cover
Contact Name
Nur Latifah
Contact Email
ijoee.umt@gmail.com
Phone
+6281585842694
Journal Mail Official
ijoee.umt@gmail.com
Editorial Address
Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol, Kota Tangerang, Banten, Indonesia
Location
Kota tangerang,
Banten
INDONESIA
Indonesian Journal of Elementary Education (IJOEE)
ISSN : -     EISSN : 27226689     DOI : http://dx.doi.org/10.31000/ijoee.v2i1
Core Subject : Education, Social,
Indonesian Journal of Elementary Education (IJOEE) encompasses original research articles and review articles including: Instruction of elementary education (natural science, social science, mathematics, languages, civics, religion, physical education, and arts), Curriculum of elementary education, Management of elementary education, Guidance and counseling of primary education, Psychology of elementary education as well as elementary school teacher education.
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 1 (2022): Indonesian Journal Of Elementary Education (IJOEE)" : 8 Documents clear
ANALISIS KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN KELAS IIB SDN JAKASETIA III BEKASI Sitta Maftuhah
Indonesian Journal of Elementary Education (IJOEE) Vol 4, No 1 (2022): Indonesian Journal Of Elementary Education (IJOEE)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Tangerang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31000/ijoee.v4i1.5667

Abstract

Penelitian ini akan membahas mengenai kemampuan menulis permulaan siswa kelas IIB SDN Jakasetia III. Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan kemampuan menulis permulaan siswa, mendeskripsikan faktor yang menghambat menulis permulaan siswa, serta upaya guru mengatasi hambatan menulis permulaan siswa. Menggunakan metode penelitian kualitatif pendekatan studi kasus. Hasil dari penelitian yang didapatkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, bahwa kemampuan menulis permulaan siswa secara keseluruhan, terbilang belum maksimal. Mayoritas dari 27 siswa melakukan kesalahan tiap tahapan, yakni tahapan menulis huruf kecil/menulis narasi, tahap menulis huruf kapital pada permulaan kalimat, tahap menulis dengan huruf tegak bersambung, dan tahap menulis ejaan/tanda baca. Kemampuan yang paling dominan siswa adalah menulis dengan huruf tegak bersambung. Faktor yang menghambat kegiatan menulis permulaan siswa, yaitu perkembangan motorik halus, terganggunya persepsi visual dan auditori, serta kemampuan melakukan cross modal. Upaya untuk mengatasi hambatan menulis permulaan siswa dengan perencanaan pengajaran, motivasi siswa, dan guru sebagai pembimbing.
PENYELENGGARAAN KEBIJAKAN DAN INOVASI KURIKULUM DI SDN 002 KARIMUN, KEPULAUAN RIAU Juni Artha Juneli
Indonesian Journal of Elementary Education (IJOEE) Vol 4, No 1 (2022): Indonesian Journal Of Elementary Education (IJOEE)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Tangerang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31000/ijoee.v4i1.5694

