Publisher : Universitas Bunda Mulia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30813/titik imaji.v4i1.2754

Abstract

Pandemi COVID-19 sejak tahun 2020 memaksa banyak sekolah dan universitas untuk menggeser bentuk pembelajarannya menjadi pembelajaran dalam jaringan (daring). Perkuliahan MK. Tipografi Dasar pada Universitas Pelita Harapan juga merupakan salah satu kelas yang perlu beradaptasi dalam situasi tersebut. Tentunya perubahan medium pembelajaran ini memerlukan penyesuaian terhadap materi dan juga metode pengajarannya. Hal ini yang mendorong penulis untuk melakukan penelitian tindakan kelas untuk melihat seberapa efektifkah perubahan dan juga pelaksanaan perkuliahan secara daring ini. Dengan metodologi penelitian tindakan kelas, penulis berharap dapat menemukan dapat mengevaluasi pembelajaran perdana secara daring untuk MK. Tipografi Dasar di Universitas Pelita Harapan ini untuk menjadi basis yang dapat dikembangkan selanjutnya. Melalui fase evaluasi yang dilakukan, didapati bahwa lebih dari 70% responden mengungkapkan dapat mengikuti pembelajaran secara daring yang telah dilaksanakan. Penulis harap tulisan ini dapat menjadi referensi terhadap persiapan pembelajaran daring baik untuk mata kuliah tipografi, maupun mata kuliah desain lainnya.
ANALISA VISUAL DESAIN KARAKTER SERIAL ANIMASI “KUKU ROCK YOU” Nadya Nadya
Jurnal Titik Imaji Vol 4, No 1 (2021): Jurnal Titik Imaji
Publisher : Universitas Bunda Mulia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30813/titik imaji.v4i1.2758

Abstract

Nowadays, the influence of technological developments is increasingly rapid and widespread, especially in the creative industry. The cultivation of animated films is getting more serious, this can be seen from the maturity of the character design processing. One of them is created by Indonesian studio film, called “Kuku Rock You”. This three-dimensional animated film won in the Asiagraph competition in 2008. This comedy genre film tells the story of a native chicken who is obsessed with becoming a rock singer with a funny and unique story.The purpose of this research is to analyze the character design in the Kuku Rock You animated series. This research use holistic character design theory, so that the results of this research can be useful for animators or illustrators in creating a similar product. This research used qualitative methods that provide descriptive data about character designs that are theoretically capable of being iconic characters and are expected   to be well received by the audience. The result of this research are a form of analysis of characters designs that exist in the Kuku Rock You series through a holistic character design theory approach.
KAJIAN KOMPOSISI VISUAL PADA FILM SERIAL NETFLIX DRAMA FIKSI ILMIAH BERJUDUL THE 100 KARYA JASON ROTHENBERG Martinus Eko Prasetyo
Jurnal Titik Imaji Vol 4, No 1 (2021): Jurnal Titik Imaji
Publisher : Universitas Bunda Mulia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30813/titik imaji.v4i1.2802

Abstract

Sejak pandemi berlangsung pada bulan Februari 2020 hingga saat ini terutama di Indonesia, banyak teater Bioskop ditutup dan tidak lagi diperbolehkan beroperasi oleh Pemerintah karena alasan menekan penyebaran Covid-19 dan demi Kesehatan masyarakat. Hal ini membuat banyak penggemar sinematografi berubah haluan untuk mencari hiburan dalam film, yakni salah satunya menonton serial drama dalam platform Netflix. Netflix menjadi salah satu alternatif pilihan yang sangat diminati oleh masysrakat Indonesia untuk menikmati hiburan. Melihat hal ini, penulis ingin melakukan observasi langsung pada salah satu karya sinematografi terbaik yang ditayangkan di media digital Netflix, yang merupakan karya dari Jason Rothenberg, yakni film berjudul “The 100”. Film ini tidak hanya sekedar film yang hanya menceritakan tentang kehidupan manusia, kemanusiaan, tetapi mengangkat mengenai kemajuan teknologi, dan seakan-akan akhir dari planet bumi karena peperangan dan kegagalan antar umat manusia dalam mengelola teknologi. Perjalanan panjang film ini menghadirkan komposisi film yang tidak biasa sehingga penulis yakin bahwa film ini bisa memberikan sudut pandang berbeda dari sebuah film drama fiksi ilmiah yang tentunya film ini ditayangkan di media digital yang menjadi salah satu favourite masyarakat di tahun 2020-2021 yaitu Netflix. Film "The 100" sudah sampai pada season 7 terakhir dirilis pada tanggal 20 mei 2020, selama enam tahun perjalanan dari film ini konsistensi dari gaya pengambilan gambar yang diterapkan menjadikan peneliti ingin melakukan obeservasi lebih jauh beberapa cuplikan scene penting akan karya Jason Rothenberg dengan menggunakan pendekatan komposisi dan the rule of third dari Paul Wheeler pada bukunya yang berjudul "practical cinematography" khususnya pada seluruh episode cerita pada season pertama. Dimana diharapkan dengan adanya penelitian ini untuk mengetahui dan mengukur sampai sejauh mana dampak penyampaian pesan dan kesan yang dihasilkan dari penerapan komposisi terhadap sebuah karya film khususnya film "The 100" karya Jason Rothenberg.Kata Kunci:  Komposisi Sinematografi, Drama Fiksi Ilmiah, Media Digital

Page 1 of 1 | Total Record : 6