Abstract

Fokus pembahasan tulisan ini adalah penyelenggaraan kebijakan dan inovasi kurikulum di sekolah dasar mulai dari proses perencanaan, pelaksanaan, hingga evaluasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses penyelenggaraan kebijakan dan inovasi kurikulum di SDN 002 Karimun, Kepulauan Riau. Jenis penelitian pada tulisan ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus menggunakan teknik wawancara dan observasi untuk mendapatkan data yang akurat. Tulisan ini secara khusus membahas mengenai penyelenggaraan kebijakan dan inovasi kurikulum di SDN 002 Karimun, Kepulauan Riau. Setelah melakukan penelitian, temuan yang diperoleh sebagai berikut, (1)Penyelenggaraan kebijakan dan inovasi kurikulum berbasis kompetensi dan kurikulum 2013 di SDN 002 Karimun, Kepulauan Riau sudah berjalan secara baik sesuai dengan komponen pendukung yang berada di dalamnya. (2)Penyelenggaraan kebijakan dan inovasi kurikulum berbasis masyarakat dan kurikulum berbasis keterpaduan di SDN 002 Karimun, Kepulauan Riau memerlukan perhatian khusus baik itu dari pemerintah pusat, pihak sekolah, maupun guru dalam penyebarluasan informasi secara merata dan terarah. Kata kunci : Kurikulum berbasis kompetensi, kurikulum berbasis masyarakat, kurikulum berbasis   keterpaduan, kurikulum 2013   Abstract The focus of the discussion of this paper is the implementation of policies and curriculum innovations in elementary schools starting from the planning, implementation, to evaluation processes. The purpose of this study was to determine the process of implementing policy and curriculum innovation at SDN 002 Karimun, Riau Islands. The type of research in this paper is a qualitative approach with a case study method using interview and observation techniques to obtain accurate data. This paper specifically discusses the implementation of policy and curriculum innovation at SDN 002 Karimun, Riau Islands. After conducting research, the findings obtained are as follows, (1) The implementation of competency-based curriculum and curriculum innovation and curriculum 2013 at SDN 002 Karimun, Riau Islands has been running well in accordance with the supporting components in it. (2) The implementation of community-based curriculum and curriculum innovation and integration-based curriculum at SDN 002 Karimun, Riau Islands requires special attention from the central government, schools, and teachers in disseminating information evenly and directed.   Keywords: competency-based curriculum, community-based curriculum, integration-based curriculum, 2013 curriculum  
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BOOKLET UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS SISWA DI SEKOLAH DASAR Fitria Jannahtul Nizam
Indonesian Journal of Elementary Education (IJOEE) Vol 4, No 1 (2022): Indonesian Journal Of Elementary Education (IJOEE)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Tangerang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31000/ijoee.v4i1.6551

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi desain pengembangan media Booklet Digital untuk meningkatkan keterampilan menulis Siswa Di Sekolah Dasar Kelas V SDN 105326 Bangun Rejo . Menguji keefektifan media Booklet Digital untuk meningkatkan keterampilan menulis Siswa Di Sekolah Dasar Kelas V SDN 105326 Bangun Rejo . Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development). Subjek dalam uji coba adalah siswa kelas V SDN 105326 Bangun Rejo berjumlah 28 siswa . Hasil dalam penelitian ini menguji Keefektifan media pembelajaran Booklet Digital dalam proses pembelajaran terbukti efektif. Hal ini terbukti dengan perbandingan hasil pretest dan posttest dengan menggunakan normalized gain diperoleh hasil Dasar pengambilan keputusan dalam uji normalitas yaitu nilai signifikan nilai pre test yaitu 0,147 > 0,05 yang berarti data berdistribusi normal, dan pada nilai signifikan post test yaitu 0,195> 0,05 yang berarti data berdistribusi normal. nilai Sig, (2-tailed) sebesar 0,000 <0,05, yang berarti bahwa ada pengaruh dalam menggunakan media pembelajaran media Booklet Digital terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas V SD Negeri 105326 Bangun Rejo Kecamatan Tanjung Morawa Kabupaten Deli Serdang Sumatera Utara menunjukkan adanya pengaruh media pembelajaran Booklet Digital untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa sejalan dengan hasil observasi yang dilakukan, selain itu Cronbach's Alpha di peroleh 0,788 yang dimana Cronbach's Alpha > 0,7 , maka data media booklet digital dianggap reliable atau valid.
ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENGERJAKAN SOAL CERITA MATEMATIKA MATERI PENGUKURAN BERDASARKAN NEWMAN'S ERROR ANALYSIS DI KELAS V SDIT INSAN MANDIRI JAKARTA Viika Saffaanah Velayati
Indonesian Journal of Elementary Education (IJOEE) Vol 4, No 1 (2022): Indonesian Journal Of Elementary Education (IJOEE)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Tangerang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31000/ijoee.v4i1.5647

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan dan faktor penyebab kesalahan yang dilakukan siswa kelas V SDIT Insan Mandiri Jakarta pada saat mengerjakan soal cerita matematika materi pengukuran jarak, waktu, dan kecepatan berdasarkan newman’s error analysis. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini berjumlah 28 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan tes, wawancara, dan dokumentasi. Hasil analisis data yang diperoleh pada kesalahan membaca sebesar 11.4%, kesalahan memahami sebesar 25.7%, kesalahan transformasi sebesar 47.6%, kesalahan keterampilan proses sebesar 59.6%, dan kesalahan penulisan jawaban akhir sebesar 55.3%. Adapun factor-faktor penyebab siswa melakukan kesalahan dalam mengerjakan soal cerita matematika yaitu Sebagian besar karena siswa tidak mengetahui bagaimana cara menyelesaikan soal cerita tersebut dengan menggunakan cara pengerjaan yang tepat. Berdasarkan uraian diatas, dapat disimpulkan bahwa masih banyak siswa kelas V SDIT Insan Mandiri Jakarta yang melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita matematika materi pengukuran jarak, waktu, dan kecepatan.
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS I SDIT INSAN MANDIRI JAKARTA vena ika laraswati
Indonesian Journal of Elementary Education (IJOEE) Vol 4, No 1 (2022): Indonesian Journal Of Elementary Education (IJOEE)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Tangerang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31000/ijoee.v4i1.5698

Abstract

Membaca merupakan keterampilan berbahasa untuk memperoleh pesan dari penulis. Dalam mengembangkan kemampuan membaca permulaan harus memperhatikan kegiatan pembelajaran di sekolah khususnya kelas rendah karena dapat mempengaruhi siswa dalam menerima informasi Penelitian bertujuan untuk melakukan pengembangan pembelajaran melalui media video animasi dalam upaya meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada siswa Kelas 1 di SDIT Insan Mandiri Jakarta. Metode penelitian menggunakan pengembangan (research and development). Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis menggunakan analisis validasi produk dan analisis uji coba produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran video animasi layak digunakan dan efektif untuk diterapkan pada siswa kelas 1 SDIT Insan Mandiri Jakarta. Hal tersebut sesuai dengan ketuntasan hasil belajar siswa mencapai 100% setelah menggunakan media pembelajaran video animasi.
PENGEMBANGAN MEDIA POWERPOINT PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN 2 ANGKA DI KELAS I SDN 104265 TANAH MERAH Mela Melati; Hidayat Hidayat
Indonesian Journal of Elementary Education (IJOEE) Vol 4, No 1 (2022): Indonesian Journal Of Elementary Education (IJOEE)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Tangerang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31000/ijoee.v4i1.5715

Abstract

Pengembangan media pada powerpoint erupakan sautu sarana guna membantu memahakan siswa memahami dalam pembelajaran Matematika, khususnya pada kelas I SD. Materi pokok  yang akan dibahas adalah penjumlahan dan pengurangan 2 angka. Materi dalam pengembangan ini9 menjelaskan tentang cara bagaimana menyelesaikan penjumlahan dan pengurangan 2 angka. Penguasaan dalam materi ini sangat penting, agar siswa mampu menguasai pembelajaran tersebut maupun dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Tujuan penelitian ini adalah untuk:  (1) mengetahui pengembangan media pembelajaran menggunakan powerpoint pasa materi penjumlahan dan pengurangan 2 angka yang efektif diogunakan dikelas I SDN 104265 Tanah Merah. (2) mengetahui keefektifan media pembelajaran menggunakan media powerpoint pada materi penjumlahan dan pengurangan 2 angka kelas I SDN 104265 Tanah Merah. Untuk mencapai tujuan diatasn jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development  (R&D), yang mengacu pada model pengembangan yang dikembangkan oleh Thiagarajan yaitu 4-D (Four-D Model). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, (1) produk yang dihasilkan dari penelitian dan pengembangan ini berbentuk media powerpoint pada materi penjumlahan dan pengurangan 2 angka untuk siswa SD. (2) hasil uji coba pengembangan media powerpoint ini memiliki tingkat kevalidan dari ahli media 86%, ahli materi 80% dan angket guru 88%. Pada tabel kevalidan produk, hasil ini masuk kategori yang sangat layak, artinya tidak memerlukan revisi dan dapat diimplementasikan daam kegiatn pembelajaran.
PENGEMBANGAN MEDIA ROULETTE BERBASIS SAINTIFIK PADA MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS IV DI SDN PETIR 4 KOTA TANGERANG Sunardin Sunardin
Indonesian Journal of Elementary Education (IJOEE) Vol 4, No 1 (2022): Indonesian Journal Of Elementary Education (IJOEE)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Tangerang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31000/ijoee.v4i1.6088

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk media Roulette yang layak digunakan untuk mata pelajaran IPS kelas IV di SDN Petir 4 Kota Tangerang. Penelitian ini termasuk jenis penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model ADDIE. Prosedur pengembangan dalam penelitian ini dilakukan dengan beberapa tahapan, yaitu: analisis (Analysis), desain (Design), pengembangan (Development), implementasi (Impelemtation), dan evaluasi (Evalution). Evaluasi dilakukan oleh: (1) ahli media; (2) ahli materi; (3) ahli praktisi; (4) respon peserta didik. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Petir 4 Kota Tangerang. Teknik pengumpulan data: (1) wawancara; (2) observasi; (3) angket. Teknik analisis data menggunakan kualitatif dan kuantitatif. Dari hasil validasi ahli media menunjukkan media Roulette termasuk kategori “Sangat Baik” dengan rata-rata skor 3,33, dan hasil validasi ahli materi menunjukkan media Roulette termasuk kategori “Sangat Baik” dengan rata-rata skor 3,46. dari kedua ahli tersebut menunjukkan media Roulette termasuk kategori “Sangat Baik” dengan rata-rata skor 3,40. Hasil uji coba lapangan menunjukkan bahwa media Roulette memiliki kriteria “Sangat Baik” dengan rata- rata skor 3,29. Berdasarkan hasil penilaian tersebut, maka media pembelajaran Roulette berbasis saintifik layak digunakan dalam mata pelajaran IPS siswa kelas IV di SDN Petir 4 Kota Tangerang.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) MATERI PERUBAHAN WUJUD BENDA Yadi Heryadi
Indonesian Journal of Elementary Education (IJOEE) Vol 4, No 1 (2022): Indonesian Journal Of Elementary Education (IJOEE)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Tangerang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31000/ijoee.v4i1.6496

Abstract

 Penelitian ini di latar belakangi oleh beberapa permasalahan yang terjadi dalam kegiatan pembelajaran SD Negeri 2 Ciparasi, sehingga aktivitas dan hasil belajar yang diperoleh peserta didik belum mencapai KKM yang telah ditetapkan. Berdasarkan observasi diketahui bahwa aktivitas peserta didik yang pasif dalam mengikuti proses pembelajaran dan kurangnya variasi guru dalam menggunakan metode mempengaruhi rendahnya hasil belajar peserta didik. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa siswa kelas V SDN 2 Ciparasi pada pembelajaran Tema 1 Subtema 1 dengan menggunakan metode kooperatif tipe STAD (Student Teams Achivement Division). Penelitian ini termasuk dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklusnya terdiri dari dua kali pertemuan. Satu siklus terdiri dari 4 tahap kegiatan yaitu tahap perencanaan, tahappelaksanaan, tahap pengamatan dan tahap refleksi. Subjek penelitian ini adalah kelas V SD Negeri 2 Ciparasi dengan jumlah 15 peserta didik terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 5 siswi perempuan, pada pembelajaran tema 1 subtema 1 tahun pelajaran 2021/2022 dengan menggunakan kurikulum 2013. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif.

Page 1 of 1 | Total Record : 